Kedai kopi ini banyak sekali diincar oleh beberapa pengusaha yang sudah melintang di dunia bisnis maupun pemula. Bisnis kedai kopi kekinian memang menjadi hits belakangan ini terlebih lagi ada salah satu brand yang cukup menarik minat anak muda hingga kini menjadi salah satu itu perusahaan Unicorn di Indonesia. Jika anda berencana untuk memiliki kedai kopi maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai berikut ini:
Tips Bisnis Kedai Kopi
- Siapkan Konsep Bisnis Usaha Warung Kopi
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat bisnis plan khusus untuk kedai kopi. Buatlah beberapa rincian pertanyaan yang perlu Anda jawab sendiri seperti apa tujuan anda untuk membuka kedai kopi, apakah ada keunikan dari kedai kopi anda, siapa kompetitor kedai kopi, Anda hingga target market yang anda tuju. Setelah itu Anda bisa masuk ke dalam perhitungan yaitu dengan perkiraan modal kedai kopi juga keuntungannya. Jangan lupa untuk menyiapkan langkah-langkah sederhana tentang operasional usaha anda dan bagaimana mempromosikan.
- Tentukan Target Market Kedai Kopi
Seperti bisnis lainnya Anda juga perlu menentukan siapa target market anda. Ketika anda sudah mengetahui target market maka kini Anda bisa menentukan bagaimana konsep ruang dari usaha anda serta menghitung anggaran yang perlu dipersiapkan. Sebagai contoh jika kedai kopi anda memiliki target anak muda khususnya kaum milenial maka anda juga bisa melengkapi menu kopi kekinian dengan beberapa pilihan pastry and bread dengan suasana yang hangat namun dinamis.
Contoh lainnya adalah saat target market anda adalah orang-orang orang yang bekerja di kantoran maka anda juga perlu memberikan suasana Kedai Kopi yang nyaman hangat dan juga fasilitas yang cukup seperti wi-fi.
- Pilih Lokasi Yang Strategis
Lokasi yang strategis juga perlu Anda pikirkan karena ini menyangkut target market anda. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis yang bisa menarik banyak perhatian karena berada di lokasi lalala kendaraan atau orang yang sesuai dengan target market anda. Sebagai contoh jika target market anda adalah anak muda milenial maka coba cari lokasi di dekat kampus atau sekolah.
Hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah unsur keamanan dan juga kebersihan di daerah area yang yang direncanakan menjadi lokasi kedai kopi anda. Selain itu pilihlah lokasi yang cukup tinggi sehingga saat hujan besar datang, kedai kopi anda pun tidak akan kebanjiran.
- Perhatikan Dekorasi atau Desain Eksterior Dan Interior Kedai Kopi
Kedai kopi kekinian hanya menawarkan cita rasa kopi yang berbeda saja tapi juga suasana pada kode kedai kopi tersebut. Tidak dipungkiri bahwa beberapa orang mendatangi kedai kopi karena merasa tempatnya sangat nyaman dan mereka pun betah untuk berlama-lama. Berbagai kegiatan pun dilakukan di kedai kopi seperti meeting bekerja mengerjakan tugas kampus dan lain-lain. Maka dari itu penting sekali untuk mulai mempertimbangkan bagaimana desain eksterior dan interior kedai kopi Anda nantinya.
Kedai kopi kekinian sebaiknya didukung oleh barista yang berpengalaman dan memiliki kecakapan dalam meracik biji kopi. Maka pertimbangkan untuk memilih barista yang tepat yang tidak hanya sekedar mampu mencampur biji kopi dan bahan lainnya tetapi juga memiliki fashion yang cukup tinggi di bidang meracik kopi.
- Promosi Di Media Sosial
Agar kedai kopi Anda semakin dikenal oleh banyak orang maka manfaatkan media sosial. Anda bisa menggunakan influencer atau menggunakan iklan berbayar di media sosial agar jangkauan lebih luas dan dikenal banyak orang. Selain itu Buatlah konten-konten menarik di media sosial secara konsisten sehingga brand anda pun akan lebih dikenal oleh masyarakat dan tingkat kepercayaannya pun akan lebih tinggi.
- Cari Supplier Terbaik
Hanya barista yang memiliki kemampuan yang apik Anda juga harus memiliki supplier yang baik dan terpercaya. Sebaiknya anda melakukan uji coba ke beberapa supplier untuk menemukan supplier yang yang cocok. Selain itu carilah supplier yang berada pada lokasi yang anda bisa jangkau dengan lokasi usaha warung kopi sehingga bisa memangkas ongkos kirim.
- Pelajari Tentang Pembukuan Dan Finansial
Untuk membuka bisnis kedai kopi maka anda juga perlu belajar tentang financial masuk beberapa aktivitasnya. Pencatatan finansial itu seperti arus kas usaha yang bisa memantau perkembangan bisnis anda. Maka anda pun bisa lebih maksimal dalam mempromosikan dan berekspansi bisnis jika literasi keuangan anda pun mendukung.
Alasan Anda Harus Buka Kedai Kopi
- Kopi Di Kopi Proses Mudah
Untuk melalui proses produksi secangkir kopi di usaha kedai kopi kekinian relatif cepat dan mudah. Tak seperti pada bisnis kuliner yang melalui berbagai proses sehingga makanan tersebut dihidangkan. Untuk bisa menyajikan secangkir kopi maka anda hanya butuh bubuk kopi yang diletakkan pada mesin secara manual dan meraciknya.
- Menu Sederhana
Sesuai dengan namanya kedai kopi maka menu utamanya adalah berbagai sajian olahan kopi mulai dari kopi susu, kopi hitam, Cappuccino, latte dan lain-lain. Sementara itu menumpu lengkapnya bisa dibuat lebih sederhana seperti pastry bread dan lain-lain.
- Pangsa Pasar Yang Luas
Berbeda dengan racikan minuman lainnya kopi adalah minuman yang bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai kalangan Han bahkan anak muda hingga dewasa. Hal ini memperlihatkan bahwa kopi memiliki pangsa pasar yang cukup luas sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar pun ada di depan mata anda.
- Pendapatan yang Menjanjikan
Usaha kedai kopi bisa cukup menjanjikan Jika anda serius untuk menggeluti bisnis ini. Sudah banyak kisah sukses pemilik usaha kedai kopi mulai dari jutaan hingga ratusan juta Rupiah per bulan.
Cara Mempromosikan Bisnis Kedai Kopi
- Promosi Online
Di era digitalisasi seperti sekarang ini maka anda perlu memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Anda bisa mempromosikan kedai kopi anda di Instagram Facebook bahkan Tik Tok melalui video foto dan reels. Ada banyak sekali cara untuk berpromosi melalui media sosial sehingga konsumen pun tertarik untuk memfollow hingga penasaran dengan kedai kopi milik anda.
- Promosi Offline
Promosi langsung bisa anda lakukan saat awal pembukaan atau event-event tertentu. Diskon event tersebut seperti by one get one, diskon hari kemerdekaan diskon dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa dan lain-lain. Buatlah promo semenarik mungkin sehingga konsumen pun akan berdatangan ke kedai kopi anda.
Kisaran Modal Usaha Kedai Kopi
Modal usaha awal | Harga |
Moka Pot | Rp 100.000 |
Syphon | Rp 850.000 |
V60 | Rp 100.000 |
Vietnam Drip | Rp 130.000 |
French press | Rp 80.000 |
Milk Jug | Rp 100.000 |
Grinder listri | Rp 400.000 |
Ketel | Rp 280.000 |
Mini burner | Rp 85.000 |
Milk frother | Rp 100.000 |
Total | Rp 2.225.000 |
Perlengkapan Kedai Kopi
Modal awal usaha | Harga |
Meja barista | Rp 2.000.000 |
Meja kursi sederhana | Rp 750.000 |
Rak kayu | Rp 200.000 |
Kulkas | Rp 1.000.000 |
Biji kopi, susu, dan bahan makanan | Rp 1.500.000 |
Biaya tambahan
Modal awal usaha | Harga |
Gaji barista (part time) | Rp 3.000.000 |
Sewa tempat & renovasi | Rp 5.000.000 |
Bayar retribusi | Rp 150.000 |
Listrik | Rp 300.000 |
Total | Rp 8.450.000 |
Jadi, ingin buka kedai kopi? Dengan kisaran modal yang tertera diatas, maka Anda sudah bisa terbayang seberapa banyak modal yang Anda butuhkan. Jika Anda kesulitan dalam mendapatkan modal usaha, maka Anda bisa dapatkan pinjaman modal usaha di Danamas. Fintech lending berizin OJK ini bisa jadi pilihan yang tepat dalam memulai bisnis.