Google-adsense

Saat ini karena adanya kemajuan teknologi, kesempatan masyarakat untuk bisa mengantongi uang menjadi lebih luas dan menjanjikan dibandingkan sebelumnya. Karena makin banyak peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan semenjak adanya internet. Bahkan tak sedikit orang yang memiliki pendapatan besar dan sangat menggiurkan bila menjalaninya dengan konsisten dan serius. Salah satu cara umum dan mudah untuk memperoleh uang segar adalah dengan memanfaatkan Google AdSense.

Layanan iklan besutan Google ini sangat populer para konten kreator online ataupun pemilik website untuk memperoleh kolom iklan dan menghasilkan pendapatan terus-menerus. Bagi seorang content creator, Google Adsense bisa menjadi salah satu sumber yang mendatangkan penghasilan. Untuk itu Google Adsense mulai digunakan oleh orang banyak untuk membantu menaikkan iklan sehingga mendapatkan pundi- pundi rupiah, lewat berbagai hal seperti cara membuat blog atau website. 

Sebenarnya cara kerjanya tidak sulit. Namun bagi orang yang baru saja ingin mencobanya, terkadang masih membingungkan harus mulai dari mana ketika ingin menggunakan. Bagi anda yang ingin menggunakan layanan iklan ini untuk memperoleh pundi-pundi uang dan ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Google Adsense, yuk simak artikel ini!

Apa Itu Google Adsense? 

Google AdSense merupakan program periklanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan dari iklan melalui sebuah Youtube, situs, ataupun Blog. Google Adsense menggunakan program iklan yang berbasi CPC atau Cost Per Click, sehingga penggunanya akan mendapatkan penghasilan berdasarkan dari iklan yang terpasang di platformnya. Google AdSense  menampilkan iklan pada situs dalam berbagai bentuk, misalnya seperti teks, visual atau gambar, video. 

Seterusnya, iklan ini akan ditampilkan sesuai dengan minat dari para pengunjung  Youtube/Blog. Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang akan mempromosikan produk mereka sesuai dengan harga yang diberikan untuk menayangkan iklan. 

Perbedaan Google Ads Dan Google Adsense

Bagi anda yang berkecimpung di dunia periklanan pasti sudah tidak asing dengan istilah dari Google yaitu Google Ads dan Google Adsense. Sebelumnya Google Ads dikenal dengan nama Google Adwords. Google Ads ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Google Adsense. Hal ini bergantung dari goal yang anda ingin raih. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Google AdsGoogle Adsense
1. Digunakan oleh Advertiser1. Digunakan oleh Publisher
2. Memungkinkan beriklan di jaringan pencarian Google. Tujuan penggunaan untuk mengarahkan traffic audience yang ditargetkan agar berkunjung ke halaman yang dituju. Harapannya dari sebagian traffic bisa dikonversi menjadi penjualan. Jadi pengunjung tidak hanya berkunjung tapi juga membeli atau aktifitas tertentu.2. Penerbit atau publisher untuk memonetisasi website atau blog agar bisa mendapatkan uang dari iklan Google Ads relevan yang ditampilkan di dalam konten.
3. Google Ads lebih lama ada sebelum AdSense. Google AdWords atau kini bernama Google Ads tahun 2000.3. Google AdSense dimulai tahun 2003
4. Pengaturan akun Google Ads tidak sulit dan cenderung mudah.
Caranya:
a. Membuat akun Google
b. Masuk ke laman Google Ads dengan email dan kata sandi akun Google
c. Tetapkan zona waktu dan mata uang yang digunakan
4. Perlu lebih banyak langkah. Ada hal yang harus dikirimkan, seperti:
a. Alamat situs web
b. Bahasa situs web
c. Jenis akun (individu atau bisnis)
d. Nama
e. Alamat
f. Nomor telepon
g. Tak hanya itu saja, anda juga diminta menyetujui kebijakan AdSense. 
h. Setelah anda mengirimkan informasi yang diperlukan, daftarkanlah ke i. AdSense dengan akun Google yang dimiliki. AdSense akan memberitahukan bila lamaran pendaftaran sedang ditinjau. Kemudian anda akan menerima email balasan 1-2 hari. Jika lamaran pendaftaran ditolak sekali, maka kemungkinannya kecil untuk diterima kembali. 
5. Banyak fleksibilitas dalam hal iklan teks. Iklan dengan Google Ads di jaringan GDN mempunyai banyak pilihan format iklan dibandingkan pakai jaringan Pencarian Google (Search Ads). Pilihannya seperti template, font dan logo.
5. Jika anda sebagai publisher yang menggunakan AdSense, anda tidak bisa mengubah teks di iklan yang muncul di situs. Tapi bisa mengontrol jenis format iklan yang tampil di website. Misal iklan berupa teks, video, dan tautan
6. Google Ads hanya memiliki satu iklan yang ditayangkan di satu waktu di Google, Jaringan Pencarian Google dan Google Display Network.
6. Google AdSense hanya bisa menempatkan konten iklan dan tiga iklan tautan      
7. Saat beriklan pakai Google Display Network, anda memilih biaya per klik atau per tayangan (cost per view) sehingga Google Ads fleksibel.
7. Bila anda seorang publisher Google AdSense dan memilih iklan dengan GDN, maka anda tidak bisa menentukan jenis biaya iklan yang muncul di website.
8. Dengan Google Ads, gambaran umum tentang biaya yang dikeluarkan dalam menentukan kata kunci relevan dan memberikan tiap kata kunci yang ditawarkan

8. Anda akan memperoleh apa yang anda kerjakan. Anda bisa menargetkan lebih banyak pendapatan dengan membangun website yang ditujukan untuk industri. Dengan demikian, semakin banyak situs yang dikelola, maka semakin banyak juga penghasilan yang diterima.

3 Keunggulan Google AdSense

Bagi anda yang tertarik dengan Google AdSense, ada 3 keunggulan yang akan diperoleh seperti menyajikan iklan yang tepat, memegang kendali iklan dan hanya iklan yang membayar paling tinggi yang ditampilkan. Berikut adalah rincian dari keunggulan tersebut:

1. Menyajikan Iklan Yang Tepat

Jadi, Google AdSense akan menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengunjung situs. Contohnya pengunjung adalah seorang gamer, maka iklan yang ditampilkan adalah iklan seputar game. Google AdSense juga akan meninjau untuk memastikan kalau iklan tersebut berkualitas dan relevan dengan konten yang ditampilkan. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi uang yang akan anda kantongi.

2. Pemegang Kendali Iklan

Anda adalah seorang pengendali iklan, apa yang dapat ditampilkan di situs/Blog/YouTube yang anda miliki. Karena adalah memberi ruang iklan. Block iklan yang tidak disukai dan disesuaikan dengan tempat iklan akan ditampilkan. Tak hanya itu saja, anda juga bisa memilih jenis iklan yang sesuai dengan laman anda. 

3. Hanya Iklan Yang Membayar Paling Tinggi Yang Ditampilkan

Google AdSense akan memastikan anda memperoleh pendapatan tinggi di laman situs. Jadi, hanya iklan dengan bayaran tinggi yang akan ditampilkan. Oleh karena itu, manfaatkanlah jaringan terbesar pengiklan online yang menawar untuk ruang iklan anda. Memaksimalkan hasil yang dapat anda peroleh dari iklan.

7 Cara Membuat Website Untuk Google AdSense

Untuk membuat web Google AdSense tidak sulit, anda dapat menggunakan bantuan CMS seperti Joomla, WordPress ataupun Blogspot. Bahkan anda hanya perlu waktu satu hari saja untuk membuat blog Adsense. Berikut adalah langkah-langkah membuat web adsense:

1. Beli Domain & Hosting

Bila anda menggunakan WordPress, maka anda harus membeli domain dan hosting. Biasanya membeli paket pelajar sudah memperoleh gratis domain. Jangan lupa untuk menyimpan username dan password login ke halaman member area di hosting yang anda pakai. Agar tidak lupa saat ingin akses data base di sana.

2. Install Web

Selanjutnya anda install web melalui cPanel. Namun ada juga tempat yang memberi akses ke cPanel akun hosting, bila anda membeli domain dan hosting. Untuk instalasi web atau blog, caranya:

  • Login cPanel memakai akun hosting
  • Pilih softaculous
  • Klik WordPress
  • Anda akan dibawa ke laman instalasi
  • Pilih URL web yang dipakai, disarankan pakai format link URL http:// atau http:// tanpa www
  • Kosongkan database tempat instalasi
  • Buat username dan password untuk login ke web AdSense
  • Pilihlah theme default 
  • Masukkan email instalasi
  • Klik menu instal
  • Proses instalasi selesai

3. Install Theme Yang High CTR

Setelah webnya jadi, anda bisa log in ke dashboard area web AdSense. Ketikan https://webkamu.com/wp-admin . Selanjutnya tulis username dan password yang sudah dibuat tadi. Ketika anda ada di halaman situs, anda bisa mengganti theme web. Berikut cara untuk menggantinya:

  • Klik menu “tampilan” atau appearance
  • Pilih dan klik tema/template
  • Klik menu tambah baru yang ada di samping kiri atas
  • Klik unggah tema
  • Memilih theme yang anda miliki
  • Klik upload
  • Setelah tema sudah berhasil terupload, aktifkanlah tema tersebut. Anda bisa konfigurasi dan mengatur tampilan.

4. Tambah Plugin Yang Dibutuhkan

Tahap lainnya adalah menambahkan plugin. Tujuannya untuk optimasi web agar lebih maksimal. Plugin yang disarankan untuk web Google AdSense adalah Rank Math Pro, Internal link manager (khusus web berita), CDN (sesuai kebutuhan), Wp-Rocket untuk membantu optimasi speed, dan Plugin Easy Table of Contents. Plugin tersebut bisa anda instal sesuai kebutuhan.

5. Buat Halaman Web Lengkap

Google AdSense jeli melihat laman apakah layak dijadikan partner mereka atau tidak. Agar web anda diterima Google AdSense, sebaiknya web dibuat lengkap. Minimal ada beranda, kontak, tentang, disclaimer, privacy, menu dan kategori. Berapapun jumlah halamannya, pastikan tidak ada yang kosong dan sudah terisi konten.

6. Posting Artikel

Jika halaman sudah jadi, anda bisa menulis ataupun posting artikel di website tadi. Web Google AdSense bergantung di jumlah konten yang tersedia di laman. Untuk menulis blog, berikut adalah caranya:

  • Login ke wp-admin situs
  • Klik menu posting
  • Pilih menu tambah baru
  • Masukkan judul dan tulis artikel yang diposting pada laman blog
  • Submit link artikel ke Google Search Console (GSC)

7. Daftar Web Ke Google AdSense

Bila sudah selesai menulis artikel yang banyak. Langkah berikutnya adalah daftarkan blog ke Google AdSense. Jika blog diterima, anda hanya perlu optimasi dan update terus blognya agar uang yang didapatkan juga lebih banyak.

5 Cara Membuat Google AdSense Youtube

Jika anda seorang YouTuber, perihal Google AdSense adalah hal yang sangat penting. Apalagi bila tujuan anda menjadi YouTuber adalah memperoleh penghasilan. Bahkan tak sedikit orang yang ingin menggeluti YouTube demi mendapatkan uang yang menjanjikan. Di bawah ini adalah cara daftar Google AdSense untuk YouTube:

1. Buka Aplikasi Google Chrome

Langkah pertama adalah membuka browser di smartphone. Untuk memudahkan proses daftar, anda bisa menggunakan Google Chrome. Setelah masuk di beranda browser, ubahlah penampilan ke versi desktop, agar pendaftaran lebih mudah dan jelas.

2. Kunjungi Situs YouTube

Masuk ke situs YouTube di www.youtube.com. Kemudian login memakai akun YouTube yang akan dimonetisasi.

3. Buka YouTube Studio

Bila sudah login, anda bisa masuk ke menu YouTube Studio. Caranya dengan klik logo YouTube di kanan atas. Pilihlah “Youtube Studio”. Di halaman tersebut, ada berbagai informasi mengenai YouTube yang dimiliki, seperti melihat daftar komentar, demografi views, jangkauan akun dan info tentang monetisasi.

4. Pilih Menu Monetisasi

Selanjutnya adalah anda memilih menu monetisasi di pojok kiri atas channel. Bila sudah, anda bisa melihat info apakah channel tersebut bisa dimonetisasi atau tidak. Bila sudah memenuhi syarat, anda bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tapi jika syaratnya belum terpenuhi, maka lengkapilah dahulu syarat yang berlaku. Biasanya Info tentang kelayakan channel yang bisa dimonetisasi akan dikirimkan ke email. 

5. Isi Data

Tahap ke-5 adalah anda mengisi data dengan benar dan lengkap. Nantinya formulir tersebut akan dikirim dan dicek oleh YouTube. Diproses ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Bagaimana cara tau kalau permohonan monetisasi disetujui? Yaitu dengan melihat di daftar video yang sudah anda upload. 

Jika di daftar video tersebut ada ikon dollar berwarna hijau, maka permohonan adsense disetujui. Dengan demikian, anda bisa mengatur iklan yang akan muncul di konten video yang sudah diunggah. Untuk memperoleh uang yang banyak, anda harus konsisten dan rutin unggah video di channel tersebut.

4 Syarat Google Adsense Youtube

Apa saja syarat monetisasi YouTube? Tentu saja kebanyakan orang yang upload video di YouTube ingin videonya bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang. Tapi ternyata tidak semua akun yang bisa dimonetisasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah syarat-syaratnya:

1. Verifikasi

Untuk proses verifikasi, anda memerlukan nomor handphone aktif yang nanti akan dipakai untuk menerima kode verifikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk verifikasi:

  • Buka halaman upload. Di bawah halaman tersebut anda akan menemui pilihan untuk tingkatkan durasi video yang akan diupload. kemudian klik “increase your limit”
  • Memilih metode verifikasi. Ada 2 pilihan metode yang bisa dipilih, yaitu pakai pesan suara atau pesan teks yang isinya adalah kode verifikasi
  • Validasi. Setelah anda dapat kode verifikasi, masukkanlah kode ke form yang disediakan. Kemudian klik “submit”. 

Bila proses berhasil, maka profil akan tampil teks “Partner Verified”. Setelah verifikasi selesai, anda sudah bisa upload video durasi lebih dari 15 menit. 

2. 4000 Jam Tayang

Selanjutnya anda harus punya 4000 jam tayang. Total jam tayang tersebut terhitung selama 12 bulan terakhir. Jadi dalam 1 tahun, minimal ada 4000 jam tayang yang tersaji di akun anda. Hal tersebut yang membuat anda harus verifikasi dan unggah video sebanyak mungkin. Makin banyak video dan durasi lama, maka kemungkinan syarat ini terpenuhi akan semakin cepat. 

3. 1000 Subscriber

Syarat selanjutnya adalah memiliki 1000 subscriber. Sebenarnya jumlah itu hanya nol koma sekian persen dari total pengguna YouTube, dengan jumlah 1,8 milyar pengguna. Jadi jangan berkecil hati, karena sangat memungkinkan anda memperoleh 1000 subscriber dengan mudah dan cepat.

Agar subscriber betah di akun anda, sajikanlah video yang berkualitas dan menarik. Tentu saja originalitas sangat dikedepankan. Konten yang baik adalah konten yang tidak membajak/tidak menjiplak. Beberapa hal yang diperhatikan agar bisa membuat konten bagus, seperti memberikan yang terbaik di 15 detik awal, berikan konten yang mengundang penonton untuk membuka video lainnya, akurat memberikan data dan pakai bahasa yang mudah dimengerti.

4. Hindari Komentar Spam

Komentar spam bisa menghambat proses pendaftaran YouTube AdSense. Walaupun mungkin anda sudah memenuhi semua persyaratan yang lain. Ketika mendaftar YouTube AdSense akan ada proses verifikasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim YouTube. Proses ini cukup lama, biasanya sampai beberapa hari sampai muncul pengumuman akun anda layak atau tidak. 

Cara Membuat Akun Google AdSense

Apa anda tertarik untuk membuat akun Google AdSense? Jangan bingung lagi. Untuk membuat akun Google Adsense tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan email dan website aktif. Berikut adalah langkah- langkah yang bisa diikuti yakni: 

  • Membuka browser  https://www.google.com/adsense/start.
  • Klik Mulai 
  • Masuk ke Akun Google milik Anda
  • Halaman baru akan muncul. Masukkan URL situs tempat Anda  ingin menampilkan iklan
  • Pilih apakah Anda  ingin agar Adsense mengirimimu bantuan yang disesuaikan dan saran kinerja.
  • Pilih negara atau wilayah pembayaran Anda. 
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  • Klik Mulai menggunakan AdSense.
  • Selesai. 

Berapa Penghasilan dari Google AdSense? 

Banyaknya orang yang mencari uang dari Google AdSense, membuat penasaran, apakah penghasilannya besar? Padahal penghasilan blogger dari Google AdSense per bulan adalah relatif. Diperkirakan sekitar Rp 1-5 juta per bulan. Bergantung dari trafik atau jumlah pengunjung ke blog. 

Namun ada juga yang mengungkapkan kalau penghasilan tersebut sebenarnya bukan hanya dari AdSense, tapi juga dari sponsored post atau content placement, lomba blog, media sosial dan buzzer. Perkiraan penghasilan blogger Indonesia dari Google AdSense adalah:

  • 1000 visitor = 1 dolar
  • 100.000 visitor/bulan = Rp 1 juta per bulan
  • 1000.000 visitor/bulan = Rp 5-10 juta per bulan

Jadi makin banyak visitor, maka banyak juga penghasilannya. Tapi bisa juga sedikit visitor namun jumlah klik iklannya banyak maka penghasilannya juga banyak. Sistem komisi AdSense bukan hanya klik saja, tapi juga tampilan.

Cara Melihat Pendapatan Di Google Adsense

Untuk melihat penghasilan akhir anda bisa melihat di akun AdSense. Penghasilan akhir untuk bulan sebelumnya akan ditambahkan ke saldo akun AdSense sekitar tanggal 7 sampai 12 tiap bulannya. Cara melihat penghasilan di AdSense:

  • Login ke akun AdSense
  • Di menu Google AdSense, klik menu “Laporan”
  • Di menu tadi akan tampil jumlah penghasilan anda dan juga konten yang paling aktif serta berprofit banyak. Akan ditampilkan sesuai filter periode waktu sampai mata uang yang dipilih.
  • Ada juga filter yang dipakai untuk mengetahui penghasilan yang anda inginkan. Anda bisa mengatur periode penghasilan, seminggu atau bahkan sebulan. Selain itu juga ada pemilihan waktu yang diinginkan. Untuk melihat jumlah penghasilan, pilihlah mata uang IDR.

5 Tips Adsense Pada Blog Diterima Google

Masih banyak orang yang gagal untuk mendapatkan uang dari Google AdSense. Nah agar anda bisa memperoleh tambahan pendapatan yang menjanjikan, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti, yaitu:

1. Kualitas Konten

Konten adalah tombak utama kualitas blog anda, karena komponen tersebut yang akan dinikmati pengunjung. Dari sanalah mereka akan memperoleh solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan mendapat sumber informasi/topik yang dicari. Berikut adalah kriteria konten yang berkualitas:

  • Cukup panjang. Setidaknya ada 500 kata, walaupun relatif terutama untuk blog yang isinya adalah berita
  • Orisinil. Artikel bukan hasil copy paste dari sumber lain. 
  • Dilengkapi elemen lain seperti gambar, video, rujukan yang valid dan relevan, infografis dan lainnya
  • Up to Date. Perbaharuilah tulisan sesuai dengan keadaan terkini.
  • Sebaiknya ada lebih dari 25 artikel, walaupun Google tidak mematok hal tersebut.

2. Desain

Pemilihan desain akan berpengaruh ke kecepatan dan navigasi. Anda bisa menggunakan desain yang modern tapi tidak berlebihan dan tetap bisa diakses dengan cepat serta memiliki komponen navigasi yang baik. Karena tak sedikit orang yang tidak memperhatikan kecepatan dan kaidah navigasi, hanya mementingkan desain.

3. Kecepatan

Ada banyak hal yang menentukan kecepatan blog seperti server dan pengaturan di blog, mulai dari penggunaan gambar, tema, script, header, javascript dan lainnya. Makin cepat performa blog, maka makin besar kesempatan diterima. Jadi pastikan akses ke blog anda cepat.

4. Navigasi

Navigasi merupakan komponen yang sangat penting dinilai oleh Google untuk melihat kelayakan blog. Tak jarang Google menolak pengguna karena navigasi buruk. Berikut adalah ketentuan navigasi yang baik:

  • Mudah ditemukan: Di WordPress memiliki panel khusus untuk membuat menu. Jadi buatlah menu yang memudahkan pengguna untuk menemukan yang mereka cari. Pastikan juga ukuran dan warnanya sesuai dan pas.
  • Valid: Menu tidak hanya dipakai sebagai “syarat” tapi juga valid dan tidak memasukkan tautan dari web spam
  • Lengkap: Ada menu wajib seperti about us, privacy, policy, TOS, contact us dan kategori konten.

5. Optimalkan Lalu Lintas Pengunjung

Lalu lintas pengunjung laman web adalah salah satu tolak ukur baik buruk sebuah blog. Walaupun Google tidak menarget berapa jumlah lalu lintas ideal, tapi di lapangan sebaiknya anda bisa mendapatkan paling tidak 100 per hari sebelum blog didaftarkan.

3 Cara Kerja Google AdSense

Agar lebih memahami tentang Google AdSense, anda bisa membaca tentang cara kerjanya. Untuk mengetahui cara kerja Google Adsense, maka berikut ini adalah penjelasannya: 

1. Terdapat Ruang Iklan pada Situs

Agar situs mendapatkan iklan dari layanan Google Adsense, maka Anda harus menyediakan ruang untuk meletakkan iklan tersebut. Biasanya berada di bagian header, tengah artikel, sidebar, atau di bagian footer. Untuk memasangnya, Anda perlu menempelkan kode iklan berupa script di bagian yang telah ditentukan. Nanti otomatis iklan akan muncul dibagian tersebut sesuai dengan minat dan history penjelajahan internet dari siklus pengunjung.

2. Iklan dengan Biaya Paling Mahal jadi Prioritas

Karena pemasang iklan pada layanan Google Adsense sangat banyak, maka pihak Google Adsense biasanya akan memunculkan terlebih dahulu meluncurkan iklan yang memiliki harga yang paling tinggi untuk dilihat dengan audience.

3. Pendapatan Tergantung Banyaknya Iklan Dibuka dan Persaingan Bid

Pendapatan dari Google Adsense hanya akan diberikan saat iklan diklik atau dibuka pengunjung. Jika hanya dilihat, maka pemilik situs tidak mendapatkan penghasilan dari layanan periklanan tersebut. Penghasilan yang didapat dari iklan yang diklik juga tergantung jenis produk dan persaingan bid yang dilakukan oleh pengiklannya.

5 Istilah Pada Google AdSense

Jika anda ingin menggunakan Google AdSense untuk menambah penghasilan dari internet. Ada istilah-istilah yang patut anda pelajari terlebih dahulu agar tidak bingung ketika menggunakannya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Publisher 

Publisher merupakan orang atau pemilik situs yang bergabung dan memasang iklan adsense pada situs mereka. Selain itu ada istilah Ad Units yang merupakan iklan adsense itu sendiri.

2. Link Unit

Sama dengan ad units, namun formatnya mirip dengan menu yang ditemui pada situs web, perbedaannya terletak pada saat pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Pada link unit, pengguna akan diarahkan ke halaman hasil pencarian di engine search Google.

3. Adsense for Content

Merupakan iklan adsense yang dipasang dalam suatu halaman. Iklan ini akan muncul berhubungan dengan kontekstual halaman tersebut. Ad unit dan links unit juga termasuk pada adsense for content. 

4. Alternate Ads

Yakni munculnya iklan saat iklan utama yang kontekstual dengan isi dari web telah habis. Google memperbolehkan untuk memasang alternate ads atau iklan alternatif.

5. Channel 

Label yang diberikan pada ads units,link units, adsense for search serta referrals. 

Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan satu label dapat dipakai untuk adsense yang digabung berdasarkan pada channel. Hal ini tentunya akan memudahkan publisher untuk menganalisis adsense.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Raup Keuntungan Besar

Raup Keuntungan dengan Strategi Tepat dari Modal Usaha Kredibel

Danamas merupakan platform pinjaman online beragunan properti yang bisa Anda ajukan melalui website ataupun download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis melalui Smartphone. Pinjaman untuk modal usaha tersebut bisa Anda ajukan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar. Segera kembangkan usaha Anda bersama Danamas.

Pinjaman online terpercaya ini sudah terdaftar dan berizin OJK, jadi prosesnya aman. Masa tenor yang diberikan cukup lama sampai 10 tahun. Anda bisa mencicilnya sambil mengembangkan bisnis. Yuk simulasikan pinjaman dan nilai properti dengan kalkulator simulasi properti dan kalkulator pinjaman di website Danamas. Untuk info lebih lengkap, klik DISINI!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda