Laundry

Jakarta, sebagai salah satu kota urban yang banyak digandrungi oleh para pendatang yang memiliki sedikit waktu untuk mencuci baju. Membuka bisnis laundry dapat menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang sedang ingin memulai berbisnis. Terlebih, jika bisnis laundry Anda berada di tempat yang strategis seperti dekat dengan gedung perkantoran ataupun dengan sebuah institusi pendidikan seperti universitas. Karena, di sekitarnya pasti memiliki kos-kosan yang menjadi tempat tinggal para pekerja maupun mahasiswa.

Tips Memulai Bisnis Laundry

  • Pilih lokasi yang tepat
  • Tentukan harga
  • Berikan variasi promo/diskon untuk menjangkau pelanggan baru
  • Hati-hati dengan pakaian customer
  • Lakukan pembukuan secara rutin

Alasan Harus Buka Bisnis Laundry

  • Hemat modal karena bisa dibuka dirumah
  • Banyak yang membutuhkan
  • Dapat mengerjakannya sendirian
  • Butuh modal yang sedikit
  • Penghasilan yang cukup menjanjikan

Sebelum membuka laundry, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis usaha laundry. Berikut penjelasannya.

Jenis-jenis Bisnis Laundry

  1. Bisnis Laundry Kiloan

Jenis laundry ini adalah yang paling sering dicari. Pasalnya, orang-orang akan cenderung memiliki waktu seminggu sekali untuk pergi mencuci baju ke tempat laundry favorit mereka dan pasti menjadi tempat yang termurah. Maka dari itu, Anda harus menyiasati bisnis laundry Anda menjadi kiloan.

  1. Bisnis Laundry Koin

Untuk yang satu ini, Anda harus memiliki modal yang cukup banyak serta harus membeli mesin cuci dalam jumlah yang banyak. Dengan konsep self-service, pelanggan akan mencuci sendiri bajunya dengan memasukkan koin ke dalam mesin cuci yang telah Anda sediakan. Anda juga dapat menjual berbagai kebutuhan laundry seperti deterjen, pewangi, dan lain-lainnya.

  1. Bisnis Laundry Sepatu

Jika laundry kiloan biasanya hanya menyediakan cuci baju dan lainnya yang berbahan kain, laundry sepatu menyediakan cuci alas kaki. Biasanya, jasa cuci sepatu juga bisa mencuci jenis alas kaki yang lain, tidak harus selalu sepatu.

  1. Bisnis Laundry Hotel

Memiliki bisnis laundry hotel berarti Anda hanya berfokus pada keperluan hotel seperti sprei, selimut, handuk, dan sebagainya. Untuk mendapatkan pelanggan, Anda harus bekerja sama dengan sebuah hotel. Hal ini dapat mengartikan bahwa pemasukan yang Anda terima akan menjadi lebih stabil.

Setelah Anda mengetahui jenis bisnis laundry yang cocok dan sesuai dengan Anda, kini Anda juga harus mengetahui keuntungan dan kerugian dalam melakukan bisnis laundry. Lalu apa saja sih, keuntungan dan kerugian tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

Keuntungan dan Kerugian Membuka Bisnis Laundry

Laundry
  1. Keuntungan
  • Bisa dijalankan di rumah karena mudah untuk dijalankan
  • Penghasilan yang didapatkan lumayan besar
  • Mudah untuk mendapat customer
  • Penghasilannya lebih pasti
  1. Kerugian
  • Kompetitor yang sangat banyak
  • Membutuhkan modal yang lumayan banyak
  • Membutuhkan perawatan lebih apabila terdapat kerusakan
  • Membutuhkan waktu yang banyak dan tenaga yang besar

Modal bisnis laundry kiloan dapat dibilang lumayan merogoh kocek. Pasalnya, Anda membutuhkan peralatan-peralatan seperti mesin cuci dengan jumlah yang lebih dari satu. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan bahan-bahan operasional. Berikut contoh perhitungan yang harus Anda siapkan saat Anda ingin memulai bisnis laundry.

Baca juga: Ini Pilihan Bisnis Jasa Terlaris & Keuntungannya

Kebutuhan/ItemKeteranganHarga yang dibayarkan
Modal/Investasi Awal
Mesin Cuci2 unit 4.000.000
Setrika5 unit1.500.000
Timbangan Digital1 unit500.000
Meja Kursi1 set250.000
Operasional air, listrik, gaji karyawan, detergen, dll2.600.0000
Renovasi1 kali1.000.000
Promosispanduk, diskon, dll500.000
Total modal yang dibutuhkan + 1 bulan awal10.650.000

Sekian penjelasan mengenai usaha laundry untuk Anda yang baru saja memulai. Jika Anda sudah memulainya dan terhambat dengan modal, Anda bisa mengajukan pinjaman bisnis di Danamas untuk pengembangan usaha Anda. Danamas merupakan pinjaman bisnis beragunan properti dengan limit hingga 2 Miliar Rupiah dan tenor hingga 10 tahun.
Untuk info selanjutnya, Anda bisa mengunjungi website Danamas di lancar.id atau mengunduh aplikasi Danamas yang sudah tersedia di Play Store dan Apple Store.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda