termin adalah

Di dalam dunia bisnis terdapat berbagai istilah termasuk termin. Bagi anda pelaku bisnis maka istilah ini tentu tidak asing lagi karena termin merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan pembayaran atas sebuah cicilan. Dalam dunia financial  termin memiliki peranan yang cukup penting, karena termin termasuk dalam pembayaran yang dipakai sebagai cara untuk menjaga keuangan bisnis tetap. Untuk lebih tahu tentang termin maka anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Apa Itu Termin

termin adalah

Termin adalah metode pembayaran secara bertahap atau cicilan, dan memiliki jangka waktu jatuh tempo yang berbeda dari apa yang harus dibayarkan Sesuai dengan kesepakatan dan perjanjian di awal. Pembayaran ini dilakukan saat barang atau jasa sudah diterima.

Pembayaran termin adalah salah satu istilah yang dipakai untuk menunjukkan pembayaran secara bertahap dan memiliki kesepakatan antara lain pengusaha tidak bisa membayar sekaligus atau penyedia barang dan jasa butuh waktu bertahap untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Fungsi Termin

  • Sebagai Bukti Pembayaran Yang Sah

Termin memiliki fungsi sebagai dokumen atau bukti pembayaran sah yang menjadi bukti kuat jika terjadi sebuah kesalahan. Hal ini karena didalamnya ada penjelasan tentang hak dan kewajiban sebuah belah pihak yang wajib ditaati.

  • Sebagai Bukti Kerjasama Yang Valid

Termin dipakai setelah terjadinya kerjasama dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Umumnya kesepakatan berbentuk dokumen tertulis dimana didalamnya berisi semua hal yang berkaitan dengan kerjasama mulai dari perjanjian persentase jumlah pembayaran hingga tanggal jatuh tempo.

  • Termin Sebagai Pembuktian Perkembangan Kinerja

Pembayaran nantinya akan disesuaikan dengan progres kerja yang sedang berjalan. Misalnya saat pihak A menggunakan jasa interior designer dari si B maka A perlu memberikan pembayaran kepada si B saat rancangan tersebut sudah jadi lalu akan ada pembayaran ke-2 saat bahan untuk keperluan interior sudah dirilis dan terbeli selanjutnya pembayaran ketiga adalah saat progres sudah selesai.

  • Termin Sebagai Surat Pemberian Pembayaran Tempo

Setiap dokumen yang diterbitkan memilih tanggal pembayarannya sendiri sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Umumnya pembayaran tersebut dibatasi selama 30 hari sejak surat atau dokumen diterima pelanggan. Lalu kemudian dokumen ini akan menjadi patokan Kapan sebaiknya bersangkutan atau pihak tersebut wajib membayar.

Jenis-Jenis Termin

  • End of Month EOM

Jenis termin yang satu ini mengharuskan pembeli melakukan pembayaran bertahap pada akhir bulan. Adapun penentuan tanggal akhir bulan pada jenis ini menjadi hal yang penting karena bisa saja tanggal pembayaran tersebut benar-benar pada tanggal terakhir bulan atau pada tanggal tertentu akhir bulan. 

termin adalah
  • n/30

Jenis termin yang ini menandakan bahwa tanggal wajib pembayaran dari pembeli kepada penjual adalah 30 hari penerimaan barang atau jasa oleh pembeli. Jika pembeli melakukan transaksi pada tanggal 1 Januari maka tanggal wajib pembayaran akan jatuh pada tanggal 30 Januari.

  • n/15 dengan EOM

Dalam jenis permainan ini menandakan bahwa pembeli harus melakukan pembayaran 15 hari setelah tanggal akhir bulan. Jika pembeli melakukan transaksi pada tanggal 3 September dengan jenis atau syarat ini maka tanggal wajib bayar pun akan jatuh pada tanggal 15 Oktober.

  • 5/10, n/30

Jenis termin yang satu ini, n/30 merupakan pembayaran yang pembeli harus lakukan 30 hari setelah ia menerima barang atau jasa tersebut. Sementara itu 5/10 menandakan apabila pembayaran pembeli lakukan sebelum 10 hari dari waktu penyerahan barang maka ia akan mendapatkan potongan sebesar 5%. Namun angka tersebut bisa saja berubah berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak sehingga ini tidak selalu sama di setiap perjanjian.

  • Syarat 2/10 N 30

Jika termin ini dipakai oleh sebuah perusahaan atau beberapa pihak maka syarat untuk melakukan pembayaran paling lama adalah 30 hari. Namun dari segi perbedaan saat pelunasan kurang dari 10 hari sejak pembelian barang maka anda bisa mendapatkan potongan sebesar 2%.

  • Syarat 2/10 eom

Jenis ini memiliki jatuh tempo pembayaran di akhir bulan yang berjalan di mana pembayaran itu dilakukan 10 hari setelah tanggal transaksi maka anda bisa mendapatkan potongan 2%. 

Manfaat Termin

  • Beban Biaya Lebih Rendah

Sistem pembayaran termin bisa memberikan keringanan bagi pembeli atas transaksi yang sedang berlangsung. Dengan sistem pembayaran termin maka pembeli tidak perlu membayar semua nominal pembayaran dalam satu waktu.

  • Pekerjaan Bisa Terkendali

Melalui sistem pembayaran ini maka pihak penjual atau pembeli akan berkomitmen dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang sudah disepakati. lalu kemudian pengendalian proyek dalam sebuah perusahaan jika dikerjakan secara manual bisa menyebabkan ketidakefisienan dalam menyelesaikan pekerjaan.

  • Butuh Kelonggaran Waktu Untuk Persiapan Dana

Pihak pembeli nantinya akan mendapatkan kelonggaran waktu pembayaran Jika ia memilih sistem pembayaran bertahap. Dengan kelonggaran waktu ini maka pembeli bisa mempersiapkan dana untuk membayar termin pembayaran berikutnya hingga waktu pelunasan tiba. 

  • Beda Termin Dan Uang

Secara umum, termin pertama adalah uang muka. Namun hal ini bisa berbeda maknanya jika berkaitan dengan faktur pajak. Di dalam faktur pajak uang muka berbeda dengan termin pertama. Bedanya adalah uang muka dan termin pertama adalah sudah belumnya terjadi serah terima barang. pembayaran sebagian di awal namun belum adanya serah terima barang maka disebut dengan uang muka. Jika pembayaran pertama dilakukan setelah adanya telah terima barang maka hal itu disebut dengan termin pertama.

Baca juga: Memulai Bisnis dengan Usaha Laundry? Siapa Takut!

Dalam dunia perbankan saat menyerahkan data berupa konfirmasi pembayaran ke bank maka istilah ini  disebut sebagai termin. namun jika konfirmasi pembayaran tersebut ada unsur down payment maka bank akan menandai terus sebesar harga jual yang dikurangi nominal dan payment yang tersedia.Dengan mengetahui termin, maka ini bisa mendukung proses bisnis Anda. Maka, Anda pun tak perlu menggunakan pihak ketiga untuk melakukan termin. Bagi Anda yang membutuhkan modal usaha agar bisnis makin lancar, maka salah satu fintech aman yang berizin OJK adalah Danamas. Hadir dengan pinjaman beragunan yang bisa ikut memajukan usaha kecil dan menengah Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda