Cara-Memulai-Bisnis-Online-Di-Shopee

Shopee adalah salah satu ecommerce yang populer di Indonesia. Kehadiran shopee menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan maupun menjual berbagai produknya. Dengan mengembangkan bisnis melalui penjualan di ecommerce, maka anda bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Dengan mendapatkan pelanggan yang luas maka peluang untuk jualan Anda laris pun akan lebih tinggi. Dengan mendaftar akun bisnis online di shopee, maka ini bisa membuka usaha lebih luas lagi.

Cara memulai bisnis online di shopee tidaklah sulit Anda hanya perlu tahu beberapa tips yang bisa anda lakukan agar banyak konsumen yang melihat produk hingga melakukan transaksi di toko online shopee anda. Seperti berjualan di ecommerce atau media lainnya, berjualan di shopee juga perlu strategi yang tepat sehingga berjualan di shopee tidak terasa sia-sia dan stuck tanpa ada penjualan.

Di artikel ini, Anda bisa menemukan trik atau cara memulai bisnis online di shopee yang tepat. Dengan strategi yang nanti akan kami bahas di artikel ini, maka bukan tidak mungkin, Anda bisa jadi pengusaha yang sukses berjualan di ecommerce, pundi-pundi keuntungan pun ada didepan mata. Berikut cara memulai bisnis online di shopee dengan langkah yang tepat:

Cara Memulai Bisnis Online Di Shopee

Di Shopee, Anda bisa memulai bisnis online di marketplace dengan tips yang akan diulas dibawah ini. Jika Anda penjual pemula dalam dunia marketplace, maka Anda bisa mengetahui beberapa hal yang bisa dipelajari untuk meningkatkan penjualan dan laris. Berikut cara memulai bisnis online di Shopee yang bisa Anda tiru.

  • Membuat Akun Shopee

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi shopee lalu membuat akun di shopee. Dengan membuat akun di shopee, maka anda bisa melakukan aktivitas jual beli. Sebelum membuat akun shopee pastikan anda sudah memiliki sebuah email dan juga nomor handphone yang aktif, lalu isi formulir pendaftaran akun dengan lengkap dan detail. Setelah itu Anda akan mendapatkan email aktivasi atau SMS yang berisi kode OTP. Setelah mengisi kode OTP saat diminta maka pendaftaran pun selesai.

  • Cara Membuat Toko Online Shopee

Setelah anda memiliki akun shopee, Selanjutnya anda sudah bisa membuka toko online, berikut caranya:

  1. Pertama, kunjungi situs shopee via website
  2. Kedua, klik ā€˜jualā€™ yang berada pada sudut kiri atas
  3. Selanjutnya isi profil toko yang meliputi nama, deskripsi, foto profil dan banner

Setelah selesai pada tahap ini maka toko shopee anda sudah berhasil dibuat, selanjutnya Anda bisa mengatur alamat toko dan juga jasa pengiriman yang ingin dipakai tidak lupa untuk mengatur rekening bank untuk mencairkan hasil dari penjualan di toko shopee anda.

  • Mengunggah Produk

Selanjutnya Anda bisa mengubah produk atau barang yang akan dijual di shopee. Siapkan gambar dengan kualitas yang baik saat diunggah. Kualitas gambar yang baik bisa menarik konsumen lebih banyak. Selanjutnya, isi detail produk yang ingin anda jual seperti isi nama produk, jenis, deskripsi, ukuran, merek dan lain-lain. Setelah itu shopee akan memeriksa detail produk yang sudah anda tulis dalam waktu 1 hari kerja.

  • Promosikan Produk Anda

Jika proses verifikasi shopee sudah dilakukan, produk bisa muncul di etalase toko shopee hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan promosi secara berbayar. Promosi untuk toko online anda bisa membantu barang dagangan makin banyak dilirik oleh calon konsumen. Setiap 4 jam, shopee akan memberikan kesempatan bagi penjual untuk menaikkan produknya. Selain promosi produk berbayar di shopee, Anda juga bisa membagikan tautan toko atau produk lewat media sosial. Cara ini bisa membantu menaikkan jumlah viewer toko atau produk Anda di Shopee. 

  • Strategi Bisnis Online Di Shopee

Banyaknya penjual yang menawarkan produknya di shopee tentu membuat tingginya persaingan. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi bagaimana cara meningkatkan konsumen dan penjualan di shopee.

  • Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Salah satu alasan orang berbelanja di ecommerce adalah mendapatkan layanan gratis ongkos kirim. Tujuan dari memanfaatkan fitur gratis ongkir adalah untuk menarik banyak pembeli sehingga pembeli tidak akan terbebani oleh biaya pengiriman. Selain itu fitur gratis ongkir dengan minimal berbelanja membuat anda bisa mendapatkan keuntungan karena konsumen akan berbelanja sesuai dengan minimal yang sudah ditetapkan oleh shopee. 

  • Tingkatkan Follower Shopee

Perbanyak follower di akun shopee Anda bisa menggunakan fitur follower dan following layaknya media sosial lain seperti Instagram. Follower dan following pada akun shopee mempengaruhi performa penjualan toko online anda. Semakin banyak pengikut atau follower maka semakin besar peluang untuk produk anda laku dan dilihat banyak orang. Salah satu cara memulai bisnis online di shopee dengan meningkatkan jumlah follower adalah hal awal yang perlu Anda lakukan sebagai pemula. Meningkatkan jumlah follower di akun shopee bisa dengan  berbagi tautan di akun media sosial.

  • Perbanyak Produk Jualan

Banyak calon konsumen yang tidak percaya terhadap toko online di shopee, karena produk yang dijual tidak banyak. Maka dari itu, jumlah produk yang Anda jual sebaiknya cukup banyak sehingga pembeli pun akan merasa tertarik dan percaya terhadap toko online anda.

  • Jual Produk Yang Paling Banyak Dicari

Hal ini berkaitan dengan produk apa yang ingin anda jual. Jika Anda masih bingung produk apa yang ingin anda jual di shopee, maka anda bisa memilih produk yang sedang populer saat ini. Produk yang dicari banyak orang pasti memiliki peluang untuk dilihat lebih banyak, namun persaingan pun akan semakin tinggi sehingga dibutuhkan strategi pemasaran pada akun shopee.

  • Ikuti Program Khusus Shopee

Biasanya shopee memiliki beberapa program yang diadakan untuk menarik banyak konsumennya. Salah satu program shopee yang bisa anda ikuti adalah flash sale. Flash sale adalah teknik penjualan produk yang dilakukan dalam waktu yang sangat singkat dengan diskon yang cukup menggiurkan. Program flash sale dari shopee bisa dilihat oleh banyak pengguna sehingga toko online Anda akan semakin banyak dilirik calon konsumen. 

  • Gunakan Foto Produk Yang Menarik

Gunakan foto produk yang menarik untuk semua produk yang Anda jual di toko shopee foto yang menarik bisa menarik calon konsumen untuk melihat secara detail informasi produk yang Anda punya. Selain itu foto yang menarik juga membuat orang memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi saat memutuskan untuk membeli produk Anda. Foto produk yang menarik tetap harus foto asli tanpa banyak editan sehingga tingkat keasliannya lebih akurat 90% dari gambar aslinya.

Keuntungan Berjualan Di Shopee

Berjualan di Shopee adalah cara baru untuk bisa berekspansi bisnis Anda. Bisnis yang besar bisa mendatangkan banyak keuntungan yang mungkin saja tidak Anda kira sebelumnya. Keuntungan berjualan di Shopee bisa didapatkan dengan beberapa tips dan trik berikut ini, cek selengkapnya dibawah ini;

  • Memberikan Hasil Yang Baik Untuk Pengusaha Umkm

Dengan berjualan di shopee, pengusaha UMKM bisa lebih dilirik oleh banyak konsumen. Hal ini dikarenakan banyak orang memilih shopee selain karena gratis ongkir, juga banyaknya produk dengan harga bersaing. Untuk itu bagi anda pengusaha UMKM maka tidak ada salahnya untuk berjualan di shopee dan mengaktifkan fitur gratis ongkir.

  • Shopee Dilengkapi Dengan Fitur Live Chat

Keuntungan lainnya dari berjualan di shopee adalah terdapat fitur live chat yang bisa dipakai oleh penjual untuk berkomunikasi langsung dengan calon pembeli dan begitupun sebaliknya. Maka jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar produk dan toko online bisa langsung disampaikan kepada penjual. 

  • Dapat Beriklan Di Shopee

Bagi Anda yang ingin melakukan promosi berbayar maka shopee menyediakan fitur beriklan bagi para penjualnya. Fitur beriklan di shopee adalah berbayar, namun jika anda ingin mendapatkan fitur iklan yang gratis maka bisa menggunakan fitur sundulan yang digunakan setiap 4 jam sekali. 

  • Sistem Shopee Yang Menguntungkan 

Di situ shopee sudah banyak sekali panduan yang bisa anda gunakan untuk mencari tahu tips berjualan di shopee, informasi fitur di shopee yang bisa jadi strategi untuk melakukan promosi toko online.

  • Berpotensi Bertransaksi Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan marketplace lain, shopee adalah salah satu marketplace yang paling populer. Hampir setiap orang mencari barang di di shopee untuk kebutuhan sehari-hari. Keberadaan marketplace seperti shopee adalah wadah yang sangat baik untuk pengusaha UMKM agar mendapatkan banyak konsumen namun perlu diingat harus diimbangi dengan strategi promosi yang baik agar konsumen yang ingin berbelanja pun meningkat di toko anda. 

Cara Tingkatkan Follower Shopee

Untuk bisa meningkatkan followers shopee, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengikut Anda bertambah. Dengan banyaknya followers, maka peluang barang Anda laku terjual pun akan semakin tinggi. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan follower seperti berikut ini.

  • Follow Akun Follower dari Toko Kompetitor

Salah satu trik dalam menambah follower Shopee adalah dengan mengikuti follower dari toko kompetitor. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mengikuti follower toko yang sudah memiliki ribuan penjualan dan follower. Hal ini karena ada kemungkinan besar follower toko tersebut memiliki naik secara organik karena memiliki produk yang bagus. Produk yang bagus bisa tampak dari review yang bagus dari konsumen juga.

  • Follow Akun Pembeli

Anda bisa menambah followers dengan mengikuti atau follow akun pembeli. Pada tiap pembeli yang sudah membeli di toko Anda maka wajib juga di follow, maka nantinya pengguna diharapkan akan follback akun shopee Anda.

  • Aktifkan Voucher Ikuti Toko

Di shopee ada voucher ikuti toko yang berupa diskon untuk pengguna yang sudah mengikuti toko yang sudah mengaktifkan voucher toko Anda. Sebagai seorang seller, maka Anda bisa menggunakan tips dan trik ini untuk menaikkan follower toko Anda. Cara ini juga cukup terbukti untuk menambah pengikut hingga 1000 follower perbulannya.

  • Integrasi Toko & Media Sosial

Mengaitkan toko Shopee dengan media sosial perlu Anda pertimbangkan yang berguna untuk menaikkan followers shopee secara free. Namun, Anda perlu memastikan bahwa sudah Ada akun media sosial yang mempunyai pengikut yang banyak dan kunjungan yang tinggi. Hal ini karena ada tujuannya yaitu ā€œmemindahkanā€ follower media sosial ke akun Shopee Anda.

  • Beli Jasa Followers Shopee

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menaikkan followers shopee adalah dengan beli jasa followers. Kini, ada banyak jasa penambah followers untuk marketplace, namun sayangnya ini tidak bisa bertahan lama, karena followers yang Anda dapat tidak organik.

Cara Agar Menjadi Star Seller Shopee

Untuk dilirik oleh konsumen, maka toko shopee Anda juga harus tampak terpercaya, salah satunya ada star seller di shopee. Star seller shopee adalah penjual terpilih dan terpercaya yang sudah terbukti mampu memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pembeli. Di program ini, penjual bisa mendapatkan keuntungan eksklusif dimana mereka mendapat pengakuan atas penjualan dan layanan pembeli yang baik.

  • Rating Penilaian Penting!

Agar menjadi star seller di shopee maka perhatikan penilaian pada toko online Anda. Ada 2 penilaian yaitu penilaian produk dan tokoh. penilaian produk adalah rata-rata review bintang 1-5 yang diberikan oleh pembeli sesudah membeli produk Anda, sedangkan penilaian toko ialah rata-rata dari penilaian seluruh produk di toko anda.

Untuk bisa mencapai minimal bintang 4 di toko online shopee Anda, produk harus memiliki kualitas dan penjualan yang baik terlebih dahulu. Pastikan produk yang Anda jual itu bermanfaat untuk pembeli juga dicari banyak calon konsumen.

  • Selalu Balas Chat Dari Pelanggan 

Hal penting lainnya untuk menjadi star seller di shopee adalah performa chat. performa chat memungkinkan anda untuk seberapa sering dan cepat untuk membalas chat dari calon konsumen saat ingin bertanya tentang produk Anda.  sehingga Anda disarankan untuk selalu membalas chat dari calon konsumen semaksimal mungkin.

  • Kirim Barang Lebih Cepat

Aspek lain yang tidak kalah penting yang mempengaruhi performa toko online di shopee Anda adalah pengiriman barang. Kecepatan pengiriman barang anda tentu akan berpengaruh pada penilaian sehingga perhatikan lama waktu pengemasan hingga sampai ke kurir.

Untuk memaksimalkan bisnis online di Shopee, maka fitur beriklan berbayar adalah yang pilihan untuk dapatkan pembeli lebih cepat. Namun, dikarenakan fitur iklan berbayar membutuhkan biaya, maka tentu Anda harus memiliki modal usaha yang cukup. Salah satu cara untuk dapatkan modal usaha yang aman adalah dari Danamas. Danamas hadir untuk solusi kebutuhan modal usaha beragunan properti. Limit pinjaman yang besar hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga yang rendah adalah pilihan bijak untuk bisnis UMKM Anda. Pinjaman online terpercaya beragunan properti dari Danamas bisa menjadi pilihan aman karena sudah berizin OJK, KOMINFO dan AFPI. Kunjungi website Danamas untuk informasi lebih lanjut dan download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda