Trend Bisnis 2022

Jika Anda suka dengan tantangan dan hal baru, maka mencoba memulai bisnis bisa jadi ide yang bagus. Peluang bisnis selalu Anda, namun hanya Anda yang bisa menentukan kapan kesempatan ini akan Anda ambil. Berbisnis tak hanya untuk Anda yang ingin fokus penuh untuk menjadi pengusaha, tapi juga Anda yang bekerja sambil ingin mengelola bisnis. Dengan memulai bisnis di usia yang masih muda, maka Anda pun akan mendapatkan penghasilan tambahan yang tentu bisa dinikmati hingga nanti tua. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba trend bisnis 2022 yang akan kamu bagikan di artikel ini. Di tahun 2022 ini saja ada banyak sekali trend bisnis 2022 yang bisa Anda pilih untuk penghasilan tambahan di tahun ini. 

Apa saja Trend Bisnis 2022

Trend Bisnis 2022

Bisnis Kue

Bisnis kue kini menjadi pilihan banyak sekali orang yang ingin menambah penghasilan. Terlebih lagi selama pandemi, banyak sekali orang yang mencoba menjual makanan termasuk kue. Jenis kue yang bisa Anda pilih untuk dijual pun bervariasi, seperti kue kering, kue pastry hingga kue jajanan seperti risol. Umumnya, pebisnis kue ini akan menerima order yang cukup banyak di hari-hari tertentu seperti hari raya, atau hari libur yang membuat orang memilih memesan kue untuk hari spesial. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat kue, maka ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa belajar tentang cara membuat kue di youtube yang tentu lebih mudah mengakses cara pembelajaran ini. 

Blogger

Bisnis tak hanya tentan menjual barang, berbisnis lewat media online seperti blog pun bisa mendatangkan uang. Anda yang gemar menulis, coba untuk konsisten membuat tulisan di blog. Ada berbagai topik menarik yang bisa Anda jadikan topik blog, seperti personal life, kuliner, travelling, dll. Pilihlah topik yang sesuai dengan kesukaan Anda sehingga saat mengerjakan tulisan pun akan lebih menikmatinya. 

Laundry Kiloan

Laundry kiloan bisa jadi trend bisnis 2022 yang kini banyak sekali disekitar kita. Beberapa orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya, mereka akan memilih jasa laundry untuk bisa membantunya. Peluang ini bisa Anda mulai jadikan bisnis ditahun ini. Coba lihat lingkungan sekitar apakah sudah ada jasa laundry kiloan? Jika belum, tentu ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. 

Digital Printing

Belakangan ini, digital printing juga sering digadang-gadang menjadi trend bisnis 2022. Hal ini dikarenakan banyaknya pelaku usaha kecil dan menengah yang membutuhkan jasa printing untuk berbagai kebutuhan, seperti cetak stiker untuk kemasan. Dengan adanya digital printing tentu membantu umkm untuk lebih berkembang lagi. Selain itu, bisnis digital printing juga bisa jadi pilihan Anda yang suka dengan design. Selain menawarkan jasa printing, jasa desain lewat digital printing juga bisa jadi pilihan. Konsumen pun akan lebih memilih one-stop shop dimana bisa jasa design sekaligus printing. 

Jual Barang Handmade

Menjual barang handmade atau buatan tangan sendiri juga menjadi trend bisnis 2022. Ada banyak sekali pilihan barang yang bisa dibuat dengan teknik kerajinan tangan, seperti tas, hiasan rumah, kantong belanja, keranjang, tempat handphone, gantungan kunci, gantungan handphone, dll. Anda bisa mencari inspirasi art & craft di pinterest, lalu mulai coba berkreasi dan jual di ecommerce. 

Jual Bibit Tanaman

Selama pandemi, banyak sekali pilihan hobi yang bisa jadi bisnis, salah satunya adalah menjual tanaman hias. Tanaman hias adalah pilihan yang menyenangkan sekaligus mendatangkan cuan. Budidaya tanaman hias pasti butuh skill, namun ini bisa Anda pelajari learning by doing, dan seiring berjalannya waktu, Anda pun akan lebih pandai dalam membudidayakan tanamanan hias. Jual tanaman hias bisa lewat media sosial atau ecommerce dengan pengantaran instan. 

Bisnis Makanan Sehat

Trend hidup sehat ternyata juga membawa pada trend bisnis 2022 dengan jajan makanan sehat. Pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat ini menjadi pilihan beberapa orang yang masih kebingungan bagaimana membuat makanan sehat. Nah, ini bisa jadi peluang untuk Anda yang ingin menambah penghasilan lewat berjualan makanan. Makanan sehat adalah celah yang menarik untuk dirintis sebagai bisnis terbaru Anda. 

Jasa Kursus Online

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kelas-kelas online banyak sekali ditawarkan lewat media sosial. Mereka yang memiliki keahlian di suatu bidang khusus, bisa mulai membuka kelas online. Jika Anda memiliki keahlian tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka kelas online, seperti kelas memasak, kelas menulis, kelas financial planning, kelas public speaking, dll. Apapun keahlian Anda bisa coba jadikan peluang bisnis di tahun 2022 ini. 

Youtuber

Youtuber kini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilirik anak muda. Berpenghasilan lewat youtube juga sangat menjanjikan jika youtube channel Anda sudah di monetize. Menjadi youtuber bisa jadi trend bisnis 2022 yang tentu tak hanya menyenangkan untuk dijalani tetapi juga menambah penghasilan. Ada banyak hal yang bisa Anda dokumentasikan dalam bentuk video, berbagi hal menarik yang Anda suka lewat channel youtube buatan sendiri. Masih bingung video apa yang bisa Anda bagikan di kanal youtube? Coba gali potensi yang Anda miliki dan hal apa yang Anda suka lalu buat dalam bentuk video lalu konsisten dalam menjalaninya. 

Strategi Promosi di Media Sosial

Trend Bisnis 2022

Dalam berbisnis, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana cara berpromosi di media sosial. Media sosial kini menjadi channel yang tepat untuk mendekatkan target market Anda. Jika usaha Anda ingin lebih dikenal banyak orang, coba gunakan media sosial dengan strategi seperti berikut ini:

Tentukan Target Market yang Tepat

Sebelum Anda berpromosi di media sosial, sebaiknya tentukan target market yang sesuai dengan niche Anda. Hal ini penting agar saat berpromosi, Anda bisa langsung tepat sasaran ke konsumen potensial, sehingga produk yang dipromosikan bisa tersampaikan dengan baik. Target market bisa dibuat sederhana berdasarkan demografi, rentang usia, tempat tinggal, profesi, jenis kelamin, dll. Nantinya, Anda bisa menyampaikan pesan promosi sesuai dengan target market Anda. 

Gunakan Hashtag di Setiap Postingan

Penggunaan hashtag bisa membantu postingan Anda dilihat oleh audiens yang memang sedang mencari produk Anda. Hashtag bisa dipakai di berbagai media sosial seperti Instagram, facebook atau yang sedang hits sekarang seperti TikTok. 

Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

Tak hanya sibuk berpromosi, tapi coba bangun komunikasi dengan audiens Anda lewat berbagai fitur yang ada di media sosial, seperti sticker q&a di Instagram stories, membalas komentar dengan cepat dan ramah, dll. Dengan membangun komunikasi ke audiens Anda, maka Anda pun bisa menjaga konsumen tetap setia dengan akun media sosiall Anda juga produk yang Anda jual. 

Pasang Foto Profil yang Menarik

Foto profil yang menarik juga bisa jadi cara untuk menarik audiens baru. Salah satu yang bisa Anda jadikan foto profil adalah logo bisnis Anda atau foto terbaik produk Anda. Jika Anda kesulitan membuat logo, maka coba buat di berbagai aplikasi pembuatan logo atau logo generator. Pastikan gambar foto profil menarik audiens sehingga mau melihat akun media sosial Anda. 

Gunakan Jasa Influencer

Jika Anda memiliki lebih banyak budget untuk promosi bisnis, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan influencer. Namun, tentukan influencer yang memang sesuai dengan image bisnis atau brand Anda, sehingga Anda nantinya akan mendapatkan konsumen yang memang cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, perlu disadari bahwa menggunakan influencer bukan untuk sales atau penjualan melainkan brand awareness yang nantinya produk atau bisnis Anda lebih dikenal oleh khalayak ramai.

Baca juga: Contoh Business Plan & Cara Membuatnya

Dukung Bisnis dengan Modal Usaha Aman

Pilihan trend bisnis 2022 ini bisa jadi pilihan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berbagai cara bisa Anda lakukan dengan strategi yang tepat agar bisnis semakin lancar. Namun, untuk membangun bisnis yang stabil, juga dibutuhkan modal usaha yang sesuai kebutuhan. Salah satu fintech lending yang bisa jadi pendukung pinjaman modal usaha Anda adalah Lancar by Danamas. Melalui modal usaha dari Lancar by Danamas, Anda bisa mulai merencanakan model bisnis yang sesuai dengan passion. Makin lancar karena modal usaha yang ditawarkan pun cukup besar dengan cicilan ringan. Lancar by Danamas menawarkan pinjaman modal usaha beragunan properti mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Kemudahan proses pengajuan pinjaman juga sangat memudahkan Anda untuk memulai trend bisnis 2022 ini. Langsung simulasikan pinjaman modal usaha dari Lancar by Danamas sekarang DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda