Meminjamkan uang

Untuk memiliki manajemen keuangan yang baik maka perlu banyak hal yang anda lakukan salah satunya adalah dengan finansial self care. Sebanyak apapun uang yang anda miliki maka sebaiknya miliki juga kemampuan manajemen keuangan yang baik lewat financial self care. Dengan memiliki financial self care yang baik maka kondisi finance kondisi kesehatan finansial pun akan ikut membaik, hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan keuangan Anda ke depan.

Hal Yang Dilakukan Saat Financial Self Care

Istilah self care mungkin lebih sering Anda dengar untuk melakukan perawatan fisik. Namun juga bisa dilakukan untuk melihat dan menjaga kondisi kesehatan finansial. Lalu bagaimana cara financial self care yang tepat?

financial self care
  • Mengatur Kontribusi Otomatis Untuk Tabungan

Salah satu hal penting dalam manajemen keuangan adalah memiliki tabungan dan kemampuan untuk mengelolanya dengan baik. Tabungan yang baik adalah tabungan yang memiliki tujuan seperti tabungan dan darurat atau dana pensiun. Salah satu cara untuk menjaga financial tetap sehat adalah dengan memiliki tabungan dana darurat dan tabungan dana pensiun. Dana darurat membantu anda untuk melewati berbagai kondisi yang mendesak, selain itu dana pensiun bisa membantu anda untuk mendapatkan hari tua yang lebih aman dan nyaman secara finansial. 

Jika Anda khawatir pendapatan tidak bisa mencukupi untuk tabungan dana darurat dan dana pensiun, maka anda bisa menggunakan fitur auto debit atau fitur otomatis yang akan menarik dana Anda setelah anda mendapatkan gaji atau pendapatan. Dengan fitur otomatis ini bisa membantu Anda yang yang belum disiplin atau sering terlupa untuk bagi pendapatan Anda ke tabungan tersebut.

  • Tentukan Tujuan Keuangan

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk financial self care adalah dengan menentukan tujuan keuangan. Tujuan keuangan adalah proses yang bisa anda Tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan yang anda miliki. Anda bisa menentukan tujuan keuangan hingga jangka waktu yang anda butuhkan untuk bisa sampai pada tujuan keuangan tersebut. Dengan membuat tujuan keuangan maka anda pun akan lebih termotivasi dan semangat untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. setelah itu atur budget pengeluaran anda tiap bulannya sehingga Anda bisa memantau setiap saat.

  • Sediakan Tabungan Untuk Kesenangan Anda

Dana darurat dan dana pensiun Anda juga perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk kebutuhan senang-senang anda sendiri. Tak perlu selalu banyak namun anda bisa menyisihkan nya sebagai bagian dari self reward.

  • Pantau Selalu Pengeluaran

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan dengan konsisten adalah dengan memantau semua pengeluaran yang Anda lakukan. Dengan secara berkala maka anda bisa mengetahui kondisi keuangan secara jelas serta membantu untuk mengambil keputusan terkait dengan apa yang perlu dilakukan selanjutnya agar mencapai tujuan finansial. 

Cara Menuju Kesehatan Finansial

financial self care
  • Hitung Semua Harta Dan Hutang

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan finansial adalah dengan menghitung semua harta dan hutang yang anda miliki. Anda perlu tahu seberapa apa banyak pengeluaran anda ada dan tabungan di beberapa sumber penyimpanan uang seperti bank teken investasi deposito dan lain-lain. 

Tak hanya mengetahui total tabungan, Anda juga perlu cek seberapa banyak hutang yang anda miliki seperti utang pada kartu kredit pinjaman tagihan yang belum dibayar dan lain-lain. Setelah itu, Anda perlu mencari cara dan menghitung cara melunasi hutang-hutang tersebut.

  • Kurangi Bunga Hutang

Sebaiknya Anda mengecek kembali besaran bunga utang yang perlu Anda bayarkan. Hal yang bisa saja terjadi adalah saat utang anda tidak kunjung lunas dikarenakan bunga yang dibebankan pada lembaga keuangan tersebut cukup tinggi. Untuk itu, cara yang paling mudah adalah dengan menentukan ihwal utang berbunga tinggi dengan mencari lembaga keuangan lain yang memiliki bunga yang lebih rendah, lalu pindahkan kredit tersebut ke lembaga tersebut.

  • Mulailah Untuk Menabung

Berapapun nominalnya Anda harus mulai menabung sehingga tidak peduli pendapatan yang anda miliki besar atau kecil hal yang harus anda miliki adalah tabungan. Jika anda belum bisa menabung di bank maka anda bisa menabung di rumah dengan celengan khusus. Idealnya, Anda memiliki tabungan dana darurat lalu tabungan tabungan yang sesuai dengan Tujuan finansial anda.

  • Rencanakan Dengan Disiplin

Setelah anda merencanakan tujuan finansial dengan baik maka perlu dikombinasikan dengan rasa disiplin sehingga rencana tersebut bisa berjalan dengan semestinya. Dengan melakukan rencana rencana Anda secara disiplin menabung serta disiplin dalam membayar hutang, maka ini bagian dari financial self cara. Lalu, hindari rasa tergoda saat mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi Pengatur Keuangan

financial self care
  • UangKu

UangKu adalah aplikasi pengatur keuangan yang cukup lengkap dengan tampilan yang sederhana. Bagi Anda adalah seorang pemula, maka UangKu bisa jadi pilihan aplikasi pengatur keuangan. Di aplikasi ini, Anda bisa mengisikan jumlah target tabungan dan pengeluaran dalam satu bulan. 

  • MoneyLover

Aplikasi pengatur keuangan lainnya adalah MoneyLover. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang bisa membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran bulanan. Fitur yang tersedia di aplikasi ini seperti savings, budget dan event.

  • Mint

Aplikasi pengatur keuangan ini cukup bagus dipakai untuk mengatur keuangan Anda dengan fitur lengkap. Fitur tersebut seperti rekening bank, tagihan bulanan, olio investasi, pinjaman kredit, dll.

  • Monefy

Monefy adalah aplikasi financial planner yang cukup mudah dimana catatan keuangan harian Anda bisa dicatat di aplikasi ini lewat kategori yang sudah disediakan. Selain itu, penggunaannya juga bisa membuat lebih dari satu akun untuk setiap catatan keuangan terpisah.

  • Level Money

Aplikasi pengatur keuangan ini berbasis iOS yang bisa langsung terhubung ke bank. Anda bisa mencatat keuangan keluar dan masuk baik pada kartu kredit atau rekening bank.

  • Wallet

Wallet adalah aplikasi pengatur keuangan yang bisa menghubungkan berbagai aktivitas transaksi saldo bank. Selain itu, wallet juga mendukung berbagai jenis mata uang yang bisa saja dibutuhkan oleh banyak orang. 

Bagi Anda yang ingin memulai mengelola keuangan, maka mengundur aplikasi pengatur keuangan ini mungkin bisa membantu Anda. Jadi, mulai dari sekarang dan tak perlu tunggu hingga uang Anda banyak. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha saat berbisnis, maka coba ajukan pinjaman ke Danamas. Dengan pinjaman beragunan properti yang bisa dengan mudah Anda dapatkan ini maka bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki bisnis yang besar. Jangan lupa juga kelola modal usaha dengan bijak.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b