Emas dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat membawa keuntungan yang menarik untuk Anda.Keuntungan terbaik memiliki tabungan emas adalah nilainya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan. 

Memiliki tabungan emas di masa sekarang ini sudah terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Sekarang, Anda dapat membuka tabungan emas seperti membuka tabungan finansial di bank. Anda hanya perlu mengunjungi tempat pelayanan pembelian dan penjualan emas secara offline maupun platform online yang tersedia. 

Proses registrasi yang mudah juga banyak ditawarkan oleh beberapa platform. Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen data diri sebagai syarat utama membuka tabungan emas. Modal yang Anda butuhkan untuk membuka tabungan emas terbilang cukup terjangkau. Anda bisa melakukan investasi dengan membeli emas mulai dari besaran 0.01 gram saja. 

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Untuk menabung emas di pegadaian, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui. 

  1. Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan (KTP) guna membuka rekening tabungan emas di kantor cabang pegadaian.
  2. Mengisi formulir yang telah disediakan
  3. Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, biasanya akan menerima Buku Tabungan Emas dan dapat melakukan pembelian emas mulai dari 0.01 gram Jika dirasa tabungan sudah mencukupi yang Anda mau, Anda bisa mencetak saldo emas menjadi emas fisik. 

Keuntungan menabung emas di Pegadaian 

  • Tersedia di seluruh outlet Pegadaian atau melalui Pegadaian Digital Service 
  • Agen Pegadaian dan tersedia di Marketplace 
  • Permintaan pencetakan emas dapat dilakukan mulai dari kepingan kecil
  • Harga jual dan buyback yang kompetitif 
  • Biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan 
  • Dijamin 24 karat 
  • Nasabah bisa melakukan buyback
  • Nasabah bisa melakukan transfer ke rekening tabungan emas 
  • Dikelola secara profesional dan transparan. 
  • Melakukan pembelian tabungan emas secara top up 

Baca Juga: Cara Investasi Emas Biar Semakin Untung

Kekurangan Menabung Emas

menabung emas

Selain ada keuntungan menabung emas, tentunya ada kekurangan yang perlu Anda ketahui. Dalam menabung emas, 

  1. Memerlukan Tempat yang Aman untuk Disimpan 

Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang khusus yang aman, apalagi jika menabung dalam jumlah banyak. Anda bisa menyimpannya di brankas atau mungkin ke tempat yang menerima jasa penyimpanan emas atau melalui tabungan emas online. Namun hal tersebut biasanya membutuhkan biaya tambahan. 

  1. Harga Fluktuatif

Harga emas memang memiliki kecenderungan untuk meningkat, namun ada yang perlu diingat yaitu peningkatan harga emas tidak terjadi dalam waktu yang cepat. Emas juga dapat mengalami penurunan harga terhadap harga jualnya. Perubahan harga inilah yang berdampak pada kesulitan untuk menghitung nilai dari emas yang akan dimiliki dimasa mendatang (fluktuatif). 

  1. Pastikan Platform dikelola Secara Resmi 

Banyaknya platform online yang menawarkan jasa investasi emas, maka tidak sedikit pula yang tertarik. Anda diharapkan untuk cermat dan berhati- hati dalam menentukan di platform mana Anda akan menabung atau berinvestasi emas. Patikan telah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Lancar by Danamas merupakan salah satu platform pinjaman online untuk modal usaha. Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha, dan membutuhkan pinjaman modal hingga miliaran rupiah. Anda bisa mencari info lebih lanjut melalui website Lancar by danamas  di sini.  

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b