Banking-Adalah

Dalam dunia perbankan ada banyak sekali istilah perbankan yang mungkin bagi orang awam belum terlalu paham. Namun ada istilah yang sering kita dengar seperti internet banking dan mobile banking. Kedua istilah ini sering digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Keduanya pun sama-sama bisa membantu kita dalam bertransaksi keuangan. Kemudahan yang dimiliki ini perlu digunakan secara bijak bagi nasabah untuk bisa membantu aktivitas keuangannya.

Sebelum adanya internet banking, mungkin banyak nasabah yang merasakan kesulitan saat bertransaksi karena mereka harus langsung datang ke bank cabang atau dilakukan secara offline. Hal ini tentu akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak. Maka dari itu, bagi Anda yang sudah memiliki rekening di bank, segera buat akun internet dan mobile banking agar memudahkan aktivitas transaksi keuangan Anda. 

Di artikel ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian online banking, internet banking, mobile banking, fitur yang ditawarkan, hingga cara penggunaan dan perbedaan internet dan mobile banking. Pemahaman ini penting untuk Anda ketahui agar Anda bisa yakin untuk menggunakan mobile banking sebagai layanan yang memudahkan hidup Anda, berikut penjelasannya:

Apa itu Online / Internet Banking?

Online banking adalah sebuah layanan untuk melakukan transaksi perbankan lewat jaringan internet. Online Banking sebuah adalah sebuah kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi hingga mendapatkan informasi lewat website bank tersebut.

Online banking menggunakan jaringan internet sebagai penghubung antara nasabah dan bank tanpa harus datang langsung ke kantor bank. Lewat online banking, nasabah bisa menggunakan beberapa perangkat seperti komputer desktop tablet smartphone dan laptop. Selama ada jaringan internet yang terhubung ke perangkat tersebut maka nasabah bisa melakukan berbagai transaksi secara online. Pada online banking dibagi lagi menjadi dua yaitu internet banking dan mobile banking, keduanya memiliki perbedaan dengan kelebihannya masing-masing antara lain:

Apa Itu Internet Banking?

Internet banking sering juga disebut E-Banking adalah sebuah layanan yang dipakai untuk melakukan berbagai transaksi keuangan lewat situs website resmi bank yang bisa diakses melalui smartphone atau laptop. Situs website bank tersebut bisa diakses oleh nasabah jika memiliki koneksi internet yang stabil.

Kemajuan teknologi perbankan saat ini memiliki layanan internet banking yang mampu memudahkan nasabah seperti saat ingin transfer uang membayar tagihan hingga penyetoran. Untuk bisa menggunakan online banking, Anda harus terdaftar terlebih dahulu tanpa harus mengunjungi ATM atau fasilitas perbankan yang anda tuju.

Perbedaan Internet Banking Dan Mobile Banking

Kini lembaga keuangan seperti bank memudahkan nasabahnya dengan adanya layanan m banking. M Banking atau mobile banking hadir untuk Anda yang ingin lebih praktis dalam bertransaksi lewat aplikasi yang bisa di download di smartphone Anda. Internet banking maupun mobile banking memiliki karakteristik yang berbeda, berikut perbedaannya:

AspekInternet BankingMobile Banking
FungsiDapat melakukan transaksi perbankan yang lebih kompleksDigunakan untuk transaksi yang mendadak dan cepat
Gadget yang dipakaiSmartphone, PC, TabletSmartphone
Cara aksesMelalui situs resmi bank yang bisa diakses dengan internetMelalui aplikasi yang sudah disediakan oleh bank
Fitur yang DipakaiCek saldo, mutasi, pembayaran, tagihan, pinjaman, hingga cek nilai tukar mata uang dengan transaksi Rp 500 juta per hariCek saldo, mutasi, pembayaran, tagihan maksimal Rp 50 juta per hari
Sistem KeamananMenggunakan token, username, passwordMenggunakan username dan password

Fitur Internet Banking

Dalam internet banking tentu dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang bisa memudahkan penggunanya dalam memanfaatkan layanan ini. Internet banking bisa diakses melalui browser di PC atau smartphone Anda. Untuk fitur unggulan tentu berbeda di setiap bank, berikut adalah fitur internet banking secara umum. 

  • Transfer uang
  • Informasi umum tentang rekening tabungan atau giro
  • Pembayaran tagihan
  • Informasi kurs dan suku bunga
  • Pembelian ecommerce
  • Mutasi rekening
  • Informasi bantuan

Cara Menggunakan Internet Banking

Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran lewat internet banking, namun sebelumnya anda harus memiliki token yang sudah diaktifkan. Anda bisa mengaktifkannya dengan datang ke kantor cabang Bank yang anda tuju atau menanyakan informasinya lewat call center terlebih dahulu. 

Token adalah sebuah alat kecil yang mirip seperti kalkulator. Alat ini berguna untuk menjamin keamanan transaksi seperti mencegah oknum tak bertanggung jawab yang akan meretas rekening atau mampu menghindari ke penipuan.

Jika anda tidak memiliki token, maka anda bisa melakukan itu fitur non-transaksi seperti pengecekan saldo tabungan. Untuk itu bagi Anda yang ingin bertransaksi lewat internet banking harus memiliki token yang dibawa ke manapun sehingga Anda bisa menggunakan layanan internet banking di mana pun juga kapanpun.

Penggunaan token umumnya memiliki peraturan yang berbeda di setiap bank. Secara umum anda ketok kan tersebut hingga dilayarnya kode dimasukkan pada kolom yang tersedia sebelum anda melakukan transaksi via internet banking.

Apa Itu Mobile Banking?

Selain Internet Banking, mobile banking juga cukup populer karena kemudahannya dan fitur-fitur yang bisa dipakai kapanpun juga dimanapun. Mobile banking bisa diakses oleh nasabah Jika ia sudah terdaftar dalam layanan mobile banking dan memiliki koneksi internet yang stabil. 

Berbeda dengan internet banking mobile banking bisa dioperasikan lewat aplikasi ponsel yang telah disediakan oleh bank tersebut. Tak hanya itu itu mobile banking juga bisa digunakan tanpa membutuhkan token seperti Internet Banking.

Cara pendaftaran mobile banking mungkin akan berbeda di setiap bank sehingga Anda harus mengunjungi kantor cabang terdekat untuk mendaftarkan diri di mobile banking. Setelah melalui pengisian data dan verifikasi maka anda bisa menikmati layanan mobile banking dengan memasukkan ID juga password ke aplikasi tersebut.

Fitur Mobile Banking

Seperti halnya internet banking, mobile banking juga memiliki fitur untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas transaksi keuangan. Fitur mobile banking biasanya akan selalu di update sesuai kebutuhan. Selain itu, pada setiap bank memiliki fitur mobile banking yang pastinya berbeda, namun dibawah ini adalah fitur mobile banking yang bisa anda nikmati secara umum, antara lain:

  • Informasi Rekening

Fitur ini dipakai untuk mengecek berbagai informasi perbankan yang anda butuhkan seperti pengecekan saldo, mutasi rekening, dan lain-lain

  •  Transfer

Anda bisa mentransfer uang dengan menggunakan fitur transfer melalui virtual account atau antar rekening dan antar bank. fitur ini memudahkan anda untuk bertransaksi tanpa harus ke ATM.

  • Tagihan

Lewat mobile banking, nasabah bisa membayar tagihan seperti tagihan listrik tagihan air tagihan Kartu Kredit bagian internet asuransi dan lain-lain.

  • Belanja

Fitur ini bisa memungkinkan anda untuk mengisi ulang voucher pulsa atau membayar listrik prabayar. Untuk fitur layanan belanja di setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

  • Cardless

Jika anda ingin bertransaksi di ATM maka anda bisa menggunakan mobile banking tanpa harus menggunakan kartu ATM. Hal ini tentu akan memudahkan nasabah saat lupa membawa kartu ATM saat ingin mengambil uang.

  •  Fitur Bantuan

Ada juga layanan dengan menggunakan fitur bantuan untuk membantu nasabah terkait pelayanan keluhan hingga berbicara langsung dengan customer service.

Cara Menggunakan Mobile Banking

Berbeda dengan internet banking layanan ini tidak membutuhkan token untuk bisa melakukan transaksi keuangan. Maka tak heran banyak orang lebih memilih memiliki mobile banking daripada Internet Banking. Pertama, Anda bisa membuka aplikasi mobile banking lalu memasukkan ID dan password yang sudah didaftarkan. Setelah itu Anda bisa memilih menu untuk berbagai kebutuhan layanan perbankan Anda seperti info saldo transfer virtual account pembayaran tagihan dan lain-lain.

Baca juga: Manfaat Buka Tabungan Online di Era Serba Digital

Lalu Bagaimana menggunakan Fitur Cordless?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa fitur layanan cardless adalah salah satu fitur layanan dimana nasabah bisa mengambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu. Caranya cukup mudah saat anda di dekat ATM pilih menu pada aplikasi mobile banking di ponsel Anda. Lalu klik transaksi yang dilakukan seperti tarik tunai dan setor tunai. dengan menggunakan fitur ini anda bisa melakukan transaksi tanpa harus menggunakan kartu ATM sehingga lebih praktis dan efisien. Dengan menggunakan internet banking atau mobile banking maka hidup Anda bisa lebih mudah, semudah mendapatkan modal usaha bisnis. Fintech lending untuk pinjaman online terpercaya berizin OJK, Danamas hadir sebagai solusi kesulitan modal usaha umkm yang tentu dirasakan semua pebisnis. Untuk itu, coba ajukan pinjaman modal usaha yang bisa Anda dapatkan hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga rendah dan tenor minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun. Kapan lagi bisa mulai bisnis tanpa pusing memikirkan modal usaha. Ajukan pinjaman beragunan properti Anda sekarang!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b