Buyer persona

Dengan bertambahnya perusahaan yang ada, artinya juga anda memiliki banyak persaingan di lapangan. Banyak sekali cara untuk melakukan marketing kepada publik, dimulai dari kampanye media sosial sampai cara-cara lain. Salah satu dari cara-cara marketing ini adalah dengan menggunakan Buyer Persona. Terkadang bahkan, buyer persona bisa menjadi teman bagi para pelanggan. Simak pembahasan tentang buyer persona, yuk!

Apa Itu Buyer Persona

Buyer persona merupakan sebuah sosok fiktif yang dibuat oleh sebuah perusahaan dengan karakteristik tertentu sebagai target konsumen dari perusahaan tersebut. Bisa dibilang buyer persona hampir menyerupai seseorang yang sangat mencerminkan sosok konsumen yang diharapkan oleh sebuah perusahaan. Hal ini bisa dilihat bagaimana wujudnya, sifatnya, dan bagaimana buyer persona itu mengambil sebuah keputusan.

Jika membicarakan siapa yang dapat membuat sebuah buyer persona? Anda sendiri sebagai pengusaha bisa membuat sebuah buyer persona dan menyesuaikannya dengan perusahaan anda. Meskipun buyer persona hampir serupa dengan membuat sebuah karakter, membentuk sebuah buyers persona memiliki banyak hal yang harus dipertimbangkan. 

Manfaat Buyer Persona

Buyer persona

Buyer persona merupakan sebuah hal yang penting dan juga dapat membantu dalam marketing perusahaan anda. Memang penting, namun seberapa pentingnya buyer persona ini, dan apa manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda membentuk sosok buyer persona ini: 

  • Dengan buyers persona, anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen dari produk yang anda jual. 
  • Memahami cara konsumen membuat keputusan pembelian, sehingga anda dapat menargetkan pemasaran dan melakukan penjualan yang lebih baik. 
  • Mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan harapkan terhadap produk anda dengan mendengarkan umpan balik dari para pelanggan, sehingga dapat membantu dalam mengembangkan atau membuat sebuah produk yang baru sesuai dengan umpan balik tersebut.
  • Menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat sasaran sehingga dapat mengundang konsumen baru yang banyak 

Detail Buyer Persona

Ada detail yang harus anda lihat ketika anda tengah menyusun buyer persona. Berikut adalah detail yang harus anda isi, dikelompokan menjadi beberapa bagian yang dapat menggambarkan buyer persona anda : 

  • Data Pribadi
    • Nama Konsumen
    • Jenis kelamin
    • Umur
    • Jenjang pendidikan
    • Pengalaman kerja (jika ada)
    • Penghasilan yang diperoleh
  • Status
    • Tingkah laku
    • Hobi konsumen
    • Makanan dan minuman yang disukai
    • Media sosial yang digunakan
    • Forum online yang diikuti
  • Kebiasaan belanja
    • Kebiasaan berkomunikasi (melalui telepon, email atau tatap muka)
    • Cara mengetahui produk dari perusahaan (iklan, saran teman, atau melalui internet) 
    • Cara berbelanja yang lebih disukai 

Cara Membuat Buyer Persona Untuk Bisnis

Buyer persona

Membuat buyer persona mungkin merupakan sebuah hal yang mudah, namun pada aslinya, anda memiliki beberapa cara untuk membuat sebuah buyer persona:

  • Mulailah dengan melakukan penelitian tentang pelanggan dengan secara menyeluruh. Jika sudah, tuliskan hasil penelitian tersebut sehingga nanti saat membuat buyer persona, anda bisa memiliki beberapa hal untuk dipikirkan. Penelitian ini juga bisa berupa mempelajari masalah dan juga beberapa hal lain. Penelitian ini bisa dilakukan secara langsung melalui survey atau mungkin melalui media sosial.
  • Identifikasi tujuan pelanggan sehingga anda bisa membuat sebuah buyer persona yang sesuai dengan tujuan dan juga dapat memberikan sebuah impresi ke pelanggan bahwa perusahaan anda bisa memenuhi  tujuan pelanggan melalui buyer persona.
  • Pahami bagaimana bisnismu dapat membantu, sehingga nanti buyer persona dapat membuat pelanggan tahu bahwa mereka telah memilih perusahaan yang benar.
  • Terakhir, ubahlah semua penelitian tersebut menjadi sebuah buyer persona. Jadikan semua hal yang telah dilakukan untuk riset jadi satu di dalam sebuah buyer persona.

Melakukan banyak cara untuk marketing merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan dan cara-caranya merupakan cara yang berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Untuk membuat sebuah buyer persona pasti memerlukan banyak sumber daya untuk memikirkannya dan tentu akan memerlukan bayaran untuk melakukan hal demikian. Dengan ini, lancar by danamas siap membantu anda dengan cara menyediakan modal usaha yang cukup untuk perusahaan anda sehingga seluruh aktivitas, baik marketing atau pembuatan barang, dapat berjalan dengan baik dan semoga #DilancarkanUsahanya!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda