Apa itu marketing

Apa itu marketing? Secara umum, marketing adalah cara perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa yang akan dijual. Melalui marketing, konsumen mengetahui value dari produk perusahaan bagi mereka. Marketing akan menjawab pertanyaan seperti: Mengapa kami harus membeli produk Anda? Apa masalah kami yang dapat diselesaikan oleh produk Anda? Jika konsumen sudah teredukasi dengan baik maka Anda dapat mempertahankan loyalitas dari konsumen.

Strategi marketing merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Bayangkan jika ada ribuan bisnis, semuanya mempunyai marketing yang baik sedangkan bisnis Anda tidak punya marketing. Pastinya produk mereka akan lebih dikenal oleh konsumen. Apalagi konsumen membeli barang dipengaruhi oleh hal yang bersifat emosional. Hal ini juga dijelaskan Psychology Today, bahwa ā€œPeople buy Feeling not thingsā€.Ā 

Lalu bagaimana membuat strategi marketing yang tepat untuk perusahaan Anda? Apa saja jenis marketing yang sukses membangun sebuah brand? Dalam artikel ini akan kami bahas secara kompleks mengenai marketing. Namun jangan lupakan juga eksekusi karena menurut Harvard Business Review, marketing tanpa sebuah eksekusi yang baik adalah bencana. Yuk simak!

Apa itu Marketing?

Marketing adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan kehadiran dan adanya produk atau jasa yang akan dijual kedepannya. Kegiatan marketing ini biasanya termasuk mengiklankan, menjual dan juga mengantar produk kepada konsumen atau kepada pihak bisnis yang lain. Beberapa kegiatan marketing ini biasanya dilakukan bersama dengan afiliasi yang telah terbentuk di perusahaan tersebut. 

Biasanya, pihak-pihak yang bekerja dibagian marketing mendapatkan perhatian target pasar mereka dengan cara mengiklankan produk mereka kepada publik. Kegiatan ini ditargetkan kepada beberapa target pasar dimana hal ini biasa melibatkan endorsement, tagline atau slogan yang menarik, liputan oleh media massa dan juga desain grafis dan/atau kemasan yang dapat menarik dan dapat diingat oleh publik.

Di dalam Marketing, terdapat sebuah strategi yang dinamakan sebagai ā€œMarketing Mixā€. Sebutan ini juga lebih diketahui sebagai 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi/Tempat) dan juga Promotion (Promosi). Marketing mix ini digunakan untuk melakukan marketing dengan baik.

Fungsi untuk BisnisĀ 

Sebelumnya Anda sudah mengetahui mengenai pengertian dari marketing, tapi apa tujuan dari marketing. Di Awal juga sudah sempat disinggung sedikit mengenai fungsi marketing. Jadi disini akan dijelaskan lebih rinci mengenai fungsi marketing. Yuk simak!

1. Peningkatan Penjualan

Tentunya, fungsi marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dari perusahaan anda sehingga menghasilkan laba. Dengan peningkatan penjualan yang pesat, semakin besar penjualan anda, semakin besar peluang produk atau jasa milik perusahaan anda terjual.

2. Pengenalan Produk

Konsumen akan lebih mudah mengenal produk atau jasa yang anda jual melalui kegiatan marketing. 

3. Riset

Marketing dapat membantu anda untuk mengetahui seluk beluk tentang konsumen anda. Baik detail sebaran target pasar, dan produk-produk yang kemungkinan akan menyukai produk berian. 

4. Kepuasan Konsumen

Dengan adanya marketing, anda dapat mengetahui kepuasan konsumen dengan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan ketika kegiatan marketing tersebut berlangsung

5. Kompetisi

Melalui marketing perusahaan, anda dapat menonjolkan potensi yang perusahaan miliki agar dapat bersaing di pasar yang ada.

Tujuan Marketing untuk Pengembangan Bisnis Anda

Selain itu, berikut adalah tujuan dari pemasaran yang dapat membantu bisnis anda:

  1. Dapat beradaptasi dengan pasar yang sudah ada di Indonesia dan dapat menyesuaikan perusahaan dengan keadaan yang ada
  2. Membuat sebuah tolak ukur agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan pasar
  3. Menjadikan sebuah patokan agar dapat meningkatkan kualitas perusahaan berdasarkan apa yang diterima dari hasil marketing
  4. Membuat pengetahuan soal produk atau jasa lebih dimengerti dan dapat disesuaikan dengan ekspektasi para pelanggan
  5. Untuk membuat citra perusahaan yang lebih baik

Beberapa Dasar Dalam Marketing

Di dalam kegiatan pasar yang sukses, pasti terdapat sebuah kegiatan marketing yang sukses dari awal sampai akhir. Berikut adalah beberapa dasar marketing yang anda bisa lakukan untuk membantu melakukan promosi untuk usaha anda kedepannya:

1. Menentukan Produk/Jasa

Menentukan produk atau jasa merupakan sebuah hal yang wajib diketahui terlebih dahulu. Dengan anda yang tahu barang apa yang akan dijual, anda dengan mudah dapat mengetahui rincian barang dan dapat melakukan marketing dengan lebih baik dan juga tahu potensi pasar yang anda bisa tuju. Pastikan anda juga tahu jawabannya ketika ada yang bertanya mengapa mereka harus membeli produk/jasa anda. 

2. Riset Pasar

Pastinya, sebuah bisnis memiliki pasar tersendiri dan ketika kita membicarakan soal pasar, Indonesia memiliki banyak potensi pasar yang menunggu untuk mencoba pasar anda. 

Pastikan anda tahu dan tentukan pasar yang akan anda tuju sebelum memulai aktivitas anda di pasar. Akan sangat disayangkan jika anda masuk pada pasar yang kurang tepat karena barang tersebut tidak akan mendapatkan umpan balik yang baik.

3. Riset Kompetitor

Selain mengetahui potensi pasar, ada baiknya jika anda juga mengetahui pesaing anda yang harus dihadapi. Hal ini harus dilakukan juga karena pesaing pasti memiliki ciri khas mereka tersendiri dan bisa saja pesaing memiliki hal-hal yang lebih menarik dibandingkan produk anda. 

Dengan mengetahui pesaing anda, setiap langkah yang diambil bisa digunakan untuk mempertimbangkan pasar milik anda juga. Tambah lagi, buatlah sebuah nilai perusahaan yang dapat membedakan anda dari pesaing dan menciptakan sebuah keunikan yang memang benar-benar tidak dimiliki oleh siapapun.

4. Bangun Kredibilitas

Membangun sebuah kredibilitas merupakan sebuah dasar-dasar marketing yang bisa dibilang cukup untuk membuat pelanggan kembali lagi kepada anda. Kepercayaan oleh pelanggan merupakan sebuah hal yang berharga, dan memiliki kredibilitas yang tinggi adalah salah satu kuncinya. Hal ini bisa saja anda miliki dari produk ataupun kredibilitas sebagai pemilik perusahaan tersebut.

5. Jangan Overpromise

Agar produk anda dapat dimengerti, janganlah anda mempromosikan sebuah produk/jasa dengan premis A, namun kenyataannya adalah B. Hal ini akan membawa perasaan tidak puas di antara pelanggan dan mereka akan mencoba untuk mencari perusahaan yang lebih baik. 

Jadilah konsisten dalam penjualan anda, karena konsisten merupakan kunci agar pelanggan bersedia menggunakan produk anda. Untuk menjadi konsisten adalah sebuah usaha yang juga dapat membantu untuk membangun sebuah kredibilitas yang tinggi.

4 Jenis Marketing untuk Bisnis

Ada banyak jenis jenis marketing yang telah dikembangkan seiring perkembangan jaman. Berikut adalah beberapa jenis marketing yang cukup berguna untuk bisnis anda:

  1. Iklan
    Iklan merupakan sebuah strategi marketing berbayar yang menggunakan berbagai bentuk media massa untuk mengiklankan produk milik perusahaan. Bentuk marketing ini biasanya berupa iklan yang ditampilkan di televisi, radio atau mungkin dituliskan di surat kabar, media daring hingga billboard. Cara-cara perusahaan membuat iklan biasanya berbeda-beda dan cenderung menunjukan sisi unik dari perusahaan. 
  2. Internet
    Dikarenakan era hari ini adalah era digital, pemasaran melalui internet sudah mulai populer dan sangat sering digunakan untuk mencapai berbagai pasar. Pemasaran melalui internet biasanya dilakukan melalui website, media sosial, dan beberapa platform di internet lainnya.
  3. MLM
    MLM atau multi level marketing merupakan sebuah cara pemasaran dimana tak hanya menjual, namun juga seringkali merekrut orang untuk menjadi tenaga pasarnya. Hal ini dapat membantu kembali promosi barang anda melalui cara mereka sendiri. 
  4. Branding
    Branding merupakan sebuah pemasaran dengan cara menjaga kualitas produk atau jasa yang dijual, pelayanan pasca penjualan, serta logo perusahaan. Dalam hal lain, branding hampir serupa dengan memberikan nilai kepada perusahaan anda sendiri, dengan pelayanan, kualitas produk, bahkan sampai logo yang menjelaskan siapakah perusahaan ini.

Kepercayaan Konsumen dimulai dari Strategi yang Tepat

Marketing merupakan sebuah senjata yang efektif untuk mempromosikan produk Anda. Tanpa marketing yang baik, maka bisnis Anda akan sulit untuk mengalahkan para kompetitor. Dan, mengeksekusi marketing campaign bukan lah hal yang mudah, Anda perlu kekompakan dari tim. Dan jangan lupakan biaya untuk menjalankannya. Bahkan perusahaan sekelas coca cola mengeluarkan 4 miliar USD untuk marketing campaignnya setiap tahun.

Jadi pastinya perusahaan Anda akan memerlukan budget yang untuk marketing. Namun, jangan khawatir jika kekurangan modal karena Danamas Pinjaman Bisnis siap membantu Anda!. Danamas Pinjaman Bisnis adalah pinjaman online terpercaya beragunan properti yang memberikan pelayanan yang menerapkan 6 nilai utama; Leluasa, aman, nyaman, cepat, akurat dan juga ringan.Ā 

Simulasikan kredit Anda di Danamas Pinjaman Bisnis melalui Kalkulator Simulasi Kredit sekarang juga!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda