endorsement

Anda tentunya sering melihat selebgram mengiklankan suatu produk di media sosial. Mereka mempromosikan barang ataupun jasa sehingga pengikutnya tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa tersebut. 

Dalam dunia bisnis, endorse bisa menjadi salah satu strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Apa itu endorse dan bagaimana endorse bisa meningkatkan bisnis? Simak dalam artikel ini. 

Apa Itu Endorsement? 

endorsement

Endorse merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah dukungan atau persetujuan. Kata endorse menjadi bagian dari aktivitas promosi yang memanfaatkan orang lain untuk mendukung dan juga memasarkan barang atau jasa.

Pada zaman sosial media yang digunakan banyak orang, banyak pemilik bisnis memanfaatkan kegiatan endorsement sebagai bentuk kegiatan promosi agar barang dan jasanya dikenal banyak khalayak dan mendapatkan penjualan yang baik. Biasanya, endorse dilakukan oleh seorang public figure, atau selebgram yang memiliki jumlah pengikut(follower) yang banyak pada sosial media. 

Manfaat dari Endorsement

Sebagai pemilik bisnis, Anda pastinya ingin agar usaha Anda dapat berjalan dengan laris di pasaran. Tujuan utama dari endorsement adalah untuk meningkatkan penjualan pada produk atau jasa yang ditawarkan. Selain untuk meningkatkan penjualan, Endorsement juga dapat berfungsi sebagai branding dan pengenalan produk. Biasanya para calon konsumen akan mendapatkan kepercayaan atau tertarik apabila seorang public figure menggunakan produk atau jasa tersebut. Maka dari itu pemilihan public figure atau selebgram yang tepat dapat menjadikan produk atau jasa Anda lebih dikenal luas. 

Kelebihan Menggunakan Endorsement 

endorsement

Berikut ini merupakan kelebihan menggunakan Endorsement untuk produk atau jasa Anda, yakni: 

  1. Sebagai Media Promosi 

Endorsement dapat digunakan sebagai media promosi, yakni dengan menggunakan public figure, atau selebgram yang memiliki target audience yang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Public figure atau selebgram tersebut nantinya akan memposting konten yang berkaitan dengan produk Anda melalui media sosialnya, sehingga para pengikutnya dapat mengetahui produk atau jasa Anda. 

  1. Menghemat Biaya Pemasaran

Selain efektif, pemasaran yang dilakukan menggunakan endorsement juga dapat menghemat biaya pemasaran. Dana yang dikeluarkan jauh lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran lain seperti melalui televisi maupun radio. 

  1. Meningkatkan Jumlah Pengikut (Followers) 

Saat seorang public figure atau selebgram memposting suatu produk, maka kebanyakan pengikut atau fansnya  pasti akan tertarik dengan produk tersebut. Hal ini dapat membuat produk Anda dikenal banyak orang, dan mendapatkan jumlah pengikut maupun meningkatkan jumlah penjualan. 

Baca juga:

Manfaat & Strategi Marketing Melalui Media Sosial

Pentingnya Review Pelanggan Agar Usaha Makin Sukses

11 Jenis Promosi & Cara Promosi Bisnis Bagi Pemula

Kerugian Endorsement 

Selain adanya kelebihan, endorsement juga mendatangkan kerugian apabila tidak dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa kerugian dari endorsement:

  • Tidak Sesuai dengan Target Market 

Untuk melakukan endorsement, Anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk public figure atau selebgram yang dituju, namun apabila target market dari public figure tersebut tidak sesuai dengan produk ataupun jasa Anda, maka Anda akan mengalami kerugian. Maka dari itu pilihlah talent endorsement  yang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Misalnya Anda memiliki usaha alat masak, Anda bisa menyasar para public figure yang bergerak dibidang kuliner atau berprofesi sebagai chef.  

  • Membayangi Produk

Seorang public figure tentunya tidak hanya mengiklankan satu produk, hal ini dapat membuat produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya yang serupa. Maka dari itu Anda perlu memberikan pengarahan yang jelas serta adanya perjanjian kerjasama yang sesuai. Apabila waktu kontrak yang digunakan sudah selesai, maka public figure tersebut  diperbolehkan atau dapat meng endorse produk serupa dari brand lain. 

Panduan Memilih Endorsement 

endorsement

Dalam memilih endorsement, ada beberapa panduan yang dapat Anda lakukan, agar tidak salah langkah. Berikut beberapa panduannya: 

  1. Jumlah Followers

Banyaknya follower mempengaruhi strategi pemasaran untuk produk Anda. Anda dapat memilih talent yang memiliki banyak follower yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun pastikan bahwa pengikut yang mereka miliki merupakan pengikut atau follower aktif bukan follower yang didapat dari pembelian follower. 

  1. Engagement Rate

Semakin besar engagement rate, maka semakin besar nilai yang ditawarkannya dan semakin besar pula peluang keberhasilan endorsement dapat dilakukan. Angka ini dapat membuktikan bahwa pengikut yang dimiliki ialah pengikut atau follower asli bukan palsu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate, salah satunya yakni interaktif antara talent dengan pengikutnya. 

  1. Persona

Persona merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan selain jumlah follower dan engagement rate. Persona merupakan karakter dari public figure atau selebgram yang akan Anda tuju. Dengan persona yang tepat maka pemilihan target audience yang dituju dapat tepat sasaran. Contohnya Anda memilih make up artist untuk mengiklankan produk kecantikan, Peralatan Bayi  seperti popok, kepada public figure yang baru memiliki anak bayi, koki  terkenal untuk alat peralatan masak dan lain sebagainya.   

  1. Biaya yang Ditentukan 

Biaya atau budget menjadi hal yang tidak kalah penting. Dalam menjalankan endorsement, pastikan Anda memilih talent yang sesuai dengan biaya yang telah ditentukan. Apabila budget telah tersedia lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan talent yang memiliki lebih banyak pengikut.  


Jadikan properti Anda sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Lancar by Danamas merupakan platform pinjaman beragunan properti yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tambahan dana sebagai modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Hanya dengan sertifikat properti, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha yang aman, mudah dan cepat. Ajukan sekarang disini!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda