Bisnis-Online-Rumahan

Menjalankan bisnis online untuk ibu rumah tangga (IRT) memang suatu hal yang sangat didambakan ya sepertinya. Bisa mengurus rumah sekaligus mendapatkan penghasilan dari rumah sudah seperti kehidupan yang IRT impikan. Namun, terkadang IRT merasa masih bingung harus memilih bisnis online seperti apa ya? Kekurangan modal hingga skill atau kemampuan dalam berbisnis menjadi batasan tersendiri bagi setiap ibu rumah tangga.

Penting sekali bagi IRT untuk mengetahui apa yang mereka sukai sehingga bisa memberikan ide bisnis online rumahan apa yang cocok untuk mereka. Beberapa orang juga memilih untuk berjualan saat memiliki bayi, dengan begitu mereka bisa memiliki aktivitas dan keuntungan untuk menambah pendapatan sehari-hari.

Ide bisnis online rumahan untuk ibu rumah tangga yang memiliki bayi bisa jadi pilihan yang jitu untuk menambah penghasilan. Sebenarnya ada banyak ide yang bisa Anda wujudkan untuk memiliki bisnis online rumahan. Anda hanya membutuhkan modal dan waktu yang cukup untuk bisa memiliki bisnis online rumahan yang sukses. Ada tips jitu cara atur waktu bagi IRT yang ingin mencoba melakukan bisnis online rumahan.

Bisnis Online Rumahan

Bisnis online memberikan kemudahan bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan dari rumah. Ada banyak ide bisnis online rumahan yang bisa Anda jalankan tanpa perlu modal yang terlalu banyak. Selain itu, bagi IRT yang memiliki bayi bisa juga menjalankan bisnis yang memungkinkan Anda tetap bisa mengurus rumah sambil berbisnis. Dibawah ini ada pilihan ide bisnis online rumahan untuk IRT yang juga sudah memiliki bayi.

Dengan menjalankan bisnis online rumahan, maka Anda bisa memiliki aktivitas dirumah, tetap produktif dan bisa menghasilkan uang. Pasti bagi IRT, ini menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jadi, pilih bisnis online rumahan yang cocok dengan kemampuan Anda juga kombinasikan dengan promosi yang massive sehingga makin banyak orang tahu, maka makin besar juga peluang dari bisnis yang Anda jalankan.

Ide Bisnis Online bagi IRT

Nah, di artikel berikut ada beberapa pilihan bisnis online untuk ibu rumah tangga agar tetap berpenghasilan walau dirumah. Yuk kita simak!

  1. Bisnis Online Makanan

Kini bisnis di dunia kuliner makin trending terlebih lagi disaat pandemi ini, banyak orang yang lebih memilih makanan secara online daripada harus ke restoran. Kondisi seperti ini bisa jadi celah atau kesempatan bagus untuk IRT yang ingin berbisnis online makanan untuk tambah penghasilan. Anda bisa coba menjual cemilan atau makanan ringan, makanan kesukaan Anda yang dibuat sendiri, pre-order makanan yang sedang tren saat ini, dll. Untuk bisnis online dibidang kuliner ada banyak sekali pilihannya. Jika Anda bingung, coba mulai dari makanan yang memang Anda sukai. 

  1. Bisnis Fashion

Bisnis dibidang fashion bisa menjual baju, jilbab atau kerudung, celana, tas, sepatu, dll. Semua ini bisa Anda jadikan lini bisnis dalam satu brand yang Anda bangun. Namun, jika Anda hanya memilih salah satu pun tidak masalah. Kini, ada banyak toko yang memiliki fasilitas dropshipper atau reseller. Jika modal Anda terbatas, maka coba bisnis online dengan dropship. Tak hanya modal yang minim, dengan bisnis online dropship pun bisa Anda lebih minim waktunya sehingga urusan rumah tetap bisa dijalankan dan bisnis tetap lancar. Jangan lupa juga melihat tren yang sedang berkembang saat ini ya, sehingga Anda bisa memilih barang apa yang bisa Anda jual ke pasaran, dimana konsumen suka. 

  1. Bisnis Perlengkapan Bayi & Mainan Anak

Kebutuhan bayi dan anak juga sedang banyak diincar oleh ibu-ibu sebagai pilihan bisnis online mereka. Kebutuhan bayi dan anak memang seperti tidak ada habisnya, karena tren perlengkapan bayi dan anak selalu berkembang seiring perkembangan jaman. Perlengkapan bayi yang bisa Anda jadikan pilihan bisnis online seperti perlengkapan bayi baru lahir, baju-baju bayi dan anak, mainan bayi dan anak, perlengkapan makan, dll. Target market ibu-ibu pun adalah kesempatan yang bagus, karena sudah dipastikan kalau ibu-ibu suka sekali dengan perlengkapan bayi atau membelikan barang untuk anaknya pasti mudah untuk mengeluarkan uang. 

  1. Bisnis MLM

Bisnis online yang bisa dilakukan IRT lainnya adalah bisnis MLM. Bisnis MLM kini memiliki produk yang bervariasi seperti produk kosmetik, parfume, essential oil, dll. Hampir semua produknya ini bisa menjadi kesempatan Anda menawarkan ke sesame ibu-ibu lain. Peluang MLM untuk mendapatkan keuntungan juga lumayan jika Anda berhasil menjual produknya. Selain itu, di beberapa perusahaan MLM juga menawarkan benefit tambahan yang bisa Anda rasakan saat menjadi anggotanya. Pelajari lebih lanjut tentang perusahaan MLM yang menjadi incaran Anda sebelum memutuskan bergabung menjadi anggotanya. 

  1. Penulis Lepas

Selain berjualan online, Anda juga bisa menjadi penulis lepas atau freelance writer. Keuntungan menjadi penulis lepas bagi IRT tak hanya menambah penghasilan tapi juga bisa membangun portfolio yang mungkin bisa saja kedepannya Anda memiliki pekerjaan full time sebagai penulis. Penulis lepas tidak hanya untuk blog, kini ada banyak penyedia jasa freelance seperti sribulancer atau project.co.id yang memberikan lowongan untuk para penulis pekerja lepas. Keunggulan jenis pekerjaan ini lainnya adalah Anda bisa memilih pekerjaan penulisan yang memang Anda sukai seperti penulisan konten media sosial, penulisan konten blog, dll. 

  1. Berjualan Tanaman Hias

Di era pandemi seperti sekarang ini, jual tanaman hias adalah salah satu pilihan yang sedang tren. Tanaman hias menarik banyak orang karena memelihara tanaman hias bisa mengisi waktu luang sekaligus menikmati ciptaan Tuhan. Nah, jika Anda ingin bisnis online tanaman hias, maka hal yang Anda butuhkan Adalah pengetahuan tentang tanaman tersebut, seperti cara perawatan, cara pembibitan, dll. Hal ini karena setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka pastikan tanaman yang Anda jual sebagai pemula adalah tanaman yang tidak “rewel”, jika Anda sudah terbiasa dan memahami seluk beluk tanaman, coba koleksi tanaman hias lainnya untuk dijual. Saat menjual tanaman hias, Anda bisa coba tanam dari bibit atau langsung menjual tanaman yang berukuran medium. Keduanya bisa jadi pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam merawat tanaman. 

  1. Bisnis Online Handcraft

Ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan, coba jadikan ini untuk bisnis Anda. Ada banyak sekali pilihan kerajinan tangan yang bisa Anda coba jual, seperti kerajinan hasil karya kain flanel, perca, mote pernak-pernik, bros, dll. Setelah itu, coba jual di marketplace dan jangan lupa untuk ikuti tren yang sehingga kerajinan tangan Anda juga bisa diminati banyak orang saat ini. Bisnis online kerajinan tangan ini bisa menambah keuntungan juga kepuasan tersendiri karena hobi pun bisa jadi cuan. 

Cara Atur Waktu bagi IRT Berbisnis

Bagi IRT, tantangan saat berbisnis tidak hanya dalam modal tetapi juga waktu. Anda mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk bisa mengelola bisnis terlebih lagi jika Anda memiliki bayi. Berikut tips cara atur waktu bagi IRT yang ingin berbisnis.

  • Skala Prioritas

Coba buat daftar tugas apa saja yang Anda kerjakan, lalu buat daftar prioritas dalam hidup Anda. Kenali rutinitas dan kebutuhan keluarga (suami dan anak) sehingga nantinya tidak akan ada pekerjaan rumah yang terbengkalai. Misalnya, saat pagi hari, prioritas Anda memenuhi kebutuhan suami dan anak, setelah mereka kerja dan sekolah, coba atur waktu untuk Anda bekerja. Jika tidak memungkinkan, maka coba kerjakan bisnis saat Anda tidur atau di waktu-waktu sela Anda. Mengosongkan waktu atau benar-benar memasukkan aktivitas Anda ke dalam jadwal adalah bentuk Anda serius untuk mulai berbisnis. 

  • Buat To-do List

Jika Anda merasa kesulitan untuk membagi waktu, coba sediakan waktu setiap malam sebelum tidur untuk membuat to-do list, daftar pekerjaan apa saja yang besok akan dikerjakan. Buat daftar rutinitas ini setiap hari secara detail sehingga memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas di esok hari. Anda bisa tulis kegiatan di kertas lalu tempel di kulkas atau di catatan handphone. 

  • Set Jam Khusus untuk Kegiatan Bisnis

Jika Anda bisnis online dengan berjualan di online shop, maka hal yang juga harus Anda jadwalkan adalah jam dimana Anda packing, memeriksa order yang masuk, mengirimkan barang, membalas chat konsumen ,dll. Akan lebih baik dan terarah, hal ini harus Anda set di jadwal setiap harinya. Dengan begitu, Anda pun tidak akan merasa kewalahan dalam mengerjakan bisnis. 

  • Buat Waktu untuk Belajar Ilmu Bisnis Baru

Agar bisnis lebih lancar dan terus maju, maka Anda butuh upgrade ilmu terus menerus. Sebaiknya, sediakan juga waktu untuk Anda menambah ilmu bisnis hingga marketing promosi. Upgrade ilmu ini bisa lewat membaca buku, e-book, bergabung di komunitas, mencari tahu tren yang populer saat ini, ikut kelas online, seminar hingga workshop. 

  • Tetap Fleksibel namun Terarah

Tidak dipungkiri menjadi IRT juga berbisnis adalah dua hal yang cukup menantang jika dilakukan bersamaan. Untuk itu, Anda bisa tetap fleksibel dalam menjalankan pekerjaan rumah tangga juga bisnis. Hal yang perlu Anda ingat adalah coba lakukan ini semua dengan perlahan namun tetap dalam jalurnya. Misalnya, jika hari ini Anda keteteran dengan tugas rumah tangga, maka coba selesaikan sedikit demi sedikit, begitu pula jika orderan online sedang banyak sekali. Hal yang penting adalah tetap fleksibel membagi waktu dan nyaman dalam menjalankannya. 

Jika Anda merasa masih membutuhkan modal untuk bisa menjalankan bisnis online, maka itu adalah pertimbangan yang sangat wajah sekali. Memiliki modal yang cukup biasanya menjadi tolak ukur dalam memulai usaha. Hal ini juga yang membuat banyak IRT ragu untuk memulai bisnis online. Jika Anda mengalami hal serupa, coba ubah properti menjadi modal usaha dengan Danamas. Modal usaha beragunan properti dari Danamas bisa mendukung usaha Anda untuk terus maju dan berkembang. Danamas adalah Fintech Lending yang berizin dan diawasi oleh OJK. Jadi, kini tidak perlu lagi khawatir jika Anda ingin mengajukan pinjaman online terpercaya untuk modal usaha dengan Danamas. Modal usaha yang bisa Anda dapatkan dari 50 juta hingga 2 miliar rupiah dengan tenor minimum 1 tahun dan maksimal 10 tahun. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda