apaa-itu-wirausaha

Apa itu wirausaha? Wirausaha menjadi salah satu pekerjaan yang mulai digandrungi banyak orang. Tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadikan banyak orang tertarik untuk mencoba “peruntungan” menjadi seorang wirausaha. Untuk itu pentingnya meriset terlebih dahulu dan memilih peluang usaha yang menguntungkan

Munculnya berbagai wirausaha di berbagai bidang, maka tentu diiringi dengan persaingan dalam berbagai bidang. Hal ini karena akan ada banyak perubahan bisnis Anda setiap harinya. Sebagai wirausaha Anda harus membuat produk yang membantu menyelesaikan masalah konsumen. Makanya wajar saja memilih dan menekuni bisnis yang tepat akan menjadikan Anda wirausaha berpenghasilan yang besar seperti tokoh wirausahawan mudah yang sukses di usia muda ini

Meski menjadi seorang wirausaha juga menjadi profesi yang menantang, namun profesi ini memberi kebebasan bergerak setiap individu untuk menjadi lebih kreatif dan menikmati waktu. Buktinya sejak COVID-19 ini banyak pengusaha kecil yang bermunculan. Menarik bukan? 

Singapura telah mencapai angka 7% untuk pencapaian rasio wirausaha dan Malaysia 5%. Menurut data yang dikemukakan dalam Jawa Pos menyatakan bahwa Indonesia saat ini mencapai 3,47% untuk presentasi peningkatan rasio wirausaha. Dengan adanya dukungan ini justru meningkatkan tren pembentukan wirausaha.  Lantas  apa itu wirausaha, sifat, karakteristik dan bagaimana cara agar bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses? Yuk, bersama-sama kita simak artikel berikut! 

Apa Itu Wirausaha?

Wirausaha adalah kegiatan usaha atau bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan, terutama dalam proses pembuatan produk, bagaimana cara memproduksi, manajemen operasional hingga pemasaran dan permodalan usaha. Termasuk juga para wirausahawan harus mampu membuat proposal bisnis yang menarik

Menurut Burgess (1993), definisi wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru. Sedangkan  menurut J.B Say (1803), Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Tujuan Wirausaha

Wirausaha dapat dijadikan sebagai faktor yang mampu mendorong perekonomian negara, dan juga membantu membuka lapangan kerja baru sehingga mengurangi tingkat pengangguran. 

Dalam berwirausaha tentunya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan penghasilan, namun ada beberapa tujuan lain yang dapat ditemukan dari berwirausaha 

  1. Menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.
  2. Mendorong semangat atau mensosialisasikan pengaruh wirausaha kepada orang lain. 
  3. Membantu membangun karakteristik wirausaha yang baik dan kompeten.
  4. Menginspirasi dan Menghasilkan banyak wirausaha yang berkualitas.
  5. Membantu membangun kesejahteraan masyarakat.

Apa Manfaat Menjadi Seorang Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Jika sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya semoga dapat membantu memantapkan Anda yang berminat untuk menjadi seorang wirausaha. Hal yang perlu diperhatikan saat menjadi wirausaha adalah bagaimana Anda menyampaikan kelebihan serta keunikan produk Anda kepada pasar. 

Agar tidak sekedar menjadi produk yang terkenal namun menjadikan produk Anda menjadi produk yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan dalam pasar. Menurut Harvard Business Review, Anda wajib menjadi seseorang yang berani untuk mengambil keputusan yang tepat walau sekalipun harus mengorbankan beberapa hal. Pengalaman seperti ini adalah hal yang priceless bukan? Berikut manfaat yang Anda dapat rasakan jika menjadi seorang pengusaha.

  1. Bebas untuk melakukan apa yang disukai sambil mendapat penghasilan 
  2. Menuai keuntungan guna meningkatkan kesejahteraan hidup
  3. Membuka peluang untuk lapangan kerja baru 
  4. Mewujudkan mimpi, idealisme, atau cita – cita

Kekurangan Menjadi Seorang Pengusaha

Namun menjadi seorang pengusaha tidak hanya memberikan Anda keuntungan, karena ada juga kekurangan menjadi wirausaha yang mau tidak mau Anda tidak bisa kontrol. 

  1. Ketidakpastian pendapatan.
  2. Risiko kehilangan seluruh investasi.
  3. Jam kerja yang panjang dan bekerja keras.
  4. Hidup memikirkan bisnis setiap saat, 
  5. Tuntutan dan Tanggung jawab menjadi kompleks.

3 Ciri-Ciri dan Karakteristik Wirausaha

Menurut Harvard Business Review, untuk menjadi seorang wirausaha tentunya ada beberapa karakteristik yang diperlukan yakni: 

  1. Praktikal

Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan praktikal yang baik. Artinya seorang pengusaha tidak hanya bisa membuat sebuat ide. Namun, juga dapat mengeksekusi ide yang telah dibuat dengan matang. Biasanya pengusaha adalah orang-orang yang sangat fleksibel terhadap berbagai rencana yang ia miliki. Hal terpenting adalah mereka selalu mengarah ke depan dan biasanya memiliki intuisi yang seringkali membuat mereka mudah mengganti tujuan jika dirasa tidak begitu efektif dan efisien. 

  1. Punya Tujuan

Pebisnis akan selalu punya tujuan yang konkrit, jelas dan bisa diterapkan. Mereka akan selalu memastikan bahwa produk tersebut dibutuhkan dan dapat menghasilkan. Mereka akan mencari sebuah peluang kemudian memberikan sebuah nilai pada peluang tersebut. Pebisnis terbiasa untuk memiliki produk yang jelas agar mereka dapat fokus untuk menawarkan produknya dengan kualitas dan jasa yang terbaik.

  1. Tidak Sabar

Pada buku Digital Matrix, hal yang paling dibutuhkan adalah Scale, Scope & Speed. Sehingga pebisnis seringkali lebih mudah untuk langsung menciptakan produk anakan jika memang dilihat keinginan pasar yang tinggi terhadap produk tersebut. Kebiasaan para pebisnis adalah diversifikasi produk yang sebenarnya belum terlalu berfungsi dengan baik, namun hal yang dikejar adalah kecepatan. Persoalan ketepatan jasa produk layanan ini dapat diperbaiki beriringan dengan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dalam pasar. Ambisius adalah siafat yang tepat untuk menggambarkan pebisnis sesungguhnya. 

Tidak sabar terkadang memberikan konotasi yang negatif. Namun, di dalam bisnis tidak sabar menjadi sebuah sifat yang mendorong eksekusi yang cepat. Seorang wirausaha akan mendorong agar semua usahanya dapat tercapai dengan cepat.

Apa Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Seorang pengusaha harus membiasakan dirinya untuk terbiasa dengan hal-hal yang tidak pasti dan memiliki kemampuan untuk menemukan jalan keluar yang tepat. Seorang wirausahawan yang disiplin adalah orang-orang yang menjadi aset bagi negara. Percepatan akan sangatlah mudah dihasilkan dari wirausahawan yang memiliki karakter demikian. Jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha maka ada beberapa sifat yang harus Anda miliki. Berikut keterampilan yang harus dimiliki seorang wirausaha antara lain.

  1. Selalu Berpikir Positif 

Berpikir positif adalah suatu hal yang penting jika Anda ingin memulai wirausaha. Hal ini penting terutama saat mengambil sebuah keputusan. Pengusaha identik dengan orang-orang yang optimis dan realistis, mereka hidup dalam waktu sekarang namun tidak mengabaikan masa depan. Inilah yang membuat mereka mudah untuk beradaptasi. 

  1. Berani

Memiliki keberanian untuk mengambil keputusan serta menghadapi berbagai resiko serta berani bertanggung jawab. Biasanya sebagai pemula dalam berbisnis, seseorang cenderung banyak menetapkan strategi namun tidak melakukannya. Untuk itu berani melakukan untuk melawan ketakutan terhadap segala hal adalah sebuah langkah yang tepat. 

  1. Berorientasi pada Masa Depan dan berinovasi 

Wirausahawan dituntut untuk mampu berpikir dan berorientasi pada situasi yang akan datang. Contohnya mencari peluang bisnis, inovasi produk dan tidak malu untuk belajar dari kesalahan dan kekurangan di masa lalu.

  1. Percaya diri 

Selain berpikir positif, jika Anda ingin menjadi seorang wirausahawan maka harus memiliki sikap percaya diri. Yakinlah bahwa Anda mampu mewujudkan sebuah usaha dan mengembangkan usaha dengan baik. 

Bagaimana Etos Kerja Wirausaha?

Etos kerja merupakan perilaku positif dan pondasi dari motivasi untuk menggerakan seseorang yang berhubungan dengan sikap, keyakinan dan prinsip. Etos kerja yang tinggi dari seorang wirausaha antara lain, inilah yang membuat seorang pengusaha menjadi seorang pemimpin yang dapat memaksimalkan kerjasama tim dengan baik. Untuk menunjang kemampuan ini, Anda wajib memiliki etos kerja yang baik. Inilah beberapa prinsip yang bisa Anda miliki! 

  1. Memiliki motivasi internal dan eksternal yang tinggi
  2. Punya arah dan tujuan kedepan
  3. Moralitas yang tinggi dalam bekerja
  4. Menghargai waktu
  5. Pandai untuk berhemat
  6. Tekun dan ulet

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi seorang pengusaha yang sukses merupakan mimpi bagi banyak orang. Namun, untuk mewujudkannya diperlukan usaha yang besar. Berikut kami rangkum cara untuk menjadi wirausaha yang sukses.

  1. Miliki Rencana Bisnis yang baik 

Buat rencana bisnis yang kreatif dan inovatif. Rencana bisnis merupakan awal atau fondasi untuk Anda mengembangkan bisnis. Tanpa rencana bisnis dalam kurun 5-10 tahun kedepan, Anda tidak mungkin bisa menetapkan strategi yang tepat. Dalam bisnis untuk mengukur kesuksesan bisnis biasanya terpatok 5-10 tahun, untuk itu mulai rencanakan hasil akhir atau tujuan yang Anda inginkan. 

  1. Kenali Pesaing Anda

Dalam menjalankan usaha tentunya akan ada kompetitor atau pesaing. Kenali kekuatan dan kelemahan pesaing Anda agar dapat menjadi informasi bagi pertumbuhan bisnis Anda. Persaingan akan jadi lebih ketat, namun dengan memiliki penempatan citra yang baik, Anda menjadi lebih kuat dalam memaksimalkan apa yang Anda miliki dan bisa lakukan. 

  1. Kenali Pelanggan Anda

Mengenal pelanggan Anda adalah menyasar target audience yang tepat adalah kunci sukses dalam mengelola bisnis. Pahami apa yang diinginkan oleh konsumen Anda dan bagaimana mereka menginginkannya. Misal jika Anda membuka toko bahan kue, tentu Anda akan menyasar kepada konsumen yang tepat seperti pedagang kue, baker, dan sejenisnya. 

  1. Membuat Tim untuk Bisnis Anda 

Dalam berwirausaha pastinya tidak bisa sendiri, dibutuhkan tim yang hebat untuk membantu membangun bisnis. The right person on the right  place, dengan tujuan ini Anda jadi lebih berhati-hati dalam memilih rekan kerja. Milikilah tim yang memiliki etos kerja yang baik dan profesional. 

Prinsip Untuk Menjadi Wirausaha yang Sukses

Seorang wirausaha harus memiliki prinsip yang kuat agar dapat sukses untuk menjalankan usahanya. Berikut beberapa prinsip yang Anda harus punya untuk menjadi wirausaha yang sukses.

  1. Inovasi

Seorang wirausaha yang sukses harus mampu untuk berinovasi. Inovasi merupakan sebuah pembaharuan untuk menghasilkan hal-hal yang baru. Hal ini penting untuk mengatasi masalah konsumen melalui solusi yang inovatif.

  1. Mentalitas

Seorang wirausaha harus memiliki mentalitas yang kuat. Hal ini dikarenakan bisnis terus berubah dan kondisinya tidak pasti. Oleh karena itu, perkembangannya dapat mengalami kemunduran mendadak. Anda harus mampu bertahan dalam segala kondisi ketika menjadi seorang pengusaha. 

  1. Pandai Memanfaatkan Peluang

Menjadi seorang pengusaha tak terlepas dari memanfaatkan segala peluang yang ada. Hal ini karena kita harus mampu untuk melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat. Dengan memanfaatkan peluang Anda dapat menciptakan sebuah bisnis yang sukses.

  1. Fokus Pada Konsumen

Sebagai wirausaha Anda harus dapat berfokus pada konsumen karena merekalah yang membeli produk Anda. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja. Untuk itu, Anda harus memikirkan sebuah produk yang dapat mengatasi masalah konsumen.

  1. Fleksibel

Fleksibel artinya Anda punya daya adaptabilitas yang tinggi. Misalnya terjadi pandemi, maka Anda harus punya kemampuan adaptasi untuk membuat sistem pekerjaan secara remote. 

Kendala Modal bukan Halangan untuk Berwirausaha

Sebelumnya Anda Telah membaca mengenai sifat, ciri-ciri, karakteristik hingga cara untuk menjadi pengusaha. Jika Anda tertarik untuk menjadi pengusaha maka sekarang adalah saatnya untuk memulai Jangan pernah takut karena tidak ada modal untuk menjalankan usaha karena pasti semua ada solusinya! 

Jika Anda sedang menjalankan bisnis dan butuh dana pengembangan usaha, maka jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha untuk memaksimalkan pencapaian bisnis. Memilih platform terpercaya adalah solusi yang tepat untuk meminjam dana, agar menghindari Anda dari berbagai tindak kriminalitas dan penggelapan dana hingga lelang aset tidak bertanggung jawab. Pinjaman online terpercaya dapat Anda dapatkan di Danamas yang merupakan salah satu platform pinjaman yang aman dan terpercaya karena telah mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman beragunan properti di Danamas membantu Anda untuk dapat menerima pendanaan modal usaha hingga Rp 2 Miliar dengan tenor hingga 10 tahun.

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda