cara-menabung-yang-benar

Cara menabung yang benar dapat membuat Anda sukses dalam menabung. Menabung merupakan sebuah aktivitas yang sering sekali dilakukan oleh banyak kalangan manusia, baik dari kalangan muda, pekerja atau sudah tua. 

Generasi sandwich dalam mengatur keuangan seringkali mengalami krisis finansial karena seringkali merasa terpuruk dengan pengaturan keuangan. Bukan persoalan tidak bisa mengatur keuangan, namun generasi sandwich cenderung mengalami masalah tanggungan keluarga yang menjadi kewajiban. Jadi, salah satu solusi tepatnya adalah mencari tambahan uang lewat berbagai peluang usaha

Nah, merasa perlu banyak antisipasi terhadap masa depan, menabung tentu membawa keuntungan tersendiri. Namun terkadang, ada banyak yang masih lalai tidak dapat menyimpan uang dengan baik bahkan boros. Yuk simak cara menabung yang benar agar tidak boros!

22 Cara Menabung yang Benar, Pasti Efektif! 

Ada banyak cara yang dilakukan oleh banyak orang agar dapat menabung dengan benar. Perlu diingat bahwa orang-orang juga memiliki cara menabung yang berbeda. Dibawah ini adalah beberapa cara menabung yang benar untuk Anda :

1. Pilih Barang Generik

Jika Anda memiliki dua pilihan yaitu produk branded dan produk generik, maka pilihlah produk generik. Perbedaan harga belum tentu memberikan definisi produk yang berkualitas. Bisa saja harga tinggi dikarenakan sudah memiliki branding yang cukup luas dan memang terkenal diantara para model. 

2. Simpan Uang Secara Otomatis

Coba gunakan deposito untuk mengatur keuangan Anda lebih teratur. Dengan mencoba hal ini, Anda tidak akan kesulitan kedepannya untuk mengalokasikan dana. Ini jelas membantu Anda untuk menerapkan persentase yang jelas terhadap pemasukan Anda. 

Cara menabung yang benar tentunya dimulai dengan memiliki persentase yang jelas terhadap pemasukan. Sekalipun Anda mendapatkan insentif atau uang tambahan, namun Anda dapat tetap mendisiplinkan diri dan akhirnya menjadi terbiasa untuk menabung. 

3. Gunakan Bonus dengan Bijak

Mendapatkan bonus atau THR saat bekerja tentu saja hal yang baik untuk finansial Anda. Terutama untuk memaksimalkan deposito atau beberapa tabungan dan investasi Anda lainnya. Hindari untuk menambah pengeluaran kedepannya. Ingat bahwa semakin banyak uang yang Anda terima, maka kemungkinan semakin besar juga uang yang akan digunakan. Jadi,  perhatikanlah dan pergunakanlah gaji bonus Anda dengan bijak.   

4. Kurangi Konsumsi Energi

Anda dapat mengurangi biaya listrik Anda hanya dengan melakukan perubahan yang kecil. Pastikan Anda menghemat energi listrik dengan mematikan lampu yang tidak terpakai, atau mematikan AC sewaktu kondisi cuaca tidak terlalu panas.

5. Unsubscribe Email

Para marketer email memiliki kemampuan yang baik untuk menawarkan Anda barang. Bahkan Anda dapat membeli barang tersebut meskipun tidak membutuhkannya. Jadi, cara paling mudah yaitu melakukan unsubscribe pada email tersebut. 

Ada baiknya membatasi diri untuk tidak terlalu sering mengisikan data diri Anda pada iklan-iklan yang muncul. Ini jelas membuat data Anda menjadi lebih mudah tersebar yang akhirnya membuat Anda terus menerima email atau iklan sejenis. 

6. Sisihkan Uang

Untuk menyisihkan uang, Anda bisa menggunakan sistem 80/20 atau 50/30/20/. Dengan alokasi demikian Anda bisa menyisihkan paling tidak minimum 10-20% dari hasil keuangan Anda setiap bulannya. Cara menabung yang benar ini jelas membuat Anda jadi lebih prihatin terhadap kewajiban adanya dana darurat. 

7. Buka Tabungan Khusus Menabung

Buka sebuah tabungan khusus untuk menabung, supaya Anda bisa melihat hasil kerja keras Anda dalam menabung dalam jangka waktu yang lama. Keberadaan buku tabungan akan memacu semangat Anda untuk melihat angka yang lebih besar lagi pada tabungan. 

8. Membawa Bekal

Jika Anda ingin mengurangi pengeluaran maka bawalah bekal dari rumah. Harga makanan di luar akan lebih mahal dibandingkan dengan memasak sendiri. Untuk itu agar dapat menghemat, Anda dapat membawa bekal sendiri.

9. Diskon

Tanyalah barang yang diskon ketika Anda ingin membeli sesuatu. Harga barang diskon terkadang akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Maka cobalah membeli barang diskon. Namun, pada makanan pastikan Anda untuk membaca terlebih dahulu waktu dan tanggal yang diberikan untuk menghindari adanya kadaluarsa. 

10. Kurangi Biaya Data Internet

Biasanya biaya internet menjadi salah satu pengeluaran yang harganya cukup mahal. Maka Anda dapat mempertimbangkan apakah menggunakan WIFI jika anggota keluarga di rumah Anda cukup ramai. 

Jika ya, penggunaan WIFI bisa menjadi pengeluaran yang baik. Namun jika tidak ramai, maka menggunakan biaya data internet masing-masing adalah jalan terbaik dalam berhemat untuk menabung. 

11. Pangkas Biaya Bensin

Harga bahan bakar yang naik menjadi momok yang menakutkan bagi pengeluaran Anda. Iritlah dalam bepergian, contohnya Anda dapat membeli sayuran dalam jumlah yang banyak sehingga tidak perlu bolak balik ke pasar. Sayuran ini dapat Anda simpan di kulkas agar awet. 

12. Lakukan DIY

Jika Anda ingin lampu kelap kelip pada kamar Anda atau kerajinan tangan yang unik, Anda tidak perlu membelinya. Cukup serahkan semua pada kreativitas Anda. 

Disini Anda dapat membuat kreasi yang unik di rumah Anda tanpa membeli. Selain itu, Anda dapat mengajak keluarga ini dan jadikan ini momen yang berharga dalam keluarga untuk ajang kreatifitas.

13. Buat Kopi Sendiri

Membeli kopi di luar rumah akan meningkatkan biaya pengeluaran Anda secara signifikan. Terkadang Anda tidak menyadarinya karena harganya yang murah. Namun, jika Anda hitung biaya membeli kopi di luar akan jauh lebih mahal. Ini termasuk ke dalam biaya-biaya kecil yang jika terakumulasi justru memiliki alokasi yang lumayan besar. 

14. Gunakan Kupon

Jika Anda membeli suatu barang maka biasanya akan diberikan sebuah kupon. Maka kumpulkanlah kupon-kupon tersebut karena hal ini bisa menghemat pengeluaran Anda. Namun, Anda juga perlu berhati-hati jika ternyata keuntungan yang didapatkan tidak begitu besar. 

Maka, penggunaan kupon jelas hanya dijadikan sebagai pemicu bagi Anda untuk bertransaksi. Perhatikan juga apabila nilai transaksi suatu barang yang wajib dibeli tinggi untuk mendapatkan kupon tersebut. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan lebih matang untuk membeli barang tersebut. 

15. Gunakan Aplikasi Pencatat Pengeluaran

Banyak aplikasi yang dirancang untuk mengetahui pengeluaran Anda. Jika Anda menggunakannya akan mempermudah untuk melacak pengeluaran. Selanjutnya pengeluaran ini dapat Anda pangkas di bulan selanjutnya.

16. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Di rumah Anda pasti punya banyak bahan yang tidak terpakai. Misalnya kulkas yang sudah rusak, atau ada besi rongsokan. Anda dapat menjualnya ke perusahaan daur ulang.eha

17. Hanya Periksa Tabungan Ketika Darurat

Hanya memeriksa tabungan bilamana diperlukan, sehingga dapat menghindari keinginan untuk menggunakan uang tersebut.  Jika Anda belum begitu yakin untuk memulai investasi, Anda bisa memulainya seperti ini. 

Namun, jika keuangan sudah mulai stabil dan dapat dikontrol, maka coba menyimpan uang menggunakan deposito. Penyimpanan uang di deposito bisa membantu Anda di hari tua untuk lebih mempersiapkan berbagai dana pensiun.

18. Buatlah Sebuah Rencana

Terkadang, kita menghabiskan banyak uang karena kita tidak memiliki rencana sama sekali. Contohnya, ketika gajian, mungkin beberapa dari Anda memiliki tujuan untuk segera menggunakan uang tersebut untuk merayakan hari gajian yang telah datang

Namun, Anda tidak memiliki tujuan yang pasti bagaimana Anda akan menghabiskannya, sehingga pada akhirnya uang gajian tersebut dibagi dengan banyak sampai dapat dibilang ‘sangat banyak’. 

Alangkah baiknya jika sudah mendapatkan sebuah sumber uang, buatlah sebuah rencana bagaimana cara menghabiskannya

19. Catat Pengeluaran Untuk Dievaluasi

Dengan mencatat dan mengevaluasi pengeluaran yang telah dilakukan, hal tersebut dapat dilakukan agar dapat menghalangi hal yang dapat membuat boros tidak terulang lagi. Dengan catatan yang ada, diharapkan bahwa hal tersebut (jika mungkin) digantikan dengan hal yang mungkin tidak terlalu memerlukan pengeluaran uang yang banyak. 

20. Jauhkan Diri Dari Uang yang Didapat dan Segera Tabung

Kecuali dibutuhkan, mungkin bisa dijadikan sumber uang tersebut dari jangkauan, sehingga tidak dapat muncul keinginan untuk menjadi boros lagi.

21. Tahan Keinginan Konsumtif Demi Mengikuti Tren

Dunia tidak akan pernah lepas dari namanya perkembangan. Teknologi, busana, dan banyak peralatan lain yang pasti akan memiliki efek kepada hidup kita. Dunia tidak juga akan lepas dengan kebiasaan mereka untuk mengikuti sebuah tren. 

Dimana jika seseorang tidak memiliki barang terbaru yang baru saja dikeluarkan, mereka akan dicap sebagai ketinggalan zaman. Memang merupakan sebuah ketakutan sendiri bagi manusia jika mereka dibilang ketinggalan zaman. Bahkan ada sebuah sebutan bagi mereka yang takut akan hal tersebut, yakni F.O.M.O (fear of missing out)

22. Investasi Pada Diri Sendiri 

Berinvestasi pada diri sendiri adalah hal yang tidak pernah membuat Anda menjadi rugi terhadap apapun. Ini justru merupakan alokasi yang tepat terutama dalam mengembangkan kemampuan diri sendiri. 

Bill Gates mengatakan bahwa setiap orang harus mampu mendefinisikan berapa harga keterampilan driinya untuk setiap 1 jamnya. Hal ini biasanya disebut dengan net worth

Jadi, untuk mendapatkan nominal yang besar terhadap kemampuan Anda, maka perbanyaklah mengasah kemampuan diri dan menjadi pandai pada satu titik bidang tertentu. 

23. 30 Days Rule

Pelajari bahwa semua yang ada saat ini tidak semuanya berarti bagi Anda. Untuk itu Anda wajib pandai menguji diri dan mendahulukan prioritas di atas semua sikap impulsif Anda. Pikirkan sebelum membeli barang, apakah Anda akan berkomitmen untuk menggunakan produk ini dalam jangka yang panjang. Jika tidak, maka ini bukanlah investasi yang tepat. 

4 Manfaat Menabung Sedari Muda

Menabung sejak usia muda memang merupakan sesuatu yang akan memakan waktu yang lama. Namun ketika pada waktunya, hasil menabung tersebut pasti akan membuahkan hasil. Berikut adalah beberapa manfaat dari menabung sejak muda:

1. Melatih Diri untuk Mengatur Keuangan Lebih Hati-Hati

Dengan menabung, Anda perlahan juga melatih agar kita lebih hati-hati dalam mengatur keuangan. Dengan menabung, Anda jika melatih diri agar tidak terlalu boros dalam penggunaan uang tersebut. 

2. Memiliki Pemasukan Lebih

Dengan menabung, Anda juga mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik tanpa harus memikirkan keuangan lebih lanjut. Pasalnya, uang-uang yang sudah dikoleksi kini sudah ada karena Anda sudah mulai menabung sejak dini.

3. Memiliki Sebuah Dana Untuk Keadaan Darurat

Dengan Anda yang sudah memiliki kebiasaan menabung dari awal, kita sudah menyiapkan diri dan pendanaan Anda bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dan jika diperlukan sebuah dana untuk mengatasinya.

4. Melatih Diri Untuk Lebih Mandiri Dalam Hal Pengelolaan Finansial 

Mungkin Anda tidak bisa langsung menjadi ahli finansial dengan aktifitas kita yang sering menabung, namun dengan memulai dengan cara yang kecil ini, kita bisa

Maksimalkan Pendapatan Lewat Kestabilan Bisnis! 

Semakin stabil bisnis Anda, maka semakin tepat hasil yang Anda bisa tentukan setiap bulannya. Perhatikan pola dimana semakin besar suatu bisnis, maka semakin besar juga keuntungan yang diperolehnya. Hanya saja, untuk membangun kestabilan bisnis, baiknya Anda memikirkan bahwa diperlukan konsistensi dan komitmen memberikan yang terbaik bagi pelanggan Anda. Ekspansi bisnis dan perbaikan sistem adalah kunci dan metode terbaik untuk menjaga keberlangsungan bisnis. 

Danamas adalah Pinjaman Online Terpercaya untuk memberikan berbagai pendanaan bisnis sesuai dengan keperluan Anda. Pinjaman online terpercaya Danamas adalah fintech P2P Lending beragunan properti yang berizin dan diawasi oleh OJK. Memilih pinjaman jangan sembarangan karena tentu dapat mengganggu kestabilan finansial Anda. 

Pinjaman berlimit besar hingga Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 1 tahun hingga 10 tahun kini bukan lagi angan-angan, karena Danamas siap menjadi fintech lending pilihan Anda untuk pengembangan bisnis umkm lebih maju lagi. Mulai lakukan perkiraan pinjaman, tenor hingga angsuran setiap bulannya melalui  Kalkulator simulasi Kredit Pinjaman Online Danamas. Segera sukseskan bisnis Anda dengan modal yang cukup, ajukan pengajuan cepat melalui aplikasi Danamas Pinjaman Bisnis

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b