strategi operasi

Dalam sebuah bisnis, Anda akan membutuhkan rangkaian perencanaan persiapan dan pelaksanaan yang cermat untuk bisa mendapatkan tujuan kebutuhan perusahaan anda. Untuk bisa mencapai kesuksesan perlu melalui serangkaian proses dan proses tersebut tercakup ke dalam strategi operasi bisnis. strategi koperasi adalah semua komitmen bagi setiap kegiatan yang direncanakan dalam lingkup perusahaan. 

Apa Itu Strategi Operasi

Strategi adalah rencana yang dikembangkan oleh manajemen sebuah perusahaan atau bisnis yang mengalokasikan dana ke perusahaan tersebut. Rencana yang termasuk kedalam bagian strategi operasi dibangun setelah keseluruhan strategi tersebut dibuat maka strategi tersebut bisa mendukung arah strategis perusahaan.

Strategi operasional melaju pada cara yang dipakai sebuah bisnis untuk mencapai tujuannya. Dengan mengembangkan strategi ini maka perusahaan bisa memeriksa juga menerapkan sistem yang efisien dan efektif untuk menggunakan sumber daya mereka.

Pengertian Strategi Operasi Menurut Para Ahli

  • Hill (1989)

Strategi operasi adalah sebuah cara yang menekankan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan manufaktur dan pemasaran. Strategi bertujuan untuk mengembangkan perspektif korporat melalui agency.

  • Anderson et .al (1984)

Strategi operasional adalah visi jangka panjang yang terdiri atas tujuan kebijakan sebuah perusahaan.

  • Hayes & WheelWright (1987)

Strategi merupakan kegiatan yang ada pada lingkup perusahaan termasuk juga pada pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. 

Apa Saja Perencanaan Strategi Operasional?

  •  Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi adalah perencanaan yang berhubungan langsung dengan metode dan teknologi yang dibutuhkan oleh para pekerja.

  •  Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah rencana operasional yang berkaitan dengan denah yang dipakai dan dibutuhkan untuk kegiatan operasional.

  • Perencanaan Fasilitas

Perencanaan fasilitas ialah sebuah rencana yang berkaitan dengan fasilitas serta layout pekerjaan yang dibutuhkan untuk mendukung tugas pekerjaan.

  •  Perencanaan Pemasaran

Perencanaan pemasaran adalah perencanaan yang berkaitan dengan keperluan penjualan serta distribusi produk baik barang atau jasa.

  •  Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya adalah perencanaan yang berkaitan dengan rekrutmen penyaksian dan penempatan orang-orang dalam berbagai pekerjaan.

Baca juga: Contoh Rencana Operasional Bisnis Plan & Komponennya

Cara Menyusun Strategi Operasi Untuk Bisnis

strategi operasi

1. Strategi Operasi Sebagai Dasar Penyusunan Rencana Kerja

Ada 2 langkah yang bisa anda lakukan untuk menyusun strategi operasional sebagai dasar penyusunan rencana kerja yaitu melakukan pendekatan pengembangan yang menguntungkan, pendekatan sistem, pendekatan SWOT, dan pendekatan kesenjangan perencanaan.

  • Pendekatan Pengembangan yang Menguntungkan

Pendekatan ini adalah bagian dari cara untuk menyusun sebuah program kerja yang memiliki peluang untuk mendatangkan berbagai keuntungan dalam jumlah yang besar. Perkembangan tersebut bisa mewujudkan keseimbangan yang tentu akan menguntungkan bagi lingkungan perusahaan.

  • Pendekatan SWOT 

SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) juga lebih dikenal dengan kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman. Pendekatan SWOT ini adalah bagian dari pendekatan perusahaan yang harus seimbang dengan kekuatan yang dimiliki. Selain itu kalau kelemahan di yang perlu di ketahui, kesempatan yang datang di depan mata serta memahami ancaman dan gangguan serta tantangan.

  • Pendekatan Sistem

Pendekatan sistem menitikberatkan pada pengertian sistem yang lalu dikembangkan untuk membentuk rencana strategis.

  • Pendekatan Kesenjangan Perencanaan

Pendekatan ini akan dimulai dengan berpikir secara tradisional dalam melakukan perencanaan lalu selanjutnya akan dikembangkan melalui pemikiran yang lebih dinamis maju dan produktif.

2. Sasaran Strategi Operasi

Sasaran pada strategi operasi merupakan hasil akhir yang didapatkan dari kegiatan operasional. Sasaran tersebut juga menjadi gambaran yang akan diwujudkan lewat strategi operasi yang nantinya akan diambil untuk mencapai tujuan perusahaan. Pada prakteknya, sasaran adalah hasil yang didapatkan secara nyata dalam metode yang lebih terukur dan spesifik dalam kurun waktu 1 tahun.

3. Pencapaian Strategi

Dalam sebuah strategi operasi, operasi pada indikator kinerja yang bisa diukur melalui pengukuran kualitatif atau kuantitatif yang menggambarkan level pencapaian sebuah sasaran dan tujuan yang sudah ditetapkan. Indikator kinerja pada strategi operasi adalah sesuatu yang harus bisa dihitung diukur dan digunakan menjadi dasar penilaian untuk melihat tingkat kinerja yang baik di berbagai tahapan seperti pelaksanaan perencanaan dan kegiatan.

Selain itu indikator itu juga bisa menjadi sumber untuk meyakinkan saat kerja hari demi hari dari perusahaan menunjukkan sebuah kemajuan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tanpa adanya indikator kinerja maka perusahaan akan sulit menilai kinerja unit kerja lain. 

Dalam sebuah strategi operasi pihak manajemen perlu membandingkan hasil yang didapat dan tingkat pencapaian tujuan. Proses tersebut juga termasuk kedalam tahap evaluasi dan mencakup berbagai hal antara lain:

  • Menetapkan target sasaran kerja, batas toleransi untuk target, strategi dan rencana operasional kedepannya.
  • Mengikuti posisi yang berhubungan dengan langsung dengan sasaran pada periode waktu tertentu. Namun jika hasilnya diluar batas tersebut tentukan dibutuhkan tindakan perbaikan.
  • Menganalisa penyimpangan pada batas toleransi yang sudah ditetapkan.
  • Melaksanakan modifikasi jika dibutuhkan.

Strategi Operasi Yang Perlu Ada Dalam Sebuah Perusahaan

strategi operasi
  • Strategi Perusahaan Dan Interaksi Lintas Fungsional

Strategi perusahaan menjadikan perusahaan sebagai sebuah sistem dari bagian yang saling berhubungan. Strategi operasi yang direncanakan dan dipakai sebuah perusahaan harus mendukung strategi perusahaan tersebut dan menggunakan interaksi lintas fungsi.

  • Strategi yang Didorong Oleh Pelanggan

Strategi operasi juga harus mencakup pendekatan yang digunakan oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. untuk yang belum bisa meningkatkan kompetensi inti dan menggambar mengembangkan kekuatan baru secara berkelanjutan.

  • Mengembangkan Kompetensi Inti

Kompetensi inti merupakan kekuatan dan sumber daya dalam sebuah perusahaan. Kompetensi inti bisa bervariasi menurut industri dari bisnis dan mencakup yang terlatih lokasi bisnis yang strategis bagian pemasaran dan keuangan.

  • Pengembangan Prioritas yang Kompetitif

Pengembangan prioritas ini berasal dari pembuatan strategi operasional perusahaan analisis pasar yang mampu mendefinisikan proses inti dan melakukan analisis kebutuhan. Untuk menciptakan prioritas kompetitif tersebut maka organisasi perusahaan perlu mengevaluasi biaya operasional, kualitas produk atau jasa dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengembangan serta memberikan barang dan fleksibilitasnya dalam berkaitan dengan variasi volume dan kustomisasi.

  • Pengembangan Produk Dan Layanan

Strategi operasi di balik pengembangan produk dan layanan juga harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti inovasi desain dan nilai tambah. Kembangkan produk untuk pelanggan baru, maka ada beberapa pilihan yang bisa diambil seperti berikut ini:

  • Pengenalan Inovasi Di Pasar

Perusahaan bisa memutuskan untuk menjadi pemimpin dalam memperkenalkan produk atau layanan baru.

  • Melihat Apakah Inovasi Tersebut Berhasil

Saat mengembangkan produk atau layanan maka perusahaan perlu mempertimbangkan juga pengamatannya dimana memanfaatkan psikologis dan layanan pendukung yang bisa anda amati.

Selain itu perusahaan juga perlu mempertimbangkan keinginan pelanggan dan menentukan langkah teknis yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, maka Anda bisa membuat produk atau jasa yang baik. Untuk bisa menciptakan produk dan jasa yang tepat, maka Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman beragunan properti di fintech lending berizin OJK, Lancar by Danamas. Di Lancar by Danamas, Anda bisa dapatkan kemudahan pendanaan bisnis lewat aplikasi yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun. Bisa dibayangkan seberapa besarnya bisnis Anda dengan modal usaha dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar. Untuk tenor pinjaman minimal 1 tahun hingga 10 tahun dengan suku bunga ringannya.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda