Contoh-Business-Plan

Business plan penting sekali untuk dibuat bagi pelaku bisnis, terutama bagi Anda yang ingin baru memulai bisnis. Business plan dapat membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran, jenis bisnis yang akan dibangun hingga merangkai tujuan atau goals bisnis Anda. Selain membantu Anda dalam merancang bisnis kedepan, business plan juga bisa membantu Anda jika ingin mendapatkan dana dari investor. Beberapa investor mungkin ingin melihat business plan Anda ke depan sehingga mereka bisa memiliki kepercayaan terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalani. 

Adanya business plan bagi pelaku usaha kecil juga sama pentingnya bagi pelaku usaha besar. Keduanya sama-sama membutuhkan business plan untuk bisa berekspansi, melancarkan usaha, melancarkan strategi promosi, dll. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis juga sangat penting untuk membuat business plan. Untuk bisa membuat business plan sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda bisa mengikuti contoh business plan yang akan dibawa di artikel ini.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuka usaha, maka sebaiknya buatlah business plan terlebih dahulu. Dengan adanya business plan, maka strategi bisnis yang ingin Anda jalankan pun bisa lebih terarah. Business plan tentu membantu pelaku usaha kecil untuk bisa lebih teratur dalam menjalankan rencana bisnis. Di artikel ini ada contoh business plan makanan yang bisa Anda jadikan contoh untuk bisnis sendiri. Simak ulasan tentang business plan dibawah ini yuk!

Apa Itu Business Plan?

Business plan atau rencana bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang dibuat untuk memproyeksikan semua info tentang bisnis yang dijalankan. Pada rencana bisnis terdapat strategi pemasaran dan penjualan bisnis yang ditulis secara detail, ada juga income dan outcome bisnis tersebut. Selain itu juga berisi tentang kondisi keuangan serta informasi penting lainnya seputar perkembangan bisnis. 

Tujuan Business Plan

Tujuan dari adanya business plan untuk usaha Anda adalah agar apa yang ingin dicapai oleh perusahaan bisa didapat dengan baik. Tak hanya itu, business plan juga bisa jadi guideline perusahaan untuk mampu menjawab segala permasalahan yang mungkin saja dihadapi kedepannya. 

Jenis Business Plan

Dibuatnya business plan tentu ada banyak  manfaatnya. Selain itu, business plan memiliki banyak sekali jenisnya yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha Anda. Perhatikan jenis business plan berikut untuk Anda bisa aplikasikan pada bisnis Anda.

  • Growth Business Plan

Jenis business plan yang ini menginformasikan berbagai rencana pertumbuhan perusahaan kedepannya. Growth business plan bisa dipakai untuk kepentingan internal atau eksternal, seperti menerima tambahan modal untuk para investor. Selain itu, jika dipakai untuk kebutuhan eksternal, maka business plan harus dijelaskan secara detail. Biasanya, deskripsi yang detail bisa terdiri dari info tentang perusahaan, kondisi keuangan, hingga struktur organisasi. 

  • Operations Business Plan

Jenis business plan ini dibuat khusus untuk internal perusahaan. Pada rencana bisnis ini, sudah mencakup beberapa hal terkait rencana dan kebijakan tentang operasional perusahaan. Selain itu, business plan juga meliputi berbagai uraian tanggung jawab tiap orang dalam sebuah perusahaan. Tak hanya itu, operations business plan dapat menjadi acuan pelaksanaan juga tenggat waktu pada kegiatan operasional di waktu yang akan datang. 

  • Startup Business Plan

Startup business plan terdiri dari info tentang perusahaan startup hingga penawaran barang atau jasa kepada konsumen. Selain itu, startup business plan berisikan struktur marketing, evaluasi pasar hingga manajemen risiko yang sangat penting bagi perusahaan. Struktur manajemen pada perusahaan juga penting untuk ditambahkan yang nantinya akan diimplementasikan. 

  • Strategic Business Plan

Jenis business plan ini adalah salah satu jenis yang cukup rumit daripada business plan lainnya. Strategic business plan menginformasikan berbagai macam strategi yang lebih details untuk mencapai tujuan bisnis. Hal-hal yang dimasukkan pada strategic business plan antara lain visi misi perusahaan, faktor kritis, strategi dalam mencapai tujuan hingga jadwal melaksanakan strategi tersebut. 

  • Development Business Plan

Jenis business plan ini berisikan deskripsi yang detail tentang bisnis yang Anda bangun. Pada development business plan terdiri dari organisasi perusahaan, administrasi bisnis hingga tanggung jawab karyawan. 

Cara Membuat Rencana Bisnis

Sebuah rencana bisnis atau business plan memiliki banyak cara pembuatannya. Namun, bagi pengusaha pemula, Anda perlu tahu tahapan atau langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat rencana bisnis. Business plan pasti bisa membantu Anda dalam mewujudkan rencana bisnis kedepan.

  • Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum menentukan produk apa yang ingin dijual dipasaran, maka coba buat riset kecil-kecilan. Jika Anda sudah menentukan beberapa produk, coba caru unique selling point (USP) pada produk tersebut. Selain itu, buat target market, cari waktu terbaik untuk mengenalkan produk, hingga respon konsumen atau apa yang dibutuhkan konsumen atas produk Anda.

Setelah itu, lakukan analisis pasar untuk mengetahui persaingan bisnis yang ingin Anda jalankan. Riset pasar ini sangat berguna nantinya untuk Anda membuat strategi yang pas untuk pengambilan keputusan. Selain itu, tujuan perusahaan juga bisa makin jelas karena Anda sudah membuat riset pasar. 

  • Buat Company Profile

Cara dan contoh business plan selanjutnya adalah dengan membuat company profile. Company profile berisi tentang informasi detail perusahaan, seperti nama perusahaan, alamat kantor, struktur organisasi, sejarah terbentuknya, bidang industri hingga produk-produk yang hendak dipasarkan. 

Lebih lengkap lagi, company profile juga bisa memuat visi dan misi perusahaan hingga aset-aset yang dimiliki. Company profile yang dijabarkan dengan baik maka perusahaan akan tampak memiliki kredibilitas atau image yang baik pula. Jadi, pembuatan company profile ini bisa dijadikan kesempatan untuk Anda menjual perusahaan kepada investor sehingga kedepannya, bisnis bisa lebih maju. 

  • Tentukan Tujuan Bisnis

Pada business plan, juga termasuk info tujuan bisnis Anda kedepannya. Hal ini sangat berguna untuk para investor atau stakeholder yang ingin berkontribusi bersama bisnis Anda. Buatlah tujuan bisnis dalam jangka waktu pendek dan panjang, sehingga Anda bisa menyusun strategi promosi untuk bisnis Anda kedepannya. 

  • Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Anda bisa siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk company profile, seperti catatan laporan keuangan yang lengkap. Ini penting bagi Anda yang ingin mencari investor untuk berekspansi dalam bisnis sehingga bisnis tidak stagnan. 

  • Info Details tentang Produk / Jasa

Pada contoh business plan yang dibuat, juha masukkan info terperinci tentang produk atau jasa yang Anda jual. Misalnya, jelaskan terperinci kerja produk atau harga hingga alasan produk Anda lebih unggul dari yang lain. Setelah itu, berikan informasi tentang strategi pemasaran hingga target customer dari produk atau jasa Anda. 

  • Rancang Marketing Plan

Marketing Plan sangat berguna untuk membuat perencanaan pemasaran yang lebih kuat. Pada marketing plan, Anda bisa berikan informasi seperti latar belakang, visi dan misi, tantangan atau masalah yang dihadapi, tujuan atau objektivitas, hingga target konsumen. Pada marketing plan juga dijelaskan channel utilization yaitu kanal untuk pemasaran produk Anda, media komunikasi dan timeline marketingnya. Jadi, Anda sudah bisa memiliki gambaran yang lebih rinci atas pemasaran yang ingin Anda lakukan. 

  • Sesuaikan dengan Target Pembaca

Di beberapa perusahaan, pembuatan business plan juga mengacu pada siapa yang akan membacanya. Misalnya, ada business plan yang dibuat khusus untuk investor, karyawan atau internal, pimpinan perusahaan, dll. Jadi, Anda bisa sesuaikan isinya dengan tujuan pembaca business plan ini. 

Contoh Business Plan Bisnis Makanan

Bisnis makanan adalah salah satu usaha umkm yang paling banyak diminati oleh orang. Karena banyak sekali yang berminat untuk mengembangkan usaha makanan, maka tidak dipungkiri saingan dan kompetitor pun juga lebih banyak. Hal ini tentu perlu menggunakan strategi agar bisnis Anda berjalan dengan lancar. Berikut adalah contoh business plan sederhana yang bisa Anda kembangkan sesuai bisnis yang ingin Anda bangun.

  1. Latar Belakang

Café Pastry & Bakery adalah sebuah usaha atau bisnis yang menyediakan tempat untuk menikmati berbagai makanan, seperti aneka pastry & bakery.

Visi & Misi

  • Visi: Mengenalkan berbagai makanan pastry & bakery yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan teknik terbaik. 
  • Misi: Memberikan pelayanan terbaik dari segi tempat untuk menikmati pastry dan menjadi café dengan pastry terbaik di Jakarta. 
  1. Tujuan

Pemilihan usaha jenis ini memiliki tujuan:

  • Mendapatkan keuntungan
  • Menyajikan produk pastry yang variatif
  • Mencapai target penjualan
  1. Produk usaha ini memiliki keunggulan:
  • Berkualitas dan dijamin memiliki rasa yang nikmat karena dibuat dari bahan berkualitas
  • Memiliki varian produk yang variatif.
  1. Rencana Usaha

Struktur Organisasi:

  • Manager: Budi
  • Bendahara: Tono
  • Pemasaran: Tini
  1. Persiapan

Café Pastry & Bakery akan memasok bahan baku yang dibutuhkan dari supplier X. Setelah itu, diolah untuk menjadi berbagai sajian pastry. Jam operasional 9 pagi – 8 malam yang berlokasi di jalan XXX.

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran café ini adalah lewat media sosial, website, hingga jasa influencer. 

Rencana Anggaran

  • Sewa tempat: Rp20.000.000/tahun
  • Pembelian bahan baku utama: Rp 5.000.000
  • Alat & Packaging:  Rp 10.000.000

Sumber Anggaran

  • Modal pribadi: Rp50.000.000
  • Dana pinjaman: Rp50.000.000

Melalui contoh business plan yang sederhana ini, Anda bisa mulai mengembangkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan pada rencana bisnis. Jika Anda memiliki kendala dalam modal usaha, maka coba dapatkan pinjaman modal usaha beragunan properti dari Danamas. Dengan modal usaha mulai dari Rp 50 juta, maka Anda sudah bisa mengembangkan usaha kuliner dan usaha lainnya menjadi bisnis yang mampu bersaing dengan kompetitor. Pengajuan Pinjaman online ojk bunga rendah 2021  yang cepat juga mudah, menjadikan Danamas sebagai solusi modal usaha umkm Anda. Kemudahan dalam melakukan pinjaman usaha ini bisa Anda rasakan dengan langsung akses di Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis yang sudah bisa di download di smartphone Anda.

Baca juga: Apa Itu Supplier? Kenali Jenis & Tips Memilih Supplier

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda