Brand-fashion-lokal

Brand fashion lokal memang ada banyak di Indonesia, hal ini karena perkembangan jaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia fashion terus menerus mengalami kemajuan di seluruh negara di dunia. Selain brand dari luar negeri, brand di Indonesia juga turut berkembang dan bahkan dapat bersaing dengan brand-brand yang ada di luar.

Para desainer lokal terus mengembangkan kreativitasnya dan hal ini terlihat dari banyaknya fashion show yang diikuti oleh brand fashion lokal. Bahkan ada yang sampai berkiprah di luar negeri. Tak sedikit juga yang digunakan oleh artis-artis mancanegara. Brand lokal yang makin “moncer” membuat merek ini makin digandrungi masyarakat. Darisinilah, kita bisa belajar banyak cara untuk mengembangkan usaha dari kecil menjadi besar dan mampu terkenal didalam maupun luar negeri atau go internasional.

Dengan persaingan dunia fashion yang tinggi, ternyata brand lokal bisa terus bersaing. Bahkan melahirkan karya-karya yang keren. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa brand Fashion lokal yang sudah populer di tahun 2022, dan beberapa brand fashion lokal yang sudah Go-International. Simak artikel ini, yuk!

14 List Brand Lokal Populer 2022

Ada banyak brand fashion lokal yang sukses di Indonesia, dan ada banyak juga daftar brand yang menjadi populer pada tahun sebelumnya dan tahun ini. Berikut adalah 14 brand fashion lokal yang sudah populer di Tahun 2022 menurut IDN Times:

  1. Erigo
  2. Roughneck 1991
  3. Leaf
  4. Shining Bright
  5. MDFK
  6. Mules
  7. Kamengski
  8. Heyho
  9. RSCH
  10. Cosmic
  11. Bloods
  12. This Time Brand
  13. Thanksinsomnia
  14. Original Quzzy

10 Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Go International

Tak hanya sampai situ, ada brand fashion lokal yang sudah go international, lho! Bahkan, ada beberapa brand fashion lokal yang sudah memulai debut mereka di Paris Fashion week 2022. Berikut adalah beberapa brand fashion lokal yang sudah mengepakkan sayap mereka dan sudah Go-International!

  1. Matoa

Brand yang berkonsep urban, simplicity, nature ini berasal dari Bandung dan menjual jam tangan dengan bahan dasar kayu yaitu kayu maple dan ebony Makassar. Produk yang ditawarkan stylish dan ramah lingkungan. Untuk memasarkan barang dagangannya, brand ini memberi nama jamnya “Indonesia banget”, yaitu Flores, Gili, Rote, Sumba, Mayo dan Jalak.

2. Lea Jeans

Brand denim lokal ini sudah mendunia. Perusahaan berdiri sejak tahun 1979 dan produknya mengupdate gaya dari Amerika. Nuansa produk vintage dan modern menjadi daya tarik masyarakat dari masa ke masa. Ditambah lagi kualitas bahan terbaik membuatnya digandrungi.

3. Bagteria

Berbeda dengan brand fashion lain, Bagteria justru terkenal di luar negeri dahulu dibandingkan di Indonesia. Bahkan digunakan oleh artis kawakan seperti Paris Hilton dan Blake Lively. Brand ini dikembangkan oleh desainer asal Indonesia yang bernama Nancy Go. 

4. Erigo

Sebelumnya Erigo bernama Selected and Co yang mulai berdiri di tahun 2010. Dibawah brand tersebut, mereka menjual pakaian batik casual. Tapi seiring berjalannya waktu, sang founder Muhammad Sadad mulai berinovasi dan mengganti namanya menjadi Erigo di tahun 2013. Segmentasi pasar pun diperluas dan menjual pakaian unsex dengan konsep street style dan traveling. 

Ternyata konsep ini laris manis di pasaran karena dinilai lebih kekinian. Maret 2021 Erigo beriklan di billboard Time Square New York, Amerika Serikat. Hal itu membuat brandnya makin terkenal di luar negeri. Tak hanya itu saja, Erigo juga sukses memasarkan produknya di New York Fashion Week 2022 untuk membuktikan eksistensinya di pasar internasional.

5. 3second

Banyak orang yang mengira kalau 3second adalah produk luar negeri. Tapi ternyata bukan. Brand lokal ini sudah berdiri sejak 1997 di bawah naungan Biensi. Ada pula merk-merk yang ada di bawah perusahaan ini, yaitu Greenlight, Moutley, Famo dan FMC Speed Supply.

Saat dibuka pertama tahun 2002, produk andalan 3second adalah kaos. Walaupun sebenarnya menjual pakaian pria dan wanita berkualitas yang lain, seperti t-shirt, jaket, celana, hoodie, topi, tas dan sebagainya.

Tahun 2002 3second sudah melanglang buana. Kolaborasi dengan Danjyo Hiyoji membawanya ke Paris Fashion Week 2022. Koleksinya diberi judul “Heeji” atau satu dalam Bahasa Sunda. Kolaborasi tersebut terinspirasi dari Seren Taun.

6. Greenlight

Greenlight ada di bawah naungan perusahaan Biensi. Brand lokal asal Bandung ini menjual kaos atau t-shirt untuk wanita dan pria. Casual wear yang nyaman untuk anak muda menjadi karakteristik dari brand ini. 

Untuk kiprahnya di Paris Fashion Week 2022, Greenlight menggaet Ican Harem di lini koleksi kedua dengan tema “Traffic Light”, mengangkat kondisi jalanan dan kemacetan masyarakat kota di Indonesia.

7. Sagara Boots

Brand asal Bandung ini menjual boots berkualitas tinggi. Bagus Satrio selaku pendiri dan pemilik mengungkapkan kalau makin banyak media asing yang mengekspos industri sepatu di Indonesia perihal produksi boots berkualitas. Brand ini laris di luar negeri dan mampu bersaing, karena handmade, custom dan kulitnya memiliki kualitas tinggi.

8. Pot meets pop

Tahun 2009 di Bandung dinilai bersejarah bagi perusahaan, karena berdirinya Pop Meets Pop. Produk pertama dengan pop culture karena sedang hits di tahun 2009. Kualitas yang terus terjaga, membuat PMP kebanjiran order dari luar negeri. Dan kualitas PMP ini tidak kalah dibandingkan Nudie atau Cheap Monday yang merupakan brand asal luar negeri.

Berkat kualitasnya yang mumpuni, membuat PMP bisa berangkat ke Long Beach. Brand ini menyingkirkan 121 peserta seleksi Bekraf untuk berangkat ke AS. Dan hal itu membuat PMP menjadi salah satu brand yang mewakili brand fashion Indonesia.

9. Sean Sheila 

Sean Sheila memang bukan orang baru di Paris Fashion Week. Bahkan sejak 2017, brand ini sudah berkontribusi di acara bergengsi tersebut. Dan di tahun 2022 Sean Sheila menampilkan 23 look. Koleksinya terinspirasi dari film Annihilation. Prestasi Sean Sheila tidak hanya itu saja, tapi juga menjadi brand busana yang dipakai di film Penyalin Cahaya.

10. Jewel Rocks 

Brand asal Pulau Dewata ini adalah brand aksesoris yang memakai bahan material unik. Bisnis yang dimulai sejak tahun 2006 dimiliki oleh Imelda Widjaja. Yang menjadi inspirasinya adalah karena Imelda hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cinderamata tiap kali melancong.

Untuk menjalankan bisnisnya, Imelda bekerja sama dengan pengrajin perak, resin, manik kaca dan pembuat warna natural yang ada di Bali, Jawa Timur dan Bandung. Walaupun awalnya hanya bermodal Rp 500 ribu, kini Jewel Rocks sudah memiliki 10 karyawan dan sebagian besarnya terdiri dari ibu rumah tangga.

Dalam perhelatan di Paris Fashion Week 2022, Imelda sudah menyiapkan 10 desain baru yang belum launching di Indonesia. Selain itu ada juga koleksi favorit pelanggan Jewel Rocks.

Baca juga: 11 Tokoh Wirausahawan Yang Sukses di Usia Muda

4 Tips / Cara Membangun Brand Lokal Fashion

Memulai atau membangun sebuah brand fashion merupakan sebuah hal yang bisa dilakukan siapapun. Meskipun begitu, tiap usaha pasti ada strugglenya masing-masing. Agar anda lebih waspada, berikut adalah beberapa tips untuk membangun brand fashion agar menjadi brand yang terkenal.

  • Fokuskan Target Anda

Pasat di Indonesia merupakan sebuah pasar yang luas dan memiliki potensi yang cukup besar untuk memilih target pasar anda. Dengan banyaknya pasar yang tersedia, pastikan anda memfokuskan diri untuk menuju kepada sebuah target yang spesifik.

  • Ikuti Trend yang Ada

Banyak masyarakat yang lebih memilih membeli baju yang mengikuti trend yang ada. Jika anda ingin membangun sebuah brand fashion yang terkenal, buatlah sebuah pakaian sesuai dengan trend yang ada dan ikutilah trend tersebut untuk mulai berjualan. Dengan anda yang mengikuti trend yang ada, masyarakat pasti akan membeli pakaian di toko anda

  • Kerjasama Bersama Influencer

Influencer merupakan sosok yang dapat membantu anda dalam menjual karena biasanya, influencer memiliki jumlah following yang banyak sehingga banyak yang melihat brand fashion anda sehingga anda dapat menambah penjualan dengan baik. Meskipun endorsement merupakan sebuah aktivitas yang mahal, akhirnya bisa membuat brand anda lebih diketahui

  • Membuat Toko untuk Mencapai Pasar

Toko merupakan sebuah langkah awal dalam bisnis fashion anda. Baik anda memiliki sebuah toko yang dapat didatangi secara langsung maupun secara online dimana pelanggan dapat mengunjungi halaman website anda, untuk memiliki sebuah toko yang siap untuk menjualkan brand anda merupakan sebuah hal yang sangat membantu untuk memulai bisnis anda dalam fashion

Membuka sebuah perusahaan itu merupakan sebuah hal yang sering dilakukan oleh banyak orang dan usaha tersebut memiliki banyak jenisnya. Salah satu toko tersebut dapat berupa Fashion. Brand Fashion di Indonesia sangat bisa bersaing dengan pasar yang ada di luar juga, lho!

Usaha Makin Populer dengan Tambahan Modal Terpercaya

Untuk keperluan perusahaan anda, Danamas siap memberikan sebuah pelayanan peminjaman yang cepat dan akurat untuk membantu anda dalam bisnis. Baik dalam bisnis food and beverage bahkan perusahaan fashion juga. Pinjaman UMKM online terpercaya ini bisa memberikan pinjaman sampai Rp 2 miliar, anda bisa mengembangkan bisnis agar makin dikenal masyarakat atau bahkan go internasional. Tenor yang ditawarkan mulai dari 1 sampai 10 tahun. Masa tenornya yang panjang dan bunga rendah, jadi anda bisa fokus untuk ekspansi bisnis.

Apa masih ragu? Yuk simulasikan pinjaman properti dan nilai properti di website Danamas dengan kalkulator pinjaman dan kalkulator simulasi properti. Anda juga bisa download Aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis, untuk memudahkan pinjaman dari smartphone.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b