Apa-yang-dimaksud-dengan-UKM

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan, salah satunya adalah dengan membangun sebuah bisnis. Belakangan ini istilah UKM sering kali terdengar dan menjadi salah satu solusi bagi orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bahkan UKM banyak menjadi pilihan bagi seorang pemula. Namun, apa yang dimaksud dengan UKM? UKM kepanjangan dari usaha kecil dan menengah.

Terlebih lagi saat pandemi di mana banyak orang yang harus menambahkan penghasilan atau sedang tidak lagi mendapatkan penghasilan tetap, seperti PHK, sehingga mereka harus mencari nafkah lewat bisnis UKM. Walaupun istilah UKM sudah sangat terkenal, tapi ternyata ada orang yang belum tau apa yang dimaksud dengan UKM. Padahal UKM ini bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Siapa pun bisa mencoba bisnis UKM dan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar juga bisa didapatkan siapapun. Sebelum tahu strategi menjalankan bisnis UKM, ketahui juga apa yang dimaksud dengan UKM, apa jenis-jenisnya, apa UKM dan UMKM sama? bagaimana cara memulai dan mengembangkannya? dan hal-hal yang berkaitan dengan upaya lainnya berikut ini:

Apa Itu UKM?

Apa yang dimaksud dengan UKM? UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan dalam skala kecil hingga menengah. UKM bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan melainkan perusahaan yang berdiri sendiri pada skala kecil. 

Jenis UKM di Indonesia

Ternyata ada beberapa jenis UKM yang ada di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2008, UKM atau usaha kecil menengah dibagi menjadi tiga kelompok yaitu usaha mikro usaha kecil dan usaha menengah.

a. Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha yang dimiliki oleh perorangan dan badan usaha milik perorangan. Usaha mikro memiliki aset maksimal Rp 50 juta yang tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Omset pada usaha mikro maksimal 300 juta per tahun.

b. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha yang berdiri sendiri bukan merupakan anak usaha cabang atau usaha menengah hingga besar. Usaha kecil memiliki aset dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta yang di luar tanah dan bangunan. Hasil penjualan pada usaha kecil biasanya mencapai Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun. 

c. Usaha Menengah

Usaha menengah dimiliki oleh perorangan atau badan usaha milik pribadi yang bukan cabang atau anak usaha perusahaan lain. Jumlah aset yang dimiliki usaha menengah adalah Rp 500 juta. Sedangkan untuk omzet atau penjualan yang didapat sebesar Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar per tahun.

Peran UKM di Indonesia

UKM adalah salah satu jenis usaha yang memiliki kontribusi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. UKM juga berperan untuk memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Peran UKM tersebut hanya bisa dirasakan oleh negara berkembang tetapi juga negara maju. 

UKM mampu menyerap banyak tenaga kerja lebih banyak dibandingkan bisnis besar. Selain itu, UKM dalam PDB (produk domestik bruto) juga memiliki peran yang cukup besar dibandingkan dengan usaha skala besar.

Perbedaan UKM dan UMKM

Apa UKM dan UMKM sama? Apa yang dimaksud dengan UKM? Ternyata masih banyak orang yang mengira kalau keduanya adalah hal yang sama. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada rincian perbedaan antara UKM dan UMKM. Simak yuk!

AspekUKMUMKM
KomoditiSudah memiliki produk utama ada produk yang lebih variatif.Produk dapat berubah sewaktu-waktu
Tempat usahamenetap di satu tempat memiliki beberapa tempat usahaBelum memiliki tempat usaha yang tetap
Administrasi keuanganmemiliki manajemen finansial yang baik dan teratur rutin melakukan auditPengelolaan finansial masih sederhana belum memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha
Pekerjamemiliki SDM yang lebih berpengalaman & kompetenPemilik usaha biasanya turun langsung ke lapangan
Izin usahasudah terdaftar dan memiliki legalitas (NPWP, izin usaha, hak cipta)Belum memiliki izin usaha

7 Contoh UKM di Indonesia

UKM di Indonesia makin berkembang dan hal ini tentu berdampak positif karena bisa meningkatkan perekonomian. Apa saja contoh UKM di Indonesia? Berikut ini ada 7 contoh UKM di Indonesia, mulai dari kuliner, fashion, agribisnis, pendidikan dan pelatihan sampai jasa kebersihan. Intip yuk rinciannya!

1. UKM Kuliner

Jenis kuliner adalah salah satu UKM yang paling banyak ditemui di Indonesia. Jenis bisnis ini hampir dibutuhkan oleh semua orang karena pasti semua orang membutuhkan makan. Untuk itu, bisnis kuliner adalah peluang yang sangat baik dan bisa dikembangkan menjadi lebih sukses. 

Untuk bisa memulai bisnis kuliner Anda membutuhkan modal yang variatif tergantung jenis makanan yang ingin anda promosikan. Kunci untuk mengembangkan usaha kuliner adalah pada rasa layanan harga dan strategi pemasaran. 

2. UKM Fashion

Makanan bahan makanan fashion juga salah satu bisnis UKM yang kini banyak ditemui pada anak muda. Ini menghasilkan profit yang cukup berlipat ganda terutama pada hari-hari besar seperti lebaran dan Natal. terus berkembang bisa menjadi peluang yang baik bagi anda untuk melakukan inovasi pada bisnis fashion.

3. Agribisnis

Agribisnis meliputi sayur, telur, hingga daging. UKM agribisnis merambat pada bidang pertanian dan peternakan yang umumnya didominasi oleh pebisnis di desa. Contoh UKM di bidang agribisnis seperti ternak sapi, ayam petelur, budidaya tanaman, bibit tanaman, dan lain-lain.

4. Pendidikan Dan Pelatihan

Pada bidang pendidikan juga bisa dijadikan bisnis yang cukup menguntungkan seperti mengadakan kursus atau pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawan kantoran atau pelajar. Untuk memulai usaha di bidang pendidikan, maka anda harus memiliki kemampuan dasar yang bisa anda jadikan bisnis.

Baca juga; Daftar Bisnis rumahan yang Populer di Tahun Ini

5. UKM Produk Kreatif

Produk kreatif adalah kerajinan tangan yang nilainya bisa sangat tinggi karena memiliki keunggulan dan keunikan. Produk kerajinan tangan juga cukup variatif seperti pada produk fashion aksesoris kecantikan produk dapur dan ornamen rumah tangga.

6. Teknologi dan Internet

KM di bidang teknologi dan internet juga sangat berkembang pesat belakangan ini. Bisnis ini juga dibutuhkan oleh masyarakat karena kebutuhan komunikasi yang yang mereka lakukan sehari-hari. Contoh dari UKM teknologi dan internet adalah pengembangan aplikasi smartphone.

7. Usaha Jasa Kebersihan

Salah satu UKM yang juga cukup populer belakangan ini adalah usaha jasa kebersihan seperti usaha laundry, Jasa membersihkan rumah, jasa desinfektan, jasa sedot debu, dan lain-lain. Bagi mereka yang memiliki kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk mengurus rumah.

Cara Memulai Bisnis UKM

Sering mendengar bisnis gulung tikar di tahun pertama dirintis? Hal itu bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan dan langkah yang salah ketika ingin mengembangkannya. Berikut adalah tips untuk memulai bisnis bagi pemula agar bisa cepat berkembang, yaitu:

a. Lakukan Riset

Sebelum memulai usaha, pastikan anda melakukan riset pasar dan tau target pasar. Memahami apa yang konsumen inginkan akan memudahkan anda untuk menjual produk. Bersamaan dengan itu, anda juga bisa survey dan observasi lokasi yang memiliki potensi memberikan untung besar. Hal tersebut bisa dimulai dengan menentukan dan meneliti target pasar seperti apa yang anda tuju.

b. Persiapkan Mental

Ketika anda siap untuk berbisnis, jangan hanya memikirkan keuntungannya saja, tapi siapkan mental juga untuk segala kemungkinan buruk dan tantangan yang harus dilewati. Pebisnis besar pasti memiliki mental kuat, berani dan tahan banting dalam proses mengembangkan usahanya.

c. Bangun Relasi

Saat mulai mendirikan bisnis, tidak hanya anda dan konsumen yang terlibat tapi ada banyak pihak yang juga turut andil. Jadi bangunlah relasi seluas-luasnya seperti dengan pelaku bisnis lain yang bisa diajak kerja sama atau vendor-vendor terpercaya.

d. Siapkan Modal

Modal merupakan salah satu pondasi utama dalam berbisnis. Banyak orang yang mengira untuk bisa memulai bisnis, modal yang dimiliki harus banyak. Padahal tidak begitu. Modal usaha bisa menyesuaikan dan kelola seefektif mungkin dengan riset dan survey yang sudah dilakukan sebelumnya.

e. Tentukan Lokasi

Memilih lokasi untuk membuka usaha sangat penting dilakukan. Carilah yang strategis, yang bisa menghasilkan mobilitas dan kegiatan penjualan tinggi. Di era digital seperti sekarang, “lokasi” tidak selalu berarti tempat. Pertimbangkan penggunaan platform digital sebagai “lokasi” bisnis, bila memang sesuai dengan produk yang ditawarkan. 

11 Cara Mengembangkan Usaha Kecil Menjadi Besar

Semua orang pasti ingin bisnisnya berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan. Walaupun dimulai dari bisnis kecil, bukan berarti bisnis anda tidak bisa menjadi besar. Nah, jika anda ingin bisnis yang anda jalankan cepat mengular. Berikut ada 11 cara yang bisa anda coba:

1. Pilih Jenis Usaha Bermodal Kecil Yang Cocok

Langkah yang pertama adalah tentukan usaha yang cocok dan pas untuk anda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan hal yang anda sukai atau dari hobi. Jadi, ketika menjalaninya dan ada rintangan yang harus dilalui, anda tidak akan terbebani atau merasa berat. Jika anda hobi traveling, anda bisa membuka usaha travel, fotografer, tour guide dan lainnya.

2. Riset Pasar

Dengan melakukan riset pasar, anda jadi tau apa yang dibutuhkan konsumen. Nah disitulah anda akan hadir, sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi. Tak hanya itu saja, dengan riset pasar anda juga jadi tau siapa saja kompetitor anda. Dari kompetitor, anda bisa belajar menganalisa keunggulan bisnis anda dibandingkan kompetitor atau sebaliknya.

3. Alokasikan Modal Dengan Tepat

Ada dua cara untuk mengalokasikan modal. Pertama yaitu capital expenses, dimana modal dipakai untuk membeli bahan baku, alat-alat dan perlengkapan bisnis. Contoh bila anda membuka usaha laundry maka pembelian mesin cuci, mesin pengering, sabun cuci, pengharum termasuk pengeluaran ini.

Kedua adalah operational expenses yaitu pengeluaran operasional seperti sewa gedung, bayar listrik, gaji karyawan dan lainnya. Dengan mengalokasikan modal secara tepat, maka modal kecil bisa dipakai seefektif dan seefisien mungkin.

4. Pilih Lokasi Tepat

Pemilihan lokasi sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis. Memilih tempat yang ramai dan tepat bisa membuat usaha lebih cepat berkembang. Bagi anda yang baru memulai bisnis, jangan ragu untuk menggunakan lahan yang ada. Seperti teras atau garasi rumah. Bahkan perusahaan besar Apple, Google, Microsoft, Amazon dan lainnya bermula dari garasi rumah sebelum besar seperti sekarang.

5. Manfaatkan Peralatan Yang Ada

Ketika ingin merilis bisnis, tidak selamanya harus menggunakan peralatan baru dan canggih. Tapi anda bisa memanfaatkan alat yang sudah dimiliki untuk meminimalisir pengeluaran. Namun, jika nanti bisnis sudah besar dan alat yang ada sudah tidak memungkinkan untuk dipakai, anda bisa membeli alat yang baru dan canggih.

6. Manfaatkan Sosial Media

Kecanggihan sosial media bisa anda manfaatkan untuk berpromosi gratis dan menjangkau berbagai kalangan sampai ke luar pulau atau bahkan luar negeri. Anda bisa memposting gambar menarik dan berikan promo, maka akan banyak pelanggan yang membeli. Pemasaran menggunakan sosial media memang sangat menguntungkan, karena gratis tapi efeknya cepat. Hal ini akan membantu untuk mengembangkan bisnis, walaupun memiliki modal yang kecil.

7. Bijak Pakai Modal

Bijaklah menggunakan modal, hindari membeli barang yang belum diperlukan. Karena modal yang dimiliki terbatas, jadi pakailah dengan baik. Jangan sampai modal sudah habis untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak penting. Buatlah rencana belanja dengan rinci dan lengkap, jadi hanya membeli yang memang ada di list itu saja.

8. Libatkan Orang Terdekat

Anda bisa melibatkan orang terdekat seperti suami, kakak, adik, saudara atau sahabat. Nanti setelah bisnis sudah mulai berkembang dan besar, barulah mulai rekrut pegawai dari luar untuk membantu jalannya bisnis.

9. Manajemen Waktu

Sebagai seorang pebisnis, anda dituntut untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu dengan tepat, efektif dan tetap menguntungkan. Anda bisa membuat timeline selama 1 bulan ke depan apa saja yang harus dilakukan. Jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Hal yang perlu diingat adalah ketika menunda pekerjaan, maka modal akan terus terpakai tanpa ada hasil signifikan dan dengan begini anda akan kalah dari kompetitor yang sedang membangun bisnisnya.

10. Inovasi Produk

Kebanyakan konsumen mudah bosan dan memilih produk dengan inovasi baru. Saat konsumen bosan, maka ia akan pindah ke tempat lain yang dirasa lebih menarik. Contohnya adalah warung bakso, sekarang ini banyak sekali variasi bakso yang bisa ditemukan. Bahkan ada bakso beranak, bakso lobster, bakso bakar, bakso balungan dan lainnya. Hal tersebut membuat konsumen penasaran dan ingin mencicipinya. Karena itulah lakukan inovasi untuk memanjakan konsumen, sehingga usaha anda bisa bertahan dan terus berkembang.

11. Bahan Baku Murah Berkualitas

Lakukanlah survey untuk menemukan supplier bahan baku yang bisa memberikan harga murah tapi berkualitas bagus. Anda bisa mencari di internet atau bertanya pada pebisnis lain. Jangan ragu untuk bernegosiasi demi mendapatkan harga miring.

20 Ide Bisnis UKM Tahun 2022

Sebelum memulai suatu bisnis, anda harus survey dahulu untuk menentukan target pasar. Pastikan usaha anda ini akan membantu para konsumen untuk menyelesaikan masalahnya. Selain itu anda harus memiliki kemampuan agar bisnis produk atau jasa bisa terus berkembang. Berikut ada 20 ide bisnis yang bisa dijadikan pilihan:

a. Bisnis F&B

Bisnis FnB mulai dari makanan sampai minuman memang memiliki peluang tinggi. Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang stabil dan maju bahkan di kala pandemi sekalipun. Hal ini tentu saja didukung oleh kemampuan adaptasi para pengusaha  agar bisnisnya bisa tetap eksis.

  1. Coffee Shop

Saat ini keberadaan Coffee shop sangat menjamur. Kita bisa sangat mudah menemukannya. Anda harus memilih lokasi yang strategis, misalnya dekat perkantoran, kampus atau dekat fasilitas umum. Pastikan tempatnya enak untuk nongkrong, bisa disesuaikan dengan desain interior, menu dan lagu yang diputar. Karena selain nongkrong, biasanya banyak orang yang bekerja di sana. Sehingga butuh tempat yang nyaman. 

  1. Catering

Anda bisa memilih ingin usaha katering makanan sehat, makanan prasmanan untuk acara besar, makanan untuk diet dan lainnya. Jika baru memulainya, anda bisa mengajak anggota keluarga untuk membantu atau hanya menerima orderan dalam jumlah yang sedikit, misalnya untuk pengajian, arisan, makan siang di sekolah atau daycare.

  1. Frozen Food

Frozen food makin diminati masyarakat. Karena sangat praktis dan bisa dikonsumsi kapanpun. Karena tingginya permintaan, tentu profit yang diberikan juga tinggi. Saat ini frozen food sudah sangat bervariasi, tidak hanya nuget ayam, kaki naga, dan baso. Tapi ada juga tempura, siomay, pempek, risol, fish stick, mix vegetable, ayam bumbu kuning, ayam sambal rica, ayam kalasan dan lainnya.

  1. Kedai Makanan

Makanan masih menjadi kebutuhan primer semua orang. Ketika membuka usaha ini, perhatikanlah lokasi, kebersihan dan rasa. Menu yang disajikan bisa disesuaikan dengan keahlian anda dalam memasak. Jika berada di lingkungan kantor atau kampus bisa sedia makanan rumahan, yang dilengkapi sayur dan lauk lengkap.

  1. Food Truck

Usaha ini dinilai efisien dan tidak memerlukan modal yang besar. Karena biaya menyewa atau mendirikan tempat untuk berjualan tentu memerlukan uang yang banyak. Dengan berjualan menggunakan food truck, anda jadi bisa memperluas jangkauan restoran sehingga lebih efisien. Tak hanya itu aja, anda juga berkesempatan mengikuti beragam event. Rekomendasi mobil food truck seperti Isuzu Traga, Toyota Dyna dan Daihatsu Gran Max.

  1. Kursus Masak

Berbagi ilmu adalah kegiatan yang mulia. Dengan memiliki keterampilan dalam suatu bidang, anda bisa membaginya ke orang lain. Salah satunya yaitu kursus masak. Jika ingin kursus dilaksanakan online, anda bisa merekam videonya dengan alat yang ada misalnya pakai handphone.

  1. Minuman

Tak hanya makanan yang kini mendapat perhatian, tapi minuman juga makin naik daun. Apalagi semenjak ada boba, crystal jelly dan lainnya membuat varian minuman semakin banyak. Sekarang ini minuman selalu mengikuti tren bisnis dan pasar. Perhatikan keunikan packaging sampai harga per botolnya. 

b. Bisnis Tanaman & Buah

Bisnis lain yang cukup menjanjikan adalah berasal dari bahan pangan, karena dibutuhkan semua orang. Olahan tanaman sampai buah-buahan bisa digunakan sebagai sumber bisnis baru. Berikut adalah rekomendasinya:

  1. Jus & Salad Buah

Bisnis jus dan salad bisa sangat menguntungkan, karena saat ini makin banyak orang yang memikirkan gaya hidup sehat. Untuk mencegah buah busuk, anda bisa mengolahnya menjadi jus dan salad. Yang terpenting adalah pakai buah berkualitas baik. Perhatikan fisik, tekstur sampai baunya. Pastikan masih segar.

  1. Parsel

Parsel masih sangat diminati ketika mengunjungi orang terkasih, misalnya sedang sakit atau acara-acara penting. Agar anda tidak perlu menyetok buah terlalu banyak, anda bisa memasarkannya secara online.

  1. Bibit Tanaman

Anda bisa menjalin hubungan dengan komunitas petani budi daya. Dengan begitu, bisa saling bertukar informasi mengenai tanaman, tak terkecuali bibitnya. Range harga bibit mulai dari Rp 30.000 tiap kotak. Pastikan pasokan bibit lancar dan anda jual bibit yang banyak peminatnya. Agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa memasarkannya via online.

  1. Toko Bunga

Pada momen atau acara penting, banyak orang yang saling berkirim bunga kepada orang terkasih. Nah ini bisa anda jadikan peluang untuk berjualan buket bunga atau bunga papan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa membuka workshop merangkai bunga, untuk sekali pertemuan bisa dibandrol Rp 350.000 per orang lho.

c. Bisnis Jasa

Usaha jasa tentu menuntut anda untuk memiliki keterampilan sampai pengetahuan yang mumpuni di bidang tersebut. Tak hanya itu saja, diperlukan juga kreativitas agar usaha yang digeluti memiliki perbedaan dibanding pesaing. Manfaatkanlah personal branding untuk memaksimalkan penerimaan penawaran.

  1. Barber Shop

Alat yang diperlukan untuk membuka barbershop adalah alat cukur atau razor, water spray, shaving cream, sisir berbagai ukuran, apron, clipper atau mesin cukur, kursi barber dan handuk. Belanja alat seperti ini ditambah keahlian bisa menjadi investasi jangka panjang.

  1. Daycare Anak

Bisnis daycare sangat dibutuhkan bagi pasangan suami istri yang bekerja. Jika lokasi dekat dengan perkantoran, bisa menyasar pada pekerja disana. Anda juga bisa bekerja sama dengan katering untuk makan siang anak-anak.

  1. Aksesoris Handmade

Untuk anda yang senang dengan karya seni perhiasan. Pembuatan seni handmade ini cocok untuk digeluti karena modalnya juga tidak banyak. Hanya saja keterampilan dan imajinasi tinggi sangat diperlukan. Anda bisa memasarkan ke media sosial ataupun komunitas.

  1. Reseller Online

Jenis usaha ini biasanya dilakukan di industri pakaian sehingga cocok dilakukan bagi anda yang tertarik pada dunia fashion. Memulai bisnis ini tidak sulit dan tidak terlalu menyita waktu. Bahkan sebagian besar orang menjalankan bisnis ini hanya sebagai usaha sampingan saja.

  1. Pet Kit

Peluang membuka pet kit makin meningkat, apalagi saat Covid-19 merebak, adopsi hewan peliharaan naik sampai 250%. Biaya grooming biasanya sekitar Rp 55.000, sedangkan untuk makanannya bervariasi mulai dari Rp 20.000 sampai ratusan ribu rupiah. Hal ini bisa menjadi lahan basah bagi anda yang berminat. Pastikan memilih tempat strategis yang dilalui banyak orang.

  1. Pengembangan Aplikasi

Bagi anda yang memiliki kemampuan dibidang IT, bisnis ini cocok untuk anda. Makin berkembangnya penggunaan smartphone, makin beragam pula aplikasi yang ada didalamnya. Tren pengembangan aplikasi terus berkembang seperti tren virtual reality (VR). Hal itu membuat potensi akan bisnis ini makin besar.

d. Fashion & Style

Jika ingin bergelut dibidang fashion & style pastikan anda memahami trend fashion yang sedang populer. Manfaatkan platform online untuk memasarkan produk. Maksimalkan ide dengan melakukan benchmark di bisnis sejenis yang ada di pasar.

  1. Perhiasan

Banyak sekali anak muda yang menggunakan perhiasan ketika bepergian, baik casual ataupun ke pesta. Lifestyle seperti ini yang bisa dijadikan target pasar. Apalagi perhiasan tidak selalu mahal seperti emas atau berlian, tapi ada juga titanium sampai perak. Untuk promosi, aktiflah secara online dan buat branding yang kuat karena hal itu akan memacu anak muda untuk mereferensikan satu sama lain. Jadi kreasikan perhiasan sesuai dengan target pasar.

e. Properti & Bahan Bangunan

Bisnis yang menyediakan kelengkapan untuk properti juga bisa menjadi bisnis yang diandalkan. Perlengkapan tersebut merupakan kebutuhan tiap rumah tangga yang bisa diperlukan sewaktu-waktu. Berikut adalah bisnis yang bisa dipilih:

  1. Kos-kosan

Sumber passive income satu ini sangat diminati banyak orang. Harga tanah yang terus meningkat, ditambah proses urbanisasi juga tinggi. Dengan memiliki kos-kosan, akan menguntungkan bagi anda. Apalagi jika lokasinya strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran.

  1. Toko Listrik

Toko listrik bisa menjanjikan untuk jangka waktu lama. Agar sukses berkecimpung di bisnis ini, pastikan supplier yang anda pilih siap untuk mengirimkan barang tepat waktu dan berkualitas baik. Selain itu, pengetahuan anda tentang kabel, cara merakit dan memasang kabel bisa menjadi nilai tambah toko.

4 Tips Mengembangkan UKM

Memulai sebuah bisnis tentu tidak mudah, banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisnis bisa terus eksis dan berkembang. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar bisnis UKM semakin maju dan mendapatkan keuntungan yang besar, antara lain:

1. Kenali Kompetitor

Menurut Keppres Nomor 9 tahun 1998, pengertian UKM adalah sebuah usaha kecil dimana adanya perlindungan untuk mencegah timbulnya persaingan yang kurang sehat. Dengan mengetahui kompetitor, Anda maka anda bisa mengetahui beberapa informasi penting yang nantinya bisa dipakai sebagai acuan untuk mengembangkan bisnis ke depan. Tidak lupa adalah untuk selalu original artinya tidak menjiplak atau menyontek karya dan ciri khas orang lain.

2. Tingkatkan SDM

Pengembangan pengembangan produk dan jasa tentu memerlukan SDM yang handal. Cara ini adalah salah satu langkah untuk memajukan bisnis UKM anda. Dengan begitu Anda bisa membangun tim yang memiliki visi dan misi yang sama untuk keberhasilan UKM.

3. Perluas Jaringan

Anda bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah jika memiliki jaringan yang cukup luas. contohnya ada bisa menggandeng Para investor atau pebisnis lain untuk melakukan kolaborasi dan bekerja sama agar bisnis Anda semakin berkembang dan dikenal oleh banyak masyarakat.

4. Optimalkan Layanan Konsumen

Saat anda memiliki pembeli atau pelanggan maka pertahankan mereka melalui pelayanan yang terbaik. Bangun hubungan yang baik lewat layanan konsumen yang mampu mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan berkelanjutan.

Tak sedikit pengusaha yang sulit mengembangkan bisnisnya, karena modal yang tidak mencukupi. Jangan khawatir, karena kini ada solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha mudah dan aman yaitu Danamas. Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK ini hadir dengan pinjaman beragunan properti untuk modal usaha hingga Rp 2 miliar. 

Pinjaman online OJK bunga rendah 2021 ini juga memberikan masa tenor yang lama, mulai dari 1 hingga 10 tahun. Tentu saja bunganya rendah, mulai dari 15,25% per tahunnya. Yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Langsung download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis dan ajukan pinjaman modal usaha sekarang! Untuk info selengkapnya, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda