cara-membuat-rekening-perusahaan

Cara membuat rekening perusahaan atas nama perusahaan berikut ini dapat menjadi pedoman Anda membuat rekening dengan mudah dan cepat. Membuat rekening perusahan juga punya keuntungan yang banyak orang tidak mengetahuinya. Padahal hal ini tentunya bersifat vital terhadap akuntabilitas perusahaan Anda.

Rencana operasional bisnis plan salah satu komponen penting, dimana ini sudah jelas akan melibatkan penggunaan rekening perusahaan secara berkala. Mengapa demikian? Ini justru menunjang kepercayaan dan keabsahan perusahaan Anda. Untuk sesama pebisnis akuntabilitas adalah suatu hal yang sangat penting demi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Hal ini karena, Anda dapat menganalisa pergerakan perusahaan kedepannya.

Namun, bagaimana Anda dapat membuat sebuah tabungan atas nama toko? Yuk, simak artikel cara membuat rekening atas nama perusahaan

6 Cara Membuat Rekening Atas Nama Perusahaan

Pembuatan rekening atas nama perusahaan Anda memiliki beberapa persyaratan dan cara mendaftar yang sedikit berbeda dari biasanya. Pada umumnya, cara membuat rekening atas nama perusahaan memiliki persyaratan berbeda-beda dan memiliki berkas yang sedikit lebih banyak. 

Setiap bank memiliki cara mendaftar yang berbeda dari satu ke yang lain. Namun pada umumnya, ketika membuka rekening atas nama toko, setoran awal bisa sama dengan 1 juta rupiah, sedikit lebih besar dibanding pembuatan rekening biasa. Kecuali Anda membuka rekening payroll, dimana ini biasanya tidak dimintakan dana.

Ada beberapa hal yang Anda harus siapkan untuk membuat rekening atas nama toko Anda. Seperti syarat mendaftar, berkas yang diperlukan untuk mendaftar berbeda dari toko ke toko yang lain. Beberapa dari persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Kartu Identitas Pemilik Perusahaan

Bentuk kartu identitas ini bisa berupa KTP, SIM atau bahkan bisa berupa paspor milik Anda. Ini untuk memberitahu tentang identitas Anda sebagai pembuat rekening perusahaan.

2. Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Dokumen ini diperlukan agar dapat memiliki sebuah dokumentasi penting tentang lokasi toko Anda, sehingga bank memiliki gambaran dimana lokasi perusahaan yang Anda bangun itu. 

3. Akta Pendirian Perusahaan

Akta pendirian perusahaan memiliki beberapa informasi tentang toko Anda. Beberapa hal tersebut adalah nama, jenis usaha, jumlah modal, saham, dan juga kedudukan perusahaan milik Anda sendiri.

4. Surat Izin Usaha

Tentu perusahaan Anda harus merupakan perusahaan yang legal. Sebuah surat izin usaha atau lebih kerap disebut sebagai SIUP adalah sebuah surat penting untuk keberlangsungan perusahaan Anda. Jika Anda tidak memiliki surat ini, Anda tidak dapat menjalan perusahaan Anda.

5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Menandakan bahwa perusahaan Anda telah mengikuti kewajibannya sebagai warga negara Indonesia yang baik, serta yang akan membayar pajak. 

6. Tanda Daftar Perusahaan

Sama seperti surat izin usaha, tAnda daftar perusahaan atau TDP merupakan sebuah tAnda bahwa perusahaan Anda sudah termasuk legal dan aman di mata hukum.

Proses selanjutnya tergantung dari bank yang Anda pilih untuk membantu Anda membuat kartu rekening perusahaan dan beberapa proses tersebut menyerupai dengan cara Anda mendaftarkan rekening baru.

Alasan Bisnis Harus Punya Rekening Bisnis Sendiri 

Bisnis rumahan pun sebenarnya tidak masalah untuk memilih rekening bisnis sendiri karena ini justru akan membuat brand Anda menjadi lebih kredibel secara bisnis. Jika bisnis kecil saja bagus untuk memilikinya, bagaimana dengan bisnis yang besar? Bukankah ini sebuah keharusan yang menjadi solusi cara mengatur keuangan usaha dengan baik.

Nah, dengan memiliki rekening sendiri ini seharusnya membuat Anda jadi lebih memperhatikan alur kas keuangan dan operasional bisnis Anda. Selain itu, berikut adalah alasan mengapa bisnis harus punya rekening bisnis sendiri:

1. Uang Tidak Tercampur

Jika Anda memiliki rekening bisnis sendiri, keuangan bisnis dan toko serta keuangan pribadi Anda tidak akan bercampur dengan satu dan yang lain. Selain itu, uang Anda bisa menjadi lebih teratur dengan adanya dan dapat melakukan pembukuan dengan baik.

2. Evaluasi Kinerja Perusahaan

Dengan Anda membuat sebuah akun rekening bisnis sendiri, Anda bisa saja mengevaluasi kinerja toko Anda. Dengan hasil masukan dan pengeluaran yang bisa dilacak dari pihak bank, Anda juga bisa evaluasi kinerja Anda dilihat dari pemasukan, hutang, piutang dan juga pengeluaran toko Anda.

3. Pengambilan Keputusan Bisnis

Berhubungan dengan poin pertama, jika Anda sudah mengetahui kinerja toko milik Anda melalui rekening perusahaan, ini dapat membantu untuk membentuk sebuah keputusan yang paling cocok untuk kelangsungan perusahaan Anda. Memiliki sebuah rekening perusahaan sendiri juga berarti Anda dapat melakukan sebuah perhitungan yang matang dan berhati-hati agar tidak mengambil langkah yang salah.

Rekening Giro vs Rekening Tabungan

Rekening giro dan rekening tabungan banyak yang mengira adalah hal yang sama. Maka, Anda harus tahu jenis rekening apa yang tepat untuk perusahaan Anda. Berikut kami ulas perbedaan rekening giro vs rekening tabungan.

Tabel 1. Rekening giro vs rekening tabungan

PerbedaanRekening GiroRekening Tabungan
Maksimum transaksiMaksimum transaksi besarMaksimum transaksi terbatas
Pencairan DanaPencairan menggunakan bilyet giro di BankPencairan Melalui ATM dan Teller
Sasaran PenggunaPerorangan dan perusahaan dengan aktivitas transaksi tinggi dan jumlah yang besarPerorangan dan perusahaan dengan aktivitas transaksi rendah dan jumlah yang lebih kecil
Waktu TransaksiTransaksi dilakukan pada waktu yang terbatas sesuai tanggal terbit dan tanggal efektif bilyet giroTransaksi dapat dilakukan kapan pun
Laporan BulananDikirimkan setiap bulan mengenai transaksi yang terjadiTidak dikirimkan laporan bulanan

Akuntabilitas Bisnis adalah Kunci Bisnis Sukses 

Memiliki sebuah rekening untuk perusahaan sendiri merupakan sesuatu yang dapat membantu akuntabilitas perusahaan Anda. Punya akuntabilitas yang baik ini merupakan kunci kesuksesan perusahaan Anda karena dapat melihat setiap aliran dana yang masuk dan keluar. Ini juga membantu Anda untuk memahami kebutuhan modal atau pola bisnis yang wajib dijadikan proyeksi strategi kedepannya. 

Modal usaha adalah sumber penting yang menyokong seluruh proses fundamental dalam pengelolaan bisnis. Jika membutuhkan tambahan modal usaha, Anda dapat mengajukan pinjaman di Danamas. Pinjaman beragunan properti yang menyediakan pinjaman limit hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. 

Pinjaman online terpercaya Danamas dapat memproses pinjaman cair dengan cepat dan aset Anda sudah pasti aman. Bunga bersaing mulai dari 12% dengan besaran iuran yang dapat Anda atur. Mulai coba kalkulasikan kebutuhan pinjaman Anda dengan Kalkulator Pinjaman untuk menghitung pinjaman dan angsuran dari properti yang Anda agunkan. Maksimalkan cashflow Anda dan pastikan seluruh pengeluaran akuntabilitasnya jelas dan terstruktur dengan baik.  Download Apliaksi Pinjaman Danamas untuk mendapatkan pinjaman online ataupun bisnis hingga Rp 2 miliar.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda