entrepreneur

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “entrepreneur”? Mungkin ada yang bilang bahwa entrepreneur adalah orang yang menjalankan usaha, dan masih banyak jawaban lainnya. Lantas apa itu Entrepreneur? Yuk cari lebih lanjut di artikel ini. 

Apa itu Entrepreneur? 

Seorang yang menjalankan dan mengembangkan bisnis atau usaha dengan melakukan perubahan atau inovasi yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Para entrepreneur merupakan orang yang bukan hanya mengelola bisnis namun juga menanggung risiko yang akan dihadapi. Entrepreneur juga harus bersama sama dengan timnya untuk mengembangkan suatu bisnisnya. Keuntungan yang didapatkan dalam jumlah besar, merupakan imbalan atas hasil kerjanya.  

entrepreneur

Karakter Entrepreneur 

  1. Bersikap dan Berpikir Optimis

Seorang entrepreneur tentunya harus memiliki sikap dan pikiran optimis. Sikap optimis dapat memberikan dampak yang baik untuk rekan kerjanya dan juga mempengaruhi tindakannya dalam mengambil keputusan.

  1. Terbuka Terhadap Masukan dan Peluang 

Untuk menjadi entrepreneur yang sukses, maka selain berpikir positif juga harus terbuka terhadap peluang dan masukan sehingga peka terhadap segala perubahan yang terjadi. 

  1. Selalu Fokus

Fokus menjadi hal yang penting, agar tidak ada hal lain yang mengganggu kinerja dan produktivitasnya.

  1. Mampu Menyelesaikan Masalah

Seorang entrepreneur juga harus bisa menyelesaikan masalah, atau problem solver. Tidak hanya untuk menciptakan sebuah terobosan baru namun juga menyelesaikan masalah yang ada. 

  1. Berani Mengambil Risiko

Tidak takut akan suatu masalah dan berani mengambil risiko yang ada. Namun hal ini tentunya harus dipersiapkan dan dipikirkan secara matang dan proses pemikiran yang panjang. 

  1. Menciptakan Peluang Bisnis

Entrepreneur dikenal sebagai orang yang memiliki ide kreatif dan inovatif sehingga mampu untuk menciptakan peluang bisnis baru.

Baca juga: Rahasia 7 Pengusaha Paling Sukses Di Indonesia

Tujuan Entrepreneur 

Seorang entrepreneur tentunya memiliki sebuah tujuan, berikut ini adalah beberapa tujuan yang bisa didapatkan dari seorang entrepreneur, yakni :

  • Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas
  • Menumbuhkan kesadaran wirausaha yang kuat kepada masyarakat
  • Mewujudkan kemampuan wirausaha sehingga menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat.
  • Membudayakan sikap pantang menyerah, dan berperilaku baik.

Perbedaan Entrepreneur dengan Pengusaha

entrepreneur

Entrepreneur merupakan orang yang mengembangkan perusahaan dengan mengedepankan inovasi, mereka mengelola bisnis sekaligus menanggung risiko kesuksesannya.

Sedangkan pengusaha, mereka menjalankan usaha sendiri dan tidak bekerja untuk orang lain. Seorang pengusaha belum tentu dikatakan sebagai Entrepreneur. Dan seorang entrepreneur bisa dikatakan seorang pengusaha. 

Pada pengusaha biasanya merujuk pada ide ataupun bisnis yang sudah ada sebelumnya, sehingga margin risikonya cenderung lebih kecil. 

Tipe- Tipe Entrepreneur

Ada beberapa entrepreneur yang bisa Anda temui dalam kehidupan sehari – hari, misalnya seperti:   

  1. Ecopreneur

Orang yang bergerak dalam bidang produk yang ramah lingkungan. Mereka biasanya menjalankan bisnisnya sambil menjaga keseimbangan alam serta lingkungan. 

  1. Artpreneur

Orang yang hadir dengan ide kreatif di bidang seni. Mereka membuat karya, dan juga melakukan inovasi di bidang seni kemudian menjualnya.

  1. Food preneur

Foodpreneur merupakan profesi yang disukai karena berkaitan dengan makanan. Mereka mengembangkan makanan atau citarasa agar disukai banyak orang.

  1. Sociopreneur

Mereka mendapatkan keuntungan dan juga untuk kegiatan sosial sehingga menghasilkan banyak manfaat bagi orang lain disekitarnya. 

Anda tertarik menjadi entrepreneur dan membutuhkan tambahan modal usaha? Platform pinjaman dari Danamas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ini bisa membantu Anda mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2miliar dengan tenor yang panjang. Ajukan sekarang! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda