Cashless

Perkembangan zaman tentunya terus membawa perubahan, termasuk didalamnya dalam hal teknologi keuangan. Pembayaran dengan menggunakan cashless semakin marak digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena cashless dinilai lebih mudah dan cepat. Transaksi menggunakan uang elektronik ini digunakan sehari – hari misalnya saja dengan membayar uang tol. Lantas, apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cashless? Simak dalam artikel berikut ini.  

Pengertian Cashless

Cashless merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang melakukan pembayaran atau transaksi tidak berbentuk fisik( uang cash) melainkan menggunakan uang elektronik. Teknologi ini dikembangkan oleh fitech yang terus melakukan inovasi dan perubahan guna memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pembayaran. 

Manfaat Cashless

Adapun manfaat cashless dapat dirasakan dari berbagai pihak, misalnya seperti:

  1. Bagi Diri Sendiri

Dengan adanya cashless, anda hanya cukup membawa ponsel, atau kartu, Anda lebih mudah melakukan transaksi di berbagai tempat. 

  1. Pebisnis

Cashless memudahkan untuk melakukan digitalisasi bisnis. Dengan adanya digitalisasi ini akan memberikan efisiensi pada pelayanan usaha sehingga bisnis pun makin cepat mendapatkan laba.

  1. Pelaku Saham

Per tahun 2020-2021 dan karena efek dari pandemi covid 19 yang mewajibkan orang bekerja dari rumah,  banyak orang melakukan investasi, baik itu reksadana, crypto, ataupun saham. Sebagian besar dilakukan melalui cashless bukan dengan uang fisik.

  1. Negara

Transaksi cashless jauh lebih efisien,hemat serta minim risiko, semakin banyak masyarakat menggunakan sistem cashless maka sirkulasi uang di dalam negara semakin cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga dapat meningkat.

Kelebihan Cashless dan Kekurangannya 

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cashless, Anda dapat mengetahuinya melalui tabel berikut ini

Kelebihan CashlessKekurangan Cashless
Transaksi lebih mudah dan cepatRisiko Cyber Crime
Meminimalisir risiko pencurianKeterbatasan Teknologi di daerah tertentu 
Mobilitas lebih mudahMenjadi lebih konsumtif
Bentuknya lebih mudah diubah (misalnya ingin membeli kuota internet, tidak perlu datang ke counter pulsa, dapat melalui merchant onlineNominal transaksi terbatas 

Jenis Cashless 

  1. Aplikasi E Banking & Tabungan Digital

Mayoritas bank saat ini memiliki sarana e-banking dan tabungan digital untuk menunjang transaksi digital penggunanya sehingga lebih mudah dan efisien dari segi waktu.

  1. E-wallet

Berbeda dengan e banking, e wallet tidak perlu datang ke bank untuk menaruh uang. Cukup dengan install aplikasi, transfer saldo, Anda sudah dapat menyimpan dana di dompet digital tersebut. 

  1.  PPOB

Payment Point Online Bank merupakan sistem pembayaran terpadu, Anda bisa melakukan jenis pembayaran seperti tagihan listrik, pulsa, BPJS, dan lain sebagainya.

Contoh Penggunaan Cashless

Sistem cashless mulai banyak diterapkan di Indonesia. Contoh penggunaannya adalah:

  • Pembayaran E Toll

Jalan di E-toll menggunakan kartu e-money untuk dapat melewati jalan tersebut.

  • Belanja Online

Dengan bertransaksi secara online, penggunaan cashless sangat terlihat dengan nyata. Meskipun beberapa ecommerce ada yang menyajikan sistem cash on delivery. 

Baca juga: Cara Financial Self Care untuk Stabilkan Keuangan

Danamas Pinjaman Bisnis untuk membantu melancarkan usaha Anda. Pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan agunan properti. Ajukan sekarang dan lancarkan bisnis Anda!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b