bisnis rice bowl rumahan

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempatan untuk membangun brand yang kuat dan loyalitas pelanggan yang tinggi. Semua berbicara rasa, inovasi, kreasi dan support modal yang ada. 

Peluang usaha banyak bermunculan di era digitalisasi, termasuk bisnis rice bowl rumahan ini. Menurut media yang melansir salah satu produk makanan bernama Wani Boemboe merupakan bisnis yang berasal dari dapur rumahan di Pulomas. Dengan harga Rp20 ribu per mangkok, dimana saat ini sudah mengalami perluasan ke-300 di outlet seperti Alfamart Express berlogo bean spot.  

Sekilas menarik bukan kisah sukses bisnis rice bowl dari Wani Boemboe? Sekarang mari kita bahas lebih mendetail ide bisnis rice bowl rumahan hingga modal dan untung yang bisa diperoleh. Yuk, mari kita simak! 

Mengapa Bisnis Rice Bowl Rumahan Bisa Untung Besar?

Makanan tentunya merupakan kebutuhan semua individu, mungkin bisnis rumahan terdengar nampak sederhana. Namun, tanpa pikir panjang potensi dari bisnis rumahan yang dikembangkan dengan baik tentulah besar. Mengapa? Karena bisnis rice bowl rumahan dimulai dengan bahan peralatan hingga lokasi yang sudah ada. 

Jadi, tidak menuntut pengeluaran modal yang berlebih. Hingga saatnya melakukan ekspansi, nah ini penjelasan mengapa bisnis rice bowl rumahan bisa memiliki untung yang besar! 

1. Permintaan Pasar yang Tinggi, Modal Awal Rendah

Di era yang serba cepat ini, makanan siap saji yang sehat, bergizi, dan lezat menjadi pilihan banyak orang. Rice bowl, dengan kombinasinya yang beragam, memenuhi kebutuhan tersebut .Melalui media sosial, promosi rice bowl Anda dapat menjangkau audiens yang luas dengan biaya yang relatif rendah. Foto atau video rice bowl yang menarik dapat dengan mudah menjadi viral.

Memulai bisnis rice bowl tidak memerlukan peralatan khusus atau tempat yang besar. Dengan peralatan masak rumah tangga biasa dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda sudah bisa memulainya. Rice bowl cocok untuk bisnis berbasis delivery atau pesan antar. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang, bisnis yang mendukung model pengiriman memiliki keunggulan tersendiri.

2. Skalabilitas & Variasi Menu yang Tak Terbatas

Anda bisa berkreasi dengan berbagai topping dan saus. Dari pilihan daging, seafood, hingga vegetarian, kemungkinannya tak terhingga, memungkinkan Anda menyesuaikan dengan selera target pasar. Anda bisa memulai dari skala kecil dan kemudian memperluas bisnis dengan menambah varian menu, kolaborasi dengan brand lain, atau bahkan membuka cabang.Adaptasi Terhadap Tren: Rice bowl bisa dengan mudah diadaptasi untuk mengikuti tren makanan saat ini, seperti menu sehat, low-carb, atau bahkan vegan.

3. Interaksi & Pemasaran yang Efektif 

Jika memiliki bisnis rice bowl rumahan, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dalam lingkup perumahan. Anda juga dapat memberikan berbagai bentuk penawaran bahkan tester hingga paket khusus untuk beragam kebutuhan acara. Dari proses inilah tentu akan muncul berbagai feedback yang bisa dijadikan masukan untuk bisnis kedepannya. 

Selain melakukan pemasaran secara offline, Anda juga perlu melakukan pemasaran secara online melalui social media. Pemasaran melalui social media tentu menghendaki Anda untuk mendapatkan leads baru yang kemungkinan memiliki kebutuhan yang sesuai dengan produk. Anda juga dapat memiliki kesempatan berinteraksi langsung dengan pelanggan, mendengarkan masukan mereka, dan dengan cepat menyesuaikan bisnis sesuai feedback yang diterima.

4. Fleksibilitas Dalam Pilihan Menu

Bicara tentang fleksibilitas, Anda bisa bebas melakukan percobaan terkait menu dan inovasi rasa. Kombinasi yang unik dengan makanan budaya tentu bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih menarik di mata konsumen. Tawarkan juga ragam menu kombinasi mulai dari daging, sapi, ayam, ikan hingga menu-menu vegetarian. Semakin banyak variasi menu tentu semakin besar pasar dan target audiens yang hendak Anda dapatkan. 

5. Mudah Dikemas & Dikirim

Pengelolaan biaya yang efisien tentu sangat menunjang efisiensi penjualan. Selain itu  bisnis rice bowl juga sangat membantu karena mudah dikemas dan juga pengiriman lebih teratur. Dengan adanya pengiriman yang terstruktur ini bisa membuat skalabilitas bisnis lebih  luas dengan adanya penambahan biaya jasa dan servis. 

Bagaimana Cara Membuka Usaha Sendiri Di Rumah Dengan Modal Kecil?

Membuka usaha sendiri di rumah adalah impian beberapa orang. Banyak orang mencari tau cara membuka usaha sendiri di rumah, setelah memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Dengan memiliki usaha sendiri, Anda bisa memiliki penghasilan tambahan juga menyalurkan hobi atau minat di bidang tertentu. 

Memiliki usaha sendiri bisa dilakukan sembari dijadikan usaha sampingan untuk pekerja kantoran, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Jika kini Anda memiliki keinginan untuk bisa memiliki usaha sendiri dari rumah, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. 

Sebagaimana peluang membuka usaha kecil dan menengah dari rumah biasanya dipilih oleh mereka yang ingin menambah penghasilan serta mencoba pengalaman baru di bidang bisnis. Sebelum membuka usaha kecil dan menengah dari rumah, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan antara lain:

1. Pilih Ide Usaha Yang Familiar

Sebelum membuka usaha sendiri dirumah, Anda harus menentukan ide bisnis yang familiar atau berkaitan dengan hal yang anda sukai. Ada berbagai jenis usaha yang bisa Anda jalankan, seperti kegiatan atau hobi yang selama ini anda lakukan. Apakah hobi tersebut bisa menghasilkan uang tambahan atau tidak? 

Contohnya jika Anda hobi memasak, maka bisa menjual makanan yang menurut anda akan laku dijual. Di bidang kuliner ada berbagai macam pilihan produk makanan yang bisa dijual seperti makanan khas Indonesia, makanan asia, makanan sehat, cemilan, kue dan lain-lain. Untuk itu, coba telaah lagi ide bisnis seperti apa yang kira-kira anda mampu untuk menjalankannya Dan menikmatinya selama proses berbisnis.

2. Fokus Pada Satu Usaha Terlebih Dahulu

Daripada Anda memikirkan banyak jenis usaha sebaiknya fokus pada satu usaha terlebih dahulu. Dengan memfokuskan pikiran pada satu jenis usaha yang baru Anda mulai dari rumah, Anda bisa memaksimalkan semua kemampuan anda dalam proses produksi hingga promosi. 

Ketidak fokusan pada jenis usaha yang Anda lakukan justru akan menghambat kemampuan anda dalam mengerjakan semua prosesnya dari mulai produksi, marketing promosi hingga perencanaan keuangan. Untuk itu sebagai pemula penting sekali memilih ide usaha dan fokus pada satu ide tersebut.

3. Pilih Model Bisnis Usaha Rumahan

Ada dua jenis bisnis yang bisa anda pilih, yaitu model bisnis offline atau model bisnis online. Seperti era digitalisasi ini, banyak orang yang mengandalkan belanja online daripada offline karena dirasa lebih mudah dan efisien. Jika Anda Berencana untuk membangun model bisnis offline, maka Anda membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada model bisnis online. 

Modal usaha pada bisnis offline anda butuhkan untuk digunakan membuka toko offline, sewa lokasi atau bangunan yang yang akan disewa sebagai toko offline, biaya operasional seperti biaya listrik biaya air, bayar gaji karyawan dan lain-lain. 

Jika Anda memilih model bisnis online, maka modal usaha akan digunakan untuk beberapa hal seperti pesanan ke supplier, biaya produksi, biaya marketing promosi, dll. Selain itu dengan bisnis online, Anda bisa mengakses penjualan dan pembelian atau transaksi hanya lewat smartphone atau laptop anda.

4. Melakukan Riset Bisnis

Jika anda telah menentukan produk apa yang ingin dijual, selanjutnya lakukan riset bisnis kecil-kecilan sehingga Anda bisa membuat produk yang berbeda dari produk lain di pasaran. Anda bisa menilai produk apa yang diminati oleh konsumen dan membangun ciri khas dari produk juga brand anda.

5. Buat Bisnis Plan Sebaik Mungkin

Selanjutnya Anda bisa membuat bisnis plan yang berkaitan dengan visi dan misi, juga hal-hal yang akan anda lakukan kedepannya. Rencana bisnis lewat bisnis plan ini akan menjelaskan secara rinci tentang tujuan hingga masalah yang mungkin anda temui selama proses membangun usaha sendiri di rumah. 

Bisnis plan tentang perencanaan sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan tetapi juga menemukan solusi yang bisa mendukung pencapaian target kepada konsumen. Untuk itu, isi pada bisnis plan bisa mengandung latar belakang produk Anda, target market, skema produksi, kompetitor dan lain-lain.

6. Pilih Strategi Promosi

Setelah anda menentukan ide dan model bisnis yang ingin dicapai sebagai salah satu cara membuka usaha sendiri di rumah. Maka selanjutnya adalah memilih strategi promosi yang tepat. Pemilihan strategi promosi yang tepat adalah ujung tombak untuk bisnis bisa dikenal oleh banyak masyarakat dan laku di pasaran. 

Salah satu strategi promosi yang paling banyak dilakukan oleh pebisnis adalah dengan memanfaatkan media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa mempromosikan produk ke khalayak yang lebih luas dengan target market yang lebih terarah. 

7. Buat Target Bisnis

Agar anda lebih bersemangat dalam membuka usaha sendiri dirumah, Anda perlu membuat atau menyusun target bisnis. Sebagai contoh, anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak 20% dari bisnis rumahan anda, maka target bisnis di awal tidak perlu terlalu tinggi sehingga Anda dapat mengukur keefektifitasan produksi dan promosi produk Anda di awal.

8. Buat Rekening Terpisah

Saat anda ingin memulai usaha sendiri dirumah, Anda harus membuat rekening tabungan yang terpisah dari rekening tabungan pribadi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko tercampurnya uang pribadi dan uang bisnis sehingga pencatatan keuangan bisa lebih rapi. 

20 Bisnis Rice Bowl Rumahan yang Lebih Cepat Laku!

Bagaimana sudah merasa tertarik dengan adanya bisnis rice bowl? Bisnis ini sangat mengikuti trend. Sesuai dengan piramida demografi di Indonesia, populasi terbanyak di Indonesia banyak didominasi oleh audiens B-C. Dimana menu makanan rice bowl dapat dikategorikan cocok dan sesuai untuk level ekonomi menengah ke bawah. 

Anda bisa berinovasi melalui rice bowl untuk memberikan makanan yang modern. Esensi dengan mengadakan bisnis rice bowl ini diadakan agar semua individu memiliki kesempatan untuk merasakan makanan dengan harga ekonomis dan terjangkau. Namun, untuk menjual tentu saja Anda perlu memperhitungkan modal dan keuntungan yang tepat.

Selain memperhitungkan tingkat popularitas, anda juga harus memikirkan modal memulai usaha dengan target audiens yang tepat. Berikut adalah 20 ide menu rice bowl yang bisa Anda tawarkan! 

1. Rice Bowl Salmon

Salmon adalah makanan yang identik dengan budaya Jepang. Adapun menu Rice Bowl Salmon berisikan menu seperti salmon segar, alpukat, mentimun dengan nori dan saus ponzu. Makanan Sushi Fusion saat ini memang sedang digemari, biasanya sushi hadir dengan potongan kecil dan harga yang cukup mahal. 

Nah, dengan adanya Rice Bowl Salmon ini tentu Anda memberikan solusi bagi konsumen yang menggemari sushi salmon mentai tapi ingin porsi yang lebih besar. Anda juga bisa berfokus pada menu lainnya dari Sushi dengan menggunakan dabu-dabu hingga kombinasi topping mengikuti bumbu lokal lainnya. 

2. Bulgogi Beef Bowl 

Bulgogi Beef Bowl ini juga menjadi menu andalan Korea yang disukai dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Kombinasi daging sapi marinated ini sangat lezat apalagi jika disajikan dengan kimchi. Namun, bicara tentang Rice Bowl tentu saja Anda harus menyajikannya panas, atau paling tidak memiliki add-on service yang memastikan tingkat kehangatan pada makanan.

3. Bowl Vegan Tofu Teriyaki

Tofu Teriyaki bisa menjadi pilihan menu makanan yang cocok untuk lauk rice bowl. Nah menu ini tentu kaya akan protein, tentu sangat cocok dan sesuai untuk target audiens vegetarian. Dengan menu ini, Anda bisa menambahkan add-on menu yaitu Ayam Teriyaki. Jadi, menu ini bisa juga untuk audiens yang ingin menikmati makan sehat.

4. Mushroom Truffle Bowl

Menu makanan ini Truffle Bowl ini adalah makanan western yang berasal dari Perancis. Menu ala truffle ini menjamur dan tentu sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, rasa saos jamurnya yang khas beraroma musk & hazelnut. Menu rice bowl yang satu ini tentu semakin lezat jika ditambahkan dengan parutan keju parmesan. Makanan seperti ini tentu menarik karena Anda bisa mendapatkan banyak audiens. 

5. Spicy Chicken Avocado Bowl

Campuran minyak truffle dengan ayam pedas bisa menjadi kombinasi makanan yang sangat pas dan wajib dicoba untuk menjadi menu bisnis Rice Bowl Anda. Buat rice bowl Anda jadi lebih lezat dengan potongan dadu ayam dan irisan daun bawang. Sehingga warna dari menu Anda jadi lebih menarik, segar dan menggiurkan. 

6. Thai Basil Chicken Bowl 

Ayam cincang dengan tambahan daun basil yang disajikan dengan acar sayuran ini kelihatannya lezat dan menarik. Menu ini bisa menjadi menu andalan untuk target pasar yang menyukai rasa pedas yang asam dengan sensasi mint. Kombinasi makanan Thailand dengan kuliner kearifan lokal Indonesia bisa menjadi kombinasi yang menarik untuk dicoba. Untuk mencari referensi kuliner lokal, Anda bisa mempelajari  masakan manado. 

7. Mediterranean Falafel Bowl

Makanan yang satu ini bisa menjadi menu vegetarian yang menarik karena menggabungkan beberapa biji-bijian dan jenis sayuran lainnya. Makanan semacam salad ini cocok untuk menjadi sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh. Rice bowl yang satu ini bisa dibilang menjadi salah satu menu add-on kategori kesehatan. Perhatikan kesegaran dari sayuran, karena ini tentu menjadi faktor penting untuk kemajuan bisnis rice bowl Anda.

8. Japanese Katsu Curry Bowl

Ayam katsu dengan saus kari Jepang bisa menjadi pilihan tepat untuk salah satu menu makanan rice bowl yang Anda tawarkan. Peminat makanan kari di Indonesia tentu banyak dan pastinya digemari karena sauce curry nya. Namun, untuk menambah variasi lain Anda bisa menyediakan menu saus katsu khusus khas Jepang. 

9. Vietnamese Lemongrass Pork Bowl 

Menu makan daging babi dengan serai, disajikan dengan daun mint dan saus nuoc cham. Khusus menu rice bowl ini tentunya memiliki audiens yang sangat spesifik karena memiliki bahan makanan yang tidak halal. Jadi, ada baiknya untuk mempertimbangkan dengan baik ya jika ingin membeli menu makanan ini.  

10. Indian Butter Chicken Bowl

Potongan ayam dengan saus butter chicken, disajikan dengan potongan jahe segar. Penyajian bentuk makanan yang beragam tentu akan menarik perhatian audiens. Jadi, usahakan untuk memperlengkapi diri dengan menu skill baru untuk mempelajari menu makanan, baik eastern maupun western food culture

11. Vegan Buddha Bowl

Gabungan quinoa, hummus, sayuran panggang, dan biji-bijian dengan dressing tahini. Menu vegan ini memang sangat cocok dengan target audiens yang spesifik yaitu Vegan dan yang beragama Buddha. Untuk rice bowl ini sudah pasti sangat kecil namun margin keuntungan yang Anda dapatkan bisa besar. 

Mengapa? Vegan dan Vegetarian adalah 2 hal yang berbeda, dimana vegan itu adalah seseorang yang tidak mengkonsumsi semua olahan produk hewani. Namun, vegetarian masih bisa mengkonsumsi seperti susu dan telur. Jadi, Vegan Buddha Bowl ini memang produk tambah lainnya yang bisa dibuka dan menguntungkan jika Anda menggunakan sistem Pre-order

12. Tex-Mex Chilli Con Carne Bowl

Menu unik selanjutnya menu khas Daging cincang dengan saus tomat pedas, disajikan dengan nachos dan sour cream. Variasi menu Texas-Meksiko yang berasal dari variasi kuliner Amerika Serikat ini. Makanan dengan karakteristik khusus yang kaya akan bumbu dan rempah yang memasukkan kacang merah dan hitam. 

Topping tambahan yang menjadi ciri khas meksiko adalah penambahan cabe Jalapeno, guacamole atau salsa. Nah, konsep rice bowl ini memang sangat berwarna, namun tidaklah sulit, hanya membutuhkan kehandalan dalam konsep penataan. 

13. Indonesian Rendang Bowl

Siapa yang tidak mengenal hidangan yang satu ini? Indonesia Rendang Bowl adalah ide bisnis rice bowl yang menarik bagi Anda. Apalagi jika dapat menyajikannya dengan kondisi yang hangat. Hidangan rendang dengan daging sapi dengan bumbu rendang yang kental dan lezat dijamin menggugah selera untuk orang Indonesia. 

Rendang sendiri di luar negeri dijual dengan harga yang sangat mahal, untuk itu jika Anda berhasil memasarkan rice bowl rendang dalam negri, maka tidak menutup kemungkinan Anda dapat membuat bumbu kemasan dan melakukan eskpor ke negara lain untuk menjual bumbu rendang. Makanan khas Padang ini dijual mulai dari harga Rp 100ribu – Rp 200ribu untuk satu porsinya. 

14. Middle Eastern Shawarma Bowl

Daging kambing atau ayam dengan bumbu shawarma, disajikan dengan garlic sauce. Perpaduan kuliner Timur Tengah membuat presentasi makanan kamu menjadi lebih khas dari rasa dan tampilan yang modern. Bisnis Rice Bowl Anda tentu akan terlihat sangat otentik dari sisi branding. Di era millenials yang serba modern ini banyak sekali audiens yang akan sangat menyukai sesuatu yang tampil otentik dan praktis. Jadi, menu ini bisa menjadi rekomendasi ide menu bisnis rice bowl rumahan yang patut dicoba. 

15. Korean Bibimbap Bowl

Nasi dengan sayuran segar, daging, dan gochujang, ditambah dengan telur mata sapi. Sangat praktis, mudah dan tentu disukai oleh anak-anak muda. Korean Bibimbap Bowl ini merupakan makanan asli Korea Selatan. Presentasi makanan dengan tampilan yang sangat berwarna, memiliki kesegaran dan kekayaan rasa yang menarik. Ini bisa menjadi ide bisnis rice bowl yang sukses untuk dikembangkan karena trend dalam pasar saat ini yang senang sekali dengan budaya Korea. Untuk menambahkan keunikan pada rice bowl, Anda bisa menambahkan add on services penambahan topping sayuran maupun ragam karage. Jadi, menarik bukan konsep pengalaman yang bisa kita berikan pada customer?

16. Moroccan Chickpea Bowl 

Kacang Arab dengan bumbu Maroko, disajikan dengan couscous. Yap, makanan yang terinspirasi dari padang pasir dan keindahan Marrakech dari Maroko. Ide makanan yang menarik dan lain dari pada yang ada di pasar, karena dengan makanan ini Anda bisa menggabungkan seni dan makanan praktis. Jadi, sentuhan yang dapat Anda berikan adalah eksotisme dan kesegaran makanan, rempah dan bisa menjadi salah satu menu makanan bagi para vegetarian. 

17. Hawaiian BBQ Chicken Bowl

Ayam panggang dengan saus BBQ Hawaii, disajikan dengan nanas dan paprika. Maknana ala Hawaii yang menawarkan rasa tropis yang berani. Menyajikan rasa internasional dari sebuah rice bowl tentu menjadi suatu keunikan tersendiri. Hidangan ini tentu menggabungkan rasa lezat ayam panggang yang diberi saus BBQ dan ditemani dengan potongan nanas segar. Ini jelas memberikan rasa, asam dan manis yang sedap. Jadi, jangan lupa untuk dicoba dan tentu Anda bisa membuatnya lebih variatif dengan kreasi Anda sendiri. 

18. Vegan Rainbow Bowl

Menampilan berbagai sayuran segar berwarna-warni dengan saus tahini atau vinaigrette. Sajian menu rice bowl seperti ini cocok untuk orang-orang Vegan dan mereka yang sangat peduli dengan lingkungan. Seperti kita tahu bahwa kotoran hewan bisa membawa polusi dan memberi dampak buruk terhadap kualitas udara. Karena hal tersebut, maka banyak orang yang mulai memikirkan isu sustainability. Dengan adanya dukungan dari makanan rice bowl seperti ini bisnis rice bowl Anda bisa ikut menyumbang aspirasi terhadap keberlangsungan hidup yang sehat dari dalam tubuh maupun sekeliling. 

19. Italian Meatball Bowl

Bakso sapi dengan saus marinara, disajikan dengan keju mozzarella. Makanan khas ala Italia ini memberi kesan bagi Anda yang sedang mencicipi kuliner kota Roma. Adaptasi ke delam konsep rice bowl memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjung untuk mencicipi makanan Anda. Meskipun terbilang praktis, namun penyajiannya tentu membutuhkan waktu dan keterampilan khusus untuk membuatnya menjadi lezat dan populer. Jadi, ini bisa menjadi nilai tambah khusus untuk rice bowl Anda!

20. Spicy Tuna Bowl 

Terinspirasi dari kuliner Jepang, Spicy Tuna Bowl menyajikan ikan tuna dengan saus pedas dengan tambahan alpukat dan nori. Terdengar seperti baru karena mengkombinasikan alpukat, namun tambahan alpukat ini dijamin memberi tekstur seperti cream dan kenyal. Sehingga kedalaman rasa dari ikan tuna, saus pedas dan alpukat menyatu menjadi lauk yang kaya rasa. Kandungan alpukat ini juga membantu penyerapan nutrisi dan penyeimbang rasa. Secara tampilan tentu memberikan estetika dan nutrisi juga seimbang karena adanya penambahan vitamin E, K & serat yang menjadi nilai kesehatan pada semangkuk ide bisnis rice bowl Spicy Tuna Bowl Anda.

21.Dessert Box

Di tahun 2020, usaha dessert box sangat populer. Dessert box adalah makanan penutup atau dessert yang berbahan dasar sponge cake, brownies, atau kue yang dipadukan dengan whip cream. Dessert box dibuat di dalam kemasan kotak plastik bening, atau kaca yang berbentuk kotak dan disajikan saat dingin. Keunikan dessert box terletak pada tampilannya yang sangat menarik dan memiliki rasa yang unik seperti rasa Regal, rasa Milo ,rasa Red Velvet, dan lain-lain. 

22. Jajanan Pasar Kue Basah

Jajanan pasar adalah salah satu pilihan banyak usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dijual dari rumah atau online. Jajanan pasar dijual secara online biasanya mudah ditemukan untuk bisnis snack box khusus untuk acara spesial. Agar jajanan pasar Anda terlihat berbeda dari yang lain, Anda bisa berikan kualitas yang terbaik dengan keunggulan melalui rasa hingga kemasan.

23. Aneka Donat, Bomboloni, dll

Jenis makanan yang cukup populer untuk dijual adalah donat, bomboloni, dan sejenisnya. Beda donat dan bomboloni adalah jika donat tengahnya bolong sedangkan bomboloni memiliki isi di dalamnya, berisi Fla atau whip cream dengan berbagai aneka rasa. Jika anda ingin membuka usaha bisnis ini, maka cari resep yang enak.

24. Dimsum & Siomay

Dimsum juga jadi pilihan usaha rumahan yang sering dijadikan ide bisnis. Selain enak, usaha dimsum juga cukup laku dipasaran. Anda bisa membuat dimsum atau siomay dari awal atau lewat supplier dimsum sehingga Anda tak perlu membuat sendiri. 

25. Soft Cookies

Soft Cookie juga salah satu pilihan bisnis makanan yang cukup populer di kalangan anak muda. Soft cookies mirip seperti kue namun memiliki tekstur yang lembut dan ada isian coklat dan vanilla. Soft cookie juga bisa dibuat dengan ukuran yang besar atau kecil sehingga banyak pilihan untuk konsumen.

26. Salad Buah

Salad buah juga bisnis yang cukup populer. Jika Anda ingin membuat salad buah, maka membutuhkan resep yang pas agar rasanya pun berbeda dari salad buah biasa. Ada banyak jenis resep salad buah di internet yang bisa Anda tiru. Tantangan bisnis salad buah adalah penggunaan buah yang harus segar, dan dibuat sesuai pesanan, jika Anda menyediakan stok mungkin tidak akan bertahan lama.

27. Frozen Food

Bisnis makanan frozen food juga sering dipilih oleh mereka yang tidak ingin memproduksi makanan dari awal. Dengan memulai usaha atau bisnis frozen food, Anda bisa mencari supplier frozen food lalu menyetok nya di kulkas. Salah satu keunggulannya adalah bertahan lama di freezer hingga 6 bulan, sehingga bisa disimpan jangka waktu yang lama.

28. Aneka Sambal Rumahan

Memilih bisnis aneka sambal juga adalah pilihan yang tepat karena target market nya pun cukup banyak. Belum lagi, Indonesia memiliki banyak jenis sambal yang resepnya bisa dieksplorasi lebih jauh. Agar berbeda dari penjual sambal kekinian lainnya, Anda bisa memodifikasi kemasan menjadi lebih menarik.

29. Croissant Cereals Bowl

Sensasi Paris yang identik dengan Croissant nya jelas memberi nilai eksklusif. Untuk menambah seni dan kreativitasnya Anda bisa membuat paket croissant bowl dimana Anda bisa memasukkan beragam croissant yang diminati. Jadi, croissant yang dihidangkan adalah croissant kecil dan ditambah dengan susu almond untuk menjadi pendampingnya. Anda bisa menambahkan beberapa add on lainnya seperti beragam cocolan selai hingga fla. Kali ini kita bisa menyebut ide bisnis ini menjadi dessert bowl. Selamat mencoba!

30. Snack Bowl Rumahan Camilan Ringan (Makaroni, Basreng, Keripik, dll)

Snack rumahan masih menjadi camilan yang digandrungi. Bisa menjadi teman dimanapun dan kapanpun, walaupun biasanya menjadi teman saat menonton acara televisi. Harganya murah dan rasanya enak menjadi nilai tambah. Salah satu contoh snack rumahan adalah camilan ringan. Anda juga bisa membuka usaha cemilan ringan seperti basreng, makaroni keripik dan lain-lain. Ide bisnis bisa dibuat dari awal atau anda beli di supplier cemilan ringan. Jika Anda membeli di supplier cemilan ringan, maka sebaiknya pilih supplier yang menyediakan kualitas bagus dengan harga yang terjangkau sehingga saat dijual kembali Anda bisa mendapatkan untung yang besar.

Contoh Bisnis Plan Rice Bowl Rumahan Japanese Katsu Rice Bowl 

Japanese Rice Bowl bisa menjadi salah satu ide bisnis yang cocok untuk kalian yang ingin mengembangkan bisnis rumahan. Tentu sangat mudah untuk didapatkan, bahannya tidak sulit namun rasa dan sajian bisa berkualitas internasional. Bisnis yang sukses tentu berasal dari bisnis plan yang matang dan rinci. Untuk itu, yuk simak berikut adalah contoh business plan rice bowl

Latar Belakang Bisnis 

Japanese Katsu Rice Bowl merupakan gabungan antara nasi hangat dan katsu yang gurih, disertai dengan saus khas dan sayuran segar. Konsep ini memenuhi kebutuhan konsumen modern yang menginginkan makanan cepat saji yang seimbang dan bergizi. Selain itu, dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh banyak individu di era modern, pilihan untuk makanan yang dapat dinikmati dalam satu mangkuk menjadi solusi yang tepat.

Adapun di Indonesia, rasa dan tekstur katsu Jepang telah lama diterima dan disukai oleh berbagai kalangan. Ditambah dengan prevalensi makanan cepat saji dan layanan pesan-antar, Japanese Katsu Rice Bowl memiliki potensi untuk menjadi bisnis yang menjanjikan.

Dengan latar belakang ini, muncul ide untuk memulai bisnis Japanese Katsu Rice Bowl yang mengedepankan otentisitas rasa, kualitas bahan, dan pelayanan yang cepat dan ramah. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman makan yang memuaskan bagi pelanggan dan menjadikan Japanese Katsu Rice Bowl sebagai pilihan utama bagi mereka yang mencari makanan cepat saji yang sehat dan lezat.Deskripsi Bisnis:

Nama Bisnis: “Katsu Delight Bowl”

Visi

  • Menjadi pilihan utama konsumen untuk menikmati Katsu Rice Bowl otentik dengan rasa rumahan.

Misi

  • Menyajikan Katsu Rice Bowl berkualitas tinggi dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

Produk

  • Japanese Katsu Rice Bowl: Nasi putih hangat disajikan dengan daging ayam atau sapi yang digoreng renyah, disiram saus katsu khas, dan dihiasi sayuran segar dan acar.

Target Pasar

  • Pencinta kuliner Jepang
  • Mahasiswa dan pekerja kantoran
  • Keluarga yang mencari makanan cepat saji namun berkualitas

Lokasi

  • Operasional dari rumah dengan pemesanan berbasis online dan layanan pengiriman.

Strategi Pemasaran

  • Promosi melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
  • Menawarkan diskon atau promo bagi pelanggan setia atau pembelian dalam jumlah besar.
  • Kolaborasi dengan influencer lokal untuk review produk.

Analisis Keuangan

A. Biaya Produksi 

Biaya produksi yang akan dihitung mencakup biaya produksi tahunan 

Investasi Peralatan Bisnis (Minimal 2 Tahun)
Etalase Kompor Tabung Gas Rp 270.000
PenggorenganRp 165.000
Pisau Rp 30.000
TalenanRp 30.000
PengadukRp 30.000
Rice Cooker Rp 500.000
Peralatan Tambahan Rp 150.000
Jumlah InvestasiRp 1.145.000
Biaya Bahan Baku Ayam Katsu (30 hari = 600 kotak) 
Ayam 1,5 kg Fillet Dada Ayam – 20 porsi
(@Rp 80,000)
Rp 2.400.000
1 Tepung Terigu Serbaguna 500 gr (@Rp 26.9000Rp 807.000
7 Merica bubuk Ladaku (@Rp 1000)Rp 70.000
Minyak Goreng  1 ltr (@Rp 28.000)Rp 840.000
2kg Telur (Rp 64.000)Rp 64.000
600 Kemasan rice bowl (@Rp 880)Rp 528.000
330 Saus Katsu (@Rp1000) Rp 30.000
Overhead (Listrik, gas, air)Rp 5.000
Biaya pengemasanRp 30.000
Total Biaya Bahan BakuRp 4.774.000
Biaya Operasional Setiap Bulan 
Penyusutan Barang-barang Rp 50.000 
Biaya Bahan Baku Rp 4.709.000
Biaya Peralatan BisinisRp 1.145.000
Total Biaya Investasi Bisnis Rp. 5.904.000

B. Harga Jual:

  • Dijual dengan harga Rp35.000 per mangkuk. Biaya invesatasi permangkuk Rp 19.680 – Rp 20.000

C. Keuntungan per Mangkuk:

Keuntungan = Harga jual – Biaya produksi

Keuntungan = Rp30.000 – Rp20.000

Keuntungan = Rp15.000 per mangkuk

Keuntungan 1 bulan = Rp 9.000.000 

Strategi Bisnis Rumahan

Gimana menarik bukan untung yang bisa dihasilkan cukup besar. Jadi, Strategi dalam berbisnis rumahan memang perlu dipelajari, terlebih bila pelaku bisnis baru terjun ke dunia bisnis. Bisnis rumahan cocok bagi para pemula, anda juga bisa menjalankannya dari rumah sambil mengurus keperluan anak dan suami. Dengan bisnis rumahan, anda bisa memperoleh pendapatan yang menjanjikan. Agar bisnis dapat berjalan lancar dan tidak tergerus oleh para pesaing, anda perlu melakukan beberapa strategi:

  • Memanfaatkan Sosial Media

Saat ini hampir semua orang memiliki sosial media. Penggunaan sosial media untuk promosi bisnis bisa membantu meningkatkan efektifitas dalam pemasaran. Anda bisa mempromosikan di Instagram, Facebook dan Tiktok. Promosi lewat media online tentu saja dapat menghemat biaya. Selain itu, para calon pembeli juga bisa berasal dari berbagai daerah, karena penyebaran informasinya tergolong mudah

  • Menyebarkan Brosur, Pamflet Dan Banner

Walaupun cara ini merupakan cara lama, tapi masih sangat efektif. Anda dapat menyebarkannya di tempat yang ramai misalnya ketika ada acara besar ataupun di pinggir jalan. Anda juga bisa memasang banner di tempat strategis, agar banyak orang yang melihatnya.

  • Ikut Pameran

Di pameran atau bazar anda bisa menggaet banyak pelanggan. Anda bisa mempromosikan bisnis anda, karena banyak orang yang datang di acara tersebut. Walaupun memang event besar biasanya hanya diadakan saat ada acara tertentu dalam kurun waktu yang ditentukan.

  • Memperluas Relasi

Usaha yang bisa anda lakukan dalam memperluas relasi misalnya memberikan tester kepada orang terdekat, rekan kerja atau tetangga. Promosi dari mulut ke mulut juga bisa dijadikan pilihan untuk strategi marketing.

  • Pasarkan Ke Toko Atau Minimarket

Anda bisa menjalin kerja sama dengan pemilik toko atau minimarket agar bisa memasarkan produk anda. Cara ini diketahui dapat meningkatkan penjualan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi pemesanan misalnya no telepon ataupun sosial media yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan.

Tips Menjalankan Usaha Ibu Rumah Tangga

Banyak ibu rumah tangga yang melakukan usaha di rumah agar bisa meningkatkan perekonomian keluarga ataupun hanya sekedar untuk menambah uang belanja. Keuntungan usaha di rumah adalah para ibu tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak dan suami, serta menemani tumbuh kembang anak, tanpa perlu keluar rumah. Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  • Pilihlah Bisnis Yang Dipahami Dan Dikuasai

Anda dapat memilih produk atau usaha yang anda pahami dan kuasai dengan baik, sehingga anda bisa menanganinya saat terjadi permasalahan. Hal ini sangat penting agar bisnis tidak mengalami kegagalan. Adanya penguasaan terhadap produk, membuat anda bisa mengatur tanggung jawab antara sebagai ibu rumah tangga dan pengusaha.

  • Tentukan Target Bisnis

Jika target pasar yang dipilih tepat, maka kesempatan untuk melakukan ekspansi menjadi lebih besar. Misalnya anda menjual makanan kekinian, maka target pasar anda adalah remaja atau kawula muda. Karena biasanya anak muda lebih mengikuti tren daripada orang tua.

  • Kerja Sama Dengan Anggota Keluarga

Anda bisa menjalin kerja sama dan meminta bantuan ke anggota keluarga dalam hal menjalankan bisnis rumahan ini. Saran dan solusi yang diberikan keluarga, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perkembangan dalam usaha. Selain itu, anda juga menjadikan keluarga sebagai pemberi dukungan dan semangat agar bisa mengembangkan bisnis.

  • Tidak Mencampur Urusan Pribadi Dan Bisnis

Sikap profesionalitas harus diterapkan di sini, jangan sampai anda mencampuradukkan kepentingan pribadi dan bisnis. Anda harus mengatur waktu, tenaga dan pikiran antara urusan pribadi atau rumah tangga dan bisnis yang anda jalani, sehingga tidak mengganggu konsentrasi anda ketika bekerja.

Mulai Buka Usaha di Rumah Sendiri Lebih Nyaman!

Itulah penjelasan cara membuka usaha sendiri di rumah. Anda bisa mempelajarinya agar bisnis berjalan lancar dan pengembangan bisnis pun bisa segera dilakukan. Dalam berbisnis tentu Anda membutuhkan fleksibilitas, terbebas dari hambatan eksternal. Untuk itu bisnis di rumah sendiri, tentu sangat menguntungkan baik dalam saat ini maupun keadaan jangka panjang. Ini sangat membantu Anda berekspresi dan melakukan hal-hal kreatif. Jadi, memiliki rumah sendiri dan berkreasi di dalamnya tentu sangat direkomendasikan sekali, ya teman-teman!

Danamas hadir membantu Anda memiliki rumah idaman dengan pinjaman KPR bunga rendah dan tenor hingga 15 tahun. Menariknya, Anda bisa mengkomunikasikan lebih lanjut kebutuhan KPR, menghitung simulasi hingga mengkonsultasikannya untuk mendapatkan nominal yang seimbang bagi finansial Anda.Tidak perlu khawatir, jika membutuhkan dana yang besar, Anda bisa meminjam uang dengan jumlah maksimal Rp 2 miliar di Danamas untuk memperkuat modal bisnis. Selamat mencoba program KPR dan journey dalam membangun usaha Anda!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda

cara-membuat-bisnis dari Nol

Cara Membuat Bisnis dari Nol & Usaha bagi Pemula yang Cocok

Memulai sebuah usaha memang memberikan keuntungan bagi pelakunya, namun diperlukan upaya dan strategi yang matang serta keuletan. Dalam membuat bisnis dan menjalankan usaha se