startup-incubator

Startup Incubator memiliki peran yang sangat aktif dalam membangun pola pikir yang efisien juga penentuan life cycle bisnis kedepannya. Saat ini para pemuda yang mengembangkan bisnis sangat terbantu dengan kehadiran startup incubator yang menjadi wadah mentorship. Karena biasanya sebagian besar bisnis startup tidak dimulai dengan tim yang terdefinisi dengan baik. 

Kurangnya bakat dan keragaman kreatif di hari-hari pertama kehidupan bisnis startup sehingga membuat mereka sangat rentan terhadap kegagalan. Terutama ketika pendiri – atau co-founder – belum membangun keterampilan manajemen atau orang yang diperlukan untuk mengarahkan kapal secara efektif ke tempat yang mereka butuhkan hingga memberikan evaluasi usaha.

Terbukti melalui Harvard Business Review mengenai Why Good Companies Go Bad yang menjelaskan tentang banyak bisnis berantakan karena salah mengambil langkah. Oleh sebab itu, startup incubator hadir untuk membantu bisnis startup menemukan arah mereka, dengan waktu yang sangat singkat dan biaya yang efisien. Tapi, apa itu startup incubator? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai startup incubator beserta daftar 10 startup incubator di Indonesia!

Apa itu Startup Incubator?

Startup incubator adalah program kolaboratif yang dirancang untuk membantu kesuksesan startup baru. Inkubator membantu pengusaha memecahkan beberapa masalah yang umumnya terkait dengan menjalankan startup dengan menyediakan ruang kerja, pendanaan awal, pendampingan, dan pelatihan. Satu-satunya tujuan startup incubator adalah untuk membantu pengusaha mengembangkan bisnis mereka.

Startup incubator biasanya adalah organisasi nirlaba, yang biasanya dijalankan oleh entitas publik dan swasta. Inkubator sering dikaitkan dengan universitas, dan beberapa sekolah bisnis yang mengizinkan siswa dan alumninya untuk mengambil bagian dalam program ini. Namun, ada beberapa inkubator lain yang dibentuk oleh pemerintah, kelompok sipil, organisasi pemula, atau pengusaha sukses.

Apa Layanan Startup Incubator Paling Umum?

Hampir seluruh Startup Incubator memusatkan kurikulum dan praktik pada teknik bisnis mendasar terutama dalam bentuk planning dan strategy. Berikut adalah daftar layanan paling umum yang disediakan oleh startup incubator.

  • Membantu dengan dasar-dasar bisnis
  • Peluang jaringan
  • Bantuan pemasaran
  • Akses Internet berkecepatan tinggi
  • Bantuan manajemen akuntansi/keuangan
  • Akses ke pinjaman bank, dana pinjaman, dan program penjaminan
  • Membantu keterampilan presentasi
  • Koneksi ke sumber daya pendidikan tinggi
  • Koneksi ke mitra strategis
  • Akses ke investor atau modal ventura
  • Program pelatihan bisnis yang komprehensif
  • Dewan penasihat dan mentor
  • Identifikasi tim manajemen
  • Bantuan dengan etiket bisnis
  • Bantuan komersialisasi teknologi
  • Membantu dengan kepatuhan terhadap peraturan
  • Manajemen kekayaan intelektual dan penasihat hukum

Apa Manfaat Startup Incubator? Membangun networking bagi para pemula dalam bisnis tentu tidak mudah. Selain mempelajari esensi kehadiran bisnis. Anda juga akan dilatih untuk bisa mempresentasikan pitch deck yang menarik. Di luar sumber daya bisnis dasar, ada banyak manfaat bergabung denganinkubator startup:

  • Jaringan

Salah satu manfaat terbesar inkubator adalah akses yang diberikannya ke jaringan mitra bisnis yang sukses, banyak di antaranya biasanya memerlukan komitmen keuangan yang besar untuk menjadi bagian dari usaha Anda. Eksposur keseluruhan yang diberikan jaringan ini merupakan nilai tambah lainnya, karena sebagian besar startup memiliki anggaran pemasaran dan PR yang terbatas.

  • Bimbingan

Inkubator menawarkan kesempatan kepada anggota untuk mendengar dan belajar dari pengalaman pribadi mentor yang sukses di industri pilihan mereka. Meskipun membuat kesalahan di sepanjang jalan menuju kesuksesan adalah bagian yang diharapkan dari proses, para mentor ini ada untuk membantu Anda menghindari membuat kesalahan serupa yang pernah mereka buat saat baru memulai.

  • Dukungan dari pengusaha lain

Peluang dan pengalaman yang akan Anda bagikan dengan anggota lain dalam grup inkubator dapat membantu Anda meluncurkan bisnis dengan lebih cepat dan lancar daripada mencoba melakukannya sendiri. Berbicara dan belajar dari pengusaha lain dapat menjadi inspirasi yang Anda butuhkan untuk mendorong diri sendiri — dan satu sama lain — untuk mencapai tolak ukur kesuksesan berikutnya.

Cara Memilih Startup Incubator yang Tepat

Seperti yang telah disebutkan, ada beberapa manfaat berbeda yang dapat diperoleh seseorang saat bergabung dengan startup incubator. Berdasarkan manfaat ini, ada aspek yang harus Anda periksa saat memilih startup incubator yang tepat. Berikut ini adalah beberapa aspek tersebut.

  • Mentor relevan dengan bidangnya

Mentor yang baik tidak begitu mudah untuk ditemukan. Pengusaha sukses atau guru yang baik, tidak ada yang lebih baik bagi calon pengusaha daripada seseorang yang memahami bidang terkait dan menunjukkan seluk-beluknya, dengan pengalaman.

  • Jaringan yang relevan

Suka atau tidak suka, jaringan membuka pintu untuk pertumbuhan berskala. Itu dapat membuat dunia berbeda, mengubah model bisnis yang layak menjadi bisnis multifaset, meledak “di luar proporsi”. Itulah kekuatan mengetahui orang yang tepat. Dan itulah yang dapat ditawarkan oleh startup incubator pada umumnya.

  • Infrastruktur

Ada ruang kerja dan kemudian ada tempat kerja. Dengan semua perabotan, perangkat keras atau perlengkapan lainnya, gadget, dan yang lainnya, apalah lingkungan kerja jika tidak ramah, inovatif, menyenangkan, dan memotivasi. Startup incubator harus dapat menawarkan lingkungan seperti itu, mendorong pembelajaran dan pertumbuhan, memanfaatkan dorongan kewirausahaan.

  • Pendanaan yang cukup

Startup incubator harus dapat mengidentifikasi jumlah pendanaan yang cukup untuk memimpin perusahaan startup melalui tahap awal dan memasuki tahap pertumbuhan, tanpa masalah. Itu disebut modal pra-benih. Pendanaan awal, investor, dan VC akan mengambilnya dari sana, jika semuanya berjalan dengan baik.

  • Pengurangan kebisingan

Semua birokrasi hukum, rencana keuangan, pengeluaran dan penggajian, serta semua yang sulit dilakukan untuk menemukan pasar dan produk. Belum lagi semua masalah terkait IT ini muncul entah dari mana. Itu sebabnya startup incubator menawarkan sumber daya yang tepat untuk menangani semua aspek bisnis ini, sehingga setiap startup memiliki kesempatan untuk fokus belajar dan berkreasi. Dan itu membuat lingkungan kerja hampir bebas kebisingan.

Daftar Startup Incubator di Indonesia

Ada setidaknya 10 startup incubator Indonesia yang menyokong pertumbuhan ekosistem digital di Nusantara. Berikut ini profilnya untuk pengembangan startup incubator Anda:

1. Ideabox

Ideabox adalah startup incubator terkemuka yang membantu para entrepreneur untuk membawa ide mereka ke pasar dengan memberikan mereka dukungan, sumber daya, dan akses ke jaringan yang kuat. Ideabox adalah startup binaan Indosat. Ada 30-40 bulan perusahaan yang akan dibinar setiap 6 bulannya dengan pendanaan sebesar US$ 50.000 dan beberapa jumlah fasilitas seperti perangkat komputer dan networking. Adapun Ideabox berfokus utnuk mengembangkan produk teknologi terutama industri teknologi.

2. Incubator Teknologi LIPI

Int Incubator adalah program startup incubator berbasis teknologi yang membantu para entrepreneur mengembangkan bisnis mereka dengan dukungan mentorship, pelatihan, dan akses ke sumber daya yang dibutuhkan. Khusus LIPI ini memberikan layanan untuk mengkonversi hasil-hasil riset menjadi bisnis dengan inovasi teknologi. Anda bisa mendapatkan pendanaan hingga Rp 250.000.000 dan pendampingan dari sisi teknologi dan bisnis.

3. East Ventures

East Ventures adalah salah satu VC terkemuka di Asia Tenggara yang fokus pada investasi pada startup awal dan berkembang. Mereka juga memiliki program startup incubator untuk membantu entrepreneur mengembangkan bisnis mereka. East Ventures ini adalah perusahaan yang berinvestasi pada industri beragam mulai dari e-commerce, Software as a Service (SaaS) dan fintech. Sejak tahun 2009 sudah membangun startup lebih dari 400 perusahaan. Tahun 2022, East Ventures sudah menghimpun total US$ 550 juta untuk pemberdayaan pendanaan tahap lanjutan.

4. Founders Institute Jakarta

Founders Institute Jakarta adalah akselerator startup terbesar di dunia yang berpusat di Silicon Valley. Founers Institute Jakarta menyediakan pendanaan bagi pengusaha individu perorangan maupun tim yang berjaring untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan kemampuan terstruktur. adalah program startup incubator global yang membantu entrepreneur mengembangkan bisnis mereka dengan dukungan mentor, pelatihan, dan akses ke jaringan. Global Network Founder Institute memiliki lebih dari 4.500+ alumni dan 18.000+ mentor dengan pendanaan lebih US$ 950 juta.

5. MDI Ventures

MDI Ventures adalah perusahaan venture capital yang berfokus pada investasi pada startup teknologi di Indonesia dan Asia Tenggara. Mereka juga memiliki program inkubasi untuk membantu para entrepreneur mengembangkan bisnis mereka. MDI Ventures mendapatkan pendanaan melalui PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) telah menginvestasikan US$ 500 juta untuk 3 tahun ke depan. MDI Ventures secara langsung menyampaikan bahwa investasi yang akan diberikan pendanaan adalah investasi yang bisnisnya sudah terbukti lewat pengetesan digital capability, revenue-nya bagus, growth-rate bagus. MDI Ventures juga mengutamakan sinergi. Sektor yang paling difokuskan adalah healthcare, agritech, logistik, fintech adala sektor yang ditargetkan untuk masa depan dan diupayakan dapat exit kepada perusahaan BUMN dan IPO.

6. Kibar

Kibar adalah program startup incubator yang membantu entrepreneur untuk mengembangkan bisnis mereka dengan dukungan mentorship, pelatihan, dan akses ke sumber daya yang dibutuhkan. Kibar & Google Developer Launchpad bekerjasama sejak tahun 2018 meluncurkan Digitaraya. Dimana melalui program ini Anda bisa menjalankan pemebelajaran dari Silicon Valley. Akses untuk mempelajari hasil riset Google selama 20 tahun dalam membangun bisnis, produk hingga pembekalan tim untuk skala yang besar. Untuk kriteria startup yang dicari adalah perusahaan yang berfokus pada pasar di Indonesia, memiliki peluang membuka pekerjaan dan memiliki potensi pertumbuhan bisnis kedepan.

7. Wavemaker Partners

Wavemaker Partners adalah perusahaan venture capital yang berfokus pada investasi pada startup awal dan berkembang di Asia Tenggara. Mereka juga memiliki program inkubasi untuk membantu para entrepreneur mengembangkan bisnis mereka. Pendanaan yang diperoleh Wavemaker Partners sebesar US$ 50Juta dan juga World Bank, International Financial Corporation sebesar US$10 juta. Selain dari IFC, perusahaan ini adalah bagian dari konglomerasi Siam Cement Group. Pendanaan yang diberikan dititikberatkan pada founder yang cakap dibidangnya.

8. Antler

Antler adalah program startup incubator yang didirikan oleh Magnus Grimeland yang merupakan mantan karyawan Zalora. Didirikan di Singapuran tahun 2917, sudah berinvestasi lebih dari 350 startup teknologi di Indonesia. Sejak tahun 2022 memasuki Indonesia, Antler memiliki rencana investasi di 100 startup di Indonesia utnuk 4-5 tahun. Menariknya individu yang bergabung bisa hanya dengan hanya memiliki ide bisnis yang baik untuk dikembangkan. Antler sejauh ini sudah berinvestasi pada beberapa kategori startup seperti deep tech mulai dari AI, edukasi, e-commerce, kesehatan hingga properti. Semua tentunya berbasis teknologi. Hal yang diinginkan Antler adalah pemimpin yang memiliki keahlian yang menonjol dan berbeda, ambisi hingga dorongan yang kuat untuk mewujudkan ambisi. Pendanaan yang dilontarkan Antler mulai dari US $20-25 juta di Indonesia untuk 4-5 tahun.

9. IDX Incubator

Menariknya dari IDX Incubator ini menawarkan IPO (Initial Public Offering) sebagai salah satu program bagi para wirausahawan untuk mengaktifkan bisnis mereka. Para pebisnis diberikan akses mempelajari penawaran kepada penanam saham. IDX Incubator adalah startup incubator yang iniasis oleh BEI (Bursa Efek Indonesia) sebagai salah satu program perushaan untuk mendorong pelaku usaha melakukan penawaran umum. Pelatihan akan brelangsung selama 6 bulan mulai dari training, workshop, mentoring hingga event. Dimana setiap peserta diajak untuk memvalidasi ide atau proyek agar dapat direalisasikan. Lalu masuk ke tahapan pengembangan pproduk dan terakhir pada pengembangan bisnis. Adapun beberapa pihak dibelakang yang mendukung IDX Incubator ini seperti PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Link Net Tbk, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan beberapa asosiasi startup lainnya.

10. AC Ventures

AC Ventures adalah salah satu inkubator bisnis yang beroperasi untuk memberikan pendanaan dan pelatihan khusus bagi berbagai startup yang ada di wilayah Asia Tenggara. Indonesia sedang ada dalam fokus pengembangannya. Secara menyeluruh AC Ventures telah berinvestasi pada 120 perusahaan teknologi sejak 2012. Area dominasi AC Ventures sendiri berada dalam jangkauan perusahaan yang bergerak di bidang digital aktivasi, e-commerce, fintech, logistik dan SME Tech. AC Ventures akan memafasilitasi dari segi pendanaan, pengembangkan bisnis, jaringan komunitas hingga akuisisi pekerja yang dapat berpotensi membawa nilai berharga bagi pengembangan bisnis Anda. Sejak Februari 2023 lalu, AC Ventures telah membuat komunitas penasihat ahli StartUp di Indonesia dan hanya berlaku bagi para pebisnis yang tergabung dalam AC Ventures.

Mulai Segalanya Dari Kualitas & Nilai yang Konsisten

Quality is The Best Business – John Lasseter, mengutip kata dari seorang animator terkenal ini yang menjelaskan bahwa bisnis memang selalu identik dengan kualitas dan hubungan yang dibangun antar sesama. Berbisnis bukan hanya berarti untung saja, namun Anda juga perlu memperhatikan bagaimana bisnis dapat berdampak bagi kehidupan sesama dan ekosistem industri. Untuk itu mulai dengan kualitas terbaik dalam diri Anda. Selamat mencoba ragam pilihan inkubator diatas, ya! Memaksimalkan kemampuan Anda agar laju bisnis Anda semakin potensial. 


Danamas adalah perusahaan P2P Lending terpercaya dan berizin OJK sejak tahun 2000. Danamas membangun kualitas untuk tetap selalu siap melayani apapun kebutuhan finansial Anda. Tersedia layanan pinjaman online hingga Rp 2 miliar, bunga bersaing dengan tenor waktu hingga 10 tahun, bunga bersaing mulai dari 14% p.a. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan dan ragam pinjaman bunga rendah dan tenor panjang dari Danamas untuk memperlengkapi kebutuhan finansial Anda. Jika Anda tertarik namun memliki beberapa hal untuk ditanyakan terkait dokumen, proses pencicilan hingga pengajuan, Danamas juga menyediakan Anda layanan langsung untuk konsultasi pengajuan pinjaman online.

Cek selengkapnya di website Danamas P2P Lending terpercaya dan kunjungi Instagram Danamas untuk ragam informasi finansial Anda!  Hati-hati dengan penipuan pinjaman online yang mengatasnamakan Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda