apa-itu-supplier

Apa itu supplier? Saat Anda memiliki atau menjalankan suatu bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah supplier. Di berbagai bidang usaha bisnis, supplier memiliki peran yang tidak bisa dianggap sepele. 

Untuk itu, mencari tahu dahulu apa itu supplier dan bagaimana cara mendapatkan supplier yang tepat harus Anda ketahui. Selain itu, Anda juga dapat menjadi supplier untuk meraih keuntungan yang besar. Tentu saja dengan memiliki bisnis yang memiliki untung besar dari peluang usaha yang tidak mati.  

Lalu apa itu supplier dan apa saja bisnis yang dapat supplier lakukan? Dalam artikel ini akan kita bahas serba serbi mengenai supplier. Yuk simak apa itu supplier!

Apa itu Supplier?

Supplier adalah pihak yang memiliki tugas untuk memasok sumber daya bagi keberlangsungan bisnis Anda. Bahan mentah yang dipasok perusahaan supplier nantinya akan Anda oleh menjadi bahan produksi yang mampu menjadikan bisnis lebih maju setelah produk matang di produksi. 

Beberapa pengertian lain juga menjelaskan bahwa supplier adalah sebuah perusahaan atau perseorangan yang menjual berbagai bahan mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan lain agar mampu diolah menjadi suatu produk yang siap dijual. 

Supplier tidaklah sama dengan distributor. Jika supplier memasok bahan mentah, maka distributor adalah pihak yang fokus pada menjual hingga menyalurkan bahan ke pihak pengecer sehingga nantinya bisa disalurkan ke konsumen akhir. Berbeda dengan supplier yang memasok bahan mentah untuk dijadikan bahan matang yang siap dijual. 

Dari segi keuntungan, supplier dan distributor tentu tidak dapat diklasifikasikan karena model bisnis yang berbeda. Semua ini berdasarkan pada rantai konsumen yang dibangun. Selain itu, hal yang membantu bisnis ini sukses adalah cara dalam mengembangkan strategi branding bisnis

Apa yang Menjadi Tugas Supplier?

Supplier dalam bisnis Anda memiliki fungsi dan tugas yang cukup penting. Supplier adalah mata rantai suplai produk yang nantinya akan disalurkan ke konsumen. Adapun tugas dari supplier antara lain:

  1. Supplier memastikan ketersediaan bahan mentah untuk pihak yang membutuhkan.
  2. Supplier memastikan semua bahan mentahnya diterima oleh pihak pembeli dalam keadaan baik. 
  3. Supplier juga harus mengatur proses penyimpanan bahan mentah dengan baik sebelum disalurkan ke pihak yang membutuhkan.
  4. Supplier mengatur pengiriman bahan baku dengan waktu yang tepat kepada perusahaan atau pihak yang membutuhkan. 

Jenis-Jenis Supplier

Jenis-jenis supplier memang ikut menentukan seberapa besar hasil keuntungan yang bisa Anda peroleh. Nah, agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan jelas, Anda tentu penting memiliki pengetahuan terhadap jenis supplier seperti apa yang bisa memberi proses dan margin yang jelas. Ada beberapa jenis supplier yang terdiri dari supplier produk atau jasa, seperti berikut ini:

  1. Supplier Produk Jasa

Supplier produk jasa ialah supplier yang memasok bahan mentah untuk nantinya diolah menjadi produk jasa. Pihak supplier nantinya bisa menyuplai bahan mentah agar mampu diolah oleh pihak lain menjadi produk jasa agar bisa disalurkan kembali ke konsumen. 

  1. Supplier Produk Barang

Supplier produk barang ialah supplier yang menyuplai produk bahan mentah untuk diolah dalam bentuk produk jadi. Maka, pihak supplier hanya akan memasok bahan baku saja sehingga nantinya bisa diolah kembali oleh pihak yang membutuhkan. 

Dari jenisnya, supplier juga dibagi kembali menjadi 2 jenis yaitu supplier bahan material fabrikasi dan supplier bahan non fabrikasi. 

  • Supplier Bahan Material Fabrikasi

Supplier bahan material fabrikasi ialah supplier yang bisa menyediakan bahan atau material yang dipesan oleh pihak produsen. Namun, bahan ini akan diproses terlebih dahulu oleh supplier sesuai kesepakatan bersama. 

  • Supplier bahan material non-fabrikasi

Supplier bahan material non-fabrikasi ialah supplier yang memasok bahan produksi tanpa harus melalui proses pembuatan khusus ditempat supplier untuk kebutuhan pihak yang membutuhkan. 

Cara Kerja Supplier

Selain memiliki dan membangun branding dan kerja sama yang baik dengan rekanan atau konsumen. Anda juga perlu memperhatikan ketepatan hingga kualitas produk yang baik yang bisa membuat Anda jadi lebih menarik dibanding dengan produk lainnya dalam pasar. Supplier juga harus memenuhi pengadaan bahan mentah. Bahan mentah ini diproduksi ataupun dihasilkan sendiri bahkan bisa mencarinya dari pihak lain. Supplier memiliki cara kerja yang bisa Anda ketahui, seperti berikut ini:

  1. Supplier memberikan informasi terkait bahan baku
  2. Supplier melakukan proses pemasaran yang tepat
  3. Supplier bekerjasama dengan pebisnis
  4. Supplier harus menjaga kualitas bahan bakunya.

Tips Memilih Supplier untuk Bisnis

Memilih supplier untuk bisnis tentu membutuhkan ketelitian dan jumlah pasokan barang yang mampu mereka hadirkan. Jika ternyata di akhir supplier tidak mampu menyediakan barang, maka ini akan membuat reputasi bisnis menjadi kurang kredibel di mata konsumen, Jadi meski supplier dari produk Anda banyak di pasaran, Anda juga tetap harus memastikan produk yang hendak dijual berasal dari supplier yang dapat dipercaya. Nah, ini tips-tips memilih supplier untuk bisnis! 

  1. Cek Kualitas Barang Supplier

Kualitas adalah hal utama jika produk yang Anda jual ingin lebih baik lagi. Bisa dibayangkan, jika Anda menjual barang dengan kualitas yang buruk, maka konsumen pun tidak mau kembali lagi. Lain halnya, jika Anda menjual barang dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa mendapatkan konsumen yang setia untuk kembali membeli di toko Anda. 

Umumnya, harga barang bisa menunjukkan kualitasnya. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan harga yang terlampau murah, harus cek dengan teliti kualitas yang Anda dapatkan nantinya. Memilih kualitas terbaik tak hanya baik untuk reputasi bisnis tetapi juga menjaga bisnis Anda untuk terus bertahan. 

  1. Analisis Track Record

Salah satu cara memilih supplier yang tepat adalah dengan mengecek track record nya terhadap pembeli sebelumnya. Cobalah cek dengan mencari tahu lewat sumber yang bisa dipercaya seperti akun media sosial, komunitas, forum, dll. Anda harus memastikan bahwa supplier tidak memiliki masalah terhadap pihak lain. 

  1. Minta Produk Sampel

Anda bisa lebih yakin dengan kualitas dari supplier dengan meminta produk sampel. Cek produk sampel yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan produk yang nantinya ingin Anda buat produk jadinya, apakah cocok atau tidak. Dengan cara ini, maka Anda bisa lebih yakin untuk memakai produk ini atau tidak. 

  1. Cari Supplier Tangan Pertama

Sebaiknya, Anda mencari supplier yang menjadi produsen langsung. Hal ini akan menguntungkan bisnis Anda dimana margin keuntungan akan lebih besar daripada bekerja sama dengan supplier yang adalah tangan kedua. 

  1. Pertimbangkan Konsistensi

Konsistensi supplier juga harus menjadi pertimbangan lain saat mencari supplier yang tepat. Contohnya, apakah supplier mengalami kendala saat pengiriman barang? Dan cek kendala-kendala lain yang mungkin saja bisa terjadi. Kendala dari supplier pun bisa berdampak negatif kepada bisnis yang sedang Anda jalankan. 

  1. Miliki Lebih dari Satu Supplier

Supplier bisa Anda miliki lebih dari satu. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada salah satu supplier yang memiliki kendala pada bisnis Anda, sehingga Anda memiliki cadangan untuk bisa melanjutkan bisnis dengan supplier yang lainnya. Tak hanya itu, dengan memiliki supplier lain, Anda juga bisa membandingkan harga antar supplier. 

Ide Bisnis Supplier yang Trend di Tahun 2022

Menjadi supplier dapat menjadi peluang bisnis yang bagus untuk Anda kembangkan. Di tahun 2022, ada beberapa bisnis supplier yang sayang untuk Anda lewatkan. Mari kita simak beberapa ide berikut ini!

  1. Supplier Kosmetik

Saat ini permintaan masyarakat akan kosmetik terus meningkat sehingga menjadi supplier kosmetik memberikan keuntungan yang besar. Perkembangan didunia kosmetik terus memberikan inovasi sehingga produk kosmetik baru telah bermunculan. Apalagi kosmetik tidak hanya menjadi peluang bagi masyarakat kelas atas tapi semua kalangan membutuhkan kosmetik.

Namun, jika ingin menjadi supplier kosmetik, Anda harus mencari merek kosmetik yang baik. Jangan sampai menjual kosmetik yang abal-abal, apalagi banyak kasus kosmetik palsu. Maka Anda harus melakukan uji coba sendiri kosmetik yang akan dijual. 

  1. Supplier Baju Import

Menjadi supplier baju import dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Hal ini dapat Anda lihat pada penelusuran google bahwa barang yang paling banyak diimpor adalah baju fashion dari china. Artinya mulai banyak pelaku usaha yang mencari produsen baju import.

Tantangan dalam menjadi supplier baju import yaitu Anda harus mencari produsen yang terpercaya. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan uang tapi produknya tidak datang. Atau produk yang datang punya kualitas yang buruk.

  1. Supplier Thrift Shop

Mungkin beberapa orang belum mengetahui apa itu thrift shop. Thrift shop merupakan upaya untuk menjual barang bekas yang masih layak untuk dipakai. Biasanya produk thrift shop adalah barang yang baru beberapa bulan dipakai.

Barang bekas yang dijual juga bukan barang bekas sembarangan. Biasanya barang bekas ini berasal dari luar negeri menggunakan import. Banyak orang memiliki minat yang tinggi membeli barang bekas karena tingginya minat akan fashion berkualitas namun dengan harga yang murah.

  1. Supplier Daster Tangan Pertama

Daster menjadi pakaian yang paling sering digunakan oleh ibu-ibu di Indonesia. Kainnya menggunakan bahan yang adem sehingga disukai oleh ibu-ibu untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Karena minat yang tinggi ini, Anda dapat menjadi supplier daster tangan pertama.

Tentunya dengan menjadi supplier daster tangan pertama, Anda dapat membeli daster dengan harga yang lebih murah. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin mengunjungi sentra industri daster, mengikuti pameran hingga mengikuti komunitas untuk menemukan produsen daster yang murah dan berkualitas. 

  1. Supplier Makanan Kucing dan Hewan

Kucing dan hewan peliharan saat ini mulai banyak dipelihara oleh masyarakat. Anda dapat melihat bahwa angka adopsi kucing terus meningkat. Namun sedikit orang yang memiliki usaha bisnis makanan kucing. 

Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang besar bagi Anda untuk menjadi supplier makanan kucing. Bahkan keuntungan yang Anda dapat dihasilkan dengan menjadi supplier makanan kucing tidak hanya jutaan rupiah. Namun, bisa mencapai angka puluhan juta. Selain itu, menjual pakan kucing juga punya keunggulan lain karena pakannya dapat Anda simpan lama.

  1. Supplier Daging dan Ayam Potong

Ayam merupakan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Jika Anda datang ke rumah makan pasti hampir semua rumah makan menyediakan menu ayam. Selain itu, kebutuhan ayam di pasaran juga cenderung stabil.

Cara untuk memulai bisnis supplier ayam potong yaitu dengan melakukan riset pasar. Anda harus mengetahui berapa banyak kebutuhan ayam potong di lokasi Anda. Selain itu, pemilihan jenis ayam potong yang akan dijual juga bisa jadi pertimbangan penting.

  1. Supplier Kaos Polos

Kaos polos menjadi busana yang banyak digunakan dan punya pangsa pasar yang luas. Selain itu, kaos polos juga tidak memerlukan modal usaha yang besar. Anda dapat bekerja sama dengan vendor konveksi yang profesional untuk memastikan kualitas dari kaos Anda.

Jika Anda ingin memulai menjadi supplier kaos polos maka cara pertama yaitu memastikan sistem penjualan yang akan Anda lakukan. Selain itu, memikirkan sistem produksi apakah akan bekerja sama dengan konveksi atau Anda membuat kaos Anda sendiri. Namun, dengan ketekunan dan usaha yang gigih menjadi supplier kaos polos yang sukses pasti akan tercapai.

Mulailah Bisnis Supplier Anda untuk Raih Keuntungan Besar

Gimana teman-teman Lancar sudah paham bukan apa itu supplier? Semoga tidak bingung dan bimbang menentukan segmentasi bisnis dan layanan ya! Kuncinya adalah selalu memperhatikan kualitas dari produk dan memperhatikan kecepatan hingga ketepatan. 

Sekarang Anda sudah dapat memulai mengekspansi bisnis lebih baik lagi bukan? Jangan sampai salah pilih supplier untuk bisnis yang Anda kelola. Atau jika Anda ingin jadi supplier, pastikan untuk  menentukan jenisnya dan komitmen untuk menyesuaikan kebutuhan dalam pasar. 

Bicara bisnis, kita tentu bicara mengenai peluang, dimana selalu berhubungan dengan ekspansi bisnis. Melakukan ekspansi bisnis tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa mendapatkannya lewat berbagai pinjaman online terpercaya

Aplikasi Danamas adalah pinjaman online terpercaya, solusi untuk semua kebutuhan keuangan Anda. Tidak perlu ragu atau takut, karena sistem dan operasi pinjaman di Danamas sangatlah terjamin keamanannya. Agunan berbasi properti ini memampukan Anda untuk menarik modal hingga Rp 2 miliar. Menarik bukan? 

Tenora waktu hingga 10 tahun, fleksibel dengan bunga rendah hingga 15% sudah jelas sangan membantu Anda yang membutuhkan dana besar. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan kalkulasi sekarang dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman, hitung pinjaman dan angsuran dari properti Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda