aplikasi-akuntansi

Akuntansi untuk bisnis, apakah penting? Berbicara soal akuntansi dan bisnis sepertinya keduanya cukup penting ya. Coba Anda bayangkan jika saat menjalankan sebuah bisnis tidak adanya perhitungan secara sistematis pada finansial usaha Anda, maka Anda pun tidak bisa mengukur kondisi keuangan sudah ada pada tahap apa. 

Dalam bahasa bisnis, akuntansi sering di ibaratkan pena yang kekuatannya lebih daripada pedang namun tidak sebanding dengan akuntan. Pernyataan itu menggambarkan bahwa akuntansi memiliki kekuatan yang sangat penting untuk keseharian kita. Maka dari itu, jika Anda memiliki sebuah bisnis sangat perlu untuk memahami seluk beluk akuntansi walaupun sudah banyak sekali aplikasi akuntansi umkm yang bisa di download di smartphone.

Kemudahan di era digital seperti sekarang ini membuat perhitungan akuntansi cukup menggunakan software atau aplikasi. Walaupun terbilang lebih praktis, Anda juga perlu mengetahui dan mengecek fitur-fitur yang dimiliki setiap aplikasi akuntansi, apakah memang cocok dengan kebutuhan perhitungan keuangan bisnis Anda atau tidak. Di artikel ini akan membahas pengertian akuntansi, manfaat akuntansi hingga rekomendasi aplikasi akuntansi umkm yang populer.

Pengertian Akuntansi

Apa itu akuntansi? Akuntansi merupakan kegiatan yang didalamnya mencakup pencatatan, pelaporan, peringkasan hingga analisis data keuangan. Akuntansi bisa membantu Anda dalam manajemen keuangan bisnis kecil hingga besar sehingga mampu memahami kondisi keuangan. Dengan pencatatan yang sudah disesuaikan dengan prinsip-prinsip akuntansi dan laporan keuangan, maka gambaran yang real pun bisa Anda dapatkan atas kondisi perusahaan. 

Manfaat Akuntansi pada Bisnis

Adanya ilmu akuntansi, maka sangat bermanfaat juga bagi bisnis. Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, maka penting juga untuk bisa memahami ilmu akuntani karena ini bisa membantu pengelolaan keuangan bisnis lebih baik lagi. Cek yuk apa saja manfaat dari akuntansi untuk bisnis dibawah ini:

  • Merencanakan Pertumbuhan

Jika Anda ingin memiliki bisnis yang berjalan lancar juga terus berkembang, maka mulailah untuk membuat laporan keuangan akuntansi bisnis. Dengan akuntansi bisnis, maka nantinya, Anda bisa menetapkan tujuan, hingga mengukur keuntungan juga kerugian perusahaan. Dari sinilah, Anda bisa mengecek pertumbuhan perusahaan, apakah terjadi pertumbuhan yang cepat atau lambat. 

  • Mengamankan Pinjaman

Sebagai pemilik bisnis, bukan tidak mungkin untuk mulai mempertimbangkan mendapatkan pinjaman untuk modal usaha. Dengan membuat akuntansi perusahaan atau bisnis, maka Anda bisa ikut mengamankan pinjaman. Sebagai contoh, jika Anda adalah perusahaan besar yang ingin mendanai usaha kecil dan menengah, maka Anda juga harus bertanggung jawab atas mengamankan pinjaman. Contoh lainnya, jika Anda adalah pihak yang ingin meminjam uang di bank, maka Anda harus menyediakan laporan keuangan yang didalamnya terdapat informasi arus kas, dll sehingga pihak bank bisa dengan percaya untuk meminjamkan modal usaha untuk Anda. 

  • Mendapatkan Investor hingga Menjual Bisnis

Semakin besar usaha Anda, maka Anda membutuhkan suntikan dana yang semakin besar juga. Salah satu suntikan dasa terbesar untuk perusahaan biasanya adalah dari investor. Calon investor umumnya akan melihat bagaimana kondisi keuangan Anda sehingga mereka bisa yakin untuk menanamkan modalnya pada bisnis Anda. 

  • Bantu untuk Dapat Bayaran

Manfaat lain dari akuntansi untuk bisnis adalah membantu Anda dalam mendapatkan bayaran. Jadi, saat ada konsumen yang ingin berhutang pada Anda, maka itu dinamakan Piutang Usaha (AR) yang biasa disebut pada neraca keuangan. Di aplikasi akuntansi biasanya disebut dengan AR. Di laporan keuangan pada aplikasi akuntansi nantinya akan menunjukkan berapa banyak AR yang Anda dapatkan dalam periode tertentu, contohnya dalam sebulan. Dengan mendapatkan laporan ini, maka Anda bisa melihat dan mengukur seberapa efektifnya perusahaan Anda mengumpulkan pembayaran. Lalu, Anda bisa menerapkan proses tersebut dengan tenggat waktu yang ditentukan. Pastikan juga Anda memastikan uang sudah didapatkan saat proses pembayaran. 

Di jaman yang serba digital ini, Anda tak perlu pusing untuk membuat perencanaan akuntansi bisnis, karena sudah ada aplikasi akuntansi yang cocok untuk bisnis Anda. Berikut rekomendasi aplikasi akuntansi yang bisa mempermudah bisnis Anda berikut ini: 

Aplikasi Akuntansi UMKM Terpopuler

Aplikasi akuntansi umkm dibawah ini bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha. Ada berbagai pilihan aplikasi akuntansi umkm yang pastinya cocok untuk bisnis Anda. Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda. Pilih aplikasinya dibawah ini untuk dukung perhitungan bisnis Anda.

  1. Jurnal

Salah satu aplikasi akuntansi yang Bernama Jurnal ini memiliki basis cloud. Seperti yang kita ketahui, cloud ini bisa mempermudah Anda untuk mengakses laporan keuangan dimanapun. Pada aplikasi akuntansi ini bisa membantu bisnis kecil seperti UMKM hingga bisnis berskala besar. Selain mudah digunakan, Jurnal by Mekari juga cukup akurat dan tepat. 

Keunggulan lain dari aplikasi akuntansi ini adalah fitur tambahan seperti pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, manajemen asset, pengeluaran hingga persediaan barang atau jasa. Anda bisa mengakses aplikasi akuntansi ini dimanapun dan kapanpun. 

  1. Book Keeper Accounting

Aplikasi akuntansi lainnya adalah Book Keeper Accounting. Aplikasi ini memudahkan Anda membuat laporan keuangan akuntansi bisnis dari mulai pembukuan, laporan penjualan, mengelola struk pembayaran hingga inventaris individu. Mudahnya penggunaan pada aplikasi akuntansi ini cocok untuk Anda yang ingin mulai melakukan pencatatan keuangan UMKM. Untuk bisa mengakses semua fitur yang ada, bisa berlangganan dengan harga yang masih sangat terjangkau. 

  1. Accurate

Accurate Lite adalah salah satu aplikasi akuntansi yang bisa membantu Anda dalam mengelola laporan keuangan lebih mudah. Banyak pengusaha UMKM yang mencoba accurate sebagai platform digital aplikasi akuntansi yang nyaman digunakan. Anda juga mengakses accurate kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Beberapa pemakai aplikasi akuntansi ini juga merasakan tingkat akurasi yang cukup baik saat membuat laporan keuangan. 

  1. Cloud Books

Aplikasi akuntansi Cloudbooks bisa Anda coba gratis terlebih dahulu dan rasakan kemudahannya apakah cocok dengan cara Anda membuat laporan keuangan. Di Cloudbooks, Anda bisa membuat sebuah proyek, faktur hingga pelacakan pengeluaran. Pada versi berbayar, Cloudbooks lebih memudahkan Anda karena terdapat fitur invoice yang bisa Anda gunakan untuk mendukung bisnis UMKM. 

  1. Kledo

Kledo merupakan salah satu aplikasi akuntansi gratis yang bisa Anda coba. Kledo mampu membantu Anda untuk mengelola bisnis dengan berbagai fitur yang tersedia. Fitur pada aplikasi akuntansi ini seperti pencatatan pengeluaran, pemasukan hingga laporan keuangan yang sederhana hingga detail. Bagi Anda yang memiliki bisnis UMKM, tidak ada salahnya untuk mencoba Kledo. 

  1. Zahir Accounting

Zahir adalah salah satu software akuntansi yang sering digunakan perusahaan besar. Ada beberapa fitur yang Zahir tawarkan untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan. Salah satunya adalah modul yang Zahir tawarkan adalah modul persediaan. Zahir juga menggunakan Dongle yang digunakan dengan menyambungkan ke komputer. Dongle ini sebagai kontrol penggunaan Lisensinya. Fitur Zahir yang mampu membantu bisnis Anda seperti Chart of Account, Reminder, Automatic Journal, e-faktur pajak, dll.

  1. SAP

SAP merupakan software aplikasi akuntansi dari Jerman. Di Indonesia sendiri, SAP sudah banyak digunakan oleh pebisnis untuk membantu membuat laporan keuangan yang akurat. SAP sudah berbasis cloud sehingga Anda bisa mengelola keuangan kapan saja dan dimana saja. Fitur unggulan dari SAP adalah SAP S/4 Hana Finance. Fitur ini mambu membuat laporan secara real time, financial planner, manajemen utang piutang, kredit hingga budget manajemen. Jika Anda memiliki usaha berskala besar, mungkin SAP cocok untuk Anda. 

Baca juga: 12 Aplikasi Penghasil Uang Yang Pasti Bisa di Transfer

Tadi adalah 7 aplikasi akuntansi yang populer di tahun ini. Jika Anda memiliki bisnis kecil, menengah maupun besar sudah sangat selayaknya memiliki laporan keuangan berbasis digital ini. Tak hanya mampu membantu Anda dalam perhitungan finansial, tetapi juga memudahkan Anda untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Maka, jika Anda mendapatkan banyak transaksi keuangan, pemasukan atau pengeluaran, maka sebaiknya catat setiap detailnya. Ini juga termasuk pada modal usaha. Jika Anda mendapatkan modal usaha berapapun nominalnya sebaiknya catar di aplikasi akuntansi favorit Anda. 

Salah satu modal usaha yang bisa Anda dapatkan adalah dengan properti. Danamas membantu Anda untuk ubah properti menjadi modal usaha. Pinjaman online terpercaya berizin OJK untuk modal usaha ini nantinya bisa digunakan untuk memajukan hingga ekspansi bisnis. Mau? Coba simulasikan modal usaha yang Anda butuhkan disini.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda