paklaring adalah

Paklaring adalah istilah yang tidak asing bagi Anda khususnya yang sudah bekerja. Umumnya paklaring dipakai bagi para pekerja dan juga pencari kerja seperti HRD sebagai syarat sebelum masuk ke dalam perusahaan baru. Untuk itu penting sekali Bagi anda yang ingin bekerja di perusahaan memiliki paklaring. 

Dalam memilih karyawan di dalam perusahaan, ada beberapa tips agar dapat memilih karyawan yang baik dan benar contohnya adalah merencanakan strategi perekrutan karyawan, membuat checklist untuk proses rekrutmen, memeriksa latar belakang dan referensi.

Paklaring biasanya diterbitkan oleh perusahaan terdahulu di mana anda resign, setelah anda resign maka surat paklaring bisa digunakan sebagai bukti bahwa anda telah bekerja di perusahaan tersebut. Namun tahukah Anda apa yang disebut dengan paklaring? Seperti apa isi paklaring? Dalam artikel ini akan dikupas tuntas mulai dari fungsi, syarat, sampai contohnya. Yuk simak!

Apa Itu Paklaring?

Paklaring adalah surat yang diberikan oleh perusahaan dimana anda memutuskan untuk resign. Surat paklaring adalah sebuah dokumen yang didalamnya terdapat informasi terkait pengalaman dan posisi kerja selama bekerja di perusahaan tersebut. Isi dari surat paklaring umumnya menginformasikan tentang jenjang karir Anda, kapan Anda masuk hingga keluar atau masa kerja selama di perusahaan tersebut. Sebagai contoh, jika awal masuk Anda bekerja di perusahaan sebagai staff Junior, lalu naik jabatan menjadi Manager, maka dalam isi surat paklaring berisikan jenjang karir tersebut. 

Selain itu, di surat paklaring juga bisa menjelaskan bagaimana performa Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Surat paklaring diterbitkan oleh HRD di perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Maka jika anda ingin resign dari perusahaan, Anda bisa meminta surat paklaring ke Departemen personalia. Umumnya, surat paklaring dijadikan sebagai salah satu syarat yang perlu dilampirkan ketika anda melamar ke perusahaan baru. Hanya itu surat paklaring juga bisa dijadikan dokumen tambahan saat anda ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. 

4 Fungsi Surat Paklaring

Surat paklaring memberikan beberapa manfaat untuk Anda terutama untuk kesuksesan karir Anda kedepannya. Berikut ini dirangkum 4 fungsi surat paklaring diantaranya:

1. Membantu Anda Untuk Melamar Kerja Ke Perusahaan

Fungsi surat paklaring yang paling sering dimanfaatkan oleh orang adalah untuk melamar kerja ke perusahaan lain. Di beberapa perusahaan, meminta pelamar untuk melampirkan surat paklaring selain dokumen-dokumen penting lainnya. Surat paklaring juga bisa digunakan sebagai surat pembuktian kemampuan anda di posisi tempat anda bekerja sebelumnya. Maka dari itu penting sekali untuk anda memiliki surat paklaring jika sudah resign.

2. Untuk Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, salah satu dokumen yang anda butuhkan adalah surat paklaring dana tunjangan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan, baru bisa cair jika anda telah melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan surat paklaring sebagai bukti anda sudah resign di tempat kerja lama anda. 

Caranya cukup mudah anda hanya harus membawa hasil legalisir serta dokumen asli surat paklaring pastikan juga Anda menjaga dokumen penting ini sehingga kedepannya akan lebih mudah untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan jika dibutuhkan.

3. Surat Paklaring Untuk Mengajukan Beasiswa

Selain untuk melamar ke perusahaan tempat anda baru bekerja, surat paklaring juga bisa dipakai sebagai syarat untuk masuk ke Universitas di jalur profesional seperti S2 dan S3. Jika anda ingin mendapatkan gelar khusus maka anda bisa memanfaatkan surat ini sebagai dokumen untuk mengajukan program beasiswa di jalur profesional. 

Umumnya beasiswa yang diberikan dari pemerintah atau swasta, mengharuskan anda melengkapi dokumen termasuk surat paklaring, jika beasiswa tersebut khusus diberikan untuk karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Surat Paklaring Untuk Ajukan Pinjaman Bank

Beberapa bank memiliki persyaratan untuk melengkapi dokumen surat paklaring. Surat paklaring digunakan sebagai dokumen pendukung untuk untuk mendapatkan pinjaman dana KTA atau KPR. 

Umumnya pihak bank akan melihat apakah status anda sebagai karyawan atau bukan lagi menjadi karyawan sehingga bank bisa mengetahui jika pihak debitur memiliki penghasilan tetap dan jumlah gaji di posisi terakhir ia bekerja. Setelahnya, pihak bank bisa menentukan berapa jumlah pinjaman atau cicilan yang bisa dibayarkan oleh calon debitur saat ingin meminjam dana ke bank.

Berapa Lama Paklaring Keluar Setelah Resign?

Paklaring biasanya dapat dikeluarkan oleh kantor maksimal selama 1 bulan setelah resign. Namun, ada beberapa syarat yang harus Anda selesaikan sebelum mendapatkan paklaring. Anda juga perlu mengetahui bahwa paklaring dapat diberikan jika seseorang keluar secara baik-baik di perusahaan. Selain itu, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan paklaring.

3 Syarat Membuat Surat Paklaring

Surat Paklaring tidak bisa Anda buat begitu saja, karena ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dalam membuat surat paklaring. Ini dia 3 syarat yang wajib Anda penuhi sebelum membuat surat paklaring:

1. Lama Bekerja Minimal 1 Tahun

Jika anda ingin memiliki surat paklaring maka anda harus bekerja minimal 1 tahun di perusahaan tersebut. Jika anda bekerja kurang dari 1 tahun maka surat paklaring pun tidak bisa anda dapatkan. HRD akan memberikan informasi bahwa surat paklaring akan diterbitkan atau tidak saat Anda mengajukan resign atau saat anda sudah memenuhi masa kontrak kerja minimal 1 tahun.

2. Resign Dengan Cara Yang Baik

Untuk mendapatkan surat paklaring, Anda harus mengajukan resign terlebih dahulu. Namun tak hanya sekedar resign atau meninggalkan perusahaan anda juga harus meninggalkan nama baik, sehingga surat paklaring bisa menjadi surat referensi atau rekomendasi Anda saat ingin bekerja ke perusahaan lain.

3. Penuhi Semua Kewajiban Sebelum Resign

Syarat untuk mendapatkan surat paklaring adalah dengan memenuhi semua kewajiban Anda sebagai karyawan dan menyerahkan segala tugas ke karyawan baru hingga menyelesaikan tugas yang sedang anda kerjakan hingga tuntas. 

Hal ini menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab atas pekerjaan yang masih anda kerjakan dan selesaikan di masa akhir posisi anda saat ini. Setelah itu barulah Anda bisa mengurus surat pengunduran diri atau resign.

Jika anda adalah seorang HRD atau yang memiliki tugas untuk membuat surat paklaring maka contoh surat paklaring ini bisa anda buat. Informasi yang bisa ditampilkan dalam surat paklaring antara lain nama lengkap sama nomor induk karyawan, jabatan, lokasi kerja dan masa kerja. 

Surat paklaring juga dilengkapi oleh tanda tangan dari HRD hingga stempel perusahaan maka dari itu surat paklaring tidak bisa dibuat sendiri. Untuk mendapatkan surat paklaring, karyawan bisa mengajukannya ke HRD perusahaan di mana anda bekerja. 

Susunan/Format Surat

Jangan sampai salah ketika Anda membuat surat paklaring. Yuk simak format surat paklaring agar Anda dapat membuat surat yang baik.

  1. Kop surat atau identitas perusahaan
  2. Nomor surat
  3. Pengesahan yang dilakukan oleh atasan
  4. Isi surat
  5. Stempel dan tanda tangan untuk legalitas penerbitan dokumen ini

3 Cara Membuat Paklaring dengan Mudah

Umumnya sebagai karyawan tidak boleh membuat paklaring sendiri. Paklaring akan dibuat oleh bagian personalia dan HRD perusahaan. Berikut cara membuat paklaring

  1. Tulis data diri karyawan secara lengkap beserta dengan posisinya di perusahaan
  2. Masukan informasi waktu karyawan tersebut bekerja di perusahaan
  3. Masukan kinerja, performa, kelebihan dan prestasi yang pernah didapatkan oleh karyawan tersebut.

Jika Anda adalah seorang karyawan yang ingin membuat paklaring maka Anda dapat meminta pada bagian personalia maupun HRD di perusahaan tempat Anda bekerja.

 Contoh Surat

Sebagai seorang karyawan, maka Anda membutuhkan paklaring untuk pindah kerja ke perusahaan lain. Lain hal, jika setelah resign Anda memutuskan untuk menjadi pebisnis, maka tanpa paklaring pun Anda tetap bisa melanjutkan kehidupan ala pengusaha. 

Memulai menjadi pebisnis dari karyawan tentu akan banyak adaptasi terutama soal modal usaha. Beberapa pebisnis yang awalnya adalah seorang karyawan memiliki masalah dalam hal modal usaha. Modal usaha untuk membangun bisnis sangatlah limit, untuk itu butuh tambahan pinjaman usaha lewat fintech lending. 

Butuh Modal untuk Memulai Usaha? Lancar by Danamas, Solusi Penyedia Modal yang Mudah dan Kredibel

Fintech lending berizin dan diawasi oleh OJK seperti Danamas Pinjaman Bisnis adalah pilihan paling tepat. Dengan mempercayakan modal usaha di perusahaan yang berkredibel, maka usaha Anda bisa jalan lebih lancar tanpa ada hambatan yang berarti pada hal modal usaha. Danamas Pinjaman Bisnis memberikan limit yang besar untuk modal umkm mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Dengan suku bunga rendah dan biaya administrasi yang terjangkau akan meringankan usaha Anda di awal. Coba simulasikan properti Anda untuk dijadikan agunan bagi bisnis UMKM yang berjalan lancar di website Danamas Pinjaman Bisnis. Tunggu apa lagi? Ayo mulai bisnis Anda sekarang dengan Danamas Pinjaman Bisnis!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda