investasi-panjang-menguntungkan

Investasi Jangka Panjang itu apa? Banyak orang yang ingin menginvestasikan uangnya untuk masa depan, namun tidak tahu investasi apa yang harus dilakukan. Investasi jangka panjang adalah salah satu solusinya untuk gapai mimpi financial freedom Anda. Dengan investasi jangka panjang Anda dapat memupuk cuan Anda secara sustainable.

Melakukan invesasi online juga patut diperhitungkan dengan baik melalui pemilihan produk dan segmen yang tepat. Namun, masih banyak orang yang bingung. Jenis investasi jangka panjang apa yang layak untuk dilakukan. Apalagi saat ini banyak iklan investasi jangka panjang yang bertebaran di dunia maya. Jangan sampai salah memilih investasi jangka panjang Anda, karena bukan untung yang Anda dapat malah rugi. Seringkali ini justru menjadi penyebab terjadinya utang melilit

Untuk itulah, dalam artikel ini kami rangkum 10 investasi jangka panjang yang paling menguntungkan di Tahun 2023. Dengan panduan ini, Anda dapat memilih jenis investasi jangka panjang yang tepat dan terbaik untuk Anda. Mari kita simak! 

Apa Itu Investasi Jangka Panjang?

Investasi jangka panjang adalah salah satu jenis investasi yang dilakukan untuk jangka waktu yang lebih lama biasanya 5 tahun. Inilah yang membedakannya dengan investasi jangka pendek yang biasanya hanya dilakukan dalam waktu singkat, misalnya beberapa bulan atau satu tahun saja. Investasi jangka panjang ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu yang lebih lama. Jadi, jika Anda ingin membangun masa depan yang lebih baik, investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, mengapa investasi jangka panjang begitu menarik untuk dilakukan? Salah satu alasannya adalah karena potensi keuntungan yang lebih besar. Dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda bisa memilih jenis investasi yang berisiko lebih besar, namun juga memberikan imbal hasil yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, seorang investor yang membeli saham di suatu perusahaan dengan tujuan jangka panjang akan memperoleh keuntungan dari capital gain, yaitu selisih antara harga beli dan harga jual saham. Selain itu, investor juga berpotensi memperoleh dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham

Selain itu, investasi jangka panjang juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk membangun kekayaan dalam jangka waktu yang lebih lama. Dalam hal ini, Anda bisa memilih berbagai jenis investasi, seperti saham, reksa dana, properti, atau bahkan emas.

Namun, perlu diingat bahwa investasi jangka panjang juga memiliki resiko yang tidak bisa diabaikan. Anda harus benar-benar memahami jenis investasi yang dipilih dan menganalisa secara cermat sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang lebih lama.

10 Contoh investasi jangka panjang yang menguntungkan di Tahun 2023

Investasi jangka panjang dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak akan mengalami potensi kegagalan ataupun kerugian. Jika memilih protfolio saham yang tepat, maka Anda bisa mengurangi resiko kerugian. Hal yang paling terpentingw Berikut adalah 10 contoh investasi jangka panjang yang menguntungkan di tahun 2023

1. Investasi Saham

Investasi saham adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang paling populer. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan investor atas suatu perusahaan. Saham memberikan potensi keuntungan yang tinggi, namun juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Dalam jangka panjang, saham dapat memberikan keuntungan yang besar, terutama jika Anda menanamkan modal pada perusahaan yang berkualitas dan memiliki pertumbuhan yang baik. 

Contoh: Anda membeli saham perusahaan Apple dengan harga Rp150.000 per saham pada tahun 2010. Setelah 10 tahun, nilai saham tersebut naik menjadi Rp550.000 per saham. Anda menjual saham tersebut pada tahun 2020 dan menghasilkan keuntungan sebesar Rp400.000 per saham. Bayangkan jika Anda punya 1000 lembar saham dari perusahaan tersebut, berapa keuntungan Anda.

2. Investasi Reksadana

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari investor dan kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang ahli. Investasi pada reksadana cocok bagi investor yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian dalam mengelola investasi mereka sendiri. tersebut

Reksadana dapat memberikan keuntungan yang cukup besar dalam jangka panjang, tergantung pada jenis reksadana yang dipilih. Contoh reksadana yang cocok untuk investasi jangka panjang adalah reksadana saham dan reksadana campuran.

3. Investasi Properti

Investasi properti dapat memberikan keuntungan yang besar dalam jangka panjang. Properti memiliki nilai yang cenderung naik seiring waktu, dan juga dapat menghasilkan passive income jika disewakan. Investasi pada properti cocok bagi investor yang memiliki modal yang besar dan siap menanggung risiko. 

Contoh investasi properti yang menguntungkan adalah membeli apartemen di lokasi strategis dan kemudian menyewakannya, atau membeli tanah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi area komersial di masa depan.

Misalnya, Anda membeli apartemen di Jakarta senilai Rp. 1 miliar, dan lima tahun kemudian nilainya naik menjadi Rp. 1,5 miliar. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 500 juta.

4. Investasi Obligasi

Investasi obligasi dapat memberikan keuntungan yang stabil dan cukup tinggi dalam jangka panjang. Obligasi adalah surat berharga yang menunjukkan bahwa investor memberikan pinjaman pada penerbit obligasi. Penerbit obligasi akan membayar kembali pinjaman tersebut pada tanggal jatuh tempo dengan bunga yang telah ditentukan sebelumnya. 

Investasi pada obligasi cocok bagi investor yang ingin memperoleh keuntungan yang stabil tanpa harus menanggung risiko yang terlalu besar. Contoh investasi obligasi yang menguntungkan adalah obligasi negara atau obligasi korporasi yang memiliki kredibilitas yang baik.

Misalnya, Anda membeli obligasi negara senilai Rp 10 juta dengan tingkat bunga 7% per tahun selama 10 tahun, maka kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 7 juta setelah masa berlaku obligasi berakhir.

5. Investasi Bisnis

Investasi bisnis adalah investasi jangka panjang yang potensial jika Anda memilih bisnis yang tepat. Memiliki bisnis sendiri bisa memberikan kebebasan finansial dan waktu yang lebih besar. Namun, memulai bisnis memerlukan modal besar, sehingga Anda harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk memulai bisnis.

6. Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum bisa menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan. Harga cryptocurrency naik dan turun secara ekstrim, namun jika Anda berinvestasi dalam cryptocurrency yang solid, maka kemungkinan besar nilai investasi Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Misalnya, jika Anda berinvestasi pada Bitcoin senilai Rp. 10 juta lima tahun yang lalu, saat ini nilainya bisa mencapai lebih dari Rp. 100 juta.

7. Investasi Emas

Emas telah digunakan sebagai bentuk investasi jangka panjang selama berabad-abad. Nilai emas cenderung stabil dan cenderung meningkat seiring waktu. Investasi emas juga relatif aman karena emas tidak terpengaruh oleh fluktuasi mata uang.

8. Deposito

Deposito adalah investasi jangka panjang yang memberikan keuntungan berupa bunga yang tetap. Bank umum biasanya menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi untuk deposito jangka panjang. Misalnya, Anda menyetor Rp 10 juta untuk deposito selama 5 tahun dengan tingkat bunga tetap 5% per tahun. Maka, setelah 5 tahun, Anda akan mendapatkan bunga sebesar Rp 2,76 juta.

9. Saham Bluechip

Saham Bluechip adalah saham perusahaan besar dan terkemuka yang terdaftar di bursa saham Indonesia. Investasi pada saham bluechip yang stabil dan memiliki kinerja keuangan yang baik dapat memberikan imbal hasil yang menarik dalam jangka panjang. Sebagai contoh, saham PT Astra International Tbk (ASII) telah memberikan imbal hasil rata-rata 18,1% per tahun dalam 10 tahun terakhir.

10. Investasi Pendidikan

Investasi pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memberikan manfaat jangka panjang bagi masa depan anak Anda. Dana pendidikan dapat diinvestasikan pada reksa dana pendidikan atau asuransi pendidikan. Sebagai contoh, dengan investasi Rp. 1 juta per bulan pada reksa dana pendidikan selama 18 tahun, diharapkan dana pendidikan anak dapat terkumpul sekitar Rp. 4,7 miliar.

Bangun Bisnis untuk Investasi yang Aman dan Stabil untuk Jangka Panjang

Bisnis adalah investasi jangka panjang. Namun, kadang-kadang masalah keuangan dapat menjadi masalah utama dalam mengembangkan bisnis. Jangan khawatir, kami punya solusinya! Danamas Pinjaman Online Terpercaya adalah pinjaman online terpercaya yang memiliki ragam produk yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan keuangan sementara & jangka panjang. Dengan total pinjaman besar hingga Rp 2 miliar dan bunga bersaing. 

Dapatkan informasi lengkap melalui website Danamas atau Instagram Danamas untuk informasi seputar keuangan. Jika ada pertanyaan atau keluhan silahkan hubungi Danamas di Hotline: 021-50960896, email: [email protected] atau Whatsapp Danamas di nomor 0882 24222 001/0882 24222 002.

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b