Aplikasi-jurnal

Aplikasi pembukuan keuangan menjadi aplikasi yang wajib Anda punya ketika menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan, salah satu faktor yang penting dalam usaha yaitu menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan adalah muara dari semua bisnis Anda, maka semulus apapun usaha yang Anda jalankan.

Dalam mengelola keuangan khususnya dalam bisnis sangat penting karena dapat menjadi hambatan berkembangnya suatu usaha jika tidak dikelola dengan baik dan benar, oleh karena itu ada beberapa cara mengelola keuangan usaha agar semakin untung. Caranya : Mencatat semua pengeluaran yang terjadi, mengawasi arus kas keuangan, hingga mengembangkan usaha dengan laba. 

Jika tidak didukung dengan aplikasi jurnal yang mumpuni maka akan membuat bisnis kurang stabil. Hal ini dikarenakan, melalui aplikasi jurnal lah, Anda bisa melihat progress bisnis dan kondisi keuangan seperti apa. 

Untuk membantu Anda menyusun laporan keuangan, cobalah gunakan aplikasi jurnal yang nyaman untuk digunakan. Namun, sebelum itu, coba ketahui apa itu aplikasi pembukuan keuangan dan fungsinya. 

Apa itu Aplikasi Pembukuan Keuangan?

Keberadaan akuntansi dalam dunia bisnis sudah sudah selayaknya menjadi perhatian karena dengan adanya perhitungan yang tepat juga terperinci, maka Anda bisa mengukur sendiri kondisi keuangan bisnis. Pengukuran kondisi keuangan bisnis akan menjadi lebih mudah dan cepat dengan aplikasi pembukuan keuangan.

Aplikasi pembukuan keuangan atau yang disebut aplikasi  jurnal adalah perangkat lunak yang didesain untuk menyederhanakan operasional keuangan. Pada aplikasi jurnal, Anda bisa membuat laporan keuangan lebih efektif dengan fitur-fitur yang telah disediakan pada aplikasi. Fitur-fitur canggih inilah yang membuat laporan keuangan makin mudah. 

3 Keuntungan Aplikasi Jurnal

Aplikasi jurnal atau aplikasi pembukuan keuangan memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan proses manual. Adapun 3 keuntungan aplikasi jurnal yaitu:

1. Fitur Canggih

Aplikasi akuntansi atau jurnal keuangan kini banyak yang dilengkapi dengan fitur canggih dengan berbagai kemudahannya. Fitur yang disediakan mungkin akan berbeda pada tiap merek aplikasi, maka Anda bisa memilih mana yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

2. Mengurangi Kecurangan

Selain itu, menggunakan aplikasi jurnal juga mampu mengurangi kecurangan pada human error yang mungkin saja terjadi jika Anda membuat laporan keuangan manual. Selain itu, data perusahaan juga lebih aman karena terdapat penyimpanan otomatis yang bisa diakses secara terbatas. 

3. Lebih Produktif

Dengan dukungan aplikasi jurnal pada bisnis UMKM Anda, maka para SDM juga bisa lebih produktif. Mereka bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang mungkin akan menyita banyak waktu. Produktifitas ini sangatlah penting dalam bisnis karena bisa membantu peningkatan pelayanan hingga produk pada bisnis Anda. 

15 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan 

Terdapat berbagai jenis aplikasi pembukuan keuangan yang telah tersedia. Namun, akan lebih baik Anda menggunakan aplikasi yang terbaik untuk usaha Anda. Inilah 15 rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan.  

1. Jurnal

Jurnal adalah salah satu aplikasi jurnal yang bisa digunakan untuk pencatatan keuangan. Jurnal merupakan aplikasi laporan keuangan yang berbasis cloud, sehingga sangat membantu Anda untuk dapat mengakses Jurnal kapanpun dan dimanapun. Kini, Jurnal tidak hanya digunakan untuk mendukung bisnis kecil dan menengah tetapi juga bisnis berskala besar. Pada aplikasi jurnal terdapat banyak fitur yang bisa memudahkan Anda seperti pencatatan biaya, pembuatan faktur, pencatatan pemasukan dan pengeluaran, manajemen asset, dan lainnya.

2. Wave

Wave adalah aplikasi jurnal yang berasal dari Amerika Serikat dan di Indonesia sendiri sudah memiliki banyak pengguna. Wave memiliki fitur lengkap seperti pengiriman invoice, pencatatan keuangan, pembuatan kwitansi online, dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi tanpa instalasi program, maka Wave adalah pilihan yang tepat. Kekurangan dari aplikasi ini terletak pada tidak adanya fitur stok dan inventory. 

3. EQUIP

Aplikasi jurnal ini terbilang cukup baru, EQUIP merupakan perusahaan yang berasal dari Singapura. Di Indonesia sendiri, EQUIP baru dikembangkan sejak tahun 2008. Keberadaan EQUIP sebagai aplikasi jurnal akuntansi ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan ternama seperti Hino Truck, Yokohama, dan lain sebagainya. 

Fitur yang ditawarkan oleh EQUIP antara lain manajemen nota debit, kredit, pembuatan pencatatan keuangan hingga rekonsiliasi rekening tabungan bank. Selain itu, untuk urusan pajak pun, EQUIP sudah cukup lengkap hingga manajemen multi mata uang. 

Jika Anda ingin mendapatkan sistem pelaporan akuntansi dengan software yang cukup lengkap, maka EQUIP bisa jadi pilihan. Hal ini dikarenakan fitur-fitur canggih EQUIP bahkan mencakup financial forecasting sehingga Anda bisa lebih mudah melacak laba rugi di setiap divisi perusahaan. 

4. SAP

SAP kini memiliki pengguna sudah lebih dari 300 ribu yang ada di seluruh dunia. SAP merupakan aplikasi jurnal akuntansi yang berasal dari Jerman dan kini sudah banyak digunakan di perusahaan Indonesia. Sama seperti aplikasi jurnal sebelumnya, SAP juga berbasis cloud sehingga Anda sudah bisa akses SAP dimanapun dan kapanpun. 

Selain manajemen keuangan laba rugi ada juga manajemen utang piutang yang SAP kembangkan. Untuk manajemen anggaran hingga laporan keuangan real-time juga sudah sangat lengkap membantu Anda dalam pelaporan akuntansi. 

Untuk fitur tambahan dari SAP S/4HANA Finance, ada fitur SAP Success Factors yang berfokus pada manajemen human resource yang bisa secara otomatis Anda aktifkan. Kelengkapan fitur SAP inilah yang membuat banyak perusahaan besar memilih SAP sebagai aplikasi akuntansi jurnal andalan mereka. 

5. MYOB

MYOB adalah salah satu aplikasi jurnal akuntansi yang sangat populer sejak lama. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1991 dan semakin berkembang pesat hingga sekarang. Beberapa negara sudah sangat percaya dengan MYOB sebagai aplikasi akuntansi untuk bisnis.

MYOB adalah aplikasi jurnal yang memiliki tampilah sederhana namun kegunaannya sangat membantu para pelaku bisnis dalam perhitungan laporan keuangan. MYOB memiliki keunggulan seperti data bisa di export ke excel, namun sayangnya untuk fitur perpajakan belum ada di Indonesia, baru ada di Australia.

6. TurboCASH

Aplikasi jurnal keuangan ini juga terbilang cukup lama, yaitu sejak tahun 1985. TurboCASH sangat populer di negeri Australia, Amerika, Eropa hingga Kanada. Untuk di Indonesia sendiri, TurboCash banyak juga digunakan oleh pelaku bisnis UMKM untuk membantu mereka mengatur pelaporan keuangan. Adapun fitur yang TurboCASH tawarkan seperti PPN, order atau penjualan, debitur dan kreditur. 

7. Freshbooks

Freshbooks adalah salah satu aplikasi jurnal keuangan yang bisa dengan mudah digunakan oleh UMKM. Pada aplikasi freshbooks terdapat fitur invoice, time-tracking dan reporting. Fitur yang mampu melacak pendapatan secara otomatis ini hanya ada di Freshbook. Selain itu, ada juga fitur reminder untuk berbagai transaksi pembayaran, sehingga memudahkan Anda saat lupa membayar tagihan. Ada juga fitur faktur pajak yang bisa sangat efisien membantu Anda menyusun pencatatan pajak perusahaan. 

8. GnuCash

Aplikasi jurnal akuntansi ini sudah ada sejak 1990 an dan masih banyak yang menggunakannya hingga sekarang. Beberapa perusahaan besar juga masih menggunakan GnuCash dan juga beberapa pebisnis UKM. GnuCash bisa membantu Anda untuk membuat faktur atau nota kredit, hutang piutang, fitur penggajian karyawan, biaya operasional, dll. Fitur-fitur yang ditawarkan cukup sederhana penggunaannya sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah. 

9. Adminsoft Account

Adminsoft Account merupakan aplikasi jurnal akuntansi yang sudah digunakan oleh ratusan ribu orang di seluruh negara. Aplikasi keuangan ini bisa membantu Anda dalam menangani pembuatan faktur, pencatatan stok barang, pesanan atau pembelian, hingga laporan keuangan pengiriman. Kelengkapan aplikasi Adminsoft account ini juga ditawarkan secara gratis sehingga cocok untuk pelaku bisnis UMKM.

10. Quickfile

Jika Anda mencari aplikasi non-akuntan untuk jurnal keuangan, maka Quickfile bisa menjadi pilihan. Aplikasi jurnal gratis ini sering dipakai oleh bisnis UMKM dengan berbagai dukungan fitur yang memadai. Fitur Quickfile yang bisa mendukung pelaporan keuangan UMKM seperti faktur otomatis, manajemen struk pembelian, faktur massal, dll. Dengan aplikasi jurnal berbasis cloud ini, Anda bisa lebih mudah mengaksesnya dengan penyimpanan data yang cukup banyak. 

11. BukuWarung

Aplikasi BukuWarung merupakan solusi bagi pebisnis untuk mencatat keuangan usaha dengan mudah, gratis dan aman. Aplikasi ini juga memiliki interface yang sederhana dan ukuran yang kecil sehingga tidak memakan memori. Jika Anda berada di daerah tanpa sinyal, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini secara offline. 

12. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan pencatatan keuangan dan pembukuan bisnis. Anda dapat memilih berbagai jenis pilihan fitur, mulai dari jurnal, buku besar, neraca rugi dan lainnya. Aplikasi ini juga dapat Anda dapatkan di android dan iOS secara gratis.

13. Teman Bisnis

Teman bisnis merupakan aplikasi yang cocok bagi pemula bisnis yang tidak memiliki pengetahuan akuntansi. Aplikasi ini memang dirancang untuk para pelaku bisnis kecil-kecilan hingga reseller. Maka dari itu, aplikasi ini cocok bagi Anda jika baru sedang merintis bisnis.

14. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian merupakan aplikasi pembukuan yang cukup populer, dengan pengguna lebih dari 14 ribu orang. Aplikasi ini sama dengan teman bisnis yang ditujukan untuk para pemula atau pemakai pribadi. Desain dari aplikasi ini juga simple sehingga mudah untuk Anda pelajari.

15. Akuntansi UKM

Aplikasi akuntansi UKM merupakan aplikasi keluaran dari WinFeel. Menariknya, aplikasi ini gratis, tanpa iklan dan tanpa periode batasan. Anda dapat mencatat semua transaksi baik untuk pribadi maupun bisnis. Interfacenya juga didesain secara sederhana sehingga mudah untuk Anda gunakan. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan secara online.

Butuh Modal untuk Usaha? Lancar by Danamas Pilihan Tepat Anda

Pelaporan keuangan dengan mengakses lewat aplikasi jurnal adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa melakukan pencatatan kapanpun dan dimanapun. Pilihan fitur di setiap aplikasi akuntansi juga sangat bervariasi, maka coba pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Seperti halnya kebutuhan modal usaha yang pasti Anda cari untuk bisa berekspansi dalam bisnis kecil dan menengah. Kebutuhan modal usaha bisa Anda dapatkan dengan cepat dan mudah melalui Lancar by Danamas. Lancar by Danamas adalah perusahaan Fintech Lending yang sudah memiliki izin dari OJK, sehingga peminjam modal tidak perlu lagi khawatir jika meminjam modal usaha di Lancar by Danamas. Selain aman dan terpercaya, Lancar by Danamas juga memastikan Anda agar mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan waktu yang cukup singkat. Kini, tak perlu menunggu berlama-lama lagi untuk bisa mewujudkan impian bisnis Anda agar semakin maju, cukup dengan ubah properti menjadi modal usaha bersama Lancar by Danamas

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda