Komunikasi bisnis merupakan cara untuk berbagi informasi diantara karyawan internal maupun diluar perusahaan. Seperti yang kita ketahui komunikasi merupakan salah satu peranan yang paling penting untuk manusia dapat terhubung antar sesamanya. Dalam dunia bisnis pun, komunikasi sangat penting untuk menyampaikan pesan, mendelegasikan pesan dalam bisnis.
Komunikasi bisnis juga sangat penting agar rencana operasional bisnis bisa dieksekusi dengan terarah dan terukur.. Bayangkan jika rencana operasional bisnis tanpa komunikasi yang baik, pastinya setiap eksekusinya akan berantakan. Maka, pastikan agar bisnis Anda punya sistem komunikasi bisnis baik.
Bagaimana cara membuat komunikasi bisnis yang baik dalam perusahaan Anda? Dalam artikel ini akan dibahas dengan lengkap mengenai komunikasi bisnis mulai dari pengertian, manfaat, hingga contoh komunikasi bisnis.
Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis merupakan proses untuk berbagi informasi antara orang di dalam maupun di luar bisnis. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara bagi karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya komunikasi bisnis diharapkan dapat memberikan peningkatan praktik bisnis dan mengurangi adanya kesalahan. Sejatinya komunikasi bisnis termasuk ke dalam kategori ilmu terapan.
Pentingnya komunikasi bisnis juga terletak pada penyajian opsi atau ide bisnis yang baru, baik itu untuk perencanaan, proposal bisnis dan membuat keputusan, pencapaian kesepakatan hingga kesuksesan penjualan. Sejatinya ,semua aktivitas yang terorganisasi dalam suatu perusahaan tergantung pada prose komunikasi bisnis.
4 Jenis Komunikasi Bisnis
Ada beberapa jenis komunikasi yang dapat Anda ketahui dari komunikasi bisnis, yakni:
1. Jenis Komunikasi Internal ke Atas
Komunikasi bisnis internal ke atas merupakan suatu bentuk komunikasi yang berasal dari bawahan ke manajer atau individu sesuai dengan hierarki perusahaan.
Setiap pemimpin harus memungkinkan agar informasi mengalir ke atas dan memiliki pemahaman yang benar mengenai operasi bisnis. Pada jenis komunikasi ini biasanya mencakup survei, umpan balik, formulir, dan laporan yang disampaikan karyawan kepada pemimpin tim mereka.
2. Jenis Komunikasi Internal Kebawah
Komunikasi internal kebawah didapat dari atasan ke satu atau lebih bawahan. Jenis komunikasi ini bisa dalam bentuk surat, memo, atau arahan verbal. Saat berkomunikasi dengan karyawan, ada baiknya pemimpin harus menjaga komunikasi tetap secara profesional dan jelas.
3. Komunikasi Bisnis Internal Lateral
Komunikasi internal lateral terjadi di antara karyawan yang berada di tempat kerja. Saat ini ada banyak cara karyawan dapat berkomunikasi yakni melalui chatting, pesan, dan email. Fungsi dari komunikasi internal lateral adalah untuk memainkan peran penting dan sebagai bentuk keterlibatan dan produktivitas karyawan.
4. Komunikasi Eksternal
Komunikasi bisnis yang terjadi secara eksternal merupakan komunikasi dengan pihak luar seperti pelanggan, vendor, mitra kerja.
3 Manfaat dari Komunikasi Bisnis
Ada beberapa manfaat yang didapat dari komunikasi bisnis, yakni:
1. Memberikan Sebuah Informasi (Informing)
Informasi yang dimaksud disini adalah informasi yang memiliki kaitan, misalnya sales yang ingin meningkatkan target pencapaiannya dengan memasang iklan di berbagai media untuk orang dapat mengetahui informasi mengenai produk yang dijual.
2. Melakukan Persuasi (Persuading)
Cara terbaik untuk melakukan komunikasi yang dapat digunakan saat ingin mempengaruhi dan meyakinkan orang lain untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang Anda jual.
3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)
Kolaborasi merupakan bentuk kerjasama dan interaksi dari berbagai pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya komunikasi inilah yang kemudian membuat kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan menjadi mudah.
Unsur Komunikasi Bisnis
Diperlukan beberapa hal untuk memahami komunikasi yang baik yakni 5W dan 1H, misalnya seperti:
- Komunikator = sebagai sumber dan pengirim informasi.
- Pesan = sebagai informasi atau pesan.
- Media = sebagai channel dan medianya.
- Komunikan = sebagai komunikan dan penerima.
- Efek = sebagai dampak dari komunikasi yang dilakukan.
4 Contoh Komunikasi Bisnis
Ada beberapa contoh fungsi komunikasi dalam bisnis yang dapat Anda jumpai dalam dunia usaha maupun pekerjaan. Misalkan seperti contoh berikut ini.
1. Menginformasikan Karyawan Mengenai Fungsi Pekerjaan
Salah satu fungsi utama dari komunikasi bisnis adalah untuk memberitahu karyawan mengenai fungsi pekerjaan atau tanggung jawab pekerjaan yang harus mereka kerjakan selama dalam perusahaan tersebut.
2. Membujuk atau Mempengaruhi Mitra Bisnis untuk Bekerjasama
Dalam komunikasi bisnis, tentunya digunakan untuk meyakinkan klien, dan mitra bisnis untuk melakukan suatu kesepakatan dengan perusahaan Anda.
3. Memotivasi Karyawan untuk Membuat Keputusan yang Baik
Komunikasi sering digunakan secara strategis dalam organisasi untuk membantu karyawan dalam merancang keputusan yang lebih baik, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan sehari mereka di kantor.
4. Bersosialisasi dengan Orang di Dalam Sebuah Organisasi
Komunikasi bisnis juga dapat menjadi contoh dalam organisasi atau perusahaan ketika Anda berkomunikasi dengan karyawan, rekan kerja, client kerja, atasan di kantor, dan lain sebagainya
Bangun Bisnis UMKM Anda Dengan Atmosfer Komunikasi yang Baik
Membangun sebuah bisnis adalah sebuah tantangan yang panjang. Anda harus punya sebuah keyakinan dan ketekunan. Membangun komunikasi bisnis yang baik adalah salah satu cara mengejar kesuksesan bisnis. Namun, masih banyak langkah lain yang perlu Anda lakukan untuk bangun bisnis hingga stabil, termasuk kecukupan modal bisnis
Anda membutuhkan tambahan modal usaha untuk membantu mengembangkan bisnis? Danamas Pinjaman Bisnis dapat menjadi solusi Pinjaman Online Terpercaya beragunan properti yang tepat untuk Anda mengembangkan usaha. Anda dapat melakukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 Miliar, dengan tenor yang panjang dan bunga yang kompetitif.Kami juga punya Kalkulator Simulasi Kredit yang bisa membantu Anda!