Review Pelanggan

Siapa yang suka membaca ulasan sebelum membeli barang? Cara ini biasanya digunakan untuk memilih dan mengetahui pendapat dari para konsumen mengenai produk atau jasa yang akan dibeli. 

Dengan adanya beragam produk atau jasa serta perkembangan dan persaingan bisnis, maka para pemilik usaha berusaha untuk mendapatkan review yang baik agar menarik minat konsumen. Lantas, seberapa penting dan efektifkah review atau ulasan dari pelanggan? Mari simak artikel ini! 

Mengapa Review Pelanggan Penting?

Review Pelanggan

Dengan adanya dunia digital, maka seseorang dapat dengan mudah memberikan ulasan atau review mengenai suatu produk maupun jasa yang digunakan. Hal ini juga dapat menjadi strategi pemasaran. Biasanya calon konsumen akan lebih yakin dalam menggunakan suatu produk atau jasa apabila melihat review dari seseorang mengenai produk atau jasa yang digunakan memiliki review yang baik. Maka dari itu review sangat penting karena bertujuan untuk:

  1. Menarik Konsumen Baru 

Review dari pembeli sebelumnya yang memberikan nilai positif dapat Anda manfaatkan sebagai pemasaran untuk mendatangkan calon konsumen baru. Dengan menampilkan review tersebut maka pertimbangan calon konsumen baru untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan akan semakin meningkat. 

  1. Menciptakan Kepercayaan 

Review pelanggan memiliki manfaat utama yakni membangun kepercayaan konsumen pada usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Hal sulit yang pelanggan alami saat akan menggunakan produk atau jasa Anda yang pertama kalinya adalah memastikan bahwa kualitas atau layanannya sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. 

Dengan banyaknya review pelanggan yang baik maka kepercayaan calon konsumen atau bahkan pelanggan tetap Anda percaya bahwa produk yang Anda tawarkan sesuai dengan pemakai. 

  1. Media Promosi Secara Gratis

Dengan adanya review dari pelanggan, maka secara tidak langsung membantu memasarkan produk atau jasa. Hal ini didapat dalam bentuk kesan berupa komentar atau pengalaman positif yang didapat dari konsumen. Dengan review yang positif, maka orang akan lebih tertarik. Anda dapat mengalokasikan budget pemasaran untuk kebutuhan lainnya. 

  1. Bentuk Apresiasi Pelanggan 

Apabila Anda menggunakan review pelanggan dan menampilkannya, maka pelanggan akan merasa didengarkan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun perlu diingat, apabila Anda ingin menampilkan review pelanggan diharapkan untuk meminta izin terlebih dahulu, apakah pelanggan yang bersangkutan memperbolehkan  Anda untuk menampilkan ulasannya.  

  1. Bahan Evaluasi Bisnis

Selain digunakan untuk promosi secara tidak langsung, review pelanggan juga berguna untuk bahan evaluasi. Review pelanggan berguna untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Jika ada review pelanggan yang positif maka Anda bisa semakin tetap fokus untuk menjaga produk atau jasa Anda tetap diminati oleh konsumen. Apabila mendapatkan review buruk maka bisa dijadikan bahan evaluasi untuk memaksimalkan produk atau jasa tersebut kepada konsumen. 

Tips Mengatasi Review Buruk 

Review Pelanggan

Mendapatkan review negatif dari pelanggan memang dapat berpengaruh terhadap usaha Anda. review negatif dapat mempengaruhi calon konsumen untuk berpikir ulang dalam membeli atau menggunakan produk maupun jasa Anda. 

Berikut ini adalah tips yang Dapat Anda gunakan untuk mengatasi review buruk dari pelanggan. 

  1. Menghargai Setiap Review yang Konsumen berikan

Ketika Anda mendapatkan review negatif yang buru- buru untuk menghapusnya. Hal ini dapat menimbulkan kecurigaan dari konsumen lain.  Cobalah untuk membalas review tersebut dengan teknik pendekatan. 

Berikan pertanyaan apa alasan konsumen memberikan review buruk tersebut. Selanjutnya tawarkan solusi agar konsumen merasa puas. Dengan memperhatikan review negatif berarti Anda juga memperhatikan masukan untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. 

  1. Tetap Memberikan Balasan yang Profesional 

Menanggapi review pelanggan merupakan suatu hal yang menjadi kewajiban bagi pemilik usaha. Baik negatif atau positif, Anda harus tetap memberikan balasan yang tetap profesional. Untuk review negatif Anda harus menghadapinya dengan memberikan respon yang sopan. 

Sampaikan permintaan maaf atas kendala yang konsumen hadapi dan berikan jawaban atas permasalahan tersebut. Dengan balasan yang profesional, pelanggan akan merasakan bahwa Anda adalah pemilik bisnis yang bertanggung jawab. 

  1. Balas secepat Mungkin

Review buruk dari pelanggan bisa dikarenakan oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Maka dari itu jangan menambah konsumen Anda merasa Anda tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan balasan dengan cepat. Berikan tanggapan secepatnya setelah komentar itu diberikan. Jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa menjadi batu sandungan dan menimbulkan masalah baru dari pelanggan lain yang turut berkomentar. 

Apabila Anda ingin memajukan bisnis, namun terkendala dengan modal usaha. Jangan khawatir. Lancar by Danamas dapat memberikan pinjaman modal usaha mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar. Hanya dengan agunan properti, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan aman, mudah, dan cepat. Ajukan sekarang disini!  Bersama Lancar by Danamas semua urusan jadi lancar! 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda