okr

Performa kerja perlu diukur agar bisa meningkatkan kualitas dan mewujudkan tujuan usaha anda. Salah satu cara untuk mengukur performa kerja adalah lewat OKR (Objective and Key Result). Selain itu, anda mungkin sering mendengar KPI atau Key performance Indicator. Namun biasanya OKR digunakan untuk perusahaan startup di bidang teknologi yang memiliki perbedaan dengan KPI.

Pengertian OKR

okr

OKR adalah sebuah target yang dibuat untuk individu maupun tim dalam menggunakan cara yang sistematis dan terukur. Dengan adanya OKR, maka kinerja karyawan bisa dilihat progresnya. OKR bertujuan untuk mengukur kinerja karyawan untuk bisa membuat target yang terarah terukur dan terwujud secepat mungkin. OKR akan mengukur kinerja semua pihak yang terlibat pada bisnis mulai dari perorangan tim atau pemimpinnya.

Elemen OKR

  • Objektif

Objektif itu bersifat kualitatif dan Smart (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time Bound). Umumnya tujuan dari objektif cukup bisa membuat anda lebih terinspirasi, menarik dan juga dibuat singkat. Dibalik pengertian objective key result adalah saat bisnis sudah mencapai 100% dari tujuan yang mereka inginkan. 

  • Key Result

Anda bisa membuat key result yang spesifik serta memiliki rentang waktu, realistis, dan terukur. Pada OKR terdiri dari 2 sampai 5 key result objektif. OKR bersifat kuantitatif yang dinilai dengan menggunakan angka seperti skala 0 sampai 10.

Tujuan OKR

okr

Tujuan OKR Adalah untuk melakukan aktivitas bisnis agar target tercapai pada jangka waktu yang sudah ditetapkan. Berbeda dengan KPI yang tidak memiliki batas waktu maka memiliki tujuan antara lain seperti berikut ini:

  • Agility

Tujuan dari rentang waktu yang lebih pendek pada OKR memungkinkan adanya penyesuaian yang lebih cepat dan adaptasi yang bisa berubah untuk meningkatkan investasi inovasi hingga mengurangi resiko.

  • Komunikasi yang jelas

Dengan adanya komunikasi yang jelas juga transparansi pada  OKR maka memungkinkan tim agar paham akan tujuan dan prioritas perusahaan, juga bagaimana setiap tim bisa berkontribusi di dalamnya.

  • Mempercepat proses penentuan tujuan

Metode OKR Lebih sederhana dalam sehingga membuat proses penentuan tujuan bisa lebih cepat dan mudah. hal ini tentu Bisa mengurangi waktu dan sumber daya yang dihabiskan saat menentukan tujuan.

  • Menyatukan perusahaan dan Meningkatkan kerjasama tim

OKR bisa menyatukan perusahaan juga meningkatkan kerjasama antar tim karena terdapat komunikasi yang terjalin dengan baik sehingga nantinya bisa meminimalisir ego pada setiap tim.

  • Meningkatkan fokus dan disiplin

Dengan OKR, tim bisa menerima arahan yang jelas dan bebas untuk mengemukakan pendapat hingga menentukan bagaimana untuk mencapai OKR mereka.

Cara agar OKR sukses

okr
  • Buat OKR sederhana

Buat sebuah tujuan yang sederhana namun jelas dan dipahami oleh karyawan. Saat Anda membuat OKR maka prioritaskan tujuan Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis selalu fokus pada tujuan yang anda ingin capai dalam jangka waktu tertentu.

  • Buat tujuan yang spesifik

Gambarkan rencana tindakan yang ingin anda lakukan sehingga nantinya strategi tersebut bisa terlaksana untuk mencapai tujuan. Anda perlu tahu persis Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut hal ini bisa dilakukan dengan berdiskusi langsung dengan manajemen.

  • Berbagi Ide Dan Tujuan dengan Pemegang Kepentingan

OKR tidak hanya disimpan untuk pihak manajemen saja, OKR juga untuk mereka seorang manajer maupun karyawan agar strategi OKR bisa berjalan dengan lancar. Buatlah tujuan dari tingkat organisasi ke tingkat departemen yang nantinya akan ke tingkat individu.

  • Tolak ukur yang jelas

OKR yang dibuat harus memiliki unit pengukuran yang jelas sehingga Anda bisa melihat dan mengukur sejauh mana kinerja karyawan dalam kontribusinya untuk mencapai tujuan bersama. anda bisa Anda bisa menggunakan huruf a-3, dsb.

  • Jangan Khawatir Dengan Tujuan Yang Luas

Jika anda memiliki tujuan yang luas namun tetap jadikan tujuan tersebut jelas dan terukur dan yang tak kalah penting adalah harus realistis. Anda bisa membuat 3-5 tujuan dalam satu OKR untuk hasil yang optimal.

  • Hargai Pencapaian

Beri penghargaan terhadap karyawan saat tujuan OKR sudah tercapai. Semakin banyak penguatan positif yang diterima maka akan semakin besar kemungkinan karyawan terus menampilkan performanya dengan baik.

Kekuatan atau Keunggulan OKR

okr

OKR yang bisa mencapai sebuah tujuan perusahaan ternyata tidak lepas dari kekuatan OKR itu sendiri.

  • Focus: Kekuatan pertama adalah dengan memfokuskan apa yang paling penting untuk dicapai.
  • Alignment: Dengan menyelaraskan tujuan umum perusahaan maka nantinya tujuan masing-masing karyawan pun bisa tercapai. Hal ini tentu dengan tidak mematikan kreativitas karyawan untuk bisa menciptakan tujuannya sendiri. Dengan OKR nantinya akan bisa menghubungkan tim untuk memiliki satu tujuan dan memunculkan kerjasama agar mencapai sebuah tujuan.
  • Commitment and accountability: OKR yang dibuat oleh setiap karyawan secara tidak langsung mendorongnya untuk lebih bertanggung jawab juga berkomitmen terhadap tujuan dan pembuatan OKR tersebut.
  • Tracking: OKR dalam bentuk data yang konkrit bisa menjadi proses monitoring mingguan yang lebih mudah sehingga walaupun anda tidak ada di kantor secara langsung kinerja karyawan bisa dinilai lewat data faktual.
  • Stretching: OKR akan membantu tim untuk bisa termotivasi sambil menguji sejauh mana batasan kemampuan pada masing-masing karyawan untuk mencapai sebuah tujuan.

Contoh OKR Perusahaan

ObjectiveKey Result
Meningkatkan profit perusahaanDapatkan penghasilan 20 miliar per tahunMembuka 5 cabang baru di IndonesiaMeningkatkan gross profit margin dari 45% menjadi 60%Menurunkan kesalahan produksi dari 30 % menjadi 15%

Dari OKR perusahaan ini, nanti tiap divisi bisa menurunkannya tergantung setiap objektif pada tiap department.Dengan memiliki OKR, maka Anda pun bisa lebih fokus dengan tujuan bisnis. Selain itu, saat Anda memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis, maka bisa lebih terencana dan terarah. Modal usaha bisa dengan mudah dan cepat Anda dapatkan di Lancar by Danamas hanya dengan mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store dan ajukan pinjaman beragunan properti Anda. Pinjaman dari Lancar by Danamas bisa didapat hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 – 10 tahun.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda