haji-furoda-masa-tunggu-15-tahun

Haji furoda adalah pemberangkatan haji khusus yang tata caranya cukup berbeda dari haji reguler. Haji Furoda termasuk kedalam haji non kuota yang menawarkan harga yang cukup tinggi. Mungkin Anda masih bingung sebenarnya apa bedanya haji furoda dengan haji reguler, apa saja yang membedakan?

Perbedaan haji reguler, furoda dan haji khusus atau ONH Plus bisa tampak tak hanya dari biaya hajinya tetapi juga fasilitas yang ditawarkan. Banyak orang yang mulai menabung untuk bisa berangkat ke tanah suci dengan haji furoda. Siapa yang tak ingin, karena dengan haji furoda, Anda tidak perlu menunggu antrian kuota dari pemerintah Indonesia yang masa tunggunya bisa hingga 15 tahun. 

Dibalik menyenangkannya bisa ber-haji furoda, ada hal yang perlu Anda “bayar” yakni harga haji furoda yang lebih mahal dari haji reguler dan haji plus. Namun, jika Anda sudah berniat untuk mengumpulkan uang untuk berangkat haji, maka tidak ada salahnya untuk bisa bermimpi menggunakan haji furoda untuk bisa menunaikan ibadah haji rukun islam kelima ini diusia yang masih produktif. Untuk lebih jelasnya tentang haji furoda, coba simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Haji Furoda?

Haji furoda adalah haji dengan visa haji yang didapat melalui undangan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Haji Furoda adalah haji diluar kuota visa haji reguler yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama RI, maka haji furoda sering juga disebut sebagai haji non kuota. 

Jemaah haji furoda juga disebut dengan haji mandiri yang dikelola dengan baik secara perorangan atau travel haji resmi. Namun, ada juga Haji Furoda yang dikelola oleh haji tidak resmi atau yayasan yang sudah memiliki afiliasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Haji Furoda menggunakan visa mujamalah yang merupakan visa resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Apakah Haji Furoda Resmi & Aman?

Dibalik keistimewaan dan kemudahan berangkat haji dengan haji furoda, ada salah satu pertanyaan yang juga terbesit di benak masyarakat yakni apakah haji furoda aman dan resmi?

Haji furoda adalah haji khusus yang resmi dan legal oleh Pemerintah Indonesia. Legalitas haji furoda ini tertuang pada UU no.8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Pada 16 April 2019, Presiden RI Joko Widodo sudah meresmikan UU tersebut dan hal ini juga sudah terdaftar pada Lembaran Berita Negara RI tahun 2019 no.75 oleh Menteri Hukum dan HAM pada April 2019.

Meskipun Haji Furoda adalah haji yang pelaksanaannya diluar kuota yang sudah diatur oleh pemerintah Indonesia, pelaksanaan Haji Furoda oleh para biro travel sudah mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia. Bagi calon jamaah haji yang ingin memilih haji furoda, maka sebaiknya selalu cek keamanan dan legalitas dari travel tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Haji Furoda

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, haji furoda adalah haji non kuota dimana calon jamaah haji bisa berangkat ke Tanah Suci tanpa perlu menunggu antrian kuota dari Pemerintah Indonesia. Namun, dibalik semua kelebihan Haji Furoda yang masyarakat ketahui, terdapat kekurang haji furoda yang juga perlu Anda tahu. Apa saja kelebihan dan kekurang haji furoda, simak informasinya dibawah ini:

Kelebihan Haji FurodaKekurangan Haji Furoda
Tidak menunggu antrian, daftar dan langsung berangkat di tahun Anda mendaftarPemberitahuan disetujui atau setidaknya permohonan visa furoda cukup dekat dengan tanggal/hari pelaksanaan ibadah haji
Mendapatkan fasilitas yang sama dengan jamaah haji lainBiaya haji furoda lebih mahal dari biaya haji plus / haji reguler yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI
Resmi dan tercatat pada e-HajjKarena pemberitahuan yang mendadak, maka pelunasan sisa pembayaran juga mendadak
Lebih mudah saat melalui pemeriksaan di imigrasi atau pos pemeriksaan saat memasuki Kota MekkahAda kemungkinan jamaah haji tidak berangkat pada tahun tersebut, namun jika ini terjadi maka akan ada pengembalian biaya dari pihak travel
Fasilitas dan lokasi penginapan bisa di upgrade
Waktu dan durasi pelaksanaan haji bisa disesuaikan dengan kebutuhan jamaah haji

Biaya Haji Furoda 2023

Jika melihat kelebihan dari haji furoda, maka tidak heran jika jenis haji ini menawarkan biaya yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, haji furoda dilansir menawarkan biaya berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan haji reguler. Secara umum, biaya haji furoda mulai dari Rp 250 juta – Rp 300 jutaan per orang. Harga biaya haji furoda ini juga tergantung dari fasilitas yang didapatkan oleh calon jamaah haji. 

Kenapa Biaya Haji Furoda Mahal?

Haji furoda memang dikenal sebagai haji dengan biaya yang mahal. Dibalik harganya yang mahal, haji furoda menawarkan kelebihan yang pasti diinginkan semua orang yang berencana beribadah Haji, yaitu langsung berangkat, tanpa tunggu antrian. Anda bisa langsung berangkat di tahun dimana Anda mendaftarkan diri. Untuk besaran biaya haji furoda tergantung dari pihak yang terlibat didalam sistem penyelenggaranya. 

Fasilitas Haji Furoda

Haji Furoda adalah haji yang memiliki harga mahal, namun apakah harga yang ditawarkan pada haji furoda tersebut sesuai dengan fasilitas yang didapatkan oleh calon jamaah haji? Jika Anda bandingan fasilitas haji furoda dengan haji reguler tentu cukup jauh perbedaanya. Ada banyak keistimewaan yang bisa Anda rasakan saat memilih Haji Furoda. Berikut fasilitas Haji Furoda yang bisa Anda rasakan:

  • Tidak perlu antri seperti haji reguler
  • Visa Haji Resmi (terdaftar online pada aplikasi e-Hajj Saudi Arabia dengan Tasreh khusus ibadah Haji).
  • Hotel Bintang 5
  • Maktab Haji Khusus Furoda (96)
  • Hotel Transit di Mina
  • Tenda AC di Arafah
  • Pesawat Saudi Airlines langsung ke Jeddah (tanpa transit)

Cara Daftar Haji Furoda

Jika Anda berencana untuk berangkat ke Tanah Suci dengan Haji Furoda, maka ada cara untuk daftar haji furoda melalui tour & travel terpercaya. Daftar haji furoda sebaiknya dari travel yang terpercaya sehingga dalam proses ibadah pun Anda merasa lebih aman dan nyaman. Coba ikuti bisa langkah cara daftar haji furoda berikut ini:

  • Tanya informasi paket visa haji furoda di salah satu tour travel yang Anda pilih.
  • Daftar secara online pada agen travel tersebut
  • Bayar uang muka pendaftaran
  • Melengkapi persyaratan dokumen seperti (KTP, KK, Paspor, dll)
  • Kirimkan bukti pembayaran
  • Menerima tanda terima bukti sudah bayar
  • Tunggu jadwal keberangkatan (informasi dari Kedutaan Arab Saudi melalui PHK)
  • Melunasi kekurangan sisa pembayaran yang dilakukan jika visa haji furoda sudah terbit dan calon jamaah haji sudah mendapatkan kepastian keberangkatan haji tahun ini. 
  • Persiapkan diri Anda untuk berangkat haji

Syarat Haji Furoda 2023

Seperti halnya saat Anda mendaftar haji reguler dan haji plus, maka pada haji furoda terdapat syarat yang perlu Anda penuhi. Syarat haji furoda ini termasuk juga dengan dokumen atau berkas yang harus Anda siapkan. Cek terlebih dahulu apa saja syarat haji furoda 2023, berikut informasinya:

  • Isi formulir pendaftaran haji yang sudah disediakan
  • Membayar uang muka pendaftaran sebesar USD 10.000 per orang
  • Menyerahkan fotokopi KTP, KK, Akta lahir / Akta nikah 
  • Pas foto 3×4 dan 4×6 sebanyak 10 lembar (background putih)
  • Paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan
  • Usia maksimal 65 tahun
  • Pastikan nama dengan 3 suku kata
  • Menyerahkan buku vaksin
  • Pelunasan setelah visa keluar dengan wajib melunasi pembayaran sesuai paket yang diambil

Lakukan Refinancing Hutang Untuk Persiapkan Dana Haji!

Tunaikan ibadah dengan kesanggupan dan ketulusan hati adalah kewajiban bagi kita umat islam. Tentu saja, persiapan biaya haji memerlukan waktu dan perencanaan yang matang. Namun, ketika Anda masih terjebak hutang, Anda perlu memastikan sudah melunasi bunga hutang agar tidak bertumpuk dan membebani keuangan Anda! Dapatkan pinjaman online terpercaya dari Danamas untuk membantu Anda melunasi hutang atau kunjungi instagram Danamas. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b