Apa itu Paylater

Apa itu PayLater  ? PayLater   adalah istilah yang diberikan bagi seseorang yang melakukan peminjaman uang lewat suatu platform keuangan atau bank. Layanan PayLater   digunakan untuk memberikan utang untuk penggunaan sehari-hari. Dimana dikemudian hari, Anda wajib melunasinya. 

Kemudahan bertransaksi memang memberikan kita peluang untuk menjadi lebih konsumtif. Apalagi di era digital saat ini penggunaan cash sudah menjadi hal yang jarang. Dimana suka tidak suka Anda harus menerapkan pola pikir yang baik dalam proses pemilihan. Jika tidak penggunaan PayLater   ini bisa membuat tabungan Anda menipis. 

Mengelola keuangan pribadi memang diperlukan sikap disiplin untuk menerapkannya dalam kehidupan setiap hari. Kunci sukses finansial sudah jelas konsistensi dan kebiasaan yang terbangun sejak muda. Nah, ada berbagai rumus mengelola keuangan pribadi yang kita tahu seperti pareto approach, 50-30-20, 10-20-30-40 hingga rumus 1234

Penasaran kira-kira PayLater membawa dampak positif atau negatif terhadap pengaturan keuangan Anda? Yuk, simak dulu ini dia berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu PayLater  , bagaimana manfaat dan penggunaannya! 

Apa Itu PayLater ?

PayLater  berasal dari kata “pay” yang berarti membayar dan “later” yang berarti nanti. Secara garis besar PayLater   adalah metode pembayaran yang menawarkan angsuran tanpa perlu menggunakan kartu kredit. 

Perusahaan digital tersebut nantinya akan menalangi pembayaran anda terlebih dahulu saat membeli produk. Setelah itu Anda akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pada bulan selanjutnya. Untuk jangka waktu pembayaran disesuaikan dengan tenor yang anda pilih.

PayLater  di berbagai platform e-commerce dan marketplace hingga transportasi online sering digunakan sebagai metode pembayaran yang solutif bagi mereka yang untuk memenuhi kebutuhan dan Keinginan mereka pada saat itu juga. 

Singkatnya, PayLater   adalah sebuah pinjaman yang diberikan perusahaan untuk dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. Metode pembayaran ini sangat memudahkan konsumen saat ingin membeli kebutuhan yang mendesak.

Bagaimana Sistem Bayar PayLater  ? 

Sistem PayLater   mirip dengan kartu kredit yaitu memiliki limit tertentu dalam berbelanja. Perbedaannya, jaminan pembayaran dari PayLater   akan lebih kecil dibandingkan dengan kartu kredit. Selain itu, waktu jatuh tempo dan persyaratannya berbeda-beda sesuai dengan tempat meminjam

Contohnya pada ecommerce terbesar di Indonesia yaitu Shopee. Shopee memliki sistem pembayaran PayLater  yang disebut sebagai SPayLater . Saat ini Shopee PayLater  memiliki bunga dengan minimal sebesar 2.96%, dengan bunga dari shopee PayLater  memiliki waktu 1, 2,3 ,6 dan 12 bulan.

Apakah PayLater  Sistem Kredit yang Aman

Ada banyak e commerce yang ada di Indonesia, sehingga Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah PayLater  dari e commerce tersebut aman. Beberapa contohnya marketplace yang aman seperti Shopee dan Tokopedia. Kedua marketplace ini telah memiliki izin dari OJK sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, banyak marketplace lain yang aman hanya saja Anda perlu mengecek apakah marketplace tersebut sudah berizin OJK atau belum.

Daftar Aplikasi PayLater yang Populer

Ada beberapa aplikasi PayLater yang kita temukan saat ini beredar di masyarakat. Masing-masing PayLater tentu memiliki program-program penawaran yang berbeda-beda. Untuk itu sebenarnya memiliki beberapa PayLater dengan tujuan menganalisa mana PayLater yang nyaman digunakan! 

1. Shopee PayLater  

Shopee PayLater hadir sebagai fasilitas kredit saat Anda berbelanja di marketplace Shopee. Dengan fitur ini maka Anda bisa membeli produk tanpa minimal pembelian dengan cara mencicil selama jangka waktu yang telah anda pilih. 

Selain itu Shopee juga menawarkan pinjaman instan hingga yang  Rp 15 juta rupiah dan bisa bertambah sesuai konsumsi pelanggan dengan tenggang waktu mulai 1 hingga 12 bulan. 

Dengan melihat data riset tersebut, Shopee PayLater   menjadi salah satu layanan PayLater  yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh konsumen. Sebuah data menunjukkan bahwa 92% mengetahui adanya layanan Shopee PayLater   dan 76% ia adalah pengguna aktif.

2. Go-PayLater  

Go-pay PayLater   adalah metode pembayaran yang bisa dinikmati oleh konsumen dari gojek terpilih. Untuk bisa menggunakan go-pay PayLater  maka anda harus terdaftar sebagai bagian dari go-pay plus. 

Caranya cukup sederhana, hanya mengupload KTP dan foto diri bersama KTP. Layanan ini tersedia untuk berbagai fasilitas yang ada di go-jek seperti go-ride, go-car, go-send, go-food dan lain-lain.

3. Kredivo

Kredivo mempermudah konsumennya untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp3.000.000 tanpa bunga dengan jangka waktu pembayaran hanya sebulan. Kredivo bisa digunakan di beberapa ecommerce atau marketplace seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

4. Akulaku

Akulaku juga salah satu PayLater  yang cukup populer belakangan ini. Anda bisa mengajukan pinjaman tunai hingga Rp 15 Juta dengan tenor yang beragam dengan maksimal 15 bulan. Akulaku menyediakan dua produk seperti akulaku khusus pengguna dan akulaku khusus merchant.

5. OVO PayLater 

OVO PayLater  adalah layanan cicilan tanpa kredit untuk anda gunakan saat berbelanja lewat Tokopedia. Fitur yang ada pada OVO PayLater  bisa dipakai para pengguna khusus OVO Premier sehingga sebelumnya Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan mengupload KTP dan selfie dengan memegang KTP.

6. Dana PayLater 

Dana PayLater  adalah layanan pelet yang dimiliki oleh e-wallet dana. Untuk bisa mengakses PayLater  ini maka anda harus memiliki aplikasi dan juga terdaftar sebagai pengguna dana. 

Dana menyediakan berbagai fitur pembayaran tagihan voucher digital hingga pembelian pulsa. Maka penggunanya bisa melakukan pembayaran lewat aplikasi dana dana PayLater  pun bisa dipakai.

7. Lazada PayLater 

Lazada lebih sering dikenal dengan nama laspeyre. Saat anda melakukan pendaftaran di awal maka anda akan mendapatkan limit mulai dari Rp5.000.000. Pengguna bisa memilih Lazada PayLater  sebagai metode pembayaran di setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi Lazada. 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan PayLater 

Aplikasi yang cukup baru dan juga populer maka ada berbagai keuntungan dan kerugian yang Anda rasakan saat menggunakan PayLater. Khususnya dalam mengontrol 

Keuntungan Menggunakan PayLater 

Ada beberapa keuntungan dari menggunakan PayLater yang dirasa, apalagi menurut hasil penelitian yang dilakukan KataData menyebutkan bahwa transaksi dengan PayLater menjadi metode pembayaran favorit ketiga setelah e-commerce dan e-wallet bahkan melewati kartu kredit. Menurut penelitian 95% penggunanya membutuhkan nilai fungsi yang ditawarkan. 

1. Proses Mudah

Proses yang mudah dalam menggunakan PayLater  adalah cukup mendaftar dan mengajukan pinjaman lewat fitur yang bisa anda akses melalui smartphone. Rangkaian tersebut bisa dilakukan secara online pada platform yang anda pilih.

2. Kapan & Di Mana Saja

Karena semua prosesnya bisa dilakukan secara online maka anda bisa menggunakan layanan ini dimana saja dan kapan saja lewat smartphone atau desktop. Maka jika Anda membutuhkan pinjaman di saat mendesak bisa dengan mudah menggunakan fitur ini.

3. Tenggat Waktu Fleksibel Tanpa Bunga

Keuntungan dari menggunakan filter adalah memiliki tenor yang fleksibel. Setiap platform menawarkan berbagai vendor yang berbeda, seperti yang ditawarkan mulai dari 3 sampai 12. Lebih beberapa juga menawarkan pinjaman tanpa bunga dan tenggang waktu tersebut.

Kerugian PayLater 

Tidak hanya keuntungan, tapi menggunakan PayLater  juga ternyata  memberikan kerugian salah satunya yaitu memunculkan perilaku konsumtif dan resiko keamanan data yang tersebar. Berikut adalah kerugian yang teman-teman patut pertimbangkan.

1. Konsumtif

Dengan kemudahan cicilan yang ditawarkan maka hampir setiap orang pasti tergiur untuk menggunakan pelet terlebih lagi jika pembayarannya rendah. Namun anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan filter karena hal ini bisa menyebabkan konsumtif pada diri Anda. 

Dengan tawaran bunga rendah hingga Rp 0, Anda bisa merasa bebas hingga lepas kontrol untuk membeli barang-barang yang anda inginkan saat membuka marketplace. 

Untuk itu pastikan saat ingin mengajukan PayLater  maka pilihlah barang-barang yang memang Anda butuhkan secara mendesak.

2. Pembengkakan Tagihan

Menggunakan PayLater  juga bisa menimbulkan pembengkakan tagihan. Untuk itu sebaiknya pilih dengan saksama kebutuhan apa yang perlu Anda penuhi saat itu juga lalu ajukan pinjaman lewat aplikasi ini.

3. Keamanan

Kerugian yang bisa saja terjadi lainnya adalah keamanan. Jika dibandingkan dengan keamanan kartu kredit Bank maka keamanan dari PayLater  cukup tergolong rendah. 

Banyak diluar sana yang menyediakan layanan PayLater  dengan tawaran menarik namun tidak terjamin keamanannya. Untuk itu pastikan aplikasi Play Store yang sudah yang ingin anda gunakan berada dibawah pengawasan dan izin OJK. 

Ajukan Pinjaman yang Aman Hanya di Danamas!

Perhatikan dengan baik cara Anda mengkonsumsi barang, usahakan untuk menggunakan barang yang memiliki urgensi. Paling tidak Anda memastikan bahwa keuangan Anda mampu membayar pelunasan di akhir jatuh tempo setiap bulannya. Jika tidak tentu akan ada beberapa konsekuensi lainnya yang bisa Anda terima, salah satunya bunga yang harus Anda bayarkan hingga penyitaan aset dan berbagai hal lainnya. 

Pinjaman online terpercaya tentu wajib memiliki credit scoring yang profesional dimana seluruh pinjaman yang diberikan seharusnya melalui proses pengecekan kelayakan dan kemampuan finansial. Pastikan Anda mengajukan pada platform pinjaman online yang tepat dan sudah diawasi juga diizinkan berjalan oleh OJK. 


Danamas adalah solusi pinjaman online terpercaya Anda, dengan suku bunga bersaing mulai dari 12%. Mulai atur jumlah pinjaman dan angsuran hingga tenor agunan rumah yang Anda ajukan di kalkulator pinjaman. Cairkan dana besar dengan platform pinjaman terpercaya dan aman sejak tahun 2000. Plafon pinjaman hingga Rp 2milyar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Yuk, tunggu apa? Mulai ajukan sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda