apa-itu-franchising

Franchise adalah salah satu konsep bisnis yang makin berkembang di Indonesia seiring banyaknya anak muda yang mencoba peruntungan di dunia bisnis. Usaha franchise adalah salah satu format bisnis yang keberadaannya sudah cukup lama. Usaha jenis ini dipilih beberapa orang yang tidak ingin memusingkan soal alur produksi hingga pendistribusian produk juga promosi.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha namun belum memiliki kemampuan mengelola bisnis dari nol, maka usaha waralaba atau franchise bisa jadi pilihan. Usaha waralaba bisa membantu Anda untuk belajar bisnis sebelum siap untuk mendirikan usaha umkm sendiri dari nol. Ada berbagai perusahaan waralaba di Indonesia dan bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mencoba bisnis franchise ini.

Jadi beberapa pebisnis pemula  lebih memilih usaha franchise untuk mendapatkan pengalaman di dunia bisnis. Untuk bisa sukses di dalam bisnis franchise, Anda harus mengetahui tips dan trik agar bisnis franchise berjalan awet dan untung besar. Jika anda tertarik untuk memiliki atau menjalankan bisnis franchise simak ulasannya berikut ini:

Apa itu Franchising?

Franchising berasal dari kata franchise dari bahasa Perancis Kuno yang berarti bebas dan memberi kebebasan kepada para pihak. Secara umum franchising atau franchise adalah sebuah konsep bisnis yang memiliki hak atau lisensi yang diberikan kepada individu untuk memasarkan produknya bisa berupa barang atau jasa.

Di Indonesia, istilah franchise dipadankan dalam bahasa Indonesia yaitu waralaba yang berarti usaha dengan keuntungan lebih atau laba istimewa. Salah satu lembaga yang memperkenalkan konsep bisnis franchise di Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pembinaan manajemen atau LPPM. 

Di Indonesia salah satu perusahaan yang memiliki franchise terbesar adalah Pertamina. Pertamina menjadi perusahaan pertama yang melakukan penjualan ritel dengan konsep waralaba melalui Stasiun pompa bensin umum yaitu SPBU. setelahnya ada jamu Nyonya Meneer yang mulai melisensikan penjualan jamunya pada pengusaha obat tradisional.

Franchise di Indonesia dianggap sangat menarik bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, sehingga banyak sekali perusahaan asing yang mulai menerapkan konsep Perancis di Indonesia seperti KFC, coca-cola, Dunkin Donat, dan lain-lain. Namun ternyata bisnis ini menimbulkan persaingan yang cukup sengit bagi pengusaha lokal Indonesia. Dikarenakan konsep franchise memiliki banyak keuntungan, maka pemerintah mengambil langkah untuk mengembangkan franchise sebagai bagian dalam penciptaan iklim kemitraan usaha dengan pemanfaatan lisensi.

Pengertian franchise menurut peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2007, franchising adalah sebuah waralaba  yang memiliki hak khusus yang dimiliki oleh orang atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang terbukti berhasil dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba tersebut.

Keuntungan Waralaba / Franchise

Sebagai konsep bisnis yang cukup populer serta berpeluang mendapatkan keuntungan yang cukup banyak, maka ada juga keuntungan dari bisnis franchise yang mungkin bisa Anda rasakan saat menjalaninya.

  • Keuntungan bisnis bagi pihak pewaralaba adalah membagi keuntungan dengan terwaralaba sekaligus mengurangi resiko usaha. Pihak franchisor atau yang memiliki franchise dapat menggunakan modal orang lain untuk mengembangkan usaha dan memperluas layanan. Setelah itu ia akan mendapatkan sumber pemasukan seperti fee dan royalti menjadi penghasilan pasif bagi pewaralaba.
  • Pewaralaba dapat memanfaatkan jaringan yang tersedia untuk dilakukan perluasan juga ekspansi bisnis yang lebih murah mudah dan cepat.
  • Teknik bisnis franchise bisa mempercepat waktu penguasaan pasar dan meningkatkan hasil penjualan dan pemasaran bisnis dari waralaba. Bisnis ini sangat menguntungkan bagi pewaralaba seperti mempermudah pengawasan manajemen hingga meningkatkan penawaran terhadap sumber pendanaan.
  • keuntungan lainnya dari bisnis franchise bagi pihak terwaralaba adalah bisa mengurangi resiko kerugian. Hal ini dikarenakan pewaralaba akan membantu menyelesaikan semua permasalahan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Selain itu pihak terwaralaba bisa memiliki bisnis yang cukup singkat dan mudah daripada harus memulai bisnis dari nol. Ia bisa terbantu dari sisi merek karena tidak perlu memikirkan konsep pemasaran hingga branding.
  • Keuntungan lainnya bagi pihak terwaralaba ialah mendapatkan pengalaman keterampilan hingga cara kerja yang diajarkan dari awal oleh perusahaan tersebut. Terwaralaba tidak perlu memikirkan tentang sistem bisnis produksi hingga pengembangan produk karena semua sudah ada ketentuannya masing-masing sehingga Anda hanya perlu mengikuti ketentuan tersebut. 

Karakteristik Franchise

Sistem bisnis franchise memiliki sebuah perjanjian atau kontrak tertulis yang mewakili kepentingan antara franchisee dan franchisor. Pemilik franchise akan memberikan sebuah pelatihan yang berhubungan tentang aspek bisnis yang ia jalankan. Pewaralaba Dalam kendali pemilik waralaba diperbolehkan beroperasi menggunakan format merek dagang dan reputasi yang baik yang dimiliki oleh oleh pemilik franchise. 

Lalu terwaralaba dan pewaralaba berhak menentukan daerah atau lokasi penjualan mereka sebagai satu-satunya pihak yang memasarkan barang atau jasa. Terwaralaba mengadakan investasi yang bersumber dari dana nya sendiri atau dukungan sumber lain seperti kredit perbankan.

Jenis-Jenis Waralaba / Franchise

  • Produk Franchise

Jenis franchise ini memfokuskan terwaralaba mendistribusikan produk dari pewaralaba dengan pembatasan area.

  • Proses Franchise Atau Manufacturing Franchise

Jenis waralaba ini memegang peranan penting dan memberitahukan suatu proses produksi, seperti perusahaan minuman Coca-Cola dan Fanta. 

  • System Franchise atau Business Format

Jenis waralaba ini memiliki konsep dimana pewaralaba menyajikan produk menjadi satu paket kepada konsumen, seperti KFC, Dunkin Donut, Mcd, dll.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan & Idenya

Kelebihan Waralaba

  • Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Berbeda dengan membangun membangun bisnis sendiri dari nol, sistem franchise memiliki manajemen bisnis yang siap dan lebih matang. Pewaralaba akan memberikan kesempatan membuka franchise karena bisnis yang dijalaninya dirasa telah matang dan bisa berekspansi lebih luas. Tak hanya itu bisnis franchise biasanya memiliki reputasi yang baik dengan manajemen dan strategi bisnis yang berkelanjutan sehingga mereka tidak ragu untuk berekspansi lewat franchise.

  • Merek Dagang Sudah Dikenal Masyarakat

Umumnya bisnis franchise adalah bisnis yang sudah dikenal oleh masyarakat dan memiliki konsumen atau target pasarnya tersendiri, sehingga saat Anda memutuskan untuk menjadi rencana maka anda tidak perlu memikirkan lagi strategi pemasaran atau analisis pesaing.

  • Kerjasama Yang Telah Terbangun Sejak Awal

Jika Anda membeli franchise maka anda bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang sudah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Sebagai contoh, kerjasama dengan pemasok bahan baku atau supplier hingga pihak pemasaran dan pengiklan, dengan kerjasama yang baik antara pemilik franchise biasanya bisa memberikan dukungan berupa pelatihan manajemen finansial pemasaran hingga pemberdayaan sumber daya.

  • Peluang Sukses Lebih Cepat

Bisnis franchise memiliki peluang sukses yang lebih cepat daripada Anda harus membangun bisnis dari nol. Biaya modal yang dikeluarkan juga lebih terukur karena pasokan sumber daya hingga pemasaran sudah dipikirkan secara matang oleh pemilik franchise.

  • Manajemen Finansial Lebih Mudah

Anda tidak perlu lagi memikirkan soal finansial karena umumnya bisnis franchise mendapatkan modal usaha lewat investor yang cukup, sehingga dalam hal finansial dan pemasaran terwaralaba tidak perlu lagi pusing. Pada bisnis franchise sistem manajemen finansial nya sudah ditetapkan oleh pemilik waralaba maka anda tak perlu pusing dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru. 

Pertimbangan Sebelum Bisnis Waralaba / Franchise

Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membangun bisnis franchise. Dalam mendirikan bisnis franchise ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terkait dengan risiko dan kesiapannya.

  • Model Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat anda ingin menjalankan bisnis franchise adalah model bisnis perusahaan. Hal ini dikarenakan saat membeli lisensi waralaba maka secara tidak langsung Anda telah mengadopsi bisnis perusahaan tersebut. Maka dari itu pastikan bahwa model bisnis tersebut cukup relevan dengan Target market saat ini.

  • Sejarah Finansial Bisnis Franchise

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu dan hindari perusahaan yang menawarkan keuntungan secara tiba-tiba, sebaiknya telaah dan cek kembali bagaimana perjalanan finansial perusahaan tersebut. 

  • Tingkat Persaingan

Jika anda ingin membeli lisensi bisnis franchise dari perusahaan besar maka pertimbangkan lagi persaingannya. Perusahaan yang sudah besar pasti memiliki saingan pewaralaba lainnya sehingga bukan tidak mungkin Jika anda akan mengalami banyak tantangan saat membuka franchise. Untuk itu pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu apakah perusahaan yang Anda pilih tersebut memiliki produk bisnis yang cukup relevan.

Model bisnis seperti franchise ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai terjun kedunia bisnis. Dengan berbagai keuntungan yang sudah disebutkan diatas, Anda pun bisa mulai mempelajari bagaimana cara kerja bisnis franchise dan sedikit menambah pengalaman untuk bisa dijadikan panduan Anda saat ingin membuka bisnis dari nol. 

Contoh Perusahaan Waralaba Di Indonesia

  • Jco Donuts

Jco Donut adalah perusahaan yang makin booming karena jenis donatnya yang berbeda dari donat kebanyakan. Hadirnya Jco Donut di tahun 2005 bahkan mampu menggeser Dunkin Donut yang sudah menjadi merek no.1 untuk donat. Jco merupakan perusahaan waralaba di Indonesia yang memiliki gerai banyak tersebar di Indonesia hingga luar negeri.

  • CFC

CFC (California Fried Chicken) adalah produk waralaba lokal dengan menggunakan nama kota di Amerika Serikat. Kini, CFC sudah memiliki cabang yang cukup banyak yang dimulai dari 20 gerai pada tahun 1996 dan kini berekspansi ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

  • Kebab Baba Rafi

Kebab Baba Rafi adalah waralaba makanan Indonesia yang cukup sukses di Indonesia. Kebab Baba Rafi kini memiliki 60 gerai di luar Indonesia seperti Sri Lanka, Bangladesh dan Belkamu. Di tahun 2009, Kebab Baba Rafi merambah ke negara tetangga yaitu Malaysia. Kini, Kebab Baba Rafi memiliki cabang hingga 1200 di Indonesia hingga luar negeri.

  • Es Teler 77

Es teler 77 dahulunya adalah tenda milik Murniati Widjaja yang menjual es teler berkembang pesat menjadi bisnis waralaba yang kian meroket. Di tahun 1998, es teler 77 mulai merambah ke luar ngei dengan membuka gerai pertamanya di Singapura. Kini, es teler 77 memiliki 180 gerai di Indonesia dan 6 gerai di luar negeri. 

Jika berencana membuka bisnis dari nol, maka hal penting yang diperlukan adalah modal usaha. Cari modal usaha dari fintech lending seperti Danamas karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Limit besar hingga Rp 2 miliar, suku bunga rendah, kemudahan mengakses dan praktis, kini sudah bisa Anda dapatkan di Danamas. Memilih pinjaman online terpercaya untuk modal usaha yang aman dan terpercaya adalah modal awal yang wajib Anda miliki untuk bisa membangun bisnis UMKM lancar dan sukses. 

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda