Promosi Di Tiktok

Bagi Anda yang memiliki bisnis, maka promosi lewat media online adalah salah satu strategi yang wajib Anda lakukan. Ada banyak sekali jenis pilihan media sosial yang bisa untuk mempromosikan bisnis Anda seperti Instagram, Facebook dan Tiktok. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda sehingga Anda bisa menyusun strategi promosi yang sesuai dengan produk Anda. 

Salah satu media sosial yang cukup populer belakangan ini yang dijadikan sebagai tempat promosi adalah tiktok. Promosi di tiktok memiliki strategi yang berbeda dengan promosi di media sosial lain, berikut tipsnya.

Tiktok adalah media sosial berbasis video singkat yang berdurasi 15 sampai 60 detik. Di aplikasi ini pengguna bisa langsung Mereka mengedit hingga menambahkan tahun dan filter hingga stiker lucu untuk menarik pengguna lain. Jika anda berencana untuk melakukan promosi di tiktok maka anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti berikut ini:

Keuntungan Promosi di TikTok

  • Memiliki Banyak Pengguna

Tiktok memiliki pengguna aktif hingga 800 juta dan rata-rata mereka membuka aplikasi ini 8 kali dalam sehari. Hal tersebut menunjukkan bahwa Tik Tok sebagai social media cukup sering dibuka oleh penggunanya sehingga mempromosikan bisnis di tiktok adalah strategi yang baik untuk usaha anda. Ada banyak pilihan konten tiktok dari mulai edukasi kesehatan atau konten-konten lucu. Ini bisa jadi ide anda untuk menyusun strategi promosi Tik Tok.

  • Fitur Yang Mudah Dipakai

Tiktok memberikan kesempatan untuk Anda mengedit video dengan cara yang lebih sederhana namun penggunaan filter hingga efek bisa Anda manfaatkan agar video lebih menarik. Menambahkan background musik dan voice over ke video anda bisa dengan mudah dilakukan sehingga promosi lewat TikTok pun lebih menarik.

  • Media Sosial Populer

Selain Instagram, TikTok juga salah satu media sosial yang cukup populer dan banyak dipakai untuk mempromosikan sebuah bisnis. Menurut Donny Eryastha, Head of Public Policy Tiktok Indonesia, menjelaskan bahwa pengguna tiktok di Indonesia didominasi oleh generasi Y dan Z dengan rentan usia 14 – 24 tahun. Pada generasi milenial yang menggunakan tiktok mereka lebih cenderung impulsif dan konsumtif untuk itu TikTok bisa jadi pilihan media promosi yang tepat bagi bisnis Anda.

  • Hastag Untuk Discover Feed

Tiktok memiliki fitur hashtag yang memudahkan penggunanya untuk menemukan konten yang diinginkan. Setiap upload video, Anda bisa tambahkan teks sesuai dengan tema atau hal yang relevan sesuai dengan video anda, jangan lupa untuk tambahkan #fyp agar konten Anda muncul pada halaman pengguna lain. Selain itu Anda juga harus aktif untuk membuat challenge baru di laptop seperti mempromosikan jingle produk atau dance cover sehingga video anda memiliki peluang lebih tinggi.

  •  Ada Tiktok Ads

Di tiktok juga ada platform yang bisa dipakai untuk memaksimalkan jangkauan content. Sebelum anda membuat Tik Tok ads maka pastikan dulu tujuan pembuatan iklan hingga mengatur target anggaran setelah itu tambahkan call to action (CTA)  iklan sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan target market yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Untuk bisa menggunakan fitur ads di Tiktok, maka Anda perlu modal yang cukup. 

Salah satu cara untuk dapatkan modal usaha adalah lewat Lancar by Danamas. Fintech lending berizin OJK ini bisa jadi pilihan pendanaan modal usaha Anda mulai dari Rp 50 juta – Rp 2 miliar dengan pencairan yang cepat. Dapatkan kemudahan pinjaman modal usaha di Lancar by Danamas.

Kekurangan Promosi di Tiktok

  • Kurang Populer Di Kalangan Orang Dewasa

Jika Anda memiliki target dewasa maka sepertinya promosi di tiktok kurang tepat. Hal ini karena tiktok memiliki atau kurang populer di kalangan usia lebih dari 27 tahun. Hal ini dibebakan karena mereka lebih cenderung memilih Instagram daripada tiktok.

  •  Tidak Bisa Menautkan Link

Anda tidak bisa menautkan link di video Tik Tok jadi promosi Anda cukup fokus pada memperkenalkan produk. Anda bisa membuktikan secara langsung seberapa banyak produk yang sudah terjual lewat akun tiktok Anda ke ke pengguna lain lewat video.

  • Membutuhkan Pencatatan Manual

Data analysis di tiktok akan lebih sulit dilacak biasanya data hanya tersedia dalam 28 hari. Untuk itu anda perlu mencatat secara manual agar data tersebut tidak hilang. 

Cara Memaksimalkan Promosi Di TikTok

  • Buat Konten Lucu 

Anda bisa memanfaatkan TikTok untuk materi promosi yang menyenangkan. Buatlah iklan produk Anda dengan unik yang bisa menghibur bagi bagi pengguna lainnya. Jika anda membuat konten yang lucu dan menarik banyak orang maka nantinya akan banyak orang yang mengingat produk Anda.

  • Bekerjasama dengan Influencer

 anda bisa memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk Anda di tik tok. walaupun membutuhkan biaya yang lebih namun ini bisa jadi strategi yang baik untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak yang lebih banyak.

  • Challenge Hashtag 

Agar iklan atau konten produk Anda viral dan diingat oleh banyak pengguna maka Anda bisa ikut challenge hastag yang di dibuat oleh tiktok.

Jenis Konten Di Tiktok Untuk Promosi

  • Behind The Scene

Beberapa pengguna sangat tertarik untuk melihat video behind the scene di mana ada memperlihatkan situasi di balik layar seperti proses pembuatan produk Anda yang mungkin ini bisa jadi strategi yang tepat untuk menggaet konsumen. Selain itu ceritakan juga awal berkembangnya bisnis online Anda hingga Bagaimana anda menghadapi masa-masa sulit.

  • Edukasi

Konten edukasi juga bisa jadi pilihan untuk strategi promosi di tiktok, misalnya jika Anda menjual produk bahan makanan maka anda bisa memberikan edukasi atau tips-tips seputar cara memasak dan lain-lain.

  • Tutorial

Video tutorial di tiktok itu bisa buat untuk meningkatkan traffic di tiktok. Ada banyak orang yang suka sekali dengan video tutorial seperti step by step skin care cara membuat makanan dan lain-lain.

Dengan kemudahan aplikasi Tiktok ini bisa jadi sarana atau media promosi yang baik untuk mengembangkan bisnis anda. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda