usp-adalah

Untuk menjalankan sebuah bisnis maka anda perlu merencanakan banyak hal termasuk mencari USP pada produk Anda. USP bisa menjadi acuan anda dalam merencanakan sebuah bisnis sehingga mampu menentukan keunikan atau kelebihan yang produk anda miliki. Bagi pebisnis, penting sekali mengetahui usp pada produk yang dijual, karena hal ini bisa memberikan ide lebih lanjut strategi promosi yang dilakukan.

Sebuah strategi promosi bisa dibuat berdasarkan usp produk yang dimiliki, persona buyer, dan aspek lainnya yang bisa mendukung strategi marketing. Jika Anda adalah pelaku bisnis, maka pasti mengetahui keunikan atau kelebihan apa saja yang dimiliki oleh produk yang ingin dijual. Konsumen pun ingin mengetahui apa keunggulan dari produk yang ditawarkan, apakah cukup bermanfaat bagi mereka, apakah mampu memberikan keuntungan bagi konsumen dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, Anda bisa mengetahui pengertian USP, manfaat dari mengetahui USP produk Anda, hingga berbagai contoh USP terbaik yang pernah Anda. Semua ulasan lengkap tentang USP bisa Anda simak di artikel ini. Ketahui USP Anda dan kembangkan bisnis lebih besar lagi!  

Apa Itu USP?

USP adalah singkatan dari unique selling point. bisa membantu anda untuk membedakan bisnis yang Anda jalankan dengan kompetitor lainnya. Hal ini berarti USP adalah sebuah alasan kenapa konsumen rela membelanjakan uangnya untuk membeli produk Anda ketimbang produk kompetitor lainnya. Karena konsumen bisa membedakan mana produk yang menurut mereka layak untuk dibeli bagi kebutuhan dan keinginan mereka. Maka pada akhirnya pelanggan harus membeli produk tersebut dan menganggap produk tersebut memberikan keuntungan yang lebih daripada produk lainnya yang dijual oleh kompetitor. Hal inilah yang dimaksud oleh selling point.

Bukan tidak mungkin Jika anda mengetahui USP pada produk atau brand anda, Anda bisa mendapatkan konsumen yang loyal bahkan mereka berubah pikiran untuk menentukan pilihannya dan memberikan keuntungan bagi perusahaan anda.

Tips Menentukan Unit Selling Point

Dalam membuat USP atau unique selling point dalam sebuah produk Membutuhkan beberapa hal sehingga keunikan pada produk tersebut bisa ditemukan secara natural bukan mengada-ada. Hal ini penting anda ketahui karena dalam menentukan unique selling point atau USP terkadang cukup membingungkan Padahal cukup penting sebelum anda menawarkan produk tersebut kepada pelanggan. Maka dari itu ketahui tips menentukan unique selling point yang tepat untuk produk dan jasa berikut ini.

a. Cari Tahu Apa Yang Konsumen Inginkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis selling point dengan memikirkan apa yang konsumen benar-benar inginkan dari produk atau bisnis anda. Sebagai contoh jika anda memiliki bisnis kuliner maka konsumen membutuhkan tempat yang nyaman hingga masakan yang lezat. Namun jika hanya itu mereka inginkan maka tentu semua tempat kuliner mampu menyediakan tempat yang bisa memenuhi rasa lapar mereka lalu sebenarnya bagaimana mereka memilih dan mengabaikan restoran lain dan menjadikan restoran anda salah satu tujuan mereka. Hal itu bisa dipengaruhi harga, kualitas, pelayanan, kebersihan, tempat keramahtamahan, kecepatan dalam memberikan pelayanan, dan aspek lainnya. 

Aspek-aspek yang perlu dijadikan unit selling point pada bisnis Anda sehingga Anda perlu mempelajari apa yang konsumen butuhkan dan keunikan dari bisnis yang ingin Anda jalankan kan. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan survei langsung kepada pelanggan seperti memberikan font yang didalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan bagaimana pada akhirnya mereka bisa memilih restoran atau bisnis kuliner tersebut daripada restoran lainnya.

Selain itu Anda juga bisa meminta nilai atau poin tertentu atas semua aspek dibalik alasannya yang anda buat seperti harga makanan kualitas pelayanan kecepatan dan lain-lain. Jika anda sudah menemukan apa yang telah anda inginkan selanjutnya adalah buat strategi pemasaran yang tepat dan abaikan aspek lain yang sekiranya kurang dibutuhkan oleh pelanggan.

b. Ketahui Motivasi Konsumen Saat Membeli ProdukĀ 

Dalam menentukan langkah USP adalah dengan mengetahui perilaku konsumen saat membeli produk kita. Hal ini perlu dilakukan agar anda mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan serta paham motivasi mereka saat membeli produk tersebut. Anda perlu mengetahui berapa rata-rata umur pelanggan atau target market dari produk anda. Setelah itu Anda bisa menyiapkan produk yang tepat yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Seperti contoh jika target market anda adalah konsumen yang berusia 18 sampai 22 tahun dengan status pelajar atau mahasiswa maka sediakan produk yang memiliki harga terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa.

c. Bandingkan Produk Anda Dengan Produk Lain

Kompetitor menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan bisnis untuk itu anda perlu menentukan USP dengan membandingkan produk Anda dengan produk pesaing di pasaran. Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk pesaing lalu Anda bisa masuk ke dalam celah dimana anda bisa membuat produk lebih unggul dari pesaing anda.

Manfaat Unique Selling Point

USP atau unique selling point memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan kan terutama saat Anda menawarkan produk tersebut kepada pelanggan. Dengan membuat unique selling point yang tepat maka anda bisa mendapatkan manfaatnya dan keuntungan pun akan ada di depan mata anda. Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan keuntungan penjualan tinggi karena bisa memanfaatkan unique selling point dengan tepat.

  • Sebagai Pembeda Yang Jelas

Unique Selling point atau USP bisa menjadi pembeda yang jelas antara brand anda dengan kompetitor. Hal itu karena dalam USP Anda bisa mengidentifikasikan fitur yang unik bahan berkualitas layanan hingga reputasi merek sehingga bisa anda pakai dalam menciptakan unit selling point.

  •  Meningkatkan Pendapatan

Unit selling point bisa meningkatkan pendapatan, karena anda menawarkan proposisi penjualan yang unik Sehingga calon konsumen bisa melihat hal tersebut. Hal itu pun dapat mendatangkan keuntungan bagi bisnis anda.

  •  Menciptakan Pelanggan Yang Setia

Saat Anda mempromosikan produk melalui unique selling point dan memberikan proporsi nilai yang menarik maka konsumen akan kembali kepada anda dan menjadi konsumen yang loyal. setiap pengalaman positif yang berulang-ulang dirasakan oleh konsumen Maka akan muncul sentimen positif juga terhadap brand anda.

  • Penjualan Menjadi Lebih Praktis

Self representative akan jauh mendapatkan kemudahan dalam menjual produk jika layanan yang ditawarkan jelas dan menarik bagi konsumen. Maka dampaknya adalah mereka akan menawarkan value tersebut dengan penuh semangat dan mampu melakukan persuasi yang baik kepada calon konsumen.

Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Salah satu indikator sebuah bisnis berhasil adalah dengan memiliki jumlah pelanggan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun pelanggan yang datang tidak serta-merta begitu saja bisa memilih anda sebagai pilihan produk mereka. Tentunya ada proses yang dilalui serta strategi yang dijalankan untuk bisa mendapatkan konsumen yang terus meningkat. Cara menarik pelanggan agar membeli produk kita adalah dengan mengetahui USP atau unique selling point. Dari situlah Anda bisa mengatur strategi bagaimana caranya meningkatkan penjualan dengan menarik banyak pelanggan. Berikut beberapa cara menarik pelanggan agar membeli produk kita yang bisa anda praktekkan.

a. Fokus Pada Kualitas Produk

Produk adalah salah satu kekuatan bisnis yang paling besar dan perlu mendapatkan perhatian lebih baik bagi para pebisnis. Sebenarnya menjual produk yang bagus aja kurang cukup baik untuk mendatangkan konsumen. Untuk membuat sebuah produk yang berkualitas anda butuh modal yang juga banyak. Namun anda perlu melakukan lebih banyak riset dan juga pengembangan dalam berbagai aspek. Sebuah proses ini akan melalui waktu yang cukup panjang hingga mendapatkan pelanggan dan mereka punya untuk membeli produk.

b. Memberikan Keunikan Di Dalam Produk

Kualitas pada produk akan terasa kurang saat produk Anda tidak memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini bisa jadi sebuah keunggulan yang membuat pelanggan pun tertarik untuk mencoba produk yang Anda jual. Namun dalam mencari keunikan produk bukan berarti Anda harus memaksakan keunikan tersebut. Produk yang unik bisa saja memiliki beberapa faktor yang terlihat dari nama fungsi dan bentuknya. Namun anda juga bisa membuat keunikan ini dalam sisi harga untuk bersaing dengan kompetitor. Keunikan bisa terjadi tidak hanya tentang barang yang dipasarkan namun juga memberikan keunikan dalam layanan.

c. Memberikan Informasi Produk Secara Lengkap

Mungkin untuk memberikan produk yang bagus namun sayangnya pelanggan tetap tidak datang untuk membeli produk Anda. Bisa jadi Hal ini disebabkan oleh informasi produk yang cukup membingungkan. Anda perlu memastikan untuk membuat informasi produk secara detail dan lengkap dalam berbagai hal. Informasi ini cukup penting terutama bagi Anda yang menjual produk elektronik atau barang lainnya yang memiliki spesifikasi tertentu sehingga konsumen pun bisa mengetahui secara lengkap tentang detail produk tersebut sebelum membelinya. Informasi ini juga bisa anda sisipkan pada kemasan produk atau buku manual yang ada didalamnya. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan informasi produk dengan deskripsi di dalam halaman produk toko online jika anda berjualan di e-commerce.

d. Jangan Ragu Untuk Berikan Tester

Tester adalah salah satu trik dimana anda bisa menarik pelanggan untuk selalu datang. Pemberian tester Ini bisa memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mencoba produk atau makanan yang ada jual terlebih dahulu lalu mereka pun bisa memberikan penilaian. Anda bisa langsung tahu tanggapan dari para konsumen yang sudah mendapatkan tester tersebut. umumnya pemberian tester ini dilakukan dalam bisnis kuliner sehingga Anda bisa memberikan porsi kecil kepada konsumen untuk mencicipinya. Gunakan strategi ini juga untuk memasarkan produk baru yang segera anda luncurkan.

e. Lakukan Survei Pada Waktu Tertentu

Trend di pasaran bisa saja berubah dengan sangat cepat dan memberikan dampak pada minat dan daya beli banyak orang. Untuk itu anda perlu mengetahui perubahan-perubahan yang bisa saja terjadi di pasaran. Anda bisa memulainya dengan melakukan survei kecil-kecilan secara online kepada orang secara acak. Dengan begitu Anda bisa membuka pasar baru dengan mengakomodasi keinginan mereka namun tidak melupakan pelanggan yang sebelumnya sudah bertransaksi di bisnis anda. Anda bisa mengontak kembali untuk menanyakan berbagai hal untuk kepentingan marketing. Selain itu Anda juga perlu tahu sepuas apa pengalaman mereka bertransaksi sebelumnya. 

Contoh USP Terbaik

Ada beberapa contoh USP terbaik yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda saat ingin membuat USP. Pasti Anda tahu apa saja produk atau merek yang akan disebutkan dibawah ini. Dengan banyaknya contoh USP dari brand lokal maupun luar negeri, maka Anda bisa mengetahui bagaimana mereka mulai mengenalkan keunikan mereka hingga bisa diterima dimasyarakat.

  • Starbucks

Siapa yang tidak kenal brand kopi Starbuck. Hampir di setiap negara ada brand kopi Starbuck bahkan di Indonesia sendiri cukup populer dan memiliki target market yang berbeda dari kedai kopi lainnya. Jika anda membandingkan dengan kopi yang dijual di minimarket atau kedai kopi lainnya maka Starbucks mematok harga yang cukup mahal namun mereka tetap memiliki konsumen yang sesuai dengan target marketnya. 

Hal ini karena salah satu faktornya cukup konsisten yaitu menjual nilai kopi premium dalam produk mereka. Untuk mendukung USB tersebut maka mereka melakukan peningkatan pada kualitas kopi hingga menu tambahan lainnya seperti sandwich dan biskuit. Selain itu mereka juga konsisten dalam meningkatkan kualitas kopi premium dan membuatnya menonjol serta berbeda dari pesaing lainnya.

  • Ā Ikea

Ikea juga salah satu brand yang memiliki unique selling point yang cukup baik. brand atau Swedia ini menyediakan berbagai produk kebutuhan rumah tangga mulai dari furnitur hingga perabotan dan cukup populer di berbagai negara. Ikea memiliki barang-barang yang yang mempunyai kualitas tinggi dan juga tidak mudah rusak dengan harga yang relatif rendah. Selain itu Ikea membuat teks lain dengan brand fashion yang bertujuan untuk membuat hidup sehari-hari lebih baik. Dari sini Mereka memastikan pada konsumennya untuk mendapatkan pengalaman baik saat menggunakan produk Ikea.

  • Pinterest

Pinterest memiliki tagline ā€œWhen it comes to a great idea you will know it When you see itā€. Pinterest memiliki modal bisnis yang cukup unik dibandingkan dengan situs web berbagi foto lainnya. Lewat maka pengguna membuat papan PIN pribadi dengan foto yang sudah ada diunggah oleh orang lain bahkan sebuah perusahaan. Lambat laun terus menjadi platform berbagi foto yang berbeda dari lainnya karena unggahan unggahan foto yang dinilai unik dan berbeda dari kebanyakan foto yang ada di di mencari foto lainnya.

  • Indomie

Tak hanya brand dari luar negeri, salah satu brand yang memiliki unique selling point baik adalah Indomie. Anda pasti sering mendengar iklan Indomie Seleraku dan selalu ingat bahwa tekwan tersebut adalah milik Indomie. Iklan tersebut sepertinya sudah melekat di benak konsumen dan menjadi salah satu brand lokal yang cukup digandrungi oleh hampir semua orang di Indonesia bahkan luar negeri. Indomie juga melakukan berbagai inovasi lewat varian Rasa daerah sehingga konsumen pun tidak bosan dan selalu penasaran dengan rasa varian Indomie tersebut. Unit selling point yang Indomie tawarkan tersebut membuat Indomie dikenal menjadi salah satu produk mie lokal yang memiliki cita rasa khas dan sulit terkalahkan dari brand mie lainnya.

Ciptakan USP & Tingkatkan Penjualan dengan Modal Usaha Aman

Anda juga bisa membuat USP bagi produk yang Anda ingin kembangkan. Dengan menentukan strategi yang tepat, maka bukan tidak mungkin, produk Anda bisa dikenal banyak orang sekaligus mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk itu, miliki modal usaha dengan pengajuan yang aman di Danamas karena sudah terdaftar dan berizin OJK.

Modal usaha dari Danamas beragunan properti seperti rumah, tanah dan apartemen dan tanah produktif. Jika Anda tertarik untuk mencoba peluang untuk mengembangkan bisnis melalui pinjaman online terpercaya, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan ke Danamas dan dapatkan limit hingga Rp 2 miliar. Lalu, jangan lupa untuk simulasikan pinjaman modal bisnis Anda di kalkulator simulasi kredit dan kalkulator pinjaman untuk hitung nilai properti yang Anda jadikan agunan. Agar memudahkan Anda mengakses Danamas, download aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis di smartphone Anda.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

bisnis rice bowl rumahan

Ā 20 Bisnis Rice Bowl Rumahan dengan Ide Menu, Modal & Untung!

Bisnis rice bowl rumahan adalah bisnis yang cukup menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Peluang usaha ini tidak hanya memberi keuntungan, namun Anda juga memiliki kesempata

usaha-rumahan-modal-50-ribu

30+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untung Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha membutuhkan modal yang besar. Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, anda bisa memulai bisnis rumahan hanya den

contoh-komoditi-ekspor-nonmigas-indonesia-adalah

10+ Jenis Komoditas Ekspor Indonesia Migas & Non Migas

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata komoditas? Komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat, karena tergolong sebagai benda yang relatif muda