akses ksei

Aktivitas trading dan investasi kian marak belakangan ini, sehingga banyak sekali investor pemula yang tertarik untuk mencoba berinvestasi untuk meraup berbagai keuntungan dan mewujudkan tujuan finansial. Ada istilah yang yang perlu Anda ketahui dalam berinvestasi saham yaitu KSEI. Apakah anda tahu apa itu KSEI? dan bagaimana akses KSEI sebagai bagian dari investasi saham? berikut ini kami akan menjelaskan berbagai informasi tentang akses KSEI.

Apa itu Akses KSEI?

KSEI adalah singkatan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. KSEI adalah sebuah lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal di Indonesia. Hal tersebut seperti yang tertuang pada UU Nomor 8 tahun 95 tentang pasar modal di mana tugas KSEI Allah menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek sesuai dengan aturan yang berlaku secara efisien.

Untuk pertama kalinya KSEI berdiri pada tanggal 23 Desember 1997 yang merupakan bagian dari self regulatory Organization dalam tataran pasar modal di Indonesia. Tugas dari organisasi ini adalah bertanggung jawab dalam penerapan aturan di dunia pasar modal. Lalu setahun setelah beroperasi barulah KSEI memiliki tugas sebagai LPP atau lembaga penyimpanan dan penyelesaian pasar modal.

KSEI pun menjadi organisasi pasar modal mandiri di Indonesia bersama dengan Bursa Efek Indonesia dan lembaga kliring dan penjaminan. KSEI memiliki aturan untuk pemilik sekuritas dengan menyediakan (SID) Single Investor Identification. Single investor identification bisa memudahkan proses identifikasi bagi Anda yang ingin berinvestasi dan menjadi landasan untuk pengembangan pasar modal lain.

Apa Itu Akses KSEI?

akses ksei

Akses KSEI adalah layanan informasi bagi investor untuk memantau posisi atau mutasi efek yang dimilikinya dalam rekening efek di KSEI. Sebenarnya semua investor berhak untuk mendapatkan sarana akses informasi lewat jaringan internet ini. Pemegang rekening KSEI di tempat investor terdaftar menjadi seorang nasabah. Tidak ada biaya yang akan dikenakan untuk investor ataupun pemegang rekening KSEI.

Bagaimana Cara Kerja KSEI?

Berikut alur pengelolaan saham yang bagian dari cara kerja KSEI:

  • Membuka rekening efek: Saat Anda mendaftarkan diri ke broker maka ia akan membukakan rekening efek agar anda bisa mulai berinvestasi.
  • Membuka rekening dan RDN rekening dana nasabah. Melakukan transaksi saham pertama Maka Anda membutuhkan rekening dana nasabah dan selanjutnya Anda bisa mendapatkan Sub rekening dan SID di KSEI. masing-masing nasabah memiliki SID dan SDN yang tidak bisa dipakai oleh orang lain.
  • Kepemilikan dana dan saham. hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan dana dan transaksi dimutasikan lewat RDN pribadi investor. sementara itu kepemilikan saham dan efek tersimpan dalam rekening di mana milik pribadi investor dan tidak ada kaitannya dengan broker. jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti broker bangkrut maka saham yang sudah anda beli tidak akan hilang.

Manfaat KSEI

  • Anda bisa mengecek kepemilikan efek dalam sub rekening KSEI secara real-time sekaligus mutasinya dalam jangka waktu 30 hari.
  • Jika Anda membeli saham lewat banyak broker maka, KSEI akan memudahkan anda untuk melakukan konsolidasi laporan ke seluruh portofolio yang anda miliki.
  • Memberikan rasa aman bagi para investor saat Anda membuka rekening efek untuk investasi saham.
  • Memberikan transparansi karena semua info di pasar modal bisa anda akses dan ini adalah salah satu hal yang menjadi keuntungan para investor.
  • Akses KSEI Bisa dijadikan sarana komunikasi untuk menyajikan informasi berbentuk informasi Inkuiri atau report bagi para nasabah dengan data yang akurat.
  • Akses KSEI bersifat terbuka bagi keperluan pengembangan lebih lanjut dan spesifik sesuai dengan kebutuhan pemegang rekening.

Cara Daftar KSEI

Untuk melakukan cara daftar KSI anda perlu registrasi akun akses KSEI:

1. Investor pasar modal Indonesia yang sudah memiliki single investor identification.

2. Non investor atau register user yaitu individu lokal yang belum terdaftar sebagai investor pasar modal

Jika investor Reksadana sudah memiliki nomor si maka mereka cukup registrasi akun secara mandiri dengan langkah berikut ini:

  • Masuk Ke Situs Web Akses KSEI
  • Telusuri menu daftar lalu pilih tipe investor
  • Masukkan data-data pribadi seperti nama nik alamat Email nomor ponsel dan lain-lain.
  • Lakukan aktivasi sesuai dengan panduan yang muncul.
  • Buka email pribadi untuk melakukan aktivasi lalu Klik tautan yang tersedia
  • Buat kata sandi atau password sesuai login pada Access KSEI
  • Setelah semuanya sesuai maka klik Aktifkan akun saya
  • Pendaftaran selesai

Cara Cek Portofolio Reksadana Di Akses KSEI

akses ksei
  • Masuk ke situs akses KSEI, lalu Klik tombol masuk di kanan atas
  • Masukkan email dan kata sandi Anda
  • Buka portofolio ku, maka di bagian ini anda akan melihat nama-nama di sebelah kiri atas halaman lalu sebelah kiri juga ada berbagai tab dan pilih portofolio ku.
  • Pilih saldo, menu ini akan menunjukkan total nilai investasi di seluruh produk yang dimiliki dari saham obligasi Reksadana dan kas.
  • Ada pula menu mutasi. Menu ini akan menginformasikan transaksi yang sudah anda lakukan seperti pembelian dan penjualan. Anda bisa memasukkan kisaran periode tanggal yang ingin anda lihat dan akan tampil history transaksi pembelian dan penjualan. informasi tersebut juga termasuk tipe transaksi kustodian kode efek nilai investasi dan jumlah unitnya.

Jika melakukan daftar KSEI, maka kini Anda bisa mengakses laporan secara langsung. pada bagian menu laporan nantinya akan ditampilkan investasi berdasarkan mutasi Reksadana atau laporan bulanan reksadana. 

Kemudahan mengakses KSEI ini sudah bisa Anda rasakan seperti mudahnya untuk mendapatkan modal usaha dari fintech lending Danamas. Anda bisa dapatkan pinjaman modal usaha dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan agunan properti yang aman dan terpercaya karena sudah berizin OJK.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda