ebit adalah

Ebit adalah singkatan dari Earning Before Interest And Taxes yang memiliki arti sebuah pendapatan sebelum adanya bunga dan pajak. Pendapatan dari Ebit ini memiliki tolak ukur profitabilitas dalam sebuah perusahaan. Untuk menggunakan nilai Ebit, maka Anda perlu mengetahui keuntungan yang didapat oleh perusahaan sebelum dipotong dengan pajak dan bunga. Maka dari itu pendapatan yang satu ini cukup sering disebut sebagai laba perusahaan. 

Saham Blue Chip termasuk perusahaan yang memiliki ebit sekaligus daya tahan yang stabil sekalipun dalam ekonomi yang goyang. Meski demikian Anda tetap harus memperhatikan pergerakan dari faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi keuntungan dalam berinvestasi, seperti value investing menurut Lo Kheng Hong

Ebit lebih akrab disapa sebagai laba perusahaan. Tingkat kesuksesan pada operasional perusahaan bisa dinilai dari Ebit. Pihak investor atau kreditur pun bisa melihat nilai tersebut dengan menghitung nilai ebit nya. Untuk memahami pentingnya Ebit, yuk kita simak lebih lengkap dibawah ini! 

Manfaat Menghitung Ebit Bagi Investor

Meski, Ebit adalah keuntungan total yang diperoleh perusahaan yang belum dipisahkan dengan pajak. Namun, dari sinilah investor memperhatikan tata pengelolaan opersional bisnis hingga laba bersih. Dalam jangka ke depan investor tentu memperhatikan peningkatan laba bersih dengan efisien. Tentu ini menjadi citra yang baik dalam dunia bisnis. 

Jika Anda ingin melakukan investasi maka sangat umum bagi investor untuk mencari tahu tingkat profitabilitas operasional pada perusahaan yang dipilihnya. Apapun jenis usaha yang dipilih oleh investor maka nilai kesuksesan tersebut bisa diketahui dengan cara menghitung Ebit. Ada beberapa manfaat lain dari menghitung Ebit perusahaan untuk investor antara lain:

  • Ebit membantu untuk mengetahui kesehatan finansial perusahaan.
  • Ebit mencari tahu konsep ide hingga operasional perusahaan dan menganalisa hutang perusahaan.
  • Ebit jadi analisa utama perusahaan serta membandingkan dengan kompetitor.
  • Ebit mengetahui tingkat liabilitas perusahaan.
  • Ebit membandingkan keuntungan sebuah perusahaan dengan perusahaan kompetitornya.
  • Ebit mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi semua kewajibannya.
  • Ebit membantu membuat sebuah perbandingan performa manajemen atas suatu perusahaan.
  • Ebit mengetahui perkembangan perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.
  • Ebit bisa membantu perusahaan dan merencanakan ekspansi bisnis.

Apakah Ebit Bisa Negatif? Manfaat Menghitung Ebit Bagi Manajemen

Ebit bisa negatif jika operasional perusahaan meningkat tajam, ada beberapa hal yang Anda tidak mampu dikontrol. Misal pajak dan bunga pinjaman, namun dari sinilah Anda bisa memahami apakah operasional bisnis sudah berjalan optimal atau tidak. Berikut adalah manfaat menghitung Ebit untuk menjauhkan perusahaan Anda dari operasional yang tidak efisien:

  • Ebit bisa mengetahui tingkat kemampuan perusahaan dalam hal membayar kewajiban sehingga mendanai kegiatan operasional
  • Ebit membantu memberikan ide untuk pengembangan perusahaan seperti mencari nilai laba yang lebih tinggi
  • Ebit juga bisa mengetahui efisiensi kerja sebuah perusahaan seperti mencari tahu apa yang perlu ditingkatkan atau mengubah cara pemasarannya hingga apakah penerapan lembur cukup bermanfaat bagi perusahaan
  • Ebit bisa membantu perusahaan yang ingin berkembang dalam bisnisnya. maka perhitungan Ebit akan sangat membantu perusahaan untuk menentukan apakah ekspansi perlu dilakukan dan harus terus mencari keuntungan dari bidang yang sedang dilakukan atau ekspansi bisnis lain.

Cara Menghitung Ebit

Ebit adalah pengukuran yang tepat untuk memahami utang yang ada, apakah baik atau sudah mempengaruhi bisnis secara keseluruhan. Nilai Ebit bisa membantu perusahaan yang sudah mempunyai aset tetap atau pada perusahaan baru yang ingin melakukan pembelian dengan nominal yang cukup besar seperti pembelian gedung atau ruko hingga mesin produksi.

Aset tetap adalah investasi jangka panjang bagi perusahaan sehingga eksistensinya menjadi tidak mempengaruhi kondisi profitabilitas perusahaan. Walaupun dalam laporan laba rugi yang memiliki aset tetap bisa terlihat memiliki kekurangan. Hal ini dikarenakan penghasilan mereka sudah dipakai untuk membeli aset.

Nilai Ebit akan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan tanpa perlu mencantumkan utang, karena pembelian aset bangunan tersebut. Berikut adalah beberapa metode dalam menghitung Ebit dengan beberapa sudut pandang:

  • Metode Langsung Menghitung Ebit

Berikut adalah metode atau rumus untuk menghitung metode langsung Ebit atau daerah metode:

Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjualan – Biaya Operasional 

Dalam hal ini biaya operasional adalah biaya penjualan biaya administrasi biaya pemasaran dan biaya-biaya lainnya yang masih ada kaitannya dengan operasional perusahaan. Nantinya pada metode langsung ini akan didapat nilai Ebit mulai dari urutan pertama dalam sebuah laporan laba rugi dari perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan metode langsung dari ebit, maka nilai akan terlihat dari sudut pandang kegiatan operasionalnya awal pada sebuah perusahaan. Metode langsung ini akan sangat tepat dipakai Jika pihak akuntan perusahaan melakukan penilaian atau evaluasi pada pertengahan tahun.

  • Metode Tidak Langsung Dalam Menghitung Ebit

Berikut ini adalah rumus untuk menghitung Ebit dengan metode tidak langsung:

 Laba Bersih + Biaya Bunga + Pajak

Berbeda dengan cara metode langsung, metode tidak langsung akan memperlihatkan nilai asli dari sebuah biaya bunga dan pajak pada sebuah perusahaan yang ditambah dengan laba bersih. Dengan metode tidak langsung ini maka akan didapat nilai Ebit dari sisi profitabilitas pada sebuah perusahaan di akhir tahun.

Metode tidak langsung bisa disarankan untuk perusahaan yang ingin menilai performa kerja sebuah manajemen di akhir tahun. Tak hanya itu metode ini juga bermanfaat untuk rapat akhir tahun sehingga pihak manajemen bisa memutuskan serta membuat kebijakan yang tepat di tahun berikutnya.

Kedua metode di atas pada dasarnya akan mampu menghasilkan nilai Ebit yang ditutup sama, hanya saja berbeda dari sudut pandangnya sehingga pemilihan metode tersebut tergantung dari setiap investor atau pemilik usaha dalam menggunakannya.

Contoh Perhitungan Ebit

Sebuah perusahaan membuat laporan pendapatan dengan data-data sebagai berikut: 

Hasil penjualan: Rp5.000.000.000

HPP: Rp2.200.000.000

Biaya operasional: Rp200.000.000

Laba kotor: Rp800.000.000

Pajak penghasilan: Rp40.000.000

Biaya bunga: Rp150.000.000

Laba bersih: Rp. 200.000.000

Berikut ini adalah penghitungannya:

Nilai EBIT = Laba bersih + bunga + pajak

               = Rp200.000.000 + Rp150.000.000 + Rp40.000.000

               = Rp390.000.000

Jadi, nilai sebesar Rp 390.000.000 ini memiliki arti laba/keuntungan senilai Rp 390.000.000. Sehingga, uang hasil penghitungan tersebut dapat Anda pakai untuk membayar pajak, bunga bank, utang piutang, serta dividen investor agar sistem manajemen manufaktur dapat lebih terorganisir.

Keterbatasan Perhitungan Ebit, Apakah Valid? 

Valid hanya untuk dijadikan proyeksi pengembangan bisnis tersebut. Namun untuk memahami hutang dan alokasi secara transparan, Anda perlu menganalisa khusus total utang dan bunga. Sehingga, untuk sisi manajemen perusahaan ini dapat berfungsi secara akurat menentukan performa perusahaan. 

Sedangkan untuk para investor atau debitur meski melakukan perbandingan perusahaan A dan B, sebenarnya Anda tidak dengan jelas memahami alur pengelolaan dana seperti apa. Sehingga, penilaian Ebit tidak begitu valid untuk memilih perusahaan mana yang lebih baik dalam suatu industri yang sama. Namun, untuk industri yang berbeda, tentu saja penilaian Ebit bisa menjadi gambaran umum sektor yang ke depannya potensial. 

Baca juga: Apa itu Bisnis Jastip dan Bagaimana Cara Memulainya?

Ajukan Pinjaman Bunga Rendah Agar Perusahaan Lebih Stabil! 

Perkecil total kerugian perusahaan dengan membayar bunga beserta pokok utang perusahaan untuk memajukan kualitas keuangan dan portofolio perusahaan di mata investor. Danamas merupakan platform penyedia jasa pinjaman dan pendanaan anak perusahaan Sinar Mas yang merupakan grup konglomerasi terdepan di Indonesia. Layanan pinjaman dan pendanaan yang terintegrasi, aman, dan dipersonalisasi bagi peminjam dan pendana potensial yang berlisensi OJK sejak tahun 2000.

Ajukan pinjaman hingga Rp 2 miliar beragunan properti dengan tenor panjang hingga 10 tahun dengan bunga cenderung tetap mulai dari 14% p.a. Proses pengajuan terintegrasi secara online sehingga memudahkan proses pengajuan dan verifikasi pinjaman.  Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda