Cara-buat-WA-Bisnis

WA bisnis kini banyak dibuat oleh mereka yang mulai membangun bisnis. Dulu, keberadaan whatsapp (WA) hanya sebatas chat personal antar orang, namun kini whatsapp jadi pilihan pebisnis umkm untuk memudahkannya berkomunikasi dengan pelanggan dengan fitur tambahan dari wa bisnis. Ini adalah fasilitas yang baik digunakan untuk para pengusaha agar bisa menjangkau market lebih banyak serta memberikan kemudahan bagi anda dan juga konsumen untuk mampu berkomunikasi. 

WA bisnis baru dirilis di Indonesia pada 2018 dan ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi. Sebagai salah satu aplikasi chat yang populer di Indonesia, whatsapp bisnis adalah solusi yang tepat untuk bisa berkomunikasi sekaligus promosi. Asalnya di dalam WhatsApp bisnis ada banyak sekali fitur yang dipakai untuk memudahkan para pengusaha dalam mempromosikan jualannya. Fitur-fitur dalam bisnis akan dibahas lebih lanjut di artikel ini.

Selain itu artikel ini juga akan membahas tentang cara membuat wa bisnis fungsi akun bisnis wa contoh greeting message untuk wa bisnis hingga Membuat WhatsApp bisnis centang hijau. dengan strategi wa bisnis yang matang maka pengusaha bisa lebih Ih serius untuk menjalankan bisnisnya. Berikut cara buat wa bisnis untuk tingkatkan penjualan:

Apa Itu Whatsapp Bisnis?

Whatsapp bisnis adalah Aplikasi gratis yang Bisa diunduh pada smartphone yang di desain bagi pemilik bisnis kecil atau UMKM. Dengan kehadiran WhatsApp bisnis maka akan memudahkan interaksi anda dengan konsumen karena terdapat fitur-fitur yang mampu mengotomasi menyortir hingga membalas pesan dengan cepat. Sebenarnya aplikasi seperti fungsi anda bisa melakukan berbagai macam pengiriman pesan hingga mengirim foto atau video. Fitur yang di yang ada pada WhatsApp bisnis antara lain profil bisnis yang didalamnya bisa mencantumkan informasi penting tentang bisnis seperti alamat toko alamat email dan situs website. Selain itu ada label yang digunakan untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah. Ada juga fitur perpesanan yang dipakai untuk merespon pelanggan dengan cepat. Kelebihan wa bisnis inilah yang bisa membantu para pengusaha untuk lebih dekat dengan konsumennya. 

Fungsi Akun Bisnis WA

Serupa walaupun berbeda dengan WhatsApp Messenger, WhatsApp bisnis memiliki fungsi bagi pengusaha yang cukup signifikan. Maka dari itu jika Anda adalah pelaku usaha penting sekali untuk membuat akun bisnis WhatsApp untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini:

  • Komunikasi dua arah yang nyaman 

WhatsApp bisnis memberi keleluasaan bagi pelaku usaha untuk terlibat dalam pengiriman pesan dua arah dengan konsumennya. Aplikasi ini juga menawarkan bisnis yang nyaman serta langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.

  • Peningkatan layanan pelanggan

WhatsApp kemudahan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara Real Time. Dengan memberikan informasi serta dukungan yang dicari oleh pelanggan maka wa bisnis mampu menumbuhkan loyalitas serta kepercayaan.

  • Percakapan yang di diversifikasi merek

Setiap bisnis harus membuat profil bisnis di WhatsApp seperti identitas bisnis yang unik serta mampu memasukkan elemen branding ke dalam percakapan. Di dalam situs website lokasi toko detail promosi dan informasi yang berguna lainnya bagi konsumen. Selain itu WhatsApp bisnis juga memungkinkan anda untuk menambahkan multimedia ke pesan termasuk gambar video dan juga dokumen.

  • Jangkauan global

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi pesan yang cukup populer di 100 negara lebih dengan basis pelanggan global lebih dari 2 miliar orang. Maka dari itu wa bisnis menjadikan saluran yang baik bagi pelaku bisnis dalam menjangkau pelanggan secara terikat.

  • Secara otomatis memulai lebih banyak percakapan

Di WA bisnis anda bisa mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan sehingga mereka mampu mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan. Dengan memberlakukan kebijakan yang sangat ketat, kualitas konten dan waktu respon maka WhatsApp memastikan penggunaannya tidak menerima komunikasi yang berisikan spam atau sesuatu hal yang tidak relevan.

  • Keamanan tambahan serta keikutsertaan pesan pelanggan

Mengelola semua peraturan dan undang-undang kepatuhan bisa menjadi masalah besar bagi bisnis maka dari itu WhatsApp memiliki fitur keamanan seperti enkripsi dari ujung ke ujung dan otentikasi dua faktor yang berguna untuk menjaga konsumen dan bisnisnya tetap aman. WA bisnis juga memverifikasi akun bisnis saat pendaftaran serta memastikan identitas pelanggan saat mereka memilih untuk menerima sms dan komunikasi.

Cara Buat WA bisnis

Berbeda dengan Whatsapp biasa, WhatsApp bisnis juga harus didaftarkan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan dan menikmati semua fitur-fiturnya. ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat wa bisnis bagi pelaku usaha. Inilah cara buat wa bisnis yang tepat:

  • Download aplikasi Whatsapp

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi WhatsApp bisnis di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

  • Masukkan Nomor Telepon

Setelah anda menginstal WhatsApp bisnis di handphone, Maka selanjutnya adalah daftarkan nomor telepon anda. Nomor telepon yang Anda daftarkan sebaiknya adalah nomor untuk keperluan bisnis. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah proses verifikasi saat mendaftarkan nomor telepon di WhatsApp bisnis. Selain itu nomor khusus ini juga bisa menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.

  • Lengkapi Profil Bisnis Anda

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan melengkapi profil bisnis anda. Jika anda tidak memiliki profil bisnis, maka sebaiknya buat dulu profil bisnis sebelum membuat WhatsApp bisnis. Cara melengkapi profil bisnis adalah dengan klik menu setting > bisnis setting > profile. Anda harus pastikan bahwa informasi yang dicantumkan itu cukup detail dan sesuai dengan bisnis Anda, bisa mencakup nama bisnis, di telepon, alamat, kategori, email, sosial media atau website.

  • Atur Menu Balas Pesan Otomatis

Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis di WhatsApp bisnis. Fitur WhatsApp bisnis ini akan memudahkan Anda saat membalas pesan pelanggan diluar jam kerja. Berikut cara membuat wa bisnis untuk mengatur pesan otomatis:

Klik setting > bisnis setting > pilih opsi ‘away message’ atau ‘greeting message’ atau bisa juga ‘quickreplies’.

Maka anda sudah bisa mengatur isi pesan balasan secara otomatis. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan sesuai dengan kebutuhan anda.

Fitur Whatsapp Bisnis Yang Penting

WhatsApp bisnis dan Whatsapp messenger mirip namun penggunaannya bisa saja berbeda. Ada beberapa fitur WhatsApp bisnis yang tidak anda temukan di WhatsApp Messenger pada umumnya. Penggunaan fitur WhatsApp bisnis bisa melengkapi berbagai kemudahan pelaku usaha berkomunikasi dengan pelanggan nya. Fitur WhatsApp bisnis inilah yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Messenger biasa yang sangat berguna bagi pelaku usaha terutama pengusaha UMKM. Berikut beberapa fitur WhatsApp bisnis yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah usaha:

  1. Nama Akun Pengguna

Ini merupakan hal teknis yang membedakan WhatsApp bisnis dengan Whatsapp messenger yakni Pengaturan mengubah nama akun. Pada WhatsApp Messenger, anda bisa mengganti nama akun kapanpun anda mau. Selain itu, Anda bisa memasukkan atau menambahkan emoji sesuka hati anda. berbeda dengan Whatsapp bisnis, yang memiliki ketentuan dalam pembuatan nama akun bisnis. Ketentuan tersebut adalah Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital, kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama yang bisa dikapitalkan. 

Syarat Membuat Nama Akun di Whatsapp Bisnis:

  • Tidak boleh ada tambahan diantara setiap kata titik Apabila nama bisnis Anda terdiri dari 2 kata atau lebih dari 1 kata maka pemisah kata tersebut hanyalah sebuah spasi.
  • Tidak bisa menambahkan tanda baca
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun.
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik atau karakter yang bukan merupakan angka atau huruf.
  1. Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp bisnis menyediakan 3 fitur pesan otomatis yaitu away message, greeting message dan quick replies.

  • Away message: Fitur balas pesan otomatis pada WhatsApp bisnis Ketika anda ketika ada pesan masuk dari konsumen di luar jam kerja atau pada saat bisnis Anda libur. Maka sangat berguna untuk membalas pesan otomatis sesuai dengan preferensi anda.
  • Greeting message untuk online shop: Sebuah fitur WhatsApp bisnis untuk membalas pesan otomatis yang anda kirimkan disaat konsumen pertama kali menghubungi anda.
  • Quick reply: Fitur WhatsApp bisnis yang bisa membuat teks balasan untuk hal-hal yang sering ditanyakan oleh konsumen. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat beberapa pesan balasan yang memiliki peluang besar hal yang ditanyakan oleh konsumen tentang bisnis.
  1. Cara Tulis Merk di WA Bisnis

Dalam menulis nama merek di WhatsApp bisnis Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Hal bisa tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang anda miliki. maka dari itu Perhatikan cara menulis merek di WA bisnis seperti berikut ini.

Nama bisnis anda tidak boleh hanya terdiri dari: 

  • Nama lengkap seseorang
  • Istilah umum seperti pakaian, makanan, dll
  • Lokasi geografis seperti Jakarta
  • Kurang dari 3 karakter. 

Ketentuan tersebut harus menjadi concern Anda saat membuat akun bisnis di WhatsApp. Jika anda ingin mengubah nama bisnis, maka anda akan menghilangkan status akun bisnis resmi. 

  1. Profil Pada Akun Bisnis

Pada profil di akun Whatsapp bisnis memuat informasi tentang bisnis Anda seperti nama alamat, kategori bisnis, deskripsi tentang bisnis Anda, akun media sosial hingga situs website (jika ada). Menu informasi ini hanya bisa ditemukan di WhatsApp bisnis, tidak ada di WhatsApp Messenger. Nantinya pelanggan bisa melihat informasi yang sudah anda buat tersebut. Cara mengedit profil bisnis di WhatsApp bisnis sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp bisnis lalu klik opsi lainnya lalu klik setelan lalu klik nama bisnis anda.
  • Klik edit
  • Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui lalu simpan

Pada profil akun bisnis WhatsApp Anda juga bisa menambahkan halaman Facebook dan Instagram. caranya cukup mudah yaitu dengan mencantumkan url pada salah satu form atau kolom situs web. 

  1. Buat Katalog di WA Bisnis

Pada WhatsApp bisnis fitur selanjutnya yang sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis adalah katalog. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang bisa dilihat oleh konsumen saat membuka profil WhatsApp. Pada katalog di WhatsApp bisnis, Anda juga bisa memasukkan foto produk hingga keterangan detail seperti harga produk.

Cara menggunakan fitur katalog pada WhatsApp bisnis adalah dengan membuka menu pengaturan-pengaturan bisnis, katalog.

  1. Statistik Pesan

Pada WhatsApp bisnis, Anda bisa melihat jumlah statistik pesan yang terkirim diterima dan dibaca. Fitur ini tentu sangat membantu pelaku bisnis untuk meninjau pesan mana saja yang ternyata efektif dan tidak efektif.

Cara untuk mengecek jumlah statistik pada WhatsApp bisnis adalah dengan klik tombol menu lalu setelan > setelan bisnis > statistik.

  1. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di Whatsapp bisnis terdapat menu kategori bisnis. Selanjutnya Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai dengan usaha yang Anda lakukan. Namun jika ternyata kategori bisnis anda tidak terdapat dalam kategori bisnis di WhatsApp bisnis maka anda bisa pilih “others”.

  1. Label di WA Bisnis

Fitur pada WA bisnis adalah fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan tersebut seperti prospek menunggu pembayaran pesan baru dan pesan selesai. Dengan adanya fitur label pada WA bisnis maka anda akan mudah membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. sehingga kedepannya Anda bisa memfollow up pelanggan atau konsumen yang belum membayar.

Berikut cara menggunakan fitur label pada WhatsApp bisnis:

  • Menerapkan Label

Klik dan tahan chat lalu pilih label Lalu Anda dapat menerapkan label yang sudah ada atau bisa tambah label baru.

  • Lalu Temukan Konten Berlabel

Untuk menemukan konten yang dilabeli maka anda bisa buka layar C lalu Klik tombol menu klik label dan klik salah satu label yang ingin anda lihat.

  • Mengelola Label

Kelola label dengan cara buka chat lalu Klik tombol menu, lalu label titik pada menu ini anda bisa menggunakan berbagai fitur pengaturan antara lain:

  1. Mengedit atau menghapus label
  2. Menambahkan warna pada label agar bisa lebih mudah dibedakan
  3. Membuat pesan broadcast yang bisa dikirim ke setiap konsumen dengan label tertentu

Contoh Greeting Wa Bisnis

Greeting wa bisnis atau kata-kata menyapa dalam pesan otomatis wa bisnis haruslah dibuat secara tepat dan unik sehingga mampu terhubung dengan pelanggan dengan baik. Umumnya pelaku bisnis UMKM menggunakan wa bisnis & memasukkan greeting dalam percakapannya sehingga pesan otomatis akan terkirim sesaat mereka melakukan pengiriman pesan kepada anda. Berikut contoh greeting wa bisnis yang bisa anda pakai:

  1. Contoh Kalimat Pesan Otomatis Wa Bisnis Untuk Menyapa

Kalimat pesan otomatis wa bisnis yang bisa anda gunakan untuk menyapa atau greeting pun beraneka macam. Dengan kalimat greeting untuk wa bisnis maka anda bisa menyapa konsumen terlebih dahulu sesaat mereka mengirimkan pesan. Berikut rekomendasi atau beberapa kalimat pesan otomatis untuk menyapa di WA bisnis yang bisa anda pilih.

  • Halo selamat datang di (nama toko anda). Ada yang bisa kami bantu untuk keperluan informasi produk atau layanan kami terima kasih.
  • Terima kasih sudah menghubungi kami (nama toko anda). Selanjutnya akan kami hubungkan dengan admin yang akan melayani anda.
  • Halo salam kenal dengan saya (nama anda) sebagai (marketing) dari (nama kantor anda). Ada yang bisa kami bantu untuk keperluan pelayanan dan informasi produk? Terima kasih
  • Hi! Terima kasih atas pesanan anda mohon dibantu untuk pengisian data di bawah ini (nama, no telp, alamat, email, dll). Tim marketing akan segera menghubungi anda, terima kasih, semoga berkenan.
  • Hai Kak terima kasih sudah menghubungi kami nama toko anda. Admin akan segera menghubungi anda kembali atau jika tidak ada yang ingin ditanyakan bisa langsung chat dibawah ini ya Kak.
  • Selamat datang di (nama toko anda). Ada yang bisa kami bantu mohon informasikan kebutuhan anda di bawah ya akan dibalas oleh admin secepatnya terima kasih.
  • Terima kasih sudah menghubungi nama kantor anda bisa diinformasikan untuk kebutuhannya apakah untuk produk atau jasa Anda lalu tulis di bawah ini.
  1. Isi Pesan Otomatis Wa Bisnis Untuk Menunggu

Selanjutnya pesan otomatis yang bisa anda buat untuk wa bisnis adalah pesan untuk menunggu yang sangat berguna jika anda sedang tidak menggunakan handphone atau sedang sibuk. Biasanya ini sering dipakai agar wa dari klien bisa tetap terhubung selagi ada di luar berikut contoh kalimat yang bisa dipergunakan:

  • Selamat datang di (nama toko anda). Terima kasih sudah mengirimkan pesan dan admin akan secepatnya membalas pesan anda mohon ditunggu terlebih dahulu.
  • Halo Kak Selamat datang di nama toko anda. Mohon ditunggu sebentar ya kak akan kami balas pesan kakak mohon bersabar dan terima kasih.
  • Mohon maaf admin sedang offline untuk sementara ini, akan admin balas secepatnya jika sudah online kembali dan terima kasih.
  • Selamat datang di (nama toko anda), mohon kesediaannya untuk menunggu terlebih dahulu. Anda bisa melihat lihat produk yang ada dalam katalog kami dan admin akan membalas chat ini secepatnya jika sudah online kembali, Terima kasih.
  • Terima kasih atas pesan anda. Dengan saya (nama penjual atau sales) sebagai (posisi di perusahaan anda). Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi produk atau jasa kami. Mohon ditunggu sebentar akan dikabarkan secepatnya.
  • Halo selamat datang, terima kasih sudah mengirimkan pesan kepada kami. Mohon maaf saat ini admin sedang tidak ada ditempat dan admin akan merespon pesan Anda setelah kembali mohon tunggu dan semoga berkenan.
  1. Contoh Greeting Wa Bisnis Untuk Informasi Produk Dan Jasa

Contoh bisnis yang satu ini bisa anda lakukan setelah anda mengupload foto katalog pada WA bisnis. Jadi pesan ini dimaksudkan untuk mengarahkan pesan otomatis agar konsumen bisa mengecek katalog terlebih dahulu berikut contohnya.

  • Terima kasih sudah berkunjung ke (nama toko anda). Kakak sedang mencari produk apa nih? selagi menunggu admin untuk membalas pesan kakak bisa melihat-lihat terlebih dahulu produk kami di katalog whatsapp, selamat berbelanja.
  • Halo Kakak! Untuk informasi produk yang kami tawarkan Kakak bisa cek katalog kami terlebih dahulu dan segera admin akan membalas pesan otomatis ini terima kasih.
  • Selamat Datang di toko kami. Barang yang ready stock bisa kakak lihat di menu katalog kami. Jika sudah ada kepastian atau ada pertanyaan yang ingin diajukan maka admin akan segera membalas secepatnya mohon ditunggu.
  • Terima kasih sudah menghubungi kami. Apakah anda sudah melihat-lihat produk kami yang ada di katalog? Jika sudah ada keputusan untuk membeli produknya Dimohon untuk menunggu dan akan kami hubungkan ke customer service terkait.
  • Halo Kak! Khusus untuk hari ini sedang ada promo khusus setiap pembelian produk nama produk Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa cek katalog kami terima kasih.
  1. Contoh Greeting Wa Bisnis Di Luar Jam Kerja

Kegunaan dari fitur ini adalah untuk menginformasikan jadwal operasional kerja di toko atau kantor anda. Berikut contoh greeting wa bisnis khusus diluar jam kerja yang bisa anda gunakan:

  • Selamat datang di nama toko anda. Kami akan segera membalas pesan anda secepatnya. Jam operasional kerja Kami adalah Senin – Jumat dari jam 9.00 – 21.00 WIB. Diluar jam kerja akan admin akan slow respon maka kami akan menghubungi kontak anda kembali Terima kasih.
  • Mohon maaf saat ini nama toko anda sedang slow respon karena di luar jam operasional. Mohon persediaannya untuk menunggu pesan yang dibalas oleh admin. Jam operasional Kami adalah Senin – Jumat dari pukul 9.00 – 21.00 WIB.
  • Terima kasih sudah menghubungi kami. saat ini nama toko anda sedang close order. untuk order kembali bisa dilakukan Esok hari atau menghubungi kami di  al-azhom operasional berikut yaitu Senin sampai Jumat pukul 9 sampai 21 WIB. 

Cara Membuat Whatsapp Centang Hijau

Mirip seperti pada media sosial, WhatsApp bisnis juga bisa memberikan centang pada akun bisnis yang anda buat pihak WhatsApp bisnis akan memberikan centang warna hijau pada akun yang sudah terverifikasi oleh mereka. Umumnya akun bisnis yang sudah resmi dan terverifikasi akan tampak centang hijau pada profil atau disamping judul chat. Dengan fitur ini maka bisnis Anda bisa terlihat lebih profesional dan juga Kredibel sehingga lebih dipercaya oleh banyak konsumen.

Keunggulan Whatsapp Bisnis 

Dengan hadirnya wa bisnis makanya memudahkan bagi para pelaku usaha untuk bisa berinteraksi lebih nyaman dengan konsumennya. untuk itu bagi pelaku bisnis wajib sekali mendaftarkan WhatsApp bisnis di Smartphone Anda sehingga bisa mendukung bisnis Anda semakin berkembang. Adapun keunggulan WhatsApp bisnis yang bisa Anda rasakan antara lain sebagai berikut:

  • Memudahkan Komunikasi Dengan Konsumen

Alasan pertama Mengapa menggunakan WhatsApp bisnis penting untuk keberlangsungan usaha anda, karena lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Terlebih lagi pada WhatsApp bisnis terdapat fitur yang mendukung seperti greeting message dan quick message. Bisnis ini sangat membantu Anda saat membalas pesan di luar jam kerja. Kemudahan berkomunikasi dengan konsumen ini juga sangat didukung oleh fitur-fitur yang membantu pebisnis semakin mudah berkomunikasi dan juga terlihat lebih profesional.

  • Lebih Terpercaya

Kejahatan dalam dunia bisnis online sangatlah marak terjadi. Maka pembeli maupun penjual harus selalu memperhatikan juga mengecek terlebih dahulu saat ingin melakukan transaksi jual beli online. Hal ini dilakukan agar menghindari tindak kriminal yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu. Maka dengan adanya fitur profil bisnis pada WA bisnis, pembeli bisa mudah melakukan pengecekan terhadap Informasi Bisnis yang tercantum pada profil tersebut. Calon konsumen pun akan lebih yakin terhadap bisnis anda dengan informasi yang detail termasuk website dan akun media sosial.

  • Lebih Mudah Untuk Mempromosikan Produk

tak hanya sebagai alat berkomunikasi, WhatsApp bisnis juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Mempromosikan produk lewat WhatsApp bisnis bisa dengan cara menggunakan fitur katalog yang telah disediakan pada fitur katalog, misalnya Anda bisa memasukkan foto hingga deskripsi lengkap berikut harga produk.

WA Bisnis bisa Anda gunakan sebagai alat pendukung dalam hal komunikasi untuk usaha umkm Anda. Selain aplikasi chat yang memadai, dalam bisnis juga membutuhkan modal usaha. Modal usaha yang aman dan terpercaya adalah hal yang krusial karena lewat pendapatan modal bisnislah, usaha Anda bisa semakin maju. 

Dalam memilih modal bisnis pun tidak boleh sembarangan, wajib untuk Anda lihat apakah peminjam modal usaha sudah berizin OJK? Jika belum, maka sebaiknya pilih fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK, seperti Danamas. Dengan keunggulan pinjaman online ojk bunga rendah 2021 modal usaha beragunan properti dari Danamas, maka Anda bisa berekspansi bisnis lebih luas lagi. Anda bisa langsung mengajukan pinjaman di Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda. Danamas menawarkan pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan tenor minimal 1 tahun – 10 tahun. Simulasikan pinjaman Anda segera melalui kalkulator pinjaman usahadisini. Semakin solutif karena suku bunga dari Danamas cukup rendah, maka bisnis Anda pun bisa tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan dalam hal keuangan.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda