Contoh-Surat-Penawaran-Barang

Contoh surat penawaran barang yang baik bagaimana? Jika anda seorang pebisnis, mungkin akan sering melakukan berbagai transaksi bisnis ke pihak eksternal. Transaksi bisnis ini terjadi karena berbagai aktivitas usaha Anda seperti penawaran barang. 

Agar proses penawaran barang lebih aman bagi kedua belah pihak, Anda membutuhkan surat penawaran barang. Surat penawaran barang ini tidak bisa dibuat sembarangan, untuk itu Anda perlu format dan contoh surat penawaran barang sebagai acuan penyusunannya. Surat penawaran barang yang tepat bisa membantu Anda dalam beraktivitas bisnis bersama pihak eksternal. Jika terhambat terkait penyediaan barang yang diinginkan konsumen karena modal, Anda bisa mengajukan pinjaman online pada platform pinjaman online terpercaya bunga rendah

Bagi Anda yang memiliki bisnis, yuk mulai sekarang pahami cara membuat surat penawaran barang dari contoh surat penawaran barang yang ada di artikel ini. Apa saja yang perlu ada di dalam surat penawaran bisnis? Semua ulasannya ada disini dan bisa Anda simak dibawah ini.

Apa Itu Surat Penawaran Barang?

Surat penawaran barang adalah surat yang berfungsi sebagai perantara untuk menjalankan sebuah kerjasama dengan pihak eksternal. Surat penawaran barang termasuk ke dalam media promosi yang dibuat untuk meningkatkan pemasaran dan membantu perusahaan dalam memperluas jaringan bisnisnya. Secara umum surat penawaran barang menjelaskan secara rinci atas barang yang ditawarkan kepada pihak eksternal. Surat ini dibuat saat ada permintaan penawaran dari calon konsumen. Dengan adanya surat penawaran, Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk penawaran barang yang Anda ajukan kepada konsumen yang membutuhkannya.

Bisa disimpulkan bahwa surat penawaran adalah surat resmi yang diberikan oleh pebisnis atau penjual kepada calon pembeli dengan isi yang rinci tentang perusahaan dan barang yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Pembuatan surat penawaran agar bisa diketahui dan meyakinkan calon pembeli sehingga akhirnya terjadi sebuah transaksi jual-beli dan kerjasama antar keduanya.

5 Komponen Surat Penawaran Barang

Dalam membuat surat penawaran barang tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa komponen yang perlu dimasukkan kedalam surat penawaran barang. Jika anda berencana untuk membuat surat penawaran barang, maka ini komponen wajib ada di surat penawaran bisnis barang.

1. Informasi Perusahaan 

Pada surat penawaran barang, hal pertama yang harus dicantumkan adalah informasi singkat tentang perusahaan yang menawarkan barang. Hal ini adalah upaya untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon pembeli. Informasi nama perusahaan, alamat perusahaan dan bidang perusahaan tersebut.

2. Barang Yang Ditawarkan

Komponen kedua dalam pembuatan surat penawaran adalah mencantumkan barang yang ingin ditawarkan. Barang yang bisa dicantumkan mulai dari harga barang dan stok yang dimiliki, maka calon pembeli bisa memperkirakan Jumlah pembelian di perusahaan anda.

3. Informasi Tentang Harga Promo

Calon pembeli memiliki kemungkinan lebih tertarik jika anda memberikan sebuah keistimewaan seperti harga promo spesial. Untuk itu, coba pertimbangkan untuk memberikan harga khusus atau harga promosi kepada calon pembeli. Promo yang bisa anda berikan seperti potongan harga dengan minimal pembelian jumlah tertentu atau gratis ongkir.

4. Metode Pembayaran

Komponen selanjutnya yang bisa anda cantumkan pada surat penawaran adalah metode pembayaran. Semakin banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk pembelian barang di perusahaan anda maka calon pembeli pun akan semakin tertarik sehingga mereka pun akan melakukan transaksi.

5. Lampiran Informasi Produk

Komponen penting lainnya dalam pembuatan surat penawaran adalah adanya informasi produk yang jelas dengan begitu calon pembeli akan tertarik dengan barang yang ditawarkan dan merasa membutuhkan hingga melakukan transaksi.

6 Fungsi Surat Penawaran

Fungsi utama dari surat penawaran adalah untuk menawarkan kerjasama dengan pihak eksternal namun ada beberapa fungsi surat penawaran barang lainnya yang baik untuk perusahaan anda.

  1. Surat penawaran barang sebagai alat untuk memasarkan produk yang ingin dijual kepada konsumen atau pihak eksternal.
  2. Surat penawaran dibuat agar penerima surat bisa mempelajari secara rinci hingga akhirnya tertarik untuk membeli produk atau bekerjasama dengan anda.
  3. Surat penawaran sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada pihak lain.
  4. Surat penawaran untuk menjangkau calon calon konsumen yang potensial.
  5. Surat penawaran bisa membantu memperluas jangkauan bisnis.
  6. surat penawaran juga bisa sebagai media untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen agar tetap loyal.

9 Manfaat Surat Penawaran

Surat penawaran bisnis barang memiliki manfaat bagi keberlangsungan bisnis Anda. Maka, sebagai pebisnis tidak ada salahnya untuk membuat surat penawaran bisnis, selain terlihat lebih profesional, bisnis Anda juga lebih lancar. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan dengan membuat surat penawaran produk antara lain:

  1. Surat penawaran dapat dipakai untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil nyata.
  2. Surat penawaran juga bisa mengembangkan hingga menguji strategi pemasaran dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
  3. Surat penawaran sebagai penyedia alat komunikasi bagi perusahaan untuk memaparkan dan meyakinkan ide kepada pihak lain cara menyeluruh.
  4. Surat penawaran dapat membantu perusahaan untuk bisa berpikir kritis dan objektif atas bidang industri yang akan perusahaan tersebut tekuni
  5. Surat penawaran juga dapat mengidentifikasi adanya risiko di saat penting sehingga bisa memudahkan untuk pengambilan Tindakan antisipasi.
  6. Surat penawaran juga bisa memberikan informasi tentang potensi pasar dan perkiraan pasar yang mungkin akan dicapai
  7. Surat penawaran juga memberikan potensi finansial yang jelas
  8. Surat penawaran juga memiliki dokumen ringkas tentang informasi penting untuk evaluasi finansial bisnis
  9. Surat penawaran bisa memberikan gambaran tentang kemampuan perusahaan anda agar memenuhi kewajibannya.

5 Bagian Format Dalam Penyusunan Penulisan Surat Penawaran

Tidak bisa sembarangan, Anda perlu membuat surat penawaran dengan format yang tepat. Format dalam penyusunan penulisan surat penawaran penting dibuat dengan benar agar susunannya terbaca dengan sistematis dan ideal. Pada surat penawaran terdapat format yang perlu Anda lengkapi antara lain:

1. Kop Surat

Anda harus melengkapi surat dengan kop surat yang berisi informasi tentang perusahaan pemberi penawaran tersebut. Kop surat meliputi nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak yang bisa digunakan seperti nomor telepon atau email.

2. Kepala Surat

Pada bagian ini terdapat tanggal pembuatan surat nomor surat lampiran perihal dan alamat tujuan surat yang akan dikirim.

3. Pembukaan

Kalimat pembukaan pada surat penawaran barang seperti “Dengan Hormat” lalu dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang alasan hingga tujuan pengiriman surat penawaran tersebut.

4. Isi Pokok Surat

Di bagian isi surat penawaran dijelaskan secara detail tentang produk sehingga harga yang ditawarkan kepada pihak eksternal. Pada bagian isi pokok surat informasi yang disertakan menjadi lebih jelas karena ada beberapa keterangan tambahan seperti dokumen katalog brosur surat-surat resmi dan lain sebagainya.

5. Bagian Penutup

Surat penawaran barang yang dapat anda buat di bagian penutup adalah dengan menyampaikan himbauan atau harapan kepada calon konsumen agar tertarik hingga menjalin kerjasama kepada perusahaan anda.

20 Contoh Surat Penawaran Barang 

Jika Anda masih bingung bagaimana membuat surat penawaran barang, berikut contoh surat penawaran barang dengan format yang sudah disesuaikan dengan bisnis dan kebutuhan. Anda bisa contoh membuat surat penawaran barang ini.

1. Contoh Surat Penawaran Alat Masak

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

Kontak

(Alamat dan Tanggal)

Nomor: 

Hal:

Lampiran:

Kepada

(Nama Yang dituju)

(Alamat Yang dituju)

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, kami memperkenalkan diri dari perusahaan (nama perusahaan) yang bergerak dibidang alat masak.

Kami memperoleh informasi bahwa Nama Perusahaan merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang 8 kawasan Jakarta.

Sehubungan dengan. itu, kami ingin menawarkan produk berupa alat masak untuk mendukung operasional (Nama Perusahaan). Di surat ini, kami melampirkan daftar produk serta beserta harganya untuk dipertimbangkan.

Jika perusahaan Anda membutuhkan produk dan layanan kami, mohon menghubungi di nomor telepon (Nomor Telepon), Kami dengan senang hati akan membantu menjelaskan produk-produk Yang sesuai untuk keperluan Anda, Kami juga menyediakan layanan berupa pengantaran produk. dengan biaya kirim gratis. Bahkan, kami menawarkan harga Khusus jika perusahaan Anda melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Nama Perusahaan

Nama

Lampiran

Nama barangModelHarga
Kitchen HoodMerek XX, Type 123, WarnaRp. 2.500.000
Kitchen SinkMerek XX, Type 123, WarnaRp. 1.500.000
Kitchen HoodMerek XX, Type 123, WarnaRp. 700.000
DishwasherMerek XX, Type 123, WarnaRp. 12.000.000

2. Contoh Surat Penawaran Elektronik A

PT. SINAR ELEKTRONIK

Jalan Soekarno-Hatta No. 99 Bandung

Telp (0258)12345 Fax (0258) 123456


Nomor : 15/CEN/15 8 Mei 2015

Lampiran : Brosur

Hal : Penawaran Barang Elektronik

Yth. Ibu Ti Sulistyorini, S.Pd

TOKO ABADI JAYA

Jln. Raya Wiradesa No.25-26 Wiradesa

Pekalongan

Dengan hormat,

Dengan datangnya surat ini, kami dari PT. CAHAYA ELEKTRONIK ingin mengajukan penawaran kepada Ibu Ti Sulistyorini, S.Pd selaku pemilik TOKO ABADI JAYA, kami menawarkan beberapa barang-barang elektronik diantaranya sebagai berikut:

NoNama BarangHarga
1TV (21 Inch)Rp. 1.500.000
2DVD Player Rp. 500.000
3Radio (TapeRp. 700.000
4Kipas angin 1.200.000.
5KulkasRp. 2.000.000
6Mesin cuRp. 2500.000
7DispenserRp. 500.000
8Magic comRp. 350.000

Adapun cara pembayarannya yaitu dengan Cash On Delivery (dibayarkan ketika barang sampai ke pembeli) dan juga dapat dicicil dengan ketentuan dengan adanya uang muka, pembayaran dapat dilakukan dengan 3 kali cicilan.

Sekian surat penawaran ini kami buat. Atas perhatian dan kerja sama Ibu,

kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Azizi

PT. CAHAYA ELEKTRONIK

3. Contoh Surat Penawaran Elektronik B

PT ROCKET MANAJEMEN

Jalan Solo, Bantul Yogyakarta

Telp (021) 999999 Fax (021) 999999


Bantul 28 Februari 2017

Nomor : 89/XIT/II/2017 

Lampiran : 1 Bunder Brosur dan Leaflet

Hal : Penawaran Barang Elektronik

Kepada Yth

Toko Utama Elektro

JL Pemuda Km 2 Malang

Jawa Timur

Dengan Hormat

Menanggapi surat permintaan daftar produk serta harga yang saudara kirimkan pada tanggal 27 Februari 2017 dengan nomor surat 4LMNAU2DI, telah kami terima. Kami mengucapkan Banyak terima Kasih atas perhatian Saudara kepada perusahaan kami. Untuk memenuhi permintaan dari Saudara kami akan memberikan monas yang Saudara butuhkan sebagai berikut :

1. Daftar barang beserta harga telah kami kirim bersama dengan surat ini. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim ke toko anda.

2. Apabila saudara membeli produk dari Kami, Sandara dapat membayar 75% sebagai DP dan sisanya dapat saudara bayarkan setelah 1 bulan barang saudara terima dan tidak ada kerusakan.

3. Untuk pembelian dalam 100 unit maka kami akan memberikan diskon 10% kepada saudara.

Kami sangat berharap saudara tertarik dengan penawaran yang kami berikan. Bila masih ada informasi Yang belum jelas saudara dapat berkunjung di penahan kami di Solo Km. 59 Bantul Yogyakarta ataupun dapat menghubungi Ke (nomor 271) 232382882. Kami  akan senang hati akan menjawab segala pertanyaan dari Saudara Mengenai formasi barang yang kami berikan.

Demikian surat penawaran barang ini kami sampaikan. Kami berharap menjadi pemasok barang barang Gakinosik di toko saudara dan menjalin kerjasama dengan saudara.

Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami.

Nurul Anggita

Manajer Pemasaran

4. Contoh Surat Penawaran Properti

No : O1/DSG/SPR/IK/2016

Tanggal : 21 September 2016

Hal : Surat Penawaran Rumah.

lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth.

Direktur Utama /Direktur/Manajer Kepala Bagian & Karyawan

PERUSAHAAN /LEMBAGA/DINAS

DITEMPAT

Dengan hormat,

Pemenuhan akan rumah bagi setiap individu merupakan kebutuhan primer dimana rumah tidak hanya sebagai kebutuhan tempat tinggal tetapi juga kebutuhan investasi di masa depan. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu memberi kesempatan kepada kami untuk memperkenalkan produk kami. Kami dari PT. Mutiara Realty Indonesia member Golden Land Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Property di Jakarta dan Bekasi. Bersama ini kami mengajukan penawaran produk kami sebagai berikut

1. D’Secret Garden Residence Jagakarsa Jakarta Selatan

Luas Bangunan : 58 m2, 69 mi 80m?

Luas Tanah : 76 m2, 97m, 100m

Sertifikat : SHM

Spesifikasi Bangunan : Terlampir

Total Unit : 11 unit

Ketersediaan Unit : 3 unit

Lokasi : Jln. Gardu (dekat KFC Lenteng Agung) Srengseng Sawah

  Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 hitos//eool/maps/BirdatCAmoNa

Fasilitas dan Akses : Minimarket (Lawson, Indomaret, Alfamart)

  Rumah Sakit (RS Bunda Medika)

  Sekolah (SDN 15/16, SMAN 103, PTK Bahasa)

  Kampus (Universitas Indonesia, Universitas Pancasila)

  Mall (Margo City Square, DETOS) Supermarket (Hypermart, Giant)

  Stasiun KRL Kereta Rangkaian Listrik — Universitas Pancasila)

  Garden Fountain, Foot Acupressure, Children 

  Playground, Listrik bawah tanah, taman buah-buahan, Gazebo

Harga :Rp 1.176400.000.- (Mini Edelweis)

 Rp 1494800.000,. (Edelweis)

 Rp 1.627100.000.. (Maxi Edelweis)

Sistem Pembayaran :Cash Keras, Cash Bertahap, KPR Bank Syariah

D’SECRET GARDEN Residence. Satu-satunya hunian dengan View alam yang eksotis di wilayah DKI Jakarta. Rasakan sensasi Liburan setiap Anda sampai di rumah, melepas kepenatan dan kembali fresh dalam sekejap”.

5. Contoh Surat Penawaran Keperluan Kantor

PT. SILVIA LESTARI

Penyedia Peralatan Kantor Terlengkap Se-Indonesia

Jln.Kemad No 205 Sumedang 45313 Telp(0261) 765511

Email : [email protected] web : silvialestari509.blogspot.com


Sumedang, 25 Maret 2015

Nomor :2013SL/II/15

Lampiran :1(satu) Lembar

Perihal :Penawaran Peralatan Kantor

Kepada Yth : 

Direktur PT GEMILANG WIJAYA

Jln. Pawan Ulan No 25

Sumedang

Dengan Hormat

Pada bulan ini kami meluncurkan produk baru yang banyak keunggulan serta bunga yang terjangkau dibanding dengan perusahaan lain. Kemudian kami bermaksud menawarkan produk baru tersebut kepada perusahaan yang bapak pimpin.

Berikut kami informasikan beberapa hal diantaranya:

  1. Meja minimalis  kualitas no 1
  2. harga satuan Rp1.500.000
  3. Setiap pembelian lebih dari 3 unit akan mendapat potongan 15%(khusus bulan ini 30%)
  4. Pembelian disertai DP 30 dari total pembelian
  5. pelunasan dilakukan setelah barang diterima
  6. Free ongkir
  7. Jika barang yang diterima dalam keadaan tidak baik maka akan mendapat ganti rugi

Adapun untuk lebih jelaskan kami lampiran daftar harga beserta klasifikasi produk. Semoga bapak tertarik dan segera memesan.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

PT. SILVIA LESTARI

Silvia Lestari.S.E

Direktur

6. Contoh Surat Penawaran Sepatu

Jalan Kesejahteraan no. 1G-D

Jakarta Timur

(021) 95-234-432

[email protected]

Jakarta 20 April 2016

No : 0900/ TRN/SH/2/2016

Lamp : 1 (Satu)

Perihal : Penawaran produk sepatu untuk beragam event perusahaan anda

Kepada Yth:

Bapak/Ibu Pimpinan

Di Tempat

TRIANA SHOES sebagai penyedia kebutuhan barang promosi, produk utama kami adalah sepatu wanita.

Kami memulai usaha secara online sejak tahun 2012, tim kami telah berpengalaman bekerja sama dengan instansi, dinas, perusahaan pemerintah, swasta dan perorangan. Karya kami telah dipakai oleh banyak kalangan mulai dari perusahaan skala kecil sampai skala cukup besar.

Kami melayani pemesanan sepatu wanita secara online diseluruh wilayah Indonesia. Kami telah menjadi produsen terpercaya, tepat waktu dan berkualitas.

Adapun merchandising promotion yang kami tawarkan sbb:

1. Kode 747 | Sneakers winter shoes Bidong, size 38-39 @ Rp. 70.000

2. Kode 748 | Sncakers winter shoes Pink, size 36-40 dil Rp. 70.000

3. Kode 749 | Sneakers winter shoes Black, size 36-40 @ Rp. 75.000

Cek beragam produk sepatu wanita dan agenda yang kami punya di http:/Arianashoes.com

Harga tercantum tidak mengikat, hanya melayani pesanan grosir

Harga tercantum belum termasuk biaya pengiriman

Hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut di 0801 0084 4893

email: infortrianashoes.com

Salam Sukses,

Hormat Kami,

Triana Shoes Corporation

Triana i, SS

Marketing Manager

7. Contoh Surat Penawaran Furniture

PT ALEXINDO FURNITURE

Jalan Mendrisio No. 123

Tel.022.7773662, Fax.022.7773663


9 Juni 2018

Nomor : 007/SS/111/2018

Lampiran : 2 Lembar

Perihal : Penawaran Furniture

JL. Mabad No. 21

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan PT. Alexindo Furniture yang bergerak di

bidang furniture. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, PT. Arina Properti merupakan perusahaan property yang sedang berkembang pesat di Jakarta dan akan membuka unit di Bali. Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan kerjasama dalam hal pengadaan furniture. Adapun beberapa produk furniture yang kami tawarkan diantaranya:

1. Meja komputer merk Lemari

2 Kursi dan meja kerja

3. Meja dan sofa ruang tamu

4. Papan pembatas antara karyawan

Bersama surat ini, kami lampirkan brosur peralatan dan petunjuk manualnya. Jika Bapak/ Ibu tertarik dengan penawaran ini, kami akan mengirim staff kami untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai produk yang dibutuhkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan pertimbangan anda kami

ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Megawati Prabowo

Direktur Pemasaran

8. Contoh Surat Penawaran Fashion

SAMARINDA

IL. Tenggiri Samarinda Ilir Kec. Sambutan RT. 01

Email : www.abadibersaudara@ gmail com


Nomor SOMPN OS 2OIE 37 September 2015

Perihal: penawaran produk fashion

Kepada Yth

Bapak/Ibu Calon Customer.

PT. Abadi Bersaudara

Di tempat

Dengan hormat.

Perkenalkan.kami dari PT. Abadi Bersaudara. yang dalam hal ini kami bergerak di bidang penawaran design fashion Baik dalam maupun Luar pulau. Kami berniat menawarkan bentuk kerja sama dalam bidang expedisi besar yang berupa fashion pria dan wanita. Harapan kami bisa membantu pendistribusiannya. adapun layanan penjual produk seperti T-shirt Dan kemeja terbaru dari perusahaan kami. serta penawaran fashion terbaru dari perusahaan kami. kepada para calon Customer. 

Kami juga melayani penjualan fashion terbaru untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan customer. Kami berusaha berkomitmen dengan LEAD time yang kami berikan jika.kedepannya Bapak/Ibu berkehendak membutuhkan penawaran yang Kami berikan dengan senang hati.dan kami akan memberikan penawaran harga.

Sekian surat penawaran ini kami sampaikan. atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu kami ucapkan terima Kasih.

Samarinda 27 september 2018.

Kepala Departemen SDM,

PT. Abadi Bersaudara

CA adha dani rahma)

9. Contoh Surat Penawaran Kemasan Galon

PT. TIRTAMAS LESTARI

Jln. Raya Ratna No.87 Jatikramat. Jatiasih, Bekasi

No.Telp (021/849-727-57


Kepada Yth

Calon Pelanggan

Air Galon TOTAL

Di Tempat

Dengan hormat

Bersama dengan ini perkenalkan kami dari distributor produk air minum dalam kemasan dengan merk”TOTAL” Bermaksud mengajukan penawaran produk kami (khususnya air galon) untuk memenuhi kebutuhan air minum di Perusahan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun penawaran dari kami adalah sebagai berikut

  • Harga air Galon TOTAL : Rp.11.000
  • Kemasan GALON dipinjamkan Dengan nilai Deposit : Rp.35.000
  • Sewa Dispenser HOT & Cold :Rp 35000/ Bulan

Produk air minum “TOTAL” adalah air mineral yang berasal dari sumber mata air pegunungan alami yang berasal dari Desa Nyang kowek Kecamatan Cicurug Sukabumi, diproses dengan menggunakan peralatan modern dan sistem penyaringan filterisasi yang disterilkan menggunakan sinar ultraviolet sehingga memenuhi standar SNI : 01-3553-1996 dan MD 249110001762 dan beberapa standar kesehatan dunia seperti WMO, EAN, dan ISO 9002. 

Besar harapan kami untuk dapat diberikan kesempatan menjadi supplier di Perusahaan. Bapak. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi customer senas atau dengan sales representative kami

M. Mutahin :085211068745 / 0878 7049 3660

Atas kepercayaan dan kesempatannya yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Bekasi

Sales Representative

HP :085211068745 / 0878 7049 3660

PIN BB : 2768C5A2

10. Contoh Surat Penawaran Buku Sekolah

PENERBIT HARUKA

Jl. Dermaga No. 1D, Bandung

Telp. 061-24576, Email : haruka091 @gmail. com

Website : haruku books.com


Bandung, 12 Juli 2019

No :2/15/X/2019

Lamp :1 Lembar

Hal :Penawaran Buku Sekolah

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Harapan Bangsa

JL Universitas No.5

Bandung

Dengan hormat,

Kami merupakan perusahaan yang bergerak khusus di bidang percetakan buku-buku sekolah. Bersamaan dengan surat ini, kami bermaksud untuk menawarkan buku-buku sekolah yang kami miliki ke SMA Harapan Bangsa yang Bapak/Ibu pimpin. Kami juga sudah melampirkan daftar buku-buku yang kami miliki beserta dengan daftar harganya sebagai lampiran pada surat ini.

Kami sangat berharap, Bapak/Ibu berkenan untuk mempertimbangkan penawaran kami. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Pimpinan Penerbit Haruka

Ahmad Farhan

11. Contoh Surat Penawaran Mesin Fotokopi

PT. SINAR HARAPAN

Jln.Ternate No 125 Telp 89467 email : sinarharapan2yahoo.co.id

Bandung


19 Februari 2017

No :2/15/X/2017

Lamp :1 Lembar

Hal :Penawaran Mesin Fotocopy

Yth Direktur PT ANUGRAH

Jalan Kapten Mulyadi

Surabaya

Dengan Hormat

Berdasarkan iklan di harian Kompas tanggaL 8 Februari 2017 yang lalu bahwa perusahaan saudara membutuhkan mesin fotokopi. Oleh karena itu kami menawarkan mesin fotokopi dengan spesifikasi sebagai berikut:

Merk dan warna :Cannon Abu-abu

Tipe :Canon IP17

Tahun Pembuatan :2011

Harga :Rp.15.000.000

Pembayaran :Cash on delivery

Penyerahan :Franco pembeli

Sifat Pembayaran :Bebas

Agar Saudara dapat informasi yang lebih jelas, bersama surat ini kami sertakan brosur tersebut. Demikian surat penawaran ini kami ajukan dengan harapan informasi yang kami berikan berkenan dihati Saudara.

Atas Perhatian saudara kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

Mardian Yani

Direktor

12. Contoh Surat Penawaran Harga Proyek

CV KONSTRUKSI INDONESIA

Jalan Mendrisio No. 123 Jakarta Selatan

Tel. 022.9999888, Fax.022.9999888


9 Juni 2018

Nomor : 001/RI/111/2018

Lampiran : –

Perihal : Penawaran Harga Proyek

Kepada Yth

Sdr. Rendi

SPBU 123

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubung dengan adanya kebutuhan pekerjaan Talang di SPBU 123 Tengah Tani Maka dengan ini kami CV Konstruksi Indonesia perusahaan konstruksi untuk mengajukan penawaran harga untuk penawaran tersebut. adapun spesifikasi material yang digunakan adalah sebagai berikut:

NoPekerjaanVolSatHarga SatuanJumlah
1Bongkar Pasang Tabung Baru10mRp. 250.000Rp. 2.500.000
2Bongkar Pasang Tabung Spandle Tabung Belakang1LxRp. 300.000Rp. 300.000
3Pembukaan Saluran Air1LxRp. 800.000Rp. 800.000
Total JumlahRp. 3.600.000

Setelah kami survey lokasi dengan menganalisa perhitungan volume tersebut, maka kami mengajukan harga sebesar Rp. 3.600.000 terbilang (Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).

Dengan surat penawaran surat ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Hormat Kami

CV Konstruksi Indonesia

Rendi

13. Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

PT. ANUGERAH SAHABAT MULIA

Trading Contractor & Engineering

Jalan Mendrisio No. 123 Jakarta Selatan

Tel. 022.9999888, Fax.022.9999888


21 Oktober 2017

Nomor : 001/RI/111/2017

Lampiran : –

Perihal : Penawaran Harga 

Kepada Yth

PT. ALAM BARA PRATAMA

SPBU 123

Di tempat

Dengan hormat,

PT. ANUGERAH SAHABAT MULIA perusahaan konstruksi untuk mengajukan penawaran harga pemasangan panel pagar beton untuk penawaran tersebut. adapun spesifikasi material yang digunakan adalah sebagai berikut:

NoUraianSpesifikasiHarga satuan
1Pemasangan peralatan tanggaLapangan, dan pembatas tangga
2Pagar Panel Beton Kondisi TerpasangTinggi   : 200 cmJumlah : 5 (daun panel)Kolom       :17x17x200 cmPanel        :5x40x24 cmCor Beton :30x30x80 cmKolom Lubang :40x40x85 cmRp. 475.000
3Pagar Panel Beton Kondisi TerpasangTinggi   : 280 cmJumlah : 7 (daun panel)Kolom       :17x17x200 cmPanel        :5x40x24 cmCor Beton :30x30x80 cmKolom Lubang :40x40x85 cmRp. 625.000
4Pemasangan Kawat Duri(Pagar Panel)Rp. 75.000
5Lampiran Materi (Jika Ada)Rp. 30.000

Cara Pembayaran

  1. Awal Pembayaran :30%
  2. Tempo 2 :50% (dibayar setelah pekerjaan 40%)
  3. Tempo 3 :20% (dibayar setelah pekerjaan 100%)

Demikian surat penawaran yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami

Mahmudin

Manajer Pemasaran

14. Contoh Surat Penawaran Jasa Instalasi Listrik

PT. ELEKTRO JAYA

SUPPLIER KEBUTUHAN LISTRIK DAN INSTALASI LISTRIK

JL Timur No. 12, Medan

Telp. 061-12886, Email : eljaya@gmail com


Medan, 28 Juni 2019

No :02/PEN/V/2019

Lamp :1 (Satu) rangkap

Hal :Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Kepada Yth,

Manager Pengadaan PT Makmur Kencana

Jl Pandanaran No 3B

Medan

Dengan hormat,

Bersama surat ini izinkan kami untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT Elektro Jaya yang bergerak dibidang pengadaan, instalasi dan perawatan alat-alat listrik. Sehubungan dengan rencana pekerjaan Instalasi Listrik di Gudang Baru PT Makmur Kencana. Dengan ini kami mengajukan penawaran kerjasama untuk pekerjaan tersebut.

Adapun penawaran instalasi yang kami ajukan telah memenuhi persyaratan yang diminta dalam dokumen pengadaan untuk pekerjaan instalasi tersebut. Kami juga telah memenuhi syarat-syarat sertifikasi dalam bidang instalasi listrik Sebagai salah satu pertimbangan bersama surat ini kami melampirkan beberapa dokumen berikut ini.

  • Dokumen Profil Perusahaan.
  • Fotokopi Sertifikat Instalasi.
  • Dokumen Perjanjian Kerjasama.
  • Berkas Kualifikasi Tenaga Ahli.
  • Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan.

Demikian Surat Penawaran ini kami buat. Semoga kerjasama dapat terjalin untuk pekerjaan ini dan juga berbagai pekerjaan lain untuk kedepannya. Besar harapan kami agar diberi kesempatan untuk menjalin kerjasama dengan PT Makmur Kencana. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

Marketing Manager

PT Elektro Jaya

15. Contoh Surat Penawaran Rental Mobil

CV. MEGAH PRATAMA

(Jasa Rental Mobil)

ln. Centex No. 42 RT.09/02, Ciracas Jakarta Timur.

Hp.O81284 007 888 Email: emeggah [email protected]


Jakarta, 24 Februari 2015.

Dari :CV. Megah Pratama

Untuk: :Frieslandcampina (Frisian Flag Indonesia)

Hal : Penawaran Jasa Rental Mobil

Kepada Vih,

Bpk. Mohamad Evi Nur Hidayat

Bagan OC Department

Jihaya Bogor Km 26, Ciracas.

Jakarta Timur 13740 DKI Jakarta.

Dengan Hormat

Bersama surat ini kami selaku perusahaan yang bergerak di bidang jasa rental mobil ingin memberikan penawaran jasa kepada Perusahaan Bapak. Perusahaan kami bergerak dalam jasa rental mobil sudah hampir 10 Tahun dengan unit yang selalu kami perbarui dengan rincian mobil minibus seperti Avanza, Xenia, Grand Livina, APV, Luxio, dan Karimun. Unit kami dari mulai tahun 2010 sampai 

Berikut tinclan yang kami tawarkan sesuai kebutuhan Bapa

  • 1 unit mobil,
  • Dive,
  • Bahan Bakar Bensin,
  • Waktu untuk pengantaran sampel (pkl. 07.00, pki 15.00, dan pukul 23.00), estimasi Pulang Pergi dan watting dari pabrik PT. Frisian Flag Formos Raya bogor ke pabrik PT. Frisian Flag Pasar Rebo adalah sekitar 1.5 jam.

Harga yang kami tawarkan dengan spekulasi di atas adalah Rp. 7.000.000 (tujuh juta rupiah). Besar harapan kami dapat bekerjasama dengan perusahaan Bapak dalam jasa angkutan. Demikian surat penawaran jasa yang kami ajukan, atas perhatian dan kesediaan Bapak untuk membaca surat penawaran Jasa Ini kami sampaikan terimakasih dan kami menunggu kabar baik dan perusahaan Yang Bapak pimpin.

Hormat Saya,

M, Azhari Padi ST.

(DMisi Marketing)

16. Contoh Surat Penawaran Gudang

Kepada

Yth. Direktur Pemasaran

PT. Petrosida Gresik

Jln. Jend. A Yani

Gresik

SURAT PENAWARAN GUDANG

Perkenalkan Nama Saya Bpk. Jamil Pemilik Gudang Baru yang beralamat di Desa Telasih Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo, yang sudah di survey oleh karyawan PT. Petrosida. Saya menawarkan gudang saya untuk disewa dengan harga bersih 30 ( tiga puluh ) juta/tahun (Harga belum termasuk Pph) dengan minimal jangka waktu sewa selama 2 tahun. Adapun demi keamanan serta kenyamanan, saya akan menambah pagar depan, teras / atap di depan gudang serta pintu belakang dari besi. Demikian surat penawaran sewa gudang dari kami, semoga dapat segera ditindak lanjuti dan atas perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih.

Tulangan, 21 Januari 2014

Pemilik Gudang Telasih

JAMIL

17. Contoh Surat Penawaran Makanan

RABIYAH BIKA AMBON

JL Zubaidah No. 13C, Jakarta

Telp. 061-12886. Email : rabiyah01 @gmail com


Jakarta, 12 Juli 2019

No :01/PP/ AZ/XIL/2019

Lamp :1 (lembar) Brosur

Hal :Penawaran Produk

Kepada Yth,

Pemilik Toko Kue Berkah

JL Hayam Wuruk No. 8A

Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, toko kue Berkah sedang membutuhkan pemasok untuk kue-kue untuk dijual di toko Anda. Sehubungan dengan hal itu, Bersama dengan surat penawaran ini, kami bermaksud menawarkan produk makanan berupa kue bika ambon dan jenis kue lainnya yang penuh cita rasa kepada Anda. Adapun daftar jenis dan harga kue yang kami tawarkan terdapat brosur yang sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Kami sangat berharap bisa menjadi pemasok untuk kue-kue di toko Anda serta mampu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan Anda. Jika Anda berminat dengan penawaran kami, Anda bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tertera pada kop surat ataupun memberikan surat balasan kepada kami. Demikian surat penawaran produk ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Pimpinan Rabiyah Bika Ambon

Farhanah Amar

18. Contoh Surat Penawaran Jasa Tours and Travels

No :-MKTO 0250

Perihal : Penawaran Jasa Transportasi Tours & Travel

Kepada Yth

Bapak / Ibu

PANITIA TOUR

Di Tempat

Dengan Hormat

Dengan ini kami CV.Fytour Wisata yang bergerak di bidang jasa Transportasi Pariwisata dan ber

pengalaman dalam memenuhi kebutuhan perjalanan wisata serta sanggup bersaing untuk memberikan pelayanan harga dan fasilitas terbaik.

Dengan ini kami tawarkan

  • Charter Bus Pariwisata ( Kapasitas 28, 40, 44, 60 Seat)
  • Paket Tour / Study Tour ( Dufan, Anyer, Pangandaran, Jogja, Bali dan Lombok, DI)
  • Rental Car (Avanza, Xenia, Apv)
  • Reservasi Hotel (seluruh Indonesia )
  • Discount tiket Dufan, TMII, Snowbay, Sabda Alam, DI
  • Tiket Pesawat Domestik & International
  • Paket Outbound

Kami berikan banyak keuntungan bila bapak / ibu menggunakan jasa Paket Tours dari kami, diantaranya:

  • Harga dan Fasilitas bersifat Negosiasi dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen
  • Pelayanan Crew Ramah dan Profesional
  • Unit Bus Executive Class
  • Untuk paket tours/ study tour Group, kami fasilitasi Uji Mutu (survey Bus dan Hotel)

Keterangan lebih lanjut Bapak Ibu dapat menghubungi :

Telepon :022721 2655/9121 5465 / 7052 4193

Fax :1022721 2685

Hotline :08562258258/0821 2177 0074/0878 2020 2003

Office :Jln Golf barat raya no 42 Arcamanik Bandung 40203

Facebook :hiip www facebook.com/ytour

Demikian surat penawaran dari kami semoga Bapak Ibu tertarik untuk mencoba jasa transportasi dan wisata yang kami tawarkan, sebelum dan sesudah nya kami ucapkan terima kasih

Hormat Kami,

Hafidz Fadilah

19. Contoh Surat Penawaran Pekerja Borongan

PT. BERSAMA JAYA

KONSTRUKSI DAN BANGUNAN

Jl. Timur No. 1A, Medan

Telp. 061-12886. Email : Bersama jaya @gmail com


Medan, 12 Juli 2019

No : 15/PP/BI/X1/2019

Lamp : 1 (Satu) rangkap

Hal : Penawaran Pekerjaan Borongan

Kepada Yth,

Pimpinan PT Makmur Kencana

Jl Pancasila No 4

Medan

Dengan hormat,

Saya mendapat informasi dari koordinator PT. Sumber Abadi bahwa perusahaan anda berencana untuk merenovasi gedung kantor yang berada di Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta. Renovasi tersebut meliputi pemasangan internit, perbaikan semua pintu yang sudah rusak, pengecatan ulang, dan perbaikan atap.

Dengan keterangan tersebut kami mengajukan pekerjaan borongan kepada perusahaan anda dengan harga yang sudah kami hitung terlebih dahulu yaitu sebesar Rp10.500.000.- dengan terbilang (Sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Harga tersebut di atas sudah kami perhitungkan dengan baik dilihat dari faktor resiko, faktor alam misalnya hujan, dan lain-lain. Demikian surat penawaran pekerjaan dari kami, maka kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Muhammad Amir

Marketing Manager

PT Bersama Jaya

20. Contoh Surat Penawaran Sewa Mobil ke Perusahaan

CV. BLUERENTear

Il. Pickbending Hammer on — Pull Of. Jember — Jawa.

Timur — Indonesia 68123

Telp: 0331 348234

Email: BlueRentGrentcar.com


SURAT PERJANJIAN SEWA MOBIL

No. 203/11/pskunci 2013

Pada hari ini Jumat . tanggal dua puluh dua November dua ribu tiga belas (22-11- 2013) yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama :RACHARDY ANDRIYANTO

Pekerjaan :Wiraswasta

Jabatan :Direktur

Alamat :Jl Kanan Kiri Oke Jember

Nomor KTP / SIM :3275120608840005

Telepon :085361785086

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama perusahaan CV. BLUERENT yang berkedudukan di Jember alamat lengkap perusahaan Jl. Pick Bending Hammer on — Pull Off, Jember — Jawa Timur — Indonesia 68123 dan selanjutnya disebut

—— PIHAK PERTAMA ——————

2. Nama :NEYMAR

Pekerjaan :Wins wasta

Jabatan :Pemilik Klub Bola Barcelona

Alamat :Kp. Rawa Bacang No. £ RT 001/008, Jatirahayu, Pondok

Nomor KTP /SIM :3275120608840001

Telepon :ORS 123455678

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama diri pribadi dan selanjutnya disebut

—— PIHAK KEDUA ——————

Komponen Isi Contoh Surat Penawaran Barang

Dalam surat penawaran barang, ada komponen-komponen penting yang harus ada di dalamnya. Pastikan anda memasukkan komponen tersebut. Berikut adalah rinciannya:

1. Nama Perusahaan dan Bidang Usaha

Hal pertama yang penting dituliskan adalah nama perusahaan. Menuliskan nama perusahaan dan profil singkat akan memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui jenis perusahaan yang anda jalankan.

2. Kualitas dan Merek 

Kualitas produk adalah salah satu info yang tidak boleh terlewat. Dengan begitu, calon pelanggan bisa tau manfaat yang diperoleh jika menggunakan produk anda. Tak hanya itu saja, komponen ini juga berfungsi untuk menjelaskan kalau ada jaminan kualitas produk dari distributor. 

Selain kualitas, ada pula merek yang harus tercantum. Karena dari sanalah pelanggan bisa membedakan produk anda dengan pesaing. Ya, menggunakan merek.

3. Harga yang Ditawarkan

Seperti yang tertulis di contoh surat penawaran barang, anda wajib menuliskan harga produk yang ditawarkan. Pencantuman rincian harga tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pelanggan. Misalnya apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan keuntungan dan manfaat yang diperoleh dari transaksi. Tentunya tiap pelanggan ingin mendapat harga terbaik, apalagi jika mereka membeli dalam jumlah banyak.

4. Metode Pembayaran

Faktanya ada calon pelanggan yang enggan untuk melakukan pembayaran penuh di awal. Untuk mempermudah para calon pelanggan dalam melakukan pembayaran. Anda bisa memberikan beberapa pilihan metode pembayaran seperti uang muka (DP), pembayaran di tempat (COD), atau pembayaran tunai. Hal tersebut bisa dicantumkan di dalam surat penawaran.

5. Lampiran Detail

Ketika membuat surat negosiasi produk, anda bisa melampirkan informasi yang isinya detail produk yang anda tawarkan. Pastikan isi lampiran tersebut lengkap dan jelas. Karena lampiran ini bisa menjadi trik jitu untuk menarik perhatian pelanggan pada produk atau bisnis anda.

6. Penawaran Diskon dan Promo

Memberikan tawaran diskon ataupun promo penting dilakukan ketika ada pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Dengan memberikan penawaran tersebut, sudah pasti pelanggan akan senang dan tertarik untuk melakukan pembelian. 

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menjelaskan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan ketika pelanggan tersebut membeli produk anda. Misalnya tawarkan garansi, gratis ongkos kirim, bonus item, service gratis dan lainnya.

Setelah Anda memahami dan melihat contoh surat penawaran barang dan memahami yang berkaitan dengan surat penawaran, kini Anda bisa dengan mudah menjalin kerjasama kepada partner yang menurut Anda bisa membantu mengembangkan usaha. Dengan memiliki kerjasama dengan partner yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan peluang untuk berekspansi dalam bisnis. Semua ini tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. 

Danamas Pinjaman Usaha untuk Bantu bisnis Anda

Danamas Pinjaman online terpercaya aman berizin OJK memberikan Anda beragam pilihan produk pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Biaya administrasi rendah, bunga bersaing dengan tenor yang panjang hingga 10 tahun. Ajukan pinjaman bisnis yang paling potensial untuk kembangakn bisnis Anda, karena Danamas dapat memberikan besaran pinjaman hingga Rp 2 miliar. 

Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi lebih lanjut tentang produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan ragu untuk menghubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002. 

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda