harga pokok penjualan

Cara menghitung harga pokok penjualan adalah hal yang wajib Anda ketahui dalam bisnis. Dengan mengetahui harga pokok penjualan, Anda dapat mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu unit produk Anda. Selanjutnya, Anda bisa memperkirakan harga jual produk agar bisnis bisa dapat cuan besar.

Jika Anda mengetahui harga pokok penjualan maka Anda juga dapat menentukan rencana operasional bisnis. Rencana operasional bisnis menjadi kunci skalabilitas dan perkembangan perusahaan. Apalagi rencana operasional bisnis ini diikuti dengan kematangan eksekusi para tim Anda.  Pastinya bisnis akan cepat berkembang.

Lalu bagaimana cara menentukan harga pokok penjualan? Dalam artikel ini akan dibahas cara mudah menentukan harga pokok penjualan. Bahkan jika Anda masih pemula dan tidak memiliki background ekonomi, cara ini akan dapat Anda pahami. Yuk simak selengkapnya!

Apa Itu Harga Pokok Penjualan?

Harga pokok penjualan atau HPP adalah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung atau tidak langsung untuk memproduksi barang dan jasa yang nantinya akan diperjualbelikan. Komponen ini sangat krusial dalam bisnis karena bisa menjadi penentu jumlah keuntungan dan rugi pada sebuah bisnis. 

Harga pokok penjualan merupakan salah satu unsur biaya produksi perusahaan yang bisa memberikan gambaran tentang laba rugi dengan cara membandingkan berbagai pengeluaran seperti biaya material biaya marketing gaji dan lain-lain.

3 Pengertian Harga Pokok Penjualan Menurut Para Ahli

Sebelumnya Anda sudah mengetahui pengertian harga pokok penjualan secara umum. Berikut ini pengertian harga pokok penjualan menurut para ahli. Simak selengkapnya disini!

1. Menurut Bustami Dan Nurlela

Harga pokok penjualan adalah kumpulan biaya produksi yang terdiri dari komponen bahan baku dan tenaga kerja langsung persediaan produk saat proses awal dikurangi persediaan akhir dan biaya overhead pabrik.

2. Menurut Raiborn dan Kinney

HPP adalah semua biaya produksi untuk barang-barang yang sudah dikerjakan dan ditransfer ke persediaan produk dalam suatu periode. Sebagai seorang pelaku bisnis menghitung harga pokok penjualan butuh ketelitian yang cukup tinggi karena jika salah maka akan membuat bisnis Anda merugi.

3. Menurut Kusnadi

Harga pokok penjualan adalah jumlah persediaan awal ditambah dengan harga pembelian bersih selama suatu periode yang disebut harga pokok barang yang siap dijual

Tujuan Harga Pokok Penjualan

Menghitung dan menentukan harga pokok penjualan adalah hal yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal ini bisa menjadi acuan dalam mengetahui seberapa banyak dan besar biaya produksi yang dikeluarkan oleh badan usaha saat ia ingin memproduksi barang dan jasa dari bisnis yang sudah dikelolanya. 

Harga pokok penjualan dibagi atas biaya bahan baku, biaya overhead, biaya tenaga kerja. Selain itu, HPP juga menjadi acuan dalam laporan laba rugi yang dijalankan berikut manfaatnya:

3 Manfaat HPP

Menghitung harga pokok penjualan sangat penting untuk menunjang bisnis Anda. Berikut ini adalah manfaat menghitung HPP. yuk simak!

1. Menentukan Harga Jual

Dengan mengetahui harga pokok penjualan maka Anda bisa menjadi penentu harga jual barang. Jangan sampai harga penjualan terlalu dekat dengan HPP atau malah HPP lebih besar dari harga penjualan karena Anda akan merugi.

2. Menentukan Biaya Produksi

Menentukan harga pokok penjualan berfungsi sebagai alat bantu untuk menentukan biaya produksi yang sebenar-benarnya. Dalam bisnis, tentunya Anda harus mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi satu unit barang. Dengan begitu, Anda dapat memangkas penggunaan modal yang besar.

3. Menentukan Laba Rugi

Harga pokok penjualan dapat menghitung laba rugi perusahaan. Disini Anda dapat membuat sebuah proyeksi keuntungan dengan mengetahui harga pokok penjualan.

3 Komponen Penentu Harga Pokok Penjualan

Ada beberapa komponen yang mempengaruhi harga pokok penjualan. Berikut beberapa komponen penentu nya. Yuk simak!

1. Persediaan Awal Barang Dagang

Komponen pertama dalam harga pokok penjualan adalah persediaan barang yang ada di periode atau tahun buku berjalan. Anda bisa melihat saldo pada neraca saldo periode berjalan atau neraca awal perusahaan atau juga neraca di tahun sebelumnya.

2. Persediaan Akhir Barang Dagang

Berbeda dengan komponen pertama di mana persediaan barang ada pada periode tahun buku berjalan maka persediaan akhir barang  adalah persediaan barang yang ada pada akhir periode. Untuk saldonya biasanya bisa diketahui lewat data penyusunan perusahaan pada akhir periode.

3. Pembelian Bersih

Pembelian bersih dalam harga pokok penjualan adalah semua pembelian barang yang dilakukan oleh perusahaan baik pembelian secara tunai atau kredit. Pembelian tersebut dihitung dengan biaya angkut pembelian yang dikurangi oleh potongan pembelian dan retur yang terjadi.

4 Alasan Perhitungan HPP Sangat Penting

Banyak orang tidak menghitung HPP karena dirasa bahwa perhitungannya cukup ribet. Namun, ada beberapa alasan Anda wajib melakukan perhitungan HPP, yuk simak selengkapnya!

1. HPP Bisa Menghitung Margin Laba Kotor

Untuk menghitung jumlah margin laba kotor maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu harga pokok penjualan yang Ingin dimiliki. Margin laba kotor atau gross profit adalah rasio yang dipakai untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan.

Margin laba kotor dihitung dengan mengetahui jumlah uang yang tersisa dari penjualan setelah dikurangi oleh harga pokok penjualan. Margin laba kotor bisa dihitung dengan mengurangi HPP dari total pendapatan lalu dibagi hasilnya dengan total pendapatan.

2. HPP Untuk Menentukan Harga Jual

Untuk menentukan atau menetapkan harga jual pada produk maka anda perlu menggunakan harga pokok penjualan. Jika harga terlalu tinggi maka orang tidak akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Begitu juga sebaliknya saat Anda menawarkan harga terlalu rendah maka anda pun tidak bisa mendapatkan keuntungan. Untuk itu penting untuk mengetahui bagaimana cara menghitung harga pokok penjualan agar bisnis anda bisa berjalan dengan stabil.

3. Efisiensi Produk

Dengan menghitung dan melihat gambaran harga pokok penjualan maka susunan laporan keuangan akan lebih rinci. Hal itu pun bisa membantu dalam meningkatkan efisiensi produk selain itu Anda bisa menemukan cara untuk membuat proses produksi menjadi lebih cepat.

4. Bedakan Antara Biaya Langsung dan Tidak Langsung

Memahami dan melakukan perhitungan harga pokok penjualan dengan tepat bisa membantu Anda dalam melihat perbedaan antara biaya langsung dan tidak langsung. 

Biaya langsung dalam perusahaan seperti biaya produksi dan biaya bahan baku sedangkan biaya tidak langsung seperti biaya overhead pabrik dan biaya operasional. Selain itu biaya tidak langsung juga seperti biaya pemasaran biaya sewa biaya gaji biaya hukum dan akuntansi serta pajak. 

4 Cara Hitung Harga Pokok Penjualan

Ada beberapa langkah cepat dan mudah untuk menghitung harga pokok penjualan. Dengan menggunakan cara ini maka Anda dapat menghitung HPP dengan lebih mudah.

1. Rumus Menghitung Persediaan Barang Yang Siap Dijual

Persediaan barang yang siap dijual = (Persediaan awal + pembelian bersih)

2. Rumus Menghitung Pembelian Bersih

Pembelian bersih = (total pembelian tunai dan kredit + biaya angkut) – (retur pembelian + potongan pembelian)

3. Rumus Menghitung Penjualan Bersih

Penjualan Bersih = Penjualan – (Retur Penjualan + Potongan Penjualan

4. Rumus Menghitung Harga Pokok Penjualan

Harga Pokok Penjualan = Persediaan Barang – Persediaan Akhir

Contoh Perhitungan HPP

PT XYZ sedang menyusun laporan keuangan pada akhir tahun dengan informasi sebagai berikut:

  • Persediaan awal barang tahun 2020: 8.000.000
  • Pembelian baru selama tahun 2020: 5.000.000
  • Persediaan akhir barang tahun 2020: 6.000.000

Dengan demikian, perhitungan HPP perusahaan tersebut adalah sebagai berikut:

HPP = pembelian bersih + persediaan awal barang – persediaan akhir barang

HPP = Rp800.000.000 + Rp500.000.000 – Rp600.000.000

HPP = Rp700.000.000

Maka, selama tahun 2021 perusahaan tersebut berhasil menjual barang dagangannya sebesar Rp700.000.000.

Akuntabilitas yang Baik Adalah Kunci dari Perusahaan yang Sukses

Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis jangan lupakan untuk menghitung HPP. Dengan mengetahui definisi harga pokok penjualan sekaligus rumus perhitungannya, maka ini bisa membantu Anda untuk lebih mudah dalam perhitungan bisnis UMKM. Jika Anda sudah menghitung HPP maka bisnis Anda dapat lebih terstruktur dan terencana. 

Selain HPP yang perlu Anda tahu, Anda juga perlu tahu dimana bisa dapatkan modal usaha yang mudah dan cepat.  Pinjaman Online Terpercaya berizin dan diawasi oleh OJK hadir dengan pinjaman mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar yaitu Danamas Pinjaman Bisnis. 

Anda bisa mudah ajukan pinjaman lewat aplikasinya  yang sudah bisa di download di smartphone Anda. Kemudahan akses ini juga diikuti dengan keunggulan lain seperti suku bunga ringan, tenor dari 1 tahun – 10 tahun dan kredibilitas yang sudah terpercaya.Langsung saja simulasikan kredit Anda melalui kalkulator simulasi kredit disini!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda