Menerapkan sebuah analisis sesuai dengan kebutuhan perusahaan adalah wajib hukumnya. Buatlah tujuan adanya penerapan analisis yang Anda butuhkan agar bisnis dan alur perusahaan bisa bertahan dengan baik. Kali ini, kita akan membahas suatu analisis yang sering disebut dengan SWOT, yang telah digunakan oleh banyak orang dan dianggap mampu membantu Anda memaksimalkan aset-aset yang ada di perusahaan.
Pengertian Analisis SWOT
Secara sederhana, pengertian analisis SWOT adalah cara baru dan arah baru Anda untuk melihat kekuatan dan kelemahan bisnis Anda serta pembuatan strategi bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mencari peluang dan ancaman yang ada di market Anda.
Ada beberapa elemen penting SWOT yang harus Anda ketahui dan pahami sebelum Anda menyusun analisis SWOT untuk perusahaan Anda. Berikut poin-poinnya.
Elemen – Elemen SWOT
- Strength (kekuatan)
- Weakness (kelemahan)
- Opportunity (peluang)
- Threats (ancaman)
Saat melakukan penyusunan analisis SWOT, Anda diharuskan membuat tabel yang dibagi menjadi empat kolom dan mencantumkan setiap elemen secara berdampingan untuk mengetahui perbandingannya. Kekuatan dan kelemahan biasanya tidak akan cocok dengan peluang dan ancaman yang terdaftar, walaupun berkaitan. Dengan begitu, Anda harus mengetahui karakteristik SWOT sebelum Anda membuatnya. Simak penjelasannya di bawah ini.
Karakteristik analisis SWOT
● Faktor Internal
Strengths dan Weakness dikelompokkan ke dalam faktor internal, yang merupakan sumber daya yang sangat berguna untuk analisis Anda. Beberapa faktor internal yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu:
- Sumber daya keuangan perusahaan Anda (mulai dari pendanaan, sumber pendapatan, hingga peluang investasi)
- Sumber daya fisik (lokasi, fasilitas, dan peralatan)
- Sumber daya manusia
- Akses ke sumber daya alam, merek dagang, paten, serta hak cipta
- Proses saat ini (program karyawan, hierarki departemen, dan sistem software)
● Faktor Eksternal
Opportunities dan Threats dikelompokkan ke dalam faktor eksternal. Faktor ini biasanya adalah hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan namun tetap mempengaruhi keadaan di perusahaan. Beberapa faktor eksternal diantaranya:
- Tren pasar (produk baru, kemajuan teknologi, hingga perubahan kebutuhan audiens)
- Tren ekonomi (tren keuangan setiap regional maupun internasional)
- Pendanaan (donasi, legislatif, dan sumber-sumber lainnya)
- Demografi
- Hubungan dengan pemasok dan mitra
- Peraturan politik, lingkungan, serta ekonomi
Selain memahami karakteristik SWOT, Anda juga harus mengetahui manfaat yang dapat dirasakan jika Anda menerapkan analisis SWOT di perusahaan Anda. Berikut penjelasannya.
Manfaat Adanya Analisis SWOT
- Mengatasi Masalah Internal Perusahaan
- Memperluas Jaringan dan Membangun Relasi Bisnis
- Menghindari Kerugian
- Membuat Inovasi dan Mengembangkan Perusahaan
- Analisa Keuangan Perusahaan Tempat Anda Bekerja
Sebelum Anda melanjutkan pembuatan analisis SWOT untuk perusahaan tempat Anda bekerja, hal terakhir yang harus Anda ketahui juga adalah tujuan dibuatnya analisis SWOT. Simak di bawah ini.
Tujuan Analisis SWOT
- Memudahkan Pemetaan Faktor-Faktor Penting
- Memprediksi Berbagai Masalah yang Mungkin Akan Datang
- Mengetahui Posisi Perusahaan di antara Para Kompetitor
- Memberi Kesempatan untuk Berkembang Lebih
- Memudahkan Pengambilan Keputusan
Setelah Anda mengetahui hal-hal penting terkait dengan elemen, manfaat, hingga tujuan dibuatnya analisis SWOT, sekarang Anda harus memahami cara pembuatan hingga contoh analisis SWOT yang akan dirangkum di bawah ini.
Cara Membuat Analisis SWOT
- Tentukan Tujuan yang Akan Dicapai, Lebih Rinci akan Lebih Baik
- Buat Matrix Analisa SWOT
- Diskusikan dengan Tim Perencanaan
- Buatlah Susunan Pertanyaan Penting Terkait dengan Karakteristik SWOT
Contoh Analisis SWOT
Salah satu contoh kasus yang bisa Anda pelajari adalah, Gudeg Ayu, salah satu restoran makanan khas yang berada di sekitar Yogyakarta. Selain melayani makan di tempat dan ojek online, Gudeg Ayu juga melayani pemesanan dan pengiriman melalui ekspedisi untuk Anda yang berada di luar daerah Yogyakarta. Gudeg Ayu juga menyediakan macam-macam menu yang variatif, termasuk berbagai jenis oleh-oleh khas Yogyakarta.
Restoran Gudeg Ayu berencana akan membuka cabang di kota Solo yang berfokus pada pengembangan model bisnis yang dianggap dapat membuat lebih mudah dan lebih cepat berkembang. Pada tabel berikut, dapat terlihat seperti apa analisis SWOT Gudeg Ayu:
Strengths | Weakness | Opportunities | Threats |
Lokasi: Ada di pusat kota yang “hidup” / sibuk | Kurangnya modal: Persetujuan pinjaman bank | Pertumbuhan daerah: Kota Solo tumbuh sekitar 8,5% per tahunnya | Kompetisi: Restoran serupa memiliki pelanggan setia |
Unik: Makanan tradisional dan oleh-oleh khas daerah | Kurang reputasi? Bisnis belum stabil | Target pertumbuhan pasar: Pelajar, wisatawan, hingga warga lokal yang terus bertumbuh | Masalah pada saat pembukaan: Pelanggan mungkin tidak kembali lagi |
Pengelolaan: Keterampilan manajemen yang baik | Kurangnya alat/property dalam bisnis: Masih menggunakan akuntansi manual | Masalah laporan keuangan: Belum menggunakan software |
Kesimpulan:
- Pertimbangkan untuk mencari investor atau pinjaman bisnis selain di bank konvensional.
- Buat rencana pemasaran khusus mengingat strategi pemasaran menargetkan mahasiswa, wisatawan, dan warga lokal.
- Rencanakan pembukaan perdana yang all out.
- Rencanakan menggunakan software keuangan untuk pengoptimalan transaksi dan pembuatan laporan keuangan.
Dengan memahami seluruh unsur analisis SWOT, Anda akan lebih mudah menerapkannya pada perusahaan tempat bekerja. Dan juga, Anda dapat mempersingkat waktu untuk memecahkan masalah yang ada jika suatu hari terjadi.
Jika kelemahan Anda ada di kurangnya dana, jangan khawatir! Anda bisa mencoba Danamas Pinjaman Bisnis untuk mendapatkan tambahan modal di usaha Anda. Bersama Danamas, Anda dapat mengajukan pinjaman hingga 2 Miliar Rupiah dengan agunan property. Juga, tenor panjang hingga 10 tahun yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Danamas bisa didapatkan melalui Play Store dan Apple Store.