ide-bisnis-rumahan

Ide bisnis rumahan modal kecil berikut ini bisa Anda kembangkan menjadi sumber cuan Anda. Bisnis rumahan tak hanya menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga tapi dapat menjadi side hustle bagi karyawan swasta. Bahkan dengan ketekunan dan kerja kera bisa jadi bisnis besar yang mengeluarkan Anda dari pekerjaan 9 to 5.

Produktif itu penting dan seringkali dijadikan sebagai tolak ukur menjadi jalan untuk mencapai kesuksesan dalam merintis bisnis. Namun, menurut HBR menyatakan bahwa produktif itu sendiri bukan terus bicara tentang individu, melainkan sistem yang terbentuk. Jadi saat membangun bisnis, sistem di dalam harus jelas sehingga Anda merasa lebih tepat dan pekerjaan menjadi produktif. 

Membangun bisnis rumahan juga dapat mendiversifikasi sumber penghasilan Anda. Hindari untuk hanya berpatokan pada satu sumber penghasilan saja. Apalagi di tahun 2023 diperkirakan akan terjadi resesi global yang dapat menyebabkan inflasi mata uang dan PHK besar-besaran. Jadi dengan membangun bisnis Anda punya banyak keran sumber pemasukan.

Di tahun 2022, ada banyak sekali trend bisnis rumahan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Berikut daftar rekomendasi ide bisnis rumahan modal kecil menjanjikan.

10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan 

Memulai bisnis tidak harus langsung memulai dari bisnis yang besar, Anda dapat memulainya dari bisnis rumahan. Berikut 10 idebisnis rumahan yang populer di tahun 2022

1. Bisnis Olahan Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan makanan yang punya kandungan nutrisi yang tinggi karena bagus untuk diet, imunitas dan tekanan darah tinggi. Di luar negeri, jamur tiram banyak disukai oleh masyarakat karena dianggap sebagai superfood.

Hal ini menjadi peluang Anda, untuk membuka bisnis olahan jamur di Indonesia. Karena trend masyarakat untuk mengkonsumsi jamur akan terus meningkat di Indonesia. Untuk itu Anda dapat menjadi pelopor pengembangan usaha kuliner jamur tiram.

2. Buat Homemade Lilin Aromaterapi

Pengharum merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Setiap orang ingin ruangannya harum sehingga dapat nyaman ditinggali. Oleh karena itu, memulai bisnis lilin aromaterapi dapat menjadi peluang usaha Anda. 

Cara pembuatannya juga tidak sulit dan dapat Anda kreasikan sesuai dengan kreativitas Anda. Sudah banyak juga tutorial pembuatannya, yang Anda dapat akses melalui website maupun youtube. Anda juga dapat menargetkan kalangan menengah ke atas sebagai konsumen Anda.

3. Bisnis Microgreen

Jika Anda punya sedikit lahan kecil yang tidak terpakai di rumah Anda maka mencoba bisnis microgreen dapat menjadi peluang cuan. Microgreen adalah budidaya sayuran dalam waktu yang singkat hanya 7-14 hari saja. Sayuran yang dapat Anda tanam bervariasi mulai dari sawi, selada, bayam, dan lainnya.

Lalu mengapa panennya dalam jangka waktu yang cepat? Hal ini karena microgreen memiliki gizi dan vitamin yang tinggi dibandingkan sayuran biasa. Harganya juga cukup mahal yaitu Rp 85.000-150.000 di pasaran.

4. Makeup Artist (MUA)

Apakah Anda suka merias wajah sendiri atau teman? Apakah Anda tertarik untuk menjadikan hobi merias wajah menjadi cuan? Ini momen yang tepat untuk Anda coba keahlian merias wajah dijadikan penghasilan tambahan. 

Profesi makeup artist (MUA) memang sudah sangat banyak sekali ditemukan, tapi jangan jadikan hal ini membuat Anda tidak percaya diri. Hal yang perlu Anda persiapkan selain kemampuan merias wajah adalah kemampuan mempromosikan keahlian Anda lewat media sosial. 

Jadikan media sosial sarana promosi gratis ke audiens lebih luas. Lalu, kumpulkan portfolio sebanyak-banyaknya dan share di media sosial Anda. Untuk menambah kemampuan, Anda juga bisa ikut berbagai workshop atau kelas online makeup yang diselenggarakan oleh para MUA hits. Tawarkan keahlian Anda untuk berbagai makeup occasion seperti makeup wedding, makeup graduation, makeup lamaran, dll. 

5. Jual Jilbab / Baju Muslim

Bisnis rumahan yang populer dikalangan wanita adalah menjual jilbab dan baju muslim. Banyaknya wanita yang kini berhijab bisa jadi peluang untuk Anda menjual baju muslim, jilbab hingga mukena. 

Jilbab yang dijual di ecommerce pun sangat bervariasi, Anda bisa pilih model yang sesuai dengan selera Anda dan promosikan lewat media sosial. Berjualan jilbab atau baju muslim bisa dengan cara dropship atau reseller. 

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kemampuan finansial, jika Anda hanya memiliki modal kecil, bisa coba dropship. 

6. Florist

Pernahkah Anda terpikirkan memiliki florist seperti di film-film? Kini, saatnya Anda mencoba peluang bisnis rumahan flower bouquet. Peluang bisnis ini adalah pilihan yang cocok untuk Anda pecinta bunga dan estetika. 

Kegiatan merangkai bunga juga membutuhkan keahlian yang bisa Anda pelajari di workshop atau kelas merangkai bunga online. Flower bouquet juga memiliki banyak variasi seperti bunga segar atau bunga kering (dried flower) yang bisa dirangkai cantik sesuai kebutuhan. 

Anda bisa mencari inspirasi flower bouquet di pinterest untuk kembangkan usaha merangkai bunga Anda.

7. Jasa Pembuatan Hampers & Bingkisan

Jika Anda merasa memiliki keahlian dalam membungkus kado atau membuat hampers yang cantik, maka ini bisa jadi ide bisnis. Hampers tidak hanya untuk bingkisan hari raya tapi juga hantaran untuk orang tersayang kapanpun. 

Peluang usaha hampers ini makin populer di masa pandemi karena banyak orang yang mengirimkan bingkisan untuk ulang tahun, orang yang isoman, dll karena keterbatasan waktu dan jarak untuk bertemu. Jasa merangkai bingkisan ini adalah bisnis rumah yang hits di tahun 2022, yuk coba!

8. Jual Camilan

Suka ngemil? Suka makan? Cocok banget bisnis rumahan membuat camilan dijadikan ide bisnis tahun ini nih! Camilan yang bisa Anda coba untuk dijual pun bervariasi, seperti cemilan manis, cemilan asin renyah, dan lainnya. 

Anda bisa menjual cemilan lewat ecommerce dan media sosial. Agar lebih menarik konsumen, buat kemasan yang unik hingga desain yang eye-catching sehingga produk Anda terasa lebih beda dari cemilan biasa. 

Bisnis rumahan cemilan sepertinya ide yang tidak akan pernah mati karena hampir semua orang suka ngemil bukan? Coba gunakan peluang ini untuk bisnis modal kecil namun bisa untung besar.

9. Mengajar Online

Jika Anda memiliki kemampuan matematika, fisika, dan kimia atau kemampuan akademik lainnya, maka Anda dapat membuka les private. Saat ini akibat pandemi covid 19 maka banyak siswa yang ingin menambah pengetahuannya dengan les private. Anda juga dapat melakukannya secara remote maupun siswa datang kerumah.

Jika Anda punya kemampuan bahasa inggris yang baik, maka Anda memiliki kemampuan lebih untuk mengajar private secara online di luar negeri. Bayangkan perbedaan UMR yang besar dari Indonesia dibandingkan luar negri. Anda dapat digaji 150.000 per jamnya untuk mengajar online private anak di UK.

10. Buka Warkop Estetik

Tak hanya sekedar warkop biasa, coba membuat warung kopi yang estetik namun tetap sederhana. Warkop kekinian bisa jadi ide bisnis rumahan yang mendatangkan rezeki juga bisa viral karena Anda berani untuk tampil beda. 

Mungkin, membuat kedai kopi yang besar belum bisa Anda capai karena modal yang besar, untuk itu coba buat warkop kekinian yang cocok untuk anak muda nongkrong. Di warkop kekinian, Anda bisa menjual aneka kopi, mie instan, cemilan, dll. Buat warkop nyaman, bersih dengan harga yang terjangkau agar konsumen bisa menjadi pelanggan setia Anda. 

Tips Persiapan Buka Bisnis Rumahan

Ide bisnis rumahan terasa jadi lebih mudah untuk dieksekusi jika Ada memiliki perencanaan yang matang. Biasanya seseorang cenderung menganggap sepele dan tidak begitu penting. Nah, berikut adalah bebera tips yang perlu Anda persiapkan! 

1. Pelajari tentang Administrasi

Bisnis rumahan mungkin usaha kecil Anda yang mulai dirintis tahun ini, walaupun kecil, Anda harus tetap mempersiapkan hal-hal administratif seperti pengelolaan stok barang dan keuangan bisnis. Coba buat tabel atau catatan tentang apa saja yang Anda butuhkan, bagaimana cara Anda mendapatkan bahan baku, cara pencatatan keuangan, dll. Hal ini mungkin sederhana, namun saat menjalankan bisnis secara serius bisa jadi faktor kesuksesan bisnis Anda. 

2. Jangan Takut Gagal di Awal

Rasa takut, khawatir, cemas kalau dagangan tidak akan laku justru akan membuat Anda memiliki mindset untuk mudah menyerah. Kegagalan dalam bisnis mungkin saja terjadi, namun sebaiknya buatlah pola pikir bahwa apa yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih yang bisa dinikmati banyak orang. Awali bisnis rumahan Anda dengan semangat yang bisa memacu Anda lebih baik dan kreatif lagi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah coba dulu, nikmati proses dan biarkan hasilnya kita lihat nanti barulah dievaluasi. 

3. Pilih Bisnis sesuai Passion

Memilih bisnis rumahan yang sesuai dengan jati diri adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan, karena dengan memiliki passion dalam bidang yang Anda jalani maka bisa dilalui dengan senang hati. Di saat Anda menemukan tantangan bisnis, Anda tidak akan mudah menyerah karena pasti Anda akan terus semangat untuk mempertahankan bisnis yang Anda sukai. Kenali potensi diri dan temukan bisnis rumahan yang sesuai dengan passion. 

4. Tentukan Visi & Misi

Visi dan misi tak hanya dibutuhkan bagi bisnis besar, tapi juga bisnis kecil yang baru Anda rintis. Mimpi menjadi bisnis besar adalah mimpi semua pelaku bisnis ukm yang ingin terus bisa berkembang di bidangnya. Untuk itu, awali dengan menentukan visi dan misi untuk bisnis rumahan Anda agar lebih semangat untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. 

5. Hitung Kebutuhan Modal

Diawal, Anda pasti membutuhkan modal yang jumlah nya disesuaikan dengan model bisnis yang dijalani. Tak semua bisnis rumahan membutuhkan modal yang besar, coba hitung kebutuhan modal awal terlebih dahulu. Sebaiknya, hindari membeli barang yang diluar daftar kebutuhan modal yang Anda buat. Dengan menghitung modal, maka Anda bisa menentukan berapa jumlah stok hingga nominal yang diperlukan untuk memulai usaha ini. 

6. Tentukan waktu yang Tepat

Buat perencanaan bisnis dengan juga memasukkan waktu yang tepat untuk memulai usaha kecil ini. Sebelum siap launching, pastikan semua hal yang Anda butuhkan sudah siap, buat daftar apa saja yang Anda butuhkan dan bagaimana strategi promosi bisnis rumahan Anda. 

Strategi Marketing untuk Bisnis Rumahan

Jika Anda memulai bisnis rumahan maka Anda perlu memiliki strategi marketing agar dapat memperoleh konsumen Anda. Memilih strategi markeiting harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan audiens dan target jangkauan bisnis. Nah, jika Anda masih sebagai pemula dalam mengembangkannya, Anda bisa gunakan Instagram Tools untuk meningkatkan bisnis Anda dengan mengevaluasi konten. Meski gratis namun ini jelas bermanfaat untuk dijadikan alat menganalisa. Berikut 3 tips utama strategi marketing bisnis rumahan.

1. Strategi Marketing Online

Di Awal perkenalan bisnis Anda, coba tentukan bagaimana Anda mulai strategi promosi. Media promosi atau pemasaran bisa sangat variatif, yang paling sering adalah menggunakan media sosial untuk sarana promosi. Jika ingin berbayar, Anda bisa coba Google Ads, Facebook Ads dan Instagram Ads. 

2. Memperbanyak Relasi

Koneksi merupakan salah satu hal penting agar sebuah bisnis dapat sukses.Anda harus memperbanyak relasi baik seperti melalui komunitas atau organisasi. Misalnya Anda membuka bisnis olahan jamur tiram, Anda dapat mendekati komunitas petani untuk memperoleh bahan baku. Atau Anda dapat menambah relasi komunitas yang punya gaya hidup sehat agar dapat menawarkan produk Anda.

3. Mengikuti Pameran

Acara pameran umumnya diadakan untuk memperingati acara tertentu. Biasanya melalui pameran banyak ditampilkan jenis-jenis usaha. Anda dapat menyewa satu stand untuk mempromosikan produk Anda disana. Dengan demikian produk Anda dapat dikenal secara luas oleh masyarakat.

Maksimalkan Bisnis Anda dengan Danamas

Setiap bisnis yang besar dimulai dari bisnis yang kecil, semuanya pasti tercapai asalkan ada niat dan motivasi yang tinggi. Bahkan bisnis seperti Apple dan Microsoft semuanya dimulai dari garasi rumah para foundernya. Jadi tidak ada alasan kurangnya fasilitas untuk membangun sebuah bisnis.

Jika Anda membangun bisnis, maka modal menjadi sumber terpenting bukan? Pinjaman modal usaha tentu saja bisa Anda dapatkan dari berbagai platform. Hanya saja pastikan Anda mendapatkan pinjaman dari platform yang aman dan terpercaya. Khususnya bunga pinjaman dan tenor waktu hingga regulasi pinjaman. Pinjaman online terpercaya juga wajib diawasi dan disetujui oleh OJK seperti Danamas. Pinjaman beragunan properti seperti Danamas sudah terpercaya dan beroperasi sejak tahun 2000. Sehingga sudah jelas pinjaman cair dan aset Anda aman. Sebelum mengajukan Anda bisa mengkalkulasi pinjaman yang dapat Anda dapatkan dan angsuran perbulannya dengan Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda