modal-usaha-kecil

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di tahun 2023 dalam artikel ini perlu Anda simak sebelum memulai usaha. Karena bisa jadi ide bisnis yang ditampilkan disini dapat Anda sempurnakan dan menjadi awal mula bisnis impian Anda.

Memiliki usaha sendiri bisa dilakukan sembari dijadikan usaha sampingan untuk pekerja kantoran, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Anda bisa menggunakan beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya di tahun 2023 ini. 

Dengan memiliki usaha sendiri, Anda bisa memiliki penghasilan tambahan juga menyalurkan hobi, kreativitas atau minat di bidang tertentu. Nah, bagi usaha sedang berkembang pesat dan membutuhkan pendanaan, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana darurat dengan produk-produk pinjaman online terpercaya Danamas

Dalam artikel ini akan kita kupas tuntas 20 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di tahun 2023, lengkap dengan cara memulai bisnis dengan modal kecil bagi pemula. Mari kita simak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dibawah ini!

50 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2022

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing akan kami rangkum sebanyak 20 jenis usaha. Kelebihan dari contoh-contoh ini adalah Anda sangat mungkin untuk mempraktekkannya dimana saja. Informasi ini akan memberikan Anda gambaran peluang usaha yang dapat Anda jalankan. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Dropshipping

Jika Anda ingin menjual produk secara online tapi tidak memiliki uang untuk membeli barang, dropshipping menjadi solusinya. Caranya, Anda hanya perlu membuat toko secara online dan bekerjasama dengan supplier yang siap untuk mempacking, hingga mengirimkan produk ke konsumen.

Kunci sukses dropshippng: Anda perlu belajar untuk mengoptimasi toko online Anda agar banyak pembeli. Semakin niche produk Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk bisa menjadi top seller. Optimalkan layanan pembelian dengan baik juga customer service yang sigap.

2. Writer Agency

Jika Anda punya hobi menulis, membuka freelance writer agency menjadi usaha yang cocok untuk Anda. Jika klien yang mendatangi Anda sudah terlalu banyak, maka Anda dapat membayar para penulis dengan memberikan persenan tiap tulisan. Dengan demikian, Anda dapat tetap menerima banyak klien dan membesarkan bisnis Anda.

Kunci sukses suatu Writer Agency: Pertajam kualitas tulisan, sistem hingga kemampuan dan target yang jelas bagi para tim penulis.

3. Pembuatan Hadiah Wisuda/ Hampers

Setiap tahunnya, akan ada ribuan orang wisudawan yang lulus. Sebagai teman, banyak yang memberikan hadiah ucapan kepada mereka. Maka akan banyak pesanan hadiah untuk wisuda berupa plakat, buket atau model kerajinan tangan lain. Jika Anda orang yang kreatif, bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang tepat. Jadi produk yang Anda dapat ditawarkan berupa pembuatan bucket, plakat dan lainnya.

Kunci sukses Usaha Buat Hadiah Wisuda: Produk yang unik, packaging yang rapih & membangun jaringan bersama komunitas mahasiswa

4. Catering Makan Sehat

Dewasa ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya untuk hidup sehat. Dan makan menjadi salah satu kunci untuk hidup sehat. Jika Anda hobi memasak maka Anda cocok untuk membuka usaha ini. Anda dapat menawarkan produk Anda ke tempat kebugaran seperti yoga dan tempat gym. Dengan begitu, produk Anda akan dapat dikenali oleh para calon konsumen. Coba cek bagaimana cara mengelola bisnis catering makanan lebih lengkap.

Kunci sukses Catering Makan Sehat: Higienis, rasa, harga dan kualitas seharusnya berbanding lurus. Melakukan promosi dan membangun jaringan bersama kelompok pegiat olahraga. 

5. Customize Produk

Anda pasti pernah melihat desain casing handphone yang beragam jenis. Anda dapat membuka jasa untuk customize produk pribadi seperti casing hp, baju maupun cangkir minum. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan pencetakan sendiri, karena dapat berkolaborasi dengan supplier desain yang siap membantu Anda. Hal yang perlu Anda kuasai hanyalah mencari konsumen secara online. 

Kunci sukses Customize Produk: Menciptakan trend produk lewat online ads dan mencari vendor berkualitas.  

6. Fotografer

Jika Anda suka fotografi maka pekerjaan ini cocok buat Anda. Apalagi saat ini jasa fotografer banyak dibutuhkan. Disini Anda dapat mencari klien secara online dengan menunjukan portfolio mengenai foto yang pernah Anda hasilkan. Selain itu, Anda dapat menawarkan ke pemilik bisnis online yang ingin membuat foto iklan produknya. Selain itu membangun komuniatas dengan para pelaku UMKM dan memberikan harga promosi bundling sudah jelas bisa membantu Anda mendapatkan pasar lebih banyak sekaligus mempertajam skill karena ragam usaha UMKM sudah pasti banyak.

Kunci sukses jasa fotografer: Kualitas foto, berjejaring dengan sesama fotografer juga membangun branding

7. Memulai Podcasting

Jika Anda gemar dalam berkomunikasi dan punya kemampuan dalam bidang tertentu, maka Anda dapat memulai bisnis podcast. Disini Anda harus memiliki pengetahuan tentang suatu topik tertentu. Hal yang terpenting juga memperbesar kualitas networking, sehingga podcast tidak terlalu kaku dan membosankan.

Cara untuk memperdalam topik tersebut dapat dengan membaca buku dan menceritakan pengalaman Anda. Bahkan sekarang mulai banyak audiens podcast yang menyukai topik obrolan santai sehingga Anda dapat memulai dari topik itu.

Kunci sukses podcasting: Target market yang sesuai dan konsistensi

8. Tutor Online

Jika Anda jago dalam matematika, fisika, bahasa inggris atau ilmu lainnya makan pekerjaan ini cocok untuk Anda. Disini Anda dapat mencari klien melalui beberapa platform pendidikan seperti superprof dan menawarkan melalui media sosial. Tidak hanya mendapatkan gaji, tapi menjadi tutor sekaligus akan mengasah ilmu Anda dalam berkomunikasi dan mempertajam ilmu yang diajarkan.

Kunci sukses tutor online: Mengasah keahlian & pengetahuan juga menggunakan platform belajar online. 

9. Bisnis Frozen Food

Frozen termasuk usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil, selain itu bisnis frozen food juga mulai meningkat belakangan ini terutama saat memasuki era pandemi. Orang-orang semakin membutuhkan produk frozen food yang bisa dimakan secara praktis dan disimpan lama di dalam kulkas atau freezer. Berbagai berbagai olahan untuk sosis, nugget, french fries dan lain-lain. Jika anda memiliki Ide jualan frozen food adalah pilihan yang tepat.

Kunci sukses frozen food: Memastikan produk terlaku dalam pasar dan melakukan pendekatan personal dengan target pasar di wilayah Anda. 

10. Minuman Jamu Tradisional

Minuman tradisional jamu juga kian populer di Tengah era pandemi seperti sekarang ini. Nyatanya, jamu tradisional bisa bersaing dengan minuman sehat lainnya seperti pressed juice. Selain menyehatkan, berbisnis minuman jamu tradisional juga bisa mengangkat budaya Indonesia di kalangan anak muda. 

Kini minuman tradisional tak hanya dinikmati oleh orang tua saja namun juga anak muda mulai sadar akan kesehatan mereka. Untuk bisa berbisnis jamu sehat Anda membutuhkan modal yang sedikit yakni Rp 1 juta – Rp 2 juta dengan potensi keuntungan yang berlipat.

Kunci sukses Jamu Tradisional:  Melakukan branding lewat social media dan membuat packaging kemasan yang menarik. 

11. Baju Bekas Layak Pakai

Baju bekas juga bisa jadi ladang bisnis anda. Anda bisa memulai bisnis  dan meraup keuntungan jika target market anda memang tepat. Pastikan baju bekas layak pakai tersebut masih memiliki nilai lebih yang bisa dinikmati oleh pembelian dan artinya. 

Sebelum anda menjual baju bekas layak pakai tersebut sebaiknya cek terlebih dahulu kondisinya lalu cuci dan sterilkan agar baju lebih bersih dan tampak seperti baru. Nanti Anda juga bisa mempromosikan ini lewat sosial media yang sesuai target market. Umumnya, market baju-baju preloved adalah anak mahasiswa.

Kunci sukses Bisnis Baju Layak Pakai: Baiknya memiliki tempat dan menjaga tempat tetap bersih juga menggunakan penerangan yang baik.

12. Usaha Daur Ulang

Contoh modal kecil yang belum banyak pesaing lainnya adalah usaha daur ulang. Anda bisa mulai memproduksi hasil daur ulang Lewat berbagai Limbah yang ada di sekitar Anda. Tidak hanya menghasilkan keuntungan, usaha ini juga menjaga keberlangsungan lingkungan sekitar. Jika anda ingin mencoba produk daur ulang maka bisa mulai memproduksi dengan mendapatkan ide-ide dari Pinterest. Daur ulang yang bisa anda hasilkan seperti tas, pajangan dinding, dan lain-lain.

Kunci sukses Usaha Daur Ulang: Ciptakan keunikan dan makna dibaliknya. Melakukan pemasaran online untuk memperkenalkan branding Anda terhadap pasar. 

13. Bisnis Microgreen

Microgreen merupakan tanaman yang dipanen dalam jangka waktu yang cepat hanya berkisar dari 20 hari. Secara mudahnya, microgreen sama seperti Anda menanam sayuran,hanya masa panen lebih cepat. 

Hal ini karena microgreen banyak digemari karena punya nutrisi yang lebih tinggi daripada sayuran yang matang. Ada banyak sayuran yang dapat dibudidayakan seperti seledri, selada, sawi dan lainnya. 

Kunci sukses Bisnis Microgreen: Bentuk kalimat urgensi yang mengharuskan pasar untuk mulai memperhatikan kesehatan. Juga berikan harga promosi sebagai bentuk awal mereka mencoba produk Anda. 

14. Jasa Dekor Ruangan

Jika Anda punya kemampuan artistik dan hobi mendekor, pekerjaan ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Jasa dekor ruangan banyak dicari terutama bagi acara pernikahan, acara ulang tahun dan pesta lainnya. Anda dapat mengiklankan jasa Anda secara online melalui media sosial.

Kunci sukses Jasa Dekor Ruangan: Bagi pemula dalam bisnis ini, baiknya Anda memulai dengan bekerja sama dengan bisnis dekor ruangan lainnya untuk suatu tender. Ini dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan portfolio. 

15. Budidaya Jamur Tiram

Jika anda berada pada lingkungan yang lembab maka bisa  jadi usaha yang menjanjikan. Jika anda berencana untuk budidaya jamur tiram sebagai pilihan usaha anda. Maka Anda membutuhkan lokasi yang cukup luas sebagai tempat tumbuh kembangnya jamur. 

Di Indonesia sendiri budidaya jamur tiram banyak ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Bandung. Jika anda tidak tinggal di daerah dataran tinggi Anda bisa menciptakan ruangan yang lembab agar jamur semakin tumbuh subur.

Kunci sukses Budidaya Jamur Tiram: Jika tidak mungkin bagi Anda memiliki kumbung, maka sebaiknya membangun relasi dengan para petani jamur. Anda bisa berperan sebagai broker yang mencarikan pasar yang membutuhkan jamur. 

16. Jasa Edit Video

Salah satu usaha yang juga mendatangkan keuntungan dari kemampuan yang dimiliki adalah menjadi editor video. Pekerjaan lepas sebagai editor video kini banyak dicari oleh mereka yang membutuhkan kan kalian mengedit video untuk berbagi channel sosial seperti youtube Instagram.

Kunci sukses Jasa Edit Video: Kolaborasi dengan tim tentunya membantu Anda untuk mendapatkan klien yang banyak. Jangan lupa tetap menjaga kualitas dan hasil dari video. 

17. Paket Sayuran

Berbisnis sayuran bisa menjadi pilihan modal kecil yang belum banyak pesaing untuk Anda coba.  Paket sayuran bisa anda jual lewat marketplace atau daftarkan toko anda ke aplikasi pengantaran online. Agar konsumen kembali lagi dengan anda maka penting sekali untuk menjaga kualitas sayuran yang Anda jual. 

Pastikan sayuran tersebut segar dan bersih sehingga konsumen akan puas berbelanja dari anda. Selain itu jangan lupa untuk selalu terapkan inovasi agar pelanggan terus berdatangan seperti menjual beberapa produk atau produk-produk yang tidak ditemui di toko lain.

Kunci sukses Paket Sayuran: Anda bisa menawarkan sistem subscribe atau langganan antar jemput sayuran. Ini justru memudahkan Anda untuk mengelola pelanggan Anda. 

18. Usaha Jastip

Jastip atau jasa titip bisa jadi pilihan bisnis dengan modal pas-pasan namun banyak peminat. Layanan informal ini menawarkan bantuan kepada mereka yang ingin membeli barang namun tidak sempat atau tidak ingin pergi ke tokonya. 

Jastip banyak dicari oleh ibu-ibu yang tak memiliki waktu banyak untuk bisa berbelanja langsung. Berbagai pilihan usaha jastip bisa seperti jastip makanan import, jastip perlengkapan anak, jastip buku import, jastip tas dan produk fashion branded, dll. Bahkan, kini ada juga jastip untuk event seperti jastip imbex, jastip MB Fair, dan lainnya.

Kunci sukses Usaha Jastip: Berwisata ke tempat-tempat yang familiar di kalangan teman-teman Anda. Tentukan produk apa saja yang Anda akan beli, lakukan riset terlebih dahulu, ya! 

19. Layanan Cuci Mobil / Motor / Helm

Jika Anda memiliki lahan atau area yang cukup untuk berbisnis cuci motor dan mobil, maka ini bisa jadi ide usaha yang cukup menjanjikan. Tak perlu modal yang terlalu banyak untuk bisa membuka usaha ini. Anda hanya perlu menyiapkan area, selang, air, sabun khusus, spons, kanebo, dll. Agar semakin diminati oleh orang, jangan lupa untuk buat strategi promosinya.

Kunci sukses Layanan Cuci Mobil: Lakukan inovasi dari waktu ke waktu jika modal sudah terkumpul. Anda bisa mulai menggunakan mesin untuk meningkatkan kualitas jasa. Bermain dalam fitur jasa pencucian, misalnya menggunakan sabun anti karat, pemolesan ulang atau bisanya dikenal dengan cuci wax mobil. 

20. Jasa Bebersih Panggilan

Kini, jasa bersih bersih panggilan juga bisa jadi pilihan usaha Anda tahun ini. Kesibukan orang yang tidak sempat membersihkan rumah terlebih lagi membayar ART cukup mahal, mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa bersih-bersih harian. Tak perlu risau dengan kompetitor jasa bersih-bersih lainnya, karena Anda juga bisa memulainya sendiri dan siapkan berbagai peralatan yang mendukung. Jangan lupa untuk selalu promosikan dan tunjukkan nilai lebih Anda dibandingkan dengan jasa bebersih lainnya.

Kunci sukses jasa bebersih panggilan: Memberikan pelayanan efisien, cepat, berkualitas tinggi dan kompetitif. Sehingga memberikan nilai tersendiri bagi orang yang sedang mencari jasa demikian.

21. Dessert Box

Di tahun 2020, usaha dessert box sangat populer. Dessert box adalah makanan penutup atau dessert yang berbahan dasar sponge cake, brownies, atau kue yang dipadukan dengan whip cream. Dessert box dibuat di dalam kemasan kotak plastik bening, atau kaca yang berbentuk kotak dan disajikan saat dingin. Keunikan dessert box terletak pada tampilannya yang sangat menarik dan memiliki rasa yang unik seperti rasa Regal, rasa Milo ,rasa Red Velvet, dan lain-lain. 

Kunci sukses dessert box: Tentu tidak lain dengan memaksimalkan rasa dessert box Anda, juga jangan lupa dengan presentasi makanan wajib dibuat menarik dengan konsisten.

22. Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah salah satu pilihan banyak usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dijual dari rumah atau online. Jajanan pasar dijual secara online biasanya mudah ditemukan untuk bisnis snack box khusus untuk acara spesial. Agar jajanan pasar Anda terlihat berbeda dari yang lain, Anda bisa berikan kualitas yang terbaik dengan keunggulan melalui rasa hingga kemasan.

Kunci sukses jajanan pasar: Memilih tempat atau lokasi ruko yang tepat dan tidak terletak di tempat yang kotor, pastikan menjual ragam jajanan. Juga bisa menyediakan jasa membuat kue untuk acara.

23. Aneka Donat, Bomboloni, dll

Jenis makanan yang cukup populer untuk dijual adalah donat, bomboloni, dan sejenisnya. Beda donat dan bomboloni adalah jika donat tengahnya bolong sedangkan bomboloni memiliki isi di dalamnya, berisi Fla atau whip cream dengan berbagai aneka rasa. Jika anda ingin membuka usaha bisnis ini, maka cari resep yang enak.

Kunci sukses jajanan donat, bomboloni: Adonan yang empuk secara konsisten, ukuran yang besar juga dilengkapi dengan rasa yang lezat dan variasi yang berbeda-beda.

24. Dimsum & Siomay

Dimsum juga jadi pilihan usaha rumahan yang sering dijadikan ide bisnis. Selain enak, usaha dimsum juga cukup laku dipasaran. Anda bisa membuat dimsum atau siomay dari awal atau lewat supplier dimsum sehingga Anda tak perlu membuat sendiri. 

Kunci Dimsum & Siomay sukses: Saus yang lezat dan isian yang padat, ukurang yang sedang agar harga terjangkau.

25. Soft Cookies

Soft Cookie juga salah satu pilihan bisnis makanan yang cukup populer di kalangan anak muda. Soft cookies mirip seperti kue namun memiliki tekstur yang lembut dan ada isian coklat dan vanilla. Soft cookie juga bisa dibuat dengan ukuran yang besar atau kecil sehingga banyak pilihan untuk konsumen.

Kunci sukses soft cookies: Kolaborasi dengan beberapa bisnis hampers untuk menyediakan soft cookies menjadi salah satu pelengkap dari hampers mereka. Pastikan rasa tidak terlalu manis dan juga sebaliknya.

26. Salad Buah

Salad buah juga bisnis yang cukup populer. Jika Anda ingin membuat salad buah, maka membutuhkan resep yang pas agar rasanya pun berbeda dari salad buah biasa. Ada banyak jenis resep salad buah di internet yang bisa Anda tiru. Tantangan bisnis salad buah adalah penggunaan buah yang harus segar, dan dibuat sesuai pesanan, jika Anda menyediakan stok mungkin tidak akan bertahan lama.

Kunci sukses salad buah: Memiliki buah-buah yang segar, hindari menggunakan buah yang sudang lembek karena akan memperngaruhi rasa, bau dan warna.

27. Frozen Food

Bisnis makanan frozen food juga sering dipilih oleh mereka yang tidak ingin memproduksi makanan dari awal. Dengan memulai usaha atau bisnis frozen food, Anda bisa mencari supplier frozen food lalu menyetok nya di kulkas. Salah satu keunggulannya adalah bertahan lama di freezer hingga 6 bulan, sehingga bisa disimpan jangka waktu yang lama.

Kunci sukses frozen food: Jual di daerah pasar tradisional, memiliki ragam produk dan usahakan hanya menjadi agen reseller, sehingga tidak perlu khawatir jika ada barang yang expired.

28. Rice Box / Bento Box

Bisnis rice box jadi pilihan bagi banyak pebisnis anak muda yang ingin memiliki pengalaman sekaligus menambah penghasilan. Selain itu, rice box juga adalah pilihan usaha kuliner yang cukup fleksibel karena resepnya bisa dimodifikasi menggunakan berbagai macam lauk pauk.

Kunci sukses rice box/bento box: Pandai melakukan story telling lewat kemasan dan memastikan rasa makanan unik juga tersedia dalam berbagai varian. Sehingga pasar tidak bosan.

29. Aneka Sambal Rumahan

Memilih bisnis aneka sambal juga adalah pilihan yang tepat karena target market nya pun cukup banyak. Belum lagi, Indonesia memiliki banyak jenis sambal yang resepnya bisa dieksplorasi lebih jauh. Agar berbeda dari penjual sambal kekinian lainnya, Anda bisa memodifikasi kemasan menjadi lebih menarik.

Kunci sukses jualan sambal rumahan: Pastikan untuk menggunakan botol kaca untuk membuat sambal tahan lama. Gunakan variasi beragam sambal agar membuat sambal jadi lebih variatif dan berselera.

30. Makanan Internasional

Makanan internasional juga jadi pilihan beberapa pebisnis untuk mendapatkan pangsa pasar yang berbeda. Makanan internasional yang bisa anda pilih seperti jajanan Korea, makanan Jepang, makanan Italia, dan lain-lain. Jika anda memiliki kemampuan dalam mengolah masakan internasional maka ini bisa jadi ide bisnis yang cukup diminati banyak orang. 

Kunci sukses jualan makanan internasional: Kemampuan mengolah makanan dan SDM yang mencukupi. Kredibilitas sangat diperlukan, sehingga adanya sertifikasi hingga bukti pelatihan juga pasti menunjang.

31. Bisnis Snack Rumahan Camilan Ringan (Makaroni, Basreng, Keripik, dll)

Snack rumahan masih menjadi camilan yang digandrungi. Bisa menjadi teman dimanapun dan kapanpun, walaupun biasanya menjadi teman saat menonton acara televisi. Harganya murah dan rasanya enak menjadi nilai tambah. Salah satu contoh snack rumahan adalah camilan ringan. 

Anda juga bisa membuka usaha cemilan ringan seperti basreng, makaroni keripik dan lain-lain. Ide bisnis bisa dibuat dari awal atau anda beli di supplier cemilan ringan. Jika Anda membeli di supplier cemilan ringan, maka sebaiknya pilih supplier yang menyediakan kualitas bagus dengan harga yang terjangkau sehingga saat dijual kembali Anda bisa mendapatkan untung yang besar.

Kunci sukses bisnis snack rumahan: Mengaktifkan layanan takeaway lewat ojek online. Jangan lupa berikan promo, fitur produk yang banyak akan sangat membantu.

32. Coffee Shop

Saat ini keberadaan Coffee shop sangat menjamur. Kita bisa sangat mudah menemukannya. Anda harus memilih lokasi yang strategis, misalnya dekat perkantoran, kampus atau dekat fasilitas umum. Pastikan tempatnya enak untuk nongkrong, bisa disesuaikan dengan desain interior, menu dan lagu yang diputar. Karena selain nongkrong, biasanya banyak orang yang bekerja di sana. Sehingga butuh tempat yang nyaman. 

Kunci sukses bisnis coffeeshop: Kualitas biji kopi wajib menjadi perhatian khusus, ambience ruangan yang nyaman serta ragam makanan hingga snack yang enak juga pasti sangat menunjang kenyamanan.

33. Catering

Anda bisa memilih ingin usaha katering makanan sehat, makanan prasmanan untuk acara besar, makanan untuk diet dan lainnya. Jika baru memulainya, anda bisa mengajak anggota keluarga untuk membantu atau hanya menerima orderan dalam jumlah yang sedikit, misalnya untuk pengajian, arisan, makan siang di sekolah atau daycare.

Kunci sukses bisnis daycar: Bisinis day cara tentu saja membutuhkan kepercayaan, pastikan Anda memiliki SDM yang berkualitas dan dapat dipercaya.

34. Frozen Food

Frozen food makin diminati masyarakat. Karena sangat praktis dan bisa dikonsumsi kapanpun. Karena tingginya permintaan, tentu profit yang diberikan juga tinggi. Saat ini frozen food sudah sangat bervariasi, tidak hanya nuget ayam, kaki naga, dan baso. Tapi ada juga tempura, siomay, pempek, risol, fish stick, mix vegetable, ayam bumbu kuning, ayam sambal rica, ayam kalasan dan lainnya.

Kunci sukses bisnis frozen food: Kualitas dan kesegaran bahan-bahan yang dijual, perhatikan tanggal expired dan pastikan Anda memiliki pasokan kulkas freewzer khusus.

35. Kedai Makanan

Makanan masih menjadi kebutuhan primer semua orang. Ketika membuka usaha ini, perhatikanlah lokasi, kebersihan dan rasa. Menu yang disajikan bisa disesuaikan dengan keahlian anda dalam memasak. Jika berada di lingkungan kantor atau kampus bisa sedia makanan rumahan, yang dilengkapi sayur dan lauk lengkap.

Kunci sukses kedai makanan: Higienis dan kebersihan makanan patut selalu dijaga, selain itu rasa dari setiap hidangan makanan wajib berkualitas dan konsisten.

36. Food Truck

Usaha ini dinilai efisien dan tidak memerlukan modal yang besar. Karena biaya menyewa atau mendirikan tempat untuk berjualan tentu memerlukan uang yang banyak. Dengan berjualan menggunakan food truck, anda jadi bisa memperluas jangkauan restoran sehingga lebih efisien. Tak hanya itu aja, anda juga berkesempatan mengikuti beragam event. Rekomendasi mobil food truck seperti Isuzu Traga, Toyota Dyna dan Daihatsu Gran Max.

Kunci sukses Food Truck: Memahami lokasi-lokasi strategis dengan jam waktu yang ramai pengunjung. Selain itu desain menarik dari food truck bisa sangat membantu usaha Anda jadi lebih memikat.

37. Kursus Masak

Berbagi ilmu adalah kegiatan yang mulia. Dengan memiliki keterampilan dalam suatu bidang, anda bisa membaginya ke orang lain. Salah satunya yaitu kursus masak. Jika ingin kursus dilaksanakan online, anda bisa merekam videonya dengan alat yang ada misalnya pakai handphone.

Kunci sukses kursus masak: Pastikan Anda menyiapkan beragam kelas dengan kekhususan masing-masing, berdasarkan usia dan jenis makanan yang akan dimasak. Jika mampu memberikan kursus berdasarkan lokasi, ini jelas menambah keunikan dari bisnis Anda.

38. Minuman

Tak hanya makanan yang kini mendapat perhatian, tapi minuman juga makin naik daun. Apalagi semenjak ada boba, crystal jelly dan lainnya membuat varian minuman semakin banyak. Sekarang ini minuman selalu mengikuti tren bisnis dan pasar. Perhatikan keunikan packaging sampai harga per botolnya. 

Kunci sukses minuman: Minuman bisa sangat menguntungkan, namun sifatnya tidak menjamin bisa bertahan lama. Untuk itu, solusinya ciptakan minuman yang dari waktu ke waktu diminati seperti jus. Atau jika ingin yang modern, perhatikan pasar dan pastikan melakukan pemasaran yang tepat termasuk pemilihan desain yang terbaik.

39. Jus & Salad Buah

Bisnis jus dan salad bisa sangat menguntungkan, karena saat ini makin banyak orang yang memikirkan gaya hidup sehat. Untuk mencegah buah busuk, anda bisa mengolahnya menjadi jus dan salad. Yang terpenting adalah pakai buah berkualitas baik. Perhatikan fisik, tekstur sampai baunya. Pastikan masih segar.

Kunci sukses jus & salad buah: Menjual jus dan salad buah wajib memastikan kesegaran buah, bahan serta tempat yang higienis. Hindari menggunakan bahan-bahan yang kurang segar, justru bisa membuat kualitas rasa Anda berkurang.

40. Parsel

Parsel masih sangat diminati ketika mengunjungi orang terkasih, misalnya sedang sakit atau acara-acara penting. Agar anda tidak perlu menyetok buah terlalu banyak, anda bisa memasarkannya secara online.

Kunci sukses parsel: Perhatikan kualitas parsel dan isian wajib rapih dan memiliki kerangkan variatif. Lakukan pengiriman online agar menambah keunggulan layanan Anda.

41. Bibit Tanaman

Anda bisa menjalin hubungan dengan komunitas petani budi daya. Dengan begitu, bisa saling bertukar informasi mengenai tanaman, tak terkecuali bibitnya. Range harga bibit mulai dari Rp 30.000 tiap kotak. Pastikan pasokan bibit lancar dan anda jual bibit yang banyak peminatnya. Agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa memasarkannya via online.

Kunci sukses bibit tanaman: Bagi Anda yang senang bercocok tanam, pastikan mengelola tanaman Anda dengan baik mulai dari tanah hingga pupuk dan pemberian nutrisi yang tepat agar hasil bibit yang Anda peroleh dapat berkualitas.

42. Toko Bunga

Pada momen atau acara penting, banyak orang yang saling berkirim bunga kepada orang terkasih. Nah ini bisa anda jadikan peluang untuk berjualan buket bunga atau bunga papan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa membuka workshop merangkai bunga, untuk sekali pertemuan bisa dibandrol Rp 350.000 per orang lho.

Kunci sukses toko bunga: Toko bunga dengan desain dan warna bucket yang variatif serta bunga yang segar tentu akan menjadi pilihan. Anda juga bisa mengedukasi khalayak terkait kegunaan ragam macam bunga, sehingga bunga yang dijual tidak sekedar untuk acara-acara besar. Namun, juga untuk bunga yang sehari-hari untuk menjaga kesegaran ruangan.

43. Barber Shop

Alat yang diperlukan untuk membuka barbershop adalah alat cukur atau razor, water spray, shaving cream, sisir berbagai ukuran, apron, clipper atau mesin cukur, kursi barber dan handuk. Belanja alat seperti ini ditambah keahlian bisa menjadi investasi jangka panjang.

Kunci sukses barber shop: Dikarenakan ini adalah bisnis jasa, maka pertajam kemampuan dan model-model potongan rambut yang bisa Anda kerjakan. Jangan lupa juga untuk meminta pelanggan memberikan review di social media Anda. Berikan juga jasa treatment rambut untuk menambah keunggulan usaha Anda.

44. Daycare Anak

Bisnis daycare sangat dibutuhkan bagi pasangan suami istri yang bekerja. Jika lokasi dekat dengan perkantoran, bisa menyasar pada pekerja disana. Anda juga bisa bekerja sama dengan katering untuk makan siang anak-anak.

Kunci sukses daycare anak: Utamakan kebersihan tempat bermain dan berikan ekstra program seperti program belajar sambil bermain dan berinteraksi. Sehingga anak-anak daycare tumbuh kembangnya bisa menjadi anak yang lebih percaya diri dalam konteks sosialnya. Baiknya, kembangkan lebih dalam program ini.

45. Aksesoris Handmade

Untuk anda yang senang dengan karya seni perhiasan. Pembuatan seni handmade ini cocok untuk digeluti karena modalnya juga tidak banyak. Hanya saja keterampilan dan imajinasi tinggi sangat diperlukan. Anda bisa memasarkan ke media sosial ataupun komunitas.

Kunci sukses aksesoris handmade: Keterampilan dan imajinasi pasti sangat diperlukan, karena untuk usaha seperti ini biasanya sangat dilihat melalui bentuk dan keunikan barang.

46. Reseller Online

Jenis usaha ini biasanya dilakukan di industri pakaian sehingga cocok dilakukan bagi anda yang tertarik pada dunia fashion. Memulai bisnis ini tidak sulit dan tidak terlalu menyita waktu. Bahkan sebagian besar orang menjalankan bisnis ini hanya sebagai usaha sampingan saja.

Kunci sukses reseller online: Produk yang variatif dan kecepatan toko menjual produk- produk yang menjadi pilihan dalam pasar. Pastikan memberikan harga dan promo yang menarik seperti bundling produk.

47. Pet Kit

Peluang membuka pet kit makin meningkat, apalagi saat Covid-19 merebak, adopsi hewan peliharaan naik sampai 250%. Biaya grooming biasanya sekitar Rp 55.000, sedangkan untuk makanannya bervariasi mulai dari Rp 20.000 sampai ratusan ribu rupiah. Hal ini bisa menjadi lahan basah bagi anda yang berminat. Pastikan memilih tempat strategis yang dilalui banyak orang.

Kunci sukses pet kit: Semakin menarik ruko pet kit Anda, maka ini akan jelas menarik perhatian banyak orang yang memiliki hewan peliharaan. Usahakan memiliki produk yang lengkap, ini akan memberikan citra baik untuk toko Anda dimata konsumen.

48. Toko Listrik

Toko listrik bisa menjanjikan untuk jangka waktu lama. Agar sukses berkecimpung di bisnis ini, pastikan supplier yang anda pilih siap untuk mengirimkan barang tepat waktu dan berkualitas baik. Selain itu, pengetahuan anda tentang kabel, cara merakit dan memasang kabel bisa menjadi nilai tambah toko.

Kunci sukses toko listrik: Kelengkapan produk sudah pasti menjadi keunggulan toko, layani konsumen seperti kontraktor agar Anda dapat bekerja sama untuk menjadi supplai kebutuhan listrik yang dibutuhkan bangunannya.

 

10 Cara Menjalankan Bisnis Agar dapat Bersaing Dengan Bisnis Besar

Cara menjalankan bisnis dengan baik dan tepat perlu Anda ketahui terutama ketika usaha yang dijalankan masih baru. Anda akan menghadapi kesulitan jika berhadapan dengan bisnis besar. Berikut cara menjalankan bisnis agar dapat bertahan dan sukses.

1. Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategi merupakan sebuah strategi bisnis untuk menghindari adanya kompetitor. Anda jangan memulai segmentasi bisnis yang banyak kompetitor namun pilihlah segmentasi yang minim kompetitor. Contoh sederhananya Anda ingin membuat usaha produk pengharum ruangan. 

Namun, saat ini sudah banyak pengharum ruangan yang beredar di pasaran. Anda dapat melakukan segmentasi agar tidak minim kompetitor, misalnya pengharum ruangan yang aman untuk bayi. Jadi Anda akan memiliki target pasar yang berbeda dengan pengharum ruangan pada umumnya.

2. Analisis Pasar

Sebelum Anda menjalankan usaha, hal yang pertama Anda harus lakukan adalah melakukan analisis pasar. Anda harus mengetahui produk yang akan dijual apakah banyak dicari konsumen atau malah hanya sedikit calon pembeli. 

Contohnya jika Anda ingin memulai usaha budidaya ikan. Tentunya Anda harus melakukan survey ke berbagai jenis restoran ikan. Anda harus bertanya ke pemilik restoran jenis ikan apa yang sedikit suppliernya. Dan survey yang dilakukan jangan hanya pada satu tempat, tapi lakukan di berbagai tempat.

3. Kenali Masalah Konsumen

Sebuah bisnis yang baik dimulai dari menyelesaikan masalah dari konsumen. Misalnya bisnis ayam goreng tepung, dapat menyelesaikan masalah konsumen yang suka ayam namun tidak memiliki waktu untuk memasak. Nah, disini Anda perlu tahu betul apa yang menjadi masalah dari konsumen Anda. Contoh sederhananya pada bisnis gorengan.

Tentunya banyak orang yang menyukai memakan gorengan. Namun mereka takut mengkonsumsi terlalu banyak minyak terutama minyak yang dipakai secara berulang. Dengan memastikan bahwa minyak yang Anda gunakan selalu diganti sehingga lebih sehat, pastinya Anda akan lebih dipilih dibandingkan bisnis gorengan lain.

4. Gunakan Media Sosial

Diera digital ini, kita sebagai pengusaha harus pandai memanfaatkan media sosial. Penjualan secara online mulai digemari karena banyak calon konsumen yang menggunakan media sosial. Anda harus belajar cara melakukan optimasi instagram dan marketplace untuk berjualan. Dengan demikian, bisnis Anda tidak akan kalah dengan bisnis lain.

5. Terima Saran dan Kritikan Konsumen

Produk yang Anda jual akan berhubungan secara erat dengan konsumen. Anda harus memastikan agar produk yang dijual disukai oleh konsumen Anda. Caranya dengan meminta feedback dari para konsumen Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui kelemahan dari produk sehingga dapat disempurnakan. Hasilnya, produk Anda akan disukai oleh konsumen.

6. Cari Celah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa kompetitor anda. Analisis kompetitor anda bisa membantu mengidentifikasikan kelemahan mereka lalu Anda mulai memikirkan kekuatan mereka juga dan bagaimana anda meresponnya. Kerangka kerja yang bisa anda lakukan untuk menganalisis kompetitor, seperti:

  • Ketahui target pelanggan
  • Cari tahu Translate mereka
  • Memerinci strategi pemasaran
  • Mengidentifikasi keunggulan competitor
  • Temukan kekuatan dan kelemahan kompetitor

Langkah selanjutnya adalah anda perlu membuat strategi untuk memanfaatkan kelemahan dan bermain dengan kekuatan anda sendiri.

7. Merencanakan Strategi

Lihatlah analisis kompetitor yang anda buat lalu bandingkan dengan bagaimana anda berbisnis. Lalu carilah peluang untuk menghindari mereka dan ciptakan ruang kosong anda sendiri di pasar. Lakukan brainstorming dan tanyakan bagaimana cara anda bisa melakukan sesuatu lebih baik dari kompetitor serta bagaimana anda menawarkan kepada konsumen.

8. Bertindak Cepat Mengikuti Tren

Anda bisa melakukan promosi dengan menciptakan produk baru atau promo-promo sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. Dengan begitu anda akan mendapatkan  perhatian dari target pasar anda dan dan bisa meningkatkan penjualan melalui promosi yang sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. 

9. Ciptakan Inovasi

Jika anda ingin sukses seperti pebisnis besar Maka jangan lupa untuk selalu menciptakan inovasi. inovasi yang bisa anda lakukan adalah dengan mengikuti trend yang disukai oleh masyarakat. menciptakan inovasi pasti membutuhkan trail error sehingga Anda perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk baru.

10. Pantang Menyerah

Awal mula berbisnis pastinya akan banyak mendapat tantangan yang besar. Umumnya, awal sebuah bisnis jarang ada yang langsung berhasil. Oleh karena itu, mental untuk pantang menyerah harus Anda tanamkan dalam diri. Ketika gagal ingatlah bahwa ada mimpi besar dalam bisnis Anda yang ingin dicapai.

Kembangkan Usaha Melalui Danamas Pinjaman Bisnis

Sebelumnya Anda sudah melihat 20 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Tentunya, dari sekian banyak usaha pasti ada yang membuat Anda tertarik untuk menjalankannya. Nah Untuk bisa mewujudkan semua rencana inovasi Anda, maka perlu dana yang cukup. Modal usaha yang cukup banyak tentu bisa memberikan kemudahan Anda untuk menciptakan inovasi dan mewujudkannya lebih cepat. Pinjaman online terpercaya adalah solusi yang tepat agar Anda dapat melangkah lebih pasti dalam membangun bisnis Anda. Danamas adalah solusi pinjaman bisnis Anda yang tepat karena sudah memiliki izin operasi oleh OJK.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di tahun 2023 dalam artikel ini perlu Anda simak sebelum memulai usaha. Karena bisa jadi ide bisnis yang ditampilkan disini dapat Anda sempurnakan dan menjadi awal mula bisnis impian Anda.

Memiliki usaha sendiri bisa dilakukan sembari dijadikan usaha sampingan untuk pekerja kantoran, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Anda bisa menggunakan beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya di tahun 2023 ini. 

Dengan memiliki usaha sendiri, Anda bisa memiliki penghasilan tambahan juga menyalurkan hobi, kreativitas atau minat di bidang tertentu. Nah, bagi usaha sedang berkembang pesat dan membutuhkan pendanaan, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana darurat dengan produk-produk pinjaman online terpercaya Danamas

Dalam artikel ini akan kita kupas tuntas 20 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di tahun 2023, lengkap dengan cara memulai bisnis dengan modal kecil bagi pemula. Mari kita simak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dibawah ini!

10 Cara Menjalankan Bisnis Agar dapat Bersaing Dengan Bisnis Besar

Cara menjalankan bisnis dengan baik dan tepat perlu Anda ketahui terutama ketika usaha yang dijalankan masih baru. Anda akan menghadapi kesulitan jika berhadapan dengan bisnis besar. Berikut cara menjalankan bisnis agar dapat bertahan dan sukses.

1. Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategi merupakan sebuah strategi bisnis untuk menghindari adanya kompetitor. Anda jangan memulai segmentasi bisnis yang banyak kompetitor namun pilihlah segmentasi yang minim kompetitor. Contoh sederhananya Anda ingin membuat usaha produk pengharum ruangan. 

Namun, saat ini sudah banyak pengharum ruangan yang beredar di pasaran. Anda dapat melakukan segmentasi agar tidak minim kompetitor, misalnya pengharum ruangan yang aman untuk bayi. Jadi Anda akan memiliki target pasar yang berbeda dengan pengharum ruangan pada umumnya.

2. Analisis Pasar

Sebelum Anda menjalankan usaha, hal yang pertama Anda harus lakukan adalah melakukan analisis pasar. Anda harus mengetahui produk yang akan dijual apakah banyak dicari konsumen atau malah hanya sedikit calon pembeli. 

Contohnya jika Anda ingin memulai usaha budidaya ikan. Tentunya Anda harus melakukan survey ke berbagai jenis restoran ikan. Anda harus bertanya ke pemilik restoran jenis ikan apa yang sedikit suppliernya. Dan survey yang dilakukan jangan hanya pada satu tempat, tapi lakukan di berbagai tempat.

3. Kenali Masalah Konsumen

Sebuah bisnis yang baik dimulai dari menyelesaikan masalah dari konsumen. Misalnya bisnis ayam goreng tepung, dapat menyelesaikan masalah konsumen yang suka ayam namun tidak memiliki waktu untuk memasak. Nah, disini Anda perlu tahu betul apa yang menjadi masalah dari konsumen Anda. Contoh sederhananya pada bisnis gorengan.

Tentunya banyak orang yang menyukai memakan gorengan. Namun mereka takut mengkonsumsi terlalu banyak minyak terutama minyak yang dipakai secara berulang. Dengan memastikan bahwa minyak yang Anda gunakan selalu diganti sehingga lebih sehat, pastinya Anda akan lebih dipilih dibandingkan bisnis gorengan lain.

4. Gunakan Media Sosial

Diera digital ini, kita sebagai pengusaha harus pandai memanfaatkan media sosial. Penjualan secara online mulai digemari karena banyak calon konsumen yang menggunakan media sosial. Anda harus belajar cara melakukan optimasi instagram dan marketplace untuk berjualan. Dengan demikian, bisnis Anda tidak akan kalah dengan bisnis lain.

5. Terima Saran dan Kritikan Konsumen

Produk yang Anda jual akan berhubungan secara erat dengan konsumen. Anda harus memastikan agar produk yang dijual disukai oleh konsumen Anda. Caranya dengan meminta feedback dari para konsumen Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui kelemahan dari produk sehingga dapat disempurnakan. Hasilnya, produk Anda akan disukai oleh konsumen.

6. Cari Celah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa kompetitor anda. Analisis kompetitor anda bisa membantu mengidentifikasikan kelemahan mereka lalu Anda mulai memikirkan kekuatan mereka juga dan bagaimana anda meresponnya. Kerangka kerja yang bisa anda lakukan untuk menganalisis kompetitor, seperti:

  • Ketahui target pelanggan
  • Cari tahu Translate mereka
  • Memerinci strategi pemasaran
  • Mengidentifikasi keunggulan competitor
  • Temukan kekuatan dan kelemahan kompetitor

Langkah selanjutnya adalah anda perlu membuat strategi untuk memanfaatkan kelemahan dan bermain dengan kekuatan anda sendiri.

7. Merencanakan Strategi

Lihatlah analisis kompetitor yang anda buat lalu bandingkan dengan bagaimana anda berbisnis. Lalu carilah peluang untuk menghindari mereka dan ciptakan ruang kosong anda sendiri di pasar. Lakukan brainstorming dan tanyakan bagaimana cara anda bisa melakukan sesuatu lebih baik dari kompetitor serta bagaimana anda menawarkan kepada konsumen.

8. Bertindak Cepat Mengikuti Tren

Anda bisa melakukan promosi dengan menciptakan produk baru atau promo-promo sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. Dengan begitu anda akan mendapatkan  perhatian dari target pasar anda dan dan bisa meningkatkan penjualan melalui promosi yang sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. 

9. Ciptakan Inovasi

Jika anda ingin sukses seperti pebisnis besar Maka jangan lupa untuk selalu menciptakan inovasi. inovasi yang bisa anda lakukan adalah dengan mengikuti trend yang disukai oleh masyarakat. menciptakan inovasi pasti membutuhkan trail error sehingga Anda perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk baru.

10. Pantang Menyerah

Awal mula berbisnis pastinya akan banyak mendapat tantangan yang besar. Umumnya, awal sebuah bisnis jarang ada yang langsung berhasil. Oleh karena itu, mental untuk pantang menyerah harus Anda tanamkan dalam diri. Ketika gagal ingatlah bahwa ada mimpi besar dalam bisnis Anda yang ingin dicapai.

Kembangkan Usaha Melalui Danamas Pinjaman Bisnis

Sebelumnya Anda sudah melihat 20 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Tentunya, dari sekian banyak usaha pasti ada yang membuat Anda tertarik untuk menjalankannya. Nah Untuk bisa mewujudkan semua rencana inovasi Anda, maka perlu dana yang cukup. Modal usaha yang cukup banyak tentu bisa memberikan kemudahan Anda untuk menciptakan inovasi dan mewujudkannya lebih cepat. Pinjaman online terpercaya adalah solusi yang tepat agar Anda dapat melangkah lebih pasti dalam membangun bisnis Anda. Danamas adalah solusi pinjaman bisnis Anda yang tepat karena sudah memiliki izin operasi oleh OJK.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda