ekonomi-kreatif-adalah

Ekonomi kreatif adalah proses untuk memproduksi barang serta jasa yang membutuhkan kemampuan untuk berpikir kreatif. Umumnya, ekonomi kreatif menggambarkan konsep perekonomian yang menekankan pada kreasi dan daya cipta individu sehingga memiliki nilai ekonomis dan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Ada banyak peluang usaha yang paling untung untuk Anda mulai lakukan untuk terjun menjadi kontributor pelaku ekonomi kreatif di jaman ini!  Jangan pernah ragu memulai karena ekonomi kreatif adalah bagian dari kreativitas dalam diri dan kemampuan menganalisa pasar dan peluang bisnis

Lantas apa saja Pengertian contoh ekonomi kreatif, serta manfaat dan karakteristiknya? Dalam artikel ini akan kita bahas secara jelas beberapa topik tersebut. Yuk simak pengertian ekonomi kreatif!

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah proses untuk memproduksi barang serta jasa yang membutuhkan kemampuan untuk berpikir kreatif. Ekonomi kreatif menggambarkan konsep yang menekankan pada kreativitas dan informasi yang bernilai ekonomis. Lebih jelasnya ekonomi kreatif ditujukan pada mereka yang mengedepankan pengetahuan, gagasan cemerlang, kreatifitas untuk menggerakan sektor ekonomi sehingga memajukan roda perekonomian negara. 

Manfaat Ekonomi Kreatif

Manfaat ekonomi kreatif tentunya akan berkaitan dengan pendapatan negara dan para pelaku industri kreatif tersebut. Berikut adalah manfaat yang bisa didapat dari industri yang bergerak pada sektor ekonomi kreatif: 

  1. Membuka Lapangan kerja baru 
  2. Pertumbuhan Ekonomi
  3. Pasar yang Semakin Beragam 
  4. Membangun Citra dan Identitas Negara yang positif

Bagaimana Upaya yang Dilakukan Untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif?

Agar kita dapat mengembangkan ekonomi kreatif, kita harus mampu memperlengkapi diri dengan berbagai ilmu pengetahuan. Diversifikasi ilmu pengetahuan bisa membuat Anda jadi lebih kaya akan keterampilan praktis. Nah, keahlian inilah yang bisa membuat Anda jadi lebih percaya diri untuk memulai suatu bisnis atau usaha. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Berikut cara-cara ampuhnya.

1. Kerjasama Antar Berbagai Pihak

Kerjasama merupakan salah satu kunci dalam pengembangan ekonomi kreatif. Contohnya, jika Anda ingin mengembangkan inovasi produk baru maka Anda dapat bekerja sama dengan para akademisi. Karena mereka punya kemampuan yang baik secara ilmiah untuk membuat produk.

2. Mengadakan Pelatihan Kepada Penggerak Ekonomi Kreatif

Pelatihan merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Contohnya saat ini di masa pandemi Covid-19 banyak bisnis yang gulung tikar karena tidak mampu menyesuaikan bisnis secara online. Oleh karena itu, pelatihan ekonomi kreatif dapat memberi bekal para pelaku usaha sehingga mereka dapat terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. 

3. Menggunakan Teknologi Canggih

Pengembangan ekonomi kreatif dengan keilmuan baru dapat meningkatkan kemajuan ekonomi kreatif. Adanya teknologi dapat mengefisienkan proses produksi sehingga biaya produksi dapat lebih murah. Selain itu, para konsumen mulai banyak juga tertarik dengan teknologi canggih. 

Contohnya teknologi pertanian seperti hidroponik yaitu budidaya sayuran tanpa menggunakan tanah. Adanya teknologi tersebut meningkatkan efisiensi penggunaan lahan, sekaligus menjadi brand tersendiri karena sayuran hidroponik lebih mahal dibandingkan sayuran dengan budidaya konvensional.

4. Belajar Keterampilan Khusus

Pengusaha ekonomi kreatif umumnya memiliki pengetahuan yang dalam terkait bidang yang mereka tempuh. Jadi mereka membangun bisnis berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. Contohnya seperti para pelaku usaha ekonomi kreatif industri pakaian pasti memiliki pengetahuan mengenai fashion. Jadi Anda perlu, mengembangkan keterampilan khusus ini.

Hubungan Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Ekonomi kreatif memiliki hubungan yang erat dengan industri kreatif, tapi ekonomi kreatif memiliki cakupan yang luas dari industri kreatif. Lalu apa hubungan antara keduanya? Jadi definisi ekonomi kreatif lebih menggambarkan produk atau jasanya, bagaimana produk dan jasa itu dibuat. 

Sedangkan industri kreatif menggambarkan proses bisnisnya sehingga produk atau jasa tersebut dapat dijual sehingga menghasilkan keuntungan bagi bisnis. Selanjutnya, keuntungan dari produk atau jasa tersebut dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan dari sebuah bisnis. Namun, dalam bisnis Anda juga harus mampu melihat segmentasi pasar, membedah serta menganalisa keuntungan melalui analisa Break Even Point

Faktor yang Menggerakkan Produksi Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif yang sukses berjalan tentunya tidak datang dengan sekejap mata. Pasti ada faktor yang menjadi trigger agar ekonomi kreatif tersebut dapat berjalan. Adapun faktor yang menggerakan ekonomi kreatif yaitu sebagai berikut:

1. Ide dan Wawasan Luas

Ide merupakan komponen penting sebagai penggerak ekonomi kreatif. Tentunya tidak mengherankan karena sebuah usaha merupakan sebuah ide yang lancar dieksekusi. Contohnya pendiri gojek melihat ada permasalahan transportasi ojek di Indonesia. Dengan ide brilian selanjutnya kelemahan dalam ojek tersebut disempurnakan menjadi sebuah usaha unicorn.

2. Bahan Baku

Bahan baku atau sumber daya menjadi salah satu penggerak dalam ekonomi kreatif. Hal ini manusia pelaku ekonomi kreatif terus melihat peluang dari segala sumber yang ada untuk penciptaan usaha. Contohnya yaitu adanya limbah kain perca yang menjadi salah satu sumber daya. Peluang tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pelaku usaha menjadi sebuah kerajinan tangan.

3. Kemudahan Akses Informasi

Informasi merupakan hal penting yang dapat menjadi penggerak ekonomi kreatif. Hal ini karena kreativitas dimulai dari informasi dan wawasan yang luas dari pelaku usaha. Jika kita lihat rata-rata pebisnis hebat seperti bill gate dan elon musk merupakan orang yang suka membaca. Karena dengan membaca kita dapat membuat sebuah inovasi baru memanfaatkan pengetahuan dari teknologi yang sudah ada.

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Untuk bisa mengenal bahwa sektor tersebut masuk kedalam sektor industri ekonomi kreatif, tentu kita harus mengetahui ciri- cirinya. Adapun industri ekonomi kreatif memiliki karakteristik atau ciri – ciri tersendiri yakni:

  1. Ide dan gagasan cemerlang sebagai faktor utama pelaku ekonomi.
  2. Adanya kreasi intelektual dalam sektor usahanya.
  3.  Kegiatan usaha bersifat tidak terbatas.
  4. Menghasilkan produk yang memiliki nilai kreatifitas.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai macam pihak.
  6. Memiliki konsep yang relatif mudah tergantikan 

Itu dia beberapa ciri dari ekonomi kreatif, sehingga Anda bisa mengidentifikasikan apakah suatu industri tersebut masuk dalam perekonomian kreatif.

Contoh Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif menjadi salah satu industri yang bergerak dengan ide-ide baru. Dalam industri saat ini untuk mampu menjadikan bisnis lebih sukses, Anda harus mampu mengartikulasikan data menjadi suatu produk yang dapat menyelesaikan permasalahan pasar. Jadi, tidak hanya sekedar kreatif namun memperhatikan pola dan peluang dalam pasar. Berikut adalah beberapa contoh industri yang bergerak pada ekonomi kreatif: 

  1. Periklanan 

Dunia periklanan selalu membutuhkan orang-orang dengan ide kreatif agar iklan yang dibuat dapat menarik konsumen. periklanan merupakan salah satu lahan yang bisa dimanfaatkan oleh para penggerak ekonomi kreatif untuk mengubah ide mereka menjadi uang. Di Dalam Industri periklanan membutuhkan kreatif dari seorang fotografer, content creator, penulis, sehingga bisa dimanfaatkan untuk konten di berbagai media. 

  1. Arsitektur

Arsitektur merupakan bidang yang sangat bergantung pada ide sehingga sangat cocok dengan ekonomi kreatif. Sekarang ini banyak milenial yang ingin memiliki hunian dengan konsep minimalis dan smart home  serta unik sehingga ide-ide baru sangat dibutuhkan. Maka dari itu dibutuhkan adanya ide kreatif dan hal ini tentu saja bisa dijadikan sebuah industri yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. 

  1. Kerajinan

Kerajinan menjadi salah satu hasil karya yang membutuhkan ide – ide kreatif. Para pengrajin bisa menjual ide kreatif atau hasil karya mereka melalui pameran, lelang hingga media sosial sehingga dapat menghasilkan pendapatan. 

  1. Fashion 

Fashion merupakan industri yang tidak pernah mati, karena gaya dan mode selalu berkembang dari tahun ke tahun sehingga dibutuhkan adanya orang- orang yang memiliki kreativitas tinggi agar karyanya bisa dikenali dan disukai publik. 

  1. Aplikasi 

Inovasi dalam bidang teknologi, membuat orang semakin banyak yang beralih ke digital. Maka dari itu industri pengembangan aplikasi menjadi semakin meningkat dan berpotensi besar. Dengan adanya aplikasi – aplikasi baru dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu berpikir kreatif dan inovatif. 

Kembangkan Kreativitas Lewat Pengembangan Bisnis & Usaha

Inovasi dan kreativitas merupakan faktor utama dalam penciptaan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, ekonomi kreatif dapat berkembang pesat karena punya keunikan sendiri dari kreativitas pelaku usaha. Bisnis dalam bidang ekonomi kreatif dapat menjadi peluang bagi Anda untuk dapat mencurahkan segala kreativitas dalam bisnis Anda.

Tertarik untuk melakukan ekspansi bisnis di sektor industri kreatif, namun terhalang oleh modal usaha? Tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda dapat memanfaatkan berbagai pinjaman dana usaha. Namun, hal yang perlu Anda pastikan adalah memastikan tempat meminjaman dana adalah platform pinjaman online terpercaya

Aplikasi Danamas adalah P2P lending terpercaya yang menjadi solusi terpercaya urusan berbagai pinjaman dana. Terpercaya diawasi dan berizin OJK, Anda bisa meminjam dengan limit hingga Rp 2 miliar dengan tenor waktu hingga 10 tahun. Ajukan pinjaman beragunan properti sekarang, lakukan simulasi anggaran yang dapat Anda terima dengan  kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda