kisaran-biaya-kuliah-di-oxford-university

Berapa biaya kuliah di oxford university? Banyak orang ingin berkuliah di Universitas Oxford karena universitas ini dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia. Bahkan menurut QS World, Oxford University masuk ke dalam peringkat 4 terbaik di dunia tahun 2023. Selain itu, Oxford University memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang akademik, khususnya di bidang ilmu sosial dan humaniora. 

Sukses di usia muda juga tentunya didukung dengan beberapa faktor akademik. Selain faktor akademik, keunggulan lain dari Universitas Oxford adalah lingkungan yang mendukung untuk belajar. Universitas ini memiliki fasilitas belajar yang sangat lengkap, seperti ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, dan akses ke sumber daya digital yang sangat kaya. Selain itu, mahasiswa di Oxford juga dapat terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, seperti klub dan organisasi, serta berpartisipasi dalam acara akademik dan sosial yang menarik.

Banyak orang juga tertarik untuk belajar di Universitas Oxford karena dapat memperoleh kesempatan untuk bergabung dengan jaringan alumni yang sangat luas dan terkenal di seluruh dunia. Jaringan ini dapat membuka banyak peluang bagi mahasiswa setelah lulus, baik dalam karir maupun pengembangan pribadi. Lalu berapa biaya kuliah di Oxford University? 

Biaya Kuliah Oxford University 2023: Sarjana S1

Melansir dari website resmi Oxford, biaya kuliah di Oxford University dapat bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan status mahasiswa, yaitu mahasiswa domestik (UK) atau mahasiswa internasional. Berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah undergraduate di Oxford University:

  1. Biaya kuliah mahasiswa Domestik:

Biaya untuk mahasiswa domestik merujuk pada tarif yang dikenakan kepada mahasiswa yang dianggap sebagai penduduk dalam negeri atau “home” student. Status penduduk dalam negeri ini diberikan kepada mahasiswa yang telah menetap di Inggris selama 3 tahun sebelum memulai program studi mereka atau yang memiliki kewarganegaraan Inggris atau EEA. 

Mahasiswa yang dianggap sebagai penduduk dalam negeri juga dapat mengakses pinjaman biaya kuliah dari pemerintah Inggris untuk menutup biaya kuliah mereka secara penuh. Hal ini berbeda dengan biaya mahasiswa “overseas” yang lebih tinggi yang dikenakan pada mahasiswa yang dianggap bukan penduduk dalam negeri atau yang berasal dari luar Inggris atau EEA.

Jika Anda adalah mahasiswa domestik yang melakukan gelar sarjana pertama, biaya kuliah untuk tahun ajaran 2023 akan menjadi £9.250 atau sekitar Rp168 juta per tahunnya. Mahasiswa domestik juga dapat mengakses pinjaman biaya kuliah dari pemerintah Inggris untuk seluruh jumlah biaya kuliah mereka dan tidak perlu membayar biaya apapun di muka.

  1. Biaya kuliah mahasiswa Overseas:

Jika Anda tidak diklasifikasikan sebagai mahasiswa ‘domestik’, maka Anda akan diklasifikasikan sebagai mahasiswa ‘Overseas’. Mahasiswa ‘Overseas’ adalah mahasiswa yang tidak dianggap sebagai mahasiswa ‘domestik’ atau mahasiswa yang bukan berasal dari negara Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Selain itu, mahasiswa ‘Overseas’ tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman biaya kuliah dari pemerintah Inggris.

Jika Anda adalah mahasiswa ‘Overseas’, Anda akan dikenai biaya yang jauh lebih tinggi, yang akan bervariasi tergantung pada program studi Anda. Biaya kuliah mahasiswa ‘Overseas’ berkisar antara £28.950 dan £44.240 (Rp 528 juta sampai Rp 808 juta per tahunnya), tergantung pada program studi yang diambil.

  1. Biaya khusus (untuk mahasiswa kedokteran):

Biaya kuliah mahasiswa kedokteran yang diklasifikasikan sebagai mahasiswa domestik atau Overseas akan berbeda dari biaya kuliah program studi lainnya. Biaya kuliah khusus ini akan diberlakukan pada tahun kelima dan keenam studi kedokteran. Biaya kuliah untuk mahasiswa kedokteran di tahun kelima dan keenam studi untuk mahasiswa domestik akan ditanggung oleh NHS (National Health Service) sedangkan untuk mahasiswa Overseas akan jauh lebih tinggi.

  1. Biaya tambahan 

Biaya tambahan ini untuk mahasiswa domestik yang mengambil program studi dengan tahun kuliah di luar negeri: Mahasiswa domestik yang mengambil program studi dengan tahun kuliah di luar negeri akan dikenakan biaya tambahan sebesar 15% dari biaya kursus penuh yang berlaku pada tahun tersebut.

Tabel Biaya Kuliah di Oxford University: Sarjana S1

Berikut ini adalah tabel biaya kuliah dan biaya hidup untuk mahasiswa Home dan Overseas di Oxford University, serta perkiraan biaya tempat tinggal dan transportasi.

KategoriBiaya Kuliah (per tahun)Biaya Hidup (per tahun)Biaya Tempat Tinggal (per tahun)Biaya Transportasi (per tahun)
Mahasiswa Home£9,250 (sekitar Rp185 juta)£12,180 (sekitar Rp243 juta)£5,500 – £7,200 (sekitar Rp110 juta – Rp144 juta)£500 – £1,000 (sekitar Rp10 juta – Rp20 juta)
Mahasiswa Overseas£28.950 dan £44.240 (Rp 528 juta sampai Rp 808 juta)£12,180 (sekitar Rp243 juta)£5,500 – £7,200 (sekitar Rp110 juta – Rp144 juta)£500 – £1,000 (sekitar Rp10 juta – Rp20 juta)

Berapa Lama Kuliah di Oxford?

Durasi kuliah di Oxford tergantung pada program studi yang diambil. Secara umum, program sarjana biasanya berlangsung selama 3 atau 4 tahun, sedangkan program magister biasanya berlangsung selama 1 atau 2 tahun. Namun, beberapa program magister di Oxford dapat berlangsung hingga 3 tahun tergantung pada disiplin ilmu yang diambil. Program doktor di Oxford biasanya berlangsung selama 3 atau 4 tahun.

Apakah di Oxford ada Beasiswa?

Melansir dari website resmi Oxford University, inilah beberapa beasiswa yang tersedia disana. Beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa sarjana (S1)!

Nama BeasiswaPersyaratanKomponen Beasiswa
Hill Foundation ScholarshipMahasiswa harus merupakan warga negara atau tinggal di Federasi Rusia Biaya kuliah dan dana tahunan untuk biaya hidup.
Bright Oceans Corporation ScholarshipMahasiswa dari daratan China (tidak termasuk Wilayah Administratif Khusus Hongkong dan Macau).Biaya kuliah dan dana tahunan untuk biaya hidup.
Palgrave Brown ScholarshipMahasiswa yang berasal dari negara-negara berikut: Albania, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bosnia and Herzegovina, Bulgaria, Croatia, Czech Republic, Estonia, Georgia, Hungary, Kazakhstan, Kyrgyz Rep., Latvia, Lithuania, Macedonia, Moldova, Montenegro, Poland, Romania, Russia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraine, Uzbekistan.Dana tahunan untuk biaya hidup.
Palgrave Brown UK ScholarshipMahasiswa yang tinggal atau bersekolah di Norfolk atau Suffolk.Dana tahunan untuk biaya hidup.
Reach Oxford ScholarshipMahasiswa dari negara-negara berpenghasilan rendah.Biaya kuliah, dana tahunan untuk biaya hidup, dan satu tiket pesawat pulang-pergi per tahun.
Simon and June Li Undergraduate ScholarshipPelamar berasal dari salah satu negara berikut: Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, Fiji, Wilayah Administratif Khusus Hong Kong, India, Indonesia, Republik Islam Iran, Irak, Israel, Yordania, Kiribati, Korea (Republik Demokratik Rakyat), Kuwait, Republik Demokratik Rakyat Laos, Lebanon, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Papua Nugini, Filipina, Pakistan, Qatar, Korea (Republik), Samoa, Arab Saudi, Singapura, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, Negara Palestina, Republik Arab Suriah, Provinsi Taiwan China, Thailand, Timor-Leste, Turki, Uni Emirat Arab, Vanuatu, Vietnam, Yaman.Biaya kuliah dan dana untuk biaya hidup.
Dr Ateh Jewel Foundation AwardsPenduduk Inggris keturunan Afrika Hitam atau Karibia Hitam yang berasal dari latar belakang yang kurang mampu.Dana tahunan sebesar £3.300 di tahun pertama kuliah (tersedia 3 penghargaan).

Persiapkan Dana Untuk Biaya Kuliah Ke Luar Negeri! 

Untuk kuliah di universitas terkemuka seperti Oxford, biayanya sangat mahal. Solusinya, Anda bisa mengajukan beberapa dana pinjaman online untuk membantu pendanaan bisnis Anda. Namun, pastikan jika sudah mengajukan pinjaman untuk segera mencari pekerjaan, supaya Anda tidak terlilit dengan hutang dan bunga yang menumpuk. Dapatkan pinjaman terbaik berdasarkan kebutuhan Anda di Pinjaman Online Terpercaya Danamas

Jangan sampai biaya kuliah menjadi hambatan untuk masa depan cerah anak Anda. Jadilah orang tua yang bijak dan sukses, pilihlah pinjaman terbaik untuk mewujudkan impian keluarga Anda. Kunjungi website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi seputar keuangan terupdate. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b