antrian-online-bpjs-kesehatan

Antrian online BPJS Kesehatan menjadi salah satu hal yang memudahkan para pengguna BPJS dan sangat menghemat waktu.  Anda tidak perlu mengantri 5-6 jam, karena Anda sudah mendapatkan nomor antrian dan perkiraan waktu yang dapat diakses melalui website atau aplikasi. Namun sebelum melakukan antrian online BPJS Kesehatan, Anda perlu memastikan beberapa hal terlebih dahulu: 

  1. Bagi yang baru mendaftar, BPJS Anda baru bisa dipakai setelah 14 hari setelah melakukan setoran iuran pertama kali. 
  2. Layanan yang dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap tingkat pertama juga lanjutan. 
  3. BPJS juga menanggung fasilitas persalinan ibu melahirkan, IGD & ambulans bagi pasien rujukan.
  4. Cek saldo BPJS secara berkala untuk memastikan jika Anda sudah melunasi tunggakan agar dapat menggunakannya kembali.

Cara Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi

BPJS Kesehatan memiliki kepanjangan yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan. BPJS Kesehatan adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugaskan khusus dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Jaminan kesehatan ini dikhususkan selain untuk rakyat Indonesia juga bagi pegawai negeri sipil (PNS), penerima dana pensiun PNS dan TNI/Polri, perintis kemerdekaan, beserta keluarganya dan badan usaha lainnya. 

Antrian Online via aplikasi Mobile JKN memberi kemudahan bagi Anda agar bisa mengambil nomor antrian kapanpun. Berikut adalah langkah-langkah yang wajib dilalui jika mendaftar melalui aplikasi. 

  1. Download Aplikasi Mobile JKN di Apple Store atau Playstore. 
  2. Pilih pendaftaran pelayanan.
  3. Pilih tempat atau lokasi fasilitas kesehatan rujukan. Anda dapat memilih lebih dari 1 rujukan. 
  4. Tetapkan tanggal rencana kunjungan 
  5. Pilih dokter yang dituju dan jadwalkan pelayanan Anda
  6. Nomor antrian akan terlihat dan akan terotomatis tersimpan dalam dashboard. 
  7. Pastikan pada hari pelayanan yang sudah sesuai dengan jadwal, Anda sudah hadir 1 jam sebelumnya dan berada dalam radius 1 km dari RS rujukan. 

Cara Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan Lewat Website

Sejauh ini kedua program ini dapat berfungsi, baik website maupun aplikasi. Jika mendaftar antrian online BPJS Kesehatan juga bisa melalui website dengan langkah berikut: 

  1. Kunjungi website www.antrian.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Masuk data diri ke dalam kolom yang sudah disediakan dan klik login
  3. Pilih console box dan klik BPJS, masukkan nomor KTP/ nomor kartu BPJS 
  4. Pilih poli dan dokter yang tersedia untuk kebutuhan Anda
  5. Nomor antrian akan keluar dan jangan lupa untuk screenshoot. 
  6. Untuk memudahkan saat hendak berkunjung, ada baiknya menggunakan aplikasi. Anda hanya perlu login 1 jam sebelum jadwal pelayanan dimulai dan melakukan sign up. 

Cara Mengecek Tunggakan BPJS & Membayar Iuran BPJS 

Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Perlu diketahui bahwa jika Anda telat membayar iuran bulanan BPJS, status keanggotaan Anda akan tetap aktif namun pelayanan kesehatan akan dihentikan sejak tanggal 1 di bulan berikutnya. Adapun konsekuensi yang didapatkan jika belum melunasi tunggakan adalah Anggota keluarga lainnya yang ingin mendaftar BPJS kesehatan tidak akan bisa didaftarkan sampai menunggu tunggakan dilunasi.

Berikut adalah cara mengecek tunggakan BPJS: 

  1. Cek tagihan lewat website > https://bpjs-kesehatan.go.id/
  2. Pembayaran melalui ATM Bank, pilih tagigan BPJS dan masukkan nomor akun virtual BPJS kesehatan. 
  3. Mengunduh aplikasi BPJS kesehatan di Playstore. 
  4. Hubungi kontak BPJS di nomor 1500400 atau layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan. 

Perhitungan Membayar Keterlambatan Iuran BPJS

Maksimal tunggakan yang dibebankan kepada setiap pengguna adalah 30 juta berdasarkan keputusan Perpres No. 64 Tahun 2020. Berikut perhitungan dan ketentuannya: 

  • Pembayaran denda hanya berlaku untuk 12 bulan iuran tertunggak.
  • Denda khusus diberlakukan jika setelah 45 hari mengaktifkan kartu, pasien mendapat perawat rawat inap. Jumlah besaran denda pelayanan yang wajib dibayarkan adalah 5% x Jumlah bulan tertunggak x Biaya Rawat Inap. Denda ini diterapkan untuk setiap diagnosis. 

Cara Mendaftar di BPJS Online

Daftar BPJS Online juga sudah bisa Anda lakukan. Jadi, tidak hanya antrian saja ya! Anda sudah bisa mendaftarkan diri dengan BPJS online. Berikut cara mendaftarkan diri Anda secara online

  1. Unduh aplikasi mobile JKN di Google Play Store atau Apps Store.
  2. Buka dan langsung daftarkan diri Anda. 
  3. Pilih “Pendaftaran Peserta Baru”
  4. Masukkan NIK, KTP dan ketik kode captcha. Kemudian isi daftar data keluarga Anda. Perhatikan jika ada anggota keluarga yang belum membayar atau masih menunggak. Ada baiknya untuk melunasi, jika tidak registrasi Anda kemungkinan tidak akan berhasil. 
  5. Tentukan fasilitas kesehatan yang akan diambil beserta poliklinik yang dituju. Jangan lupa lengkapi seluruh data yang dituju. 
  6. Kode verifikasi selanjutnya akan dikirimkan melalui email yang terdaftar. 
  7. Masukkan kode ke dalam aplikasi dan dapatkan virtual account untuk membayar pembayaran premi. 

Jika setelah registrasi Anda mengalami kendala, silahkan hubungi nomor 165. Layanan Pandawa beroperasi setiap Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB atau layanan Telegram https://t.me/Chika_BPJSKesehatan_bot

Jenis-jenis BPJS 

Pada umumnya BPJS dibagi menjadi dua yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Pada BPJS ketenagakerjaan ini adalah jaminan hari tua atau JHT. Dimana program ini dikhususkan untuk para pengusaha dan pekerja. Biasanya biaya ditanggung secara personal maupun perorangan. BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan jaminan dan penghargaan setelah karyawan pensiun, cacat atau meninggal dunia. Bagaimana dengan pekerja lepas? Biasanya mereka juga akan terdaftar di dalam sistem. 

Manfaat BPJS Kesehatan

Pelayanan yang diberikan oleh cukup komprehensif melalui rujukan berjenjang tergantung pada indikasi medis pasien.  Bagi anda yang merupakan peserta BPJS maka manfaat berikut bisa Anda rasakan antara lain:

  • Dapat penyuluhan tentang perilaku hidup sehat atau pengelolaan lingkungan hidup
  • Setiap peserta BPJS (anak) mendapatkan imunisasi dasar yaitu BCG, DPT-HB, campak dan polio
  • Masyarakat yang merupakan peserta BPJS juga memperoleh pelayanan KB seperti kontrasepsi, konseling kandungan, hingga tubektomi dan vasektomi
  • Peserta BPJS bisa mendapatkan pemeriksaan gagal ginjal, bedah jantung hingga kanker
  • Skrining kesehatan menurut risiko penyakit atau dampak lanjutan 

Secara umum, peserta BPJS mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama berupa rawat inap intensif atau non intensif, bisa juga mendapatkan rujukan lanjutan berupa rawat jalan atau inap. Perbedaannya terletak pada kelas-kelas BPJS yang diambil oleh masyarakat.

Besaran Iuran BPJS Kesehatan 

​​Besaran iuran BPJS Kesehatan ditentukan menurut kelas, yaitu dari kelas 1 hingga kelas 3. Setiap tahunnya iuran BPJS bisa berubah-ubah, per Januari 2021 nominal besaran iuran BPJS ditetapkan sebagai berikut:

  • BPJS kesehatan kelas 1: Rp150.000 per bulan
  •  BPJS kesehatan kelas 2: Rp100.000 per bulan
  • BPJS Kesehatan  kelas 3: Rp35.000 per bulan. Tarif ini sudah dipotong oleh subsidi pemerintah sebesar Rp7.000 dari total nominal seharusnya adalah rp 42.000

Nominal iuran BPJS tersebut berlaku bagi peserta mandiri dan bukan pekerja. Jika anda adalah seorang karyawan kantoran maka bisa membayar tarif BPJS sebagai berikut:

  • Pembayaran iuran BPJS sebesar 1% dari total gaji
  • Perusahaan wajib membayar iuran 4% dari total gaji pekerjanya
  • Batas maksimal gaji yang iuran BPJS yang ditanggung oleh perusahaan adalah sebesar Rp12 juta.

Besaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Berikut besaran nominal iuran BPJS Ketenagakerjaan:

  • Bagi peserta penerima upah, nominal yang harus dibayarkan adalah 2% Sedangkan perusahaan tempat anda bekerja harus membayar sebesar 3,7%.
  • Bagi pekerja upah, besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah 2% dari upah per bulan
  • Untuk BPJS ketenagakerja seperti pekerja migran, maka  nominal yang harus dibayarkan adalah Rp50.000 –  Rp600.000 per bulan 

Perbedaan BPJS Kesehatan, JKN & KIS 

BPJS Kesehatan adalah lembaga atau badan pengelola yang dipercayakan untuk menjalankan berbagai jaminan sosial di bidang kesehatan. Memiliki fungsi untuk melayani bantuan sosial kesehatan layaknya program asuransi kesehatan yang difasilitasi pemerintah. JKN sendiri adalah program jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Adapun Jaminan Kesehatan Nasional memiliki 5 komponen yaitu: 

  1. Jaminan Kesehatan Nasional 
  2. Jaminan Kecelakaan Kerja 
  3. Jaminan Hari Tua
  4. Jaminan Pensiun 
  5. Jaminan Kematian 

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah pengembangan kartu keanggotaan BPJS kesehatan dengan beberapa perubahan seperti tambahan cakupan layanan, perluasan wilayah penggunaan hingga beberapa perubahan lainnya. Jadi dari BPJS, JKN & KIS sebenarnya tidak ada yang membedakan, BPJS adalah lembaga, JKN merupakan produk dari BPJS Kesehatan yang sebenarnya tidak bisa dibandingkan. Sedangkan KIS adalah upgrade program dalam bentuk kartu keanggotaan BPJS Kesehatan.

Faskes Aman, Semoga Bisnis Anda Juga Aman!

Antrian online BPJS kesehatan sekarang tidak perlu rumit lagi karena seluruh sistem sudah didukung secara online melalui website maupun aplikasi. Fasilitias kesehatan sudah disiapkan oleh pemerintah untuk Anda, sehingga tidak perlu cemas jika Anda sedang membangun bisnis atau berusaha secara mandiri. Ada BPJS yang setiap waktu dan programnya akan diperbaharui menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia! Jadi, tunggu apa lagi maksimalkan potensi bisnis Anda, jika membutuhkan modal pengembangan dan dana bisnis, Anda dapat mengajukanya di Lancar.id.

Lancar.id by Danamas adalah aplikasi pinjaman online terpercaya yang siap mencairkan dana hingga Rp 2 Milyar untuk keperluan dan kebutuhan bisnis Anda. Kredit bunga rendah hingga tenor waktu 10 tahun. Seluruh proses credit scoring bekerja dengan mesin secara otomatis menyeleksi bekas para peminjam dan aset para pebisnis khususnya properti. Tidak perlu ragu karena Danamas telah mendapat ijin dan diawasi oleh OJK. Tunggu apa lagi? Persiapkan berkas Anda dan ajukan pinjaman modal usaha dan dana bisnis Anda sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda