cara-mendapatkan-penghasilan-dari-tiktok

Cara mendapatkan penghasilan dari TikTok tentunya tidak mudah, karena konten yang Anda hadirkan haruslah otentik. Sebagai seorang content creator kita harus bisa memahami bagaimana algoritma dari mesin pencari itu bekerja. Pada TikTok, algoritmanya bekerja berbeda pada setiap akun. Tergantung pada konteks dan audiens mana yang memiliki preferensi sama dengan konten yang Teman Danamas fokuskan. 

Strategi marketing pada kebanyakan bisnis saat ini, seringkali menggunakan social media. TikTok salah satunya, platform ini digemari karena setiap individu menjadi lebih bebas berkreasi dengan kreatif. Selain itu TikTok juga bisa dimonetisasi, nah ada banyak cara mendapatkan penghasilan dari TikTok. Yuk, simak lebih lengkapnya disini!

Awal Mula TikTok di Indonesia

TikTok adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan Anda berbagai video yang diiringi music. Video pendek pada TikTok ini dulu bernama Douyin yang dirilis oleh perusahaan asal China yakni ByteDance di tahun 2016. Cukup satu tahun, Douyin memilih sekitar 100 juta pengguna di Cina. Melihat keberhasilan tersebut, maka perusahaan tersebut mencoba rebranding dengan mengganti nama menjadi TikTok yang bertujuan agar lebih mudah diterima oleh pangsa dunia. Usaha ini ternyata membuahkan hasil, kini TikTok dikenal oleh hampir seluruh masyarakat dunia dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar orang. 

Namun, kehadiran awal TikTok di Indonesia ternyata kurang disambut dengan hal positif. TikTok sempat di blokir oleh Kominfo pada tahun 2018 dan dianggap sebagai media sosial anak alay karena berisi konten yang kurang bermanfaat. Namun, seiring berjalannya waktu, TikTok ternyata mampu menempati media sosial populer saat ini di Indonesia sejak Agustus 2020. Sejak itulah, TikTok tembus angka 22,2 juta pengguna, WOW!

Cara Mendapatkan Penghasilan Dari TikTok

Bicara ladang usaha, Teman Danamas bisa mengoptimalkan akun TikTok Anda dengan memberikan konten yang unik. Dengan memiliki konten yang terpercaya di hadapan audiens, ini bisa membuat Anda mendapatkan banyak animo baik di masyarakat. Namun bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari TikTok dan apa saja hal yang diperlukan? 

1. Influencer Brand 

Sponsored content post adalah sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan TikTok jika Anda sebagai influencer TikTok yang mempromosikan brand tertentu. Umumnya, sebuah brand atau agency akan melihat Anda dari followers, like, hingga insight lain yang sesuai dengan yang mereka inginkan, sehingga engagement pada TikTok juga sangatlah penting. Engagement yang bagus bisa memberikan keuntungan untuk Anda. 

2. Monetisasi TikTok 

Ternyata TikTok memiliki program monetisasi video, nah salah satu cara melakukan monetisasi dengan memiliki minimal 10 ribu pengikut dan memiliki 100.000 views per 30 hari terakhir. Jika ternyata sudah memenuhi persyaratan ini, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu: 

  • Pilih creator tools / alat kreator
  • Pilih monetisasi, lalu lihat kategori yang cocok mulai dari Creator Marketplace, TikTok Shop dan Gifts. 
  • Ajukan dan pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan dari kategori yang Anda pilih. 

3. Donasi dan Payout Coins

Cara mendapatkan penghasilan TikTok lainnya adalah dengan donasi atau payout coind. Donasi ini didapatkan dari fans atau follower saat Anda live streaming di TikTok. Saat live streaming, TikTok memungkinkan audiens memberikan sticker gift yang bisa Anda tukar dengan uang. 

Viewer senang mengirimkan sticker gift ini sebagai tanda menghargai video streaming Anda. Semakin banyak viewer di TikTok streaming Anda, maka semakin banyak juga koin yang bisa Anda kumpulkan. 

4. Jasa Pengelola Akun TikTok (TikTok Manager)

Di TikTok, Anda bisa menjadi TikTok Manager, dimana Anda akan mengelola akun TikTok miliki seorang pengguna agar semakin berkembang. Sasaran klien TikTok Manager antara lain content creator hingga brand ternama yang ingin mempromosikan bisnisnya. Tugas TikTok Manager antara lain:

  • Meningkatkan followers, like, jumlah view dan engagement TikTok
  • Mengatur strategi content marketing
  • Mengembangkan ide kreatif di TikTok pengguna tersebut
  • Mengelola tawaran kerja sama 

Baca juga: 20 Cara Menambah Followers di Instagram dengan Mudah & Gratis!

5. Jual Beli Akun TikTok

Akun TikTok bisa jadi ladang untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan ternak akun TikTok. Beberapa orang kini mulai belajar ternak akun TikTok lalu menjualnya ke orang yang ingin memiliki TikTok dengan followers tumbuh, sehingga mereka tidak lagi perlu menunggu lama hingga memiliki followers yang banyak. Jika Anda memiliki akun TikTok dengan jumlah followers yang cukup banyak, maka Anda bisa mem-boost akun tersebut agar lebih cepat berkembang. Tak hanya cukup besar, akun itu bisa Anda pasarkan kepada siapapun yang membutuhkan.

Jika akun Anda memiliki engagement yang bagus, maka Anda bisa mulai jual beli akun TikTok. Cara untuk dapatkan uang dari jual beli akun TikTok adalah sebagai berikut:

  • Buat akun dengan niche tertentu
  • Tumbuhkan followers, like dan jumlah tayangan
  • Bangun komunitas dengan peminat niche tersebut

Setelah akun TikTok menjadi besar, maka Anda bisa jual ke brand yang memiliki bidang atau niche yang sama dengan akun yang dijual. 

6. Pengelolaan Iklan TikTok 

Cara mendapatkan penghasilan TikTok ini adalah dengan menggunakan TikTok Ads. Seperti ads di media sosial lain, TikTok memiliki algoritma yang bisa membantu iklan anda terlihat oleh target audiens. 

Melakukan optimasi pada iklan Tik Tok juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Anda membantu brand atau content creator untuk mengoptimalkan iklan yang ditampilkan. Hal yang perlu dioptimasi adalah hasil dari beriklan, pastikan pencapaiannya efisien. Baik dari segi view ataupun harga beriklan. Juga Anda berkewajiban melakukan remarketing dengan kolom-kolom audiens yang ada. 

7. Pusat Agency TikTok

Pusat agency TikTok atau agensi TikTok adalah sebuah jasa yang memiliki kerjasama resmi dengan TikTok. Umumnya, pihak TikTok ingin mengembangkan bisnis siaran langsungnya dengan cepat sehingga mereka membutuhkan agensi. 

Tidak hanya pihak TikTok, penggunaan TikTok juga bisa menggunakan jasa agency ini untuk mengembangkan konten mereka di TikTok. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan TikTok, maka coba menjadi agensi influencer yang bertugas menghubungkan antara brand yang ingin mempromosikan produknya dengan influencer TikTok. Agensi TikTok ini bisa menjadi perantara, coordinator hingga manajemen iklan. Ia akan mencarikan influence yang tepat, mengelola kerjasama hingga mengatur konsep iklan. 

8. Menjalankan Misi TikTok

Saat menjalani misi TikTok ini Anda perlu mengikuti konten apa yang sedang dianjurkan TikTok melalui notifikasi dalam aplikasinya. Anda hanya perlu membuat konten dengan tagar yang diminta. Jangan lupa memasukkan tagar dalam konten Anda agar team TikTok bisa melakukan penilaian di akhir. Nah, pemanang campaign biasanya akan mendapatkan hadiah dari TikTok atau sejumlah nominal uang.

9. Mempromosikan Musik 

Mengembangkan akun Anda dengan memiliki followers, impression dan engagement yang tinggi melalui konten yang unik. Anda bisa mendapat tawaran untuk memasarkan musik melalui konten, ini adalah salah satu pemasukan besar yang bisa Anda dapatkan. Jadi, jangan takut untuk mencoba unik dalam TikTok Anda. 

10. Premium Konten 

Memiliki konten premium dan bebas menetapkan harga yang Anda jual untuk konten yang Anda pikir itu berguna. Anda hanya perlu mengubah profil Anda menjadi profil pro pada pengaturan dan privasi, lalu klik kelola akun saya dan dapati kolom paling bawah yaitu Alihkan ke Akun Pro.

Baca juga:  Contoh Rencana Operasional Bisnis Plan, Komponen & Manfaatnya

Tips Monetisasi TikTok yang Efisien!

Memulai dengan efisien berarti memikirkan objektif dan tujuan Anda memiliki akun TikTok. Termasuk memikirkan niche dari konten TikTok Anda, memiliki target audiens yang tepat adalah kunci utama untuk mengoptimasi. TikTok hadir dengan misinya untuk membantu setiap orang mengabadikan momen yang berharga dengan kreatif. Definisi berharga disini tentunya mengacu pada kualitas konten Anda. Nah, supaya lebih jelas berikut rangkaian melakukan monetisasi TikTok:  

1. Tetapkan Niche Akun 

Sebuah niche pada akun akan berpengaruh pada pemasukan Anda, terlebih lagi jika Anda melakukan cara-cara diatas yang sudah disebutkan. Dengan menentukan niche pada akun TikTok, maka Anda bisa mengoptimalkan akun dengan lebih spesifik seperti akun makanan, akaun travelling, dll. Berikut cara agar niche pada akun TikTok lebih spesifik:

  • Tulis minat di bio profil TikTok
  • Tonton video yang sesuai dengan niche Anda
  • Saling follow dengan user di niche yang serupa
  • Buat dan posting video seputar topik yang diinginkan
  • Gunakan hashtag yang sesuai
  • Lakukan challenge viral di TikTok
  • Setting Target

Setelah Anda menentukan niche, maka selanjutnya setting target pemasukan. Caranya bisa dengan menggunakan kalkulator uang TikTok yang bisa Anda cek di internet. Anda bisa menggunakan kalkulator TikTok ini juga untuk menentukan range harga endorsement. 

2. Bangun Audiens yang Setia 

Membangun audiens yang setia bisa diwujudkan melalui konsistensi Anda untuk menghadirkan konten yang konsisten. Secara berkala melakukan observasi untuk memahami konten apa yang memiliki impression paling tinggi. Selanjutnya, Anda bisa menciptakan konten-konten yang audiens suka. Lakukan observasi secara berkala. 

3. Menjaga Konsistensi 

Menjaga konsistensi lebih baik untuk membangun konten, sehingga audiens bisa memahami lebih baik konteks profil Anda. Usahakan juga untuk mengobservasi jam tayang yang paling tepat. Jam prime time TikTok biasanya pada 10.00-11.50, 14.00-16.00 dan 18.30-21.30 WIB. Namun, biasanya jam prime ini bisa berbeda-beda setiap hari. Lakukan analisa secara berkala untuk menjaga konsistensinya. 

4. Gunakan Hashtag 

Untuk mendapatkan peluang yang sukses dalam search engine gunakan hashtag yang berfokus pada konten. Dengan penerapan hashtag yang tepat, Anda tentu bisa mendapatkan audiens yang sesuai. Penggunaan hashtag unik bisa membantu orang lain kenal dengan brand dan spesifik produk Anda. 

5. Share di Social Media

Jangan lupa untuk itu melakukan repost dan share dengan akun social media Anda yang lainnya. Ini membantu untuk menyalurkan traffic dari akun social media tersebut kepada TikTok Anda. Banyaknya like, share dan comment tentunya mempengaruhi bagaimana algoritma memandang akun TikTok yang Anda miliki. 

Baca juga: 50+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Tahun 2023

6. Audio & Efek yang Hits 

Dengan menggunakan audio dan efek yang sedang hits, Anda bisa berkreasi menghadirkan konten menarik. Tidak harus sama dengan creator lainnya, Anda masih bisa membuat konten sesuai dengan niche Anda. Jadi jangan khawatir merasa berbeda, musik biasanya dipakai untuk melengkapi dan memberikan suasana kepada yang menonton. 

7. Gunakan Copywriting Menarik

Buat copy yang menarik supaya Anda bisa membuat orang tertarik membuka. Ini difungsikan saat orang membuka profil ketika mereka menemukan konten Anda. Jika mereka merasa konten-konten dalam akun Anda memiliki relevansi yang tinggi, maka ada potensi mereka bisa menjadi follower Anda. 

8. Bangun Engagement Content

Monetisasi tidak bisa datang begitu saja tanpa menghasilkan traffic secara organik. Anda butuh membangun relasi dengan audiens, mengerti topik atau konten seperti apa yang bisa membuat target audiens berinteraksi dengan kita. Dengan melakukan konten seperti ini, Anda bisa mengundang banyaknya impression pada konten TikTok Anda. 

9. Ikuti Trend Challenge 

Buka notifikasi yang ada di TikTok dan ikuti tantangan mingguan dari TikTok. Buatlah konten berdasarkan trend yang disarankan, jangan lupa menggunakan tagar. Ikuti ini secara berkala dan sesuaikan dengan niche Anda. Dengan mengikuti ini Anda memiliki potensi untuk tampil dalam FYP tagar tersebut. Sekaligus Anda juga bisa memperluas target pasar.

10. Konten Tutorial 

Buatlah konten tutorial yang menarik, sehingga bisa mendorong konten Anda menjadi interaktif. Konten tutorial ini biasanya memiliki pasar yang luas dari kategori apa saja. Jadi, tidak salahnya apapun niche Anda membuat konten tutorial ini adalah rekomendasi yang tepat. 

TikTok untuk Bisnis (TikTok Shop)

Cara mendapatkan penghasilan dari TikTok salah satunya yaitu mengoptimasi bisnis Anda dan berjualan melalui TikTok shop. Jika Ada modal lebih, coba juga untuk menggunakan iklan berbayar (ads TikTok). Sehingga, Anda bisa langsung mendapatkan pembelian. 

Penggunaan TikTok untuk bisnis kini marak digunakan oleh pengguna TikTok dengan cara memasang jualan mereka di TikTok Shop. TikTok shop adalah fitur belanja yang ada di TikTok, dimana pengguna bisa berjualan dan atau membeli jualan pengguna lain. Maka, tak heran aplikasi TikTok digandrungi banyak orang karena selain menjadi aplikasi yang menghibur juga bisa berjualan. Cara Jualan di TikTok Shop:

  • Buka halaman utama pendaftaran akun dan klik “Daftar dengan akun TikTok”
  • Daftar akun dengan smartphone & email
  • Lalu, lakukan verifikasi
  • Atur alamat gudang toko dan isi nomor hp
  • Tambah produk yang ingin dijual
  • Lalu, verifikasi dokumen (Nomor Induk Perusahaan) jika usaha atau bisnis merupakan badan usaha atau korporasi.
  • Informasi bisnis
  • Isi informasi rekening bank setelah proses verifikasi dokumen disetujui.

Keuntungan Berjualan di TikTok

Jika Anda ingin coba memulai berjualan di TikTok Shop, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa didapat, antara lain:

  • TikTok Shop terintegrasi dengan media sosial, sehingga Anda bisa berpromosi lewat media sosial sekaligus bertransaksi.
  • Berjualan di TikTok Shop memiliki potensi pasar yang tinggi karena penggunanya terus meningkat. 
  • Ada layanan gratis ongkir
  • Bisa Anda jadikan wadah untuk membangun bisnis umkm
  • Ada fitur hashtag yang bisa memudahkan penggunakan mengindeks konten dan produk
  • Terdapat fitur TikTok Ads untuk promosi berbayar 
  • Peluang pasar cukup tinggi karena kemudahan untuk mengaksesnya.

Jika bisnis Anda ingin semakin ramai, maka bisa berpromosi saat live TikTok. Semakin banyak yang menonton live TikTok Anda, maka semakin besar juga peluang Anda untuk dibeli produknya. Agar live TikTok banyak ditonton, coba untuk sering mengupload video di TikTok, buat ciri khas untuk live TikTok Anda hingga berikan diskon spesial saat live. 

Pendapatan TikTok Shop

Anda bisa mengecek pendapatan TikTok Shop dengan mudah setelah sibuk berjualan di TikTok shop. Sebelum Anda mendaftar, maka pastikan Anda sudah membaca kebijakan yang diberikan oleh TikTok Shop Seller Center. 

  • Masuk ke halaman web TikTok Shop Seller Center, lalu login dengan menggunakan akun TikTok Shop. Setelahnya, Anda akan diarahkan ke dashboard penjual.  
  • Setelah itu, klik menu “keuangan” dan pilih menu “tagihan”.
  • Setelah itu, Anda pun sudah bisa melihat penghasilan TikTok shop Anda.

Bisnis yang Sukses Dimulai Dari Keputusan Pinjaman yang Tepat! 

Keputusan memilih pinjaman yang tepat adalah hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Ini menghindari Anda dari pinjaman berbunga yang bertumpuk. Pada akhirnya bisa membuat bisnis tidak memiliki ruang gerak yang leluasa untuk berekspansi. Padahal semestinya perusahaan harus dapat berinovasi dari waktu ke waktu. Meski bisnis Anda membutuhkan pinjaman, pastikan pinjaman memiliki bunga yang tidak terlalu tinggi. 

Hindari kredit macet dan berbagai penipuan, lakukan pinjaman pada perusahaan pinjaman online terpercaya. Danamas sejak tahun 2000 telah berkontribusi memberikan pinjaman lebih dari Rp 11 triliun. Platform pinjaman dan pendanaan online yang berlisensi OJK dan terdaftar serta terdaftar di AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) & Kominfo  yang membuktikan Danamas sebagai penyedia layanan keuangan terpercaya. 

Dapatkan modal usaha berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan bunga relatif mulai dari 14% p.a. Dengan tenor pinjaman hingga 10 tahun. Total pencairan yang dilakukan 80% dari nilai taksir properti yang diajukan. Ajukan pinjaman online terpercaya untuk mulai beriklan lebih efektif menjangkau target audiens Anda. Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda