cara-melunasi-hutang

Cara melunasi hutang cepat apakah bisa? Kita mungkin pernah kehabisan uang dan memerlukan pinjaman uang. Ada banyak penyedia pinjaman uang atau individu yang siap memberikan anda pinjaman untuk hutang. Namun, bagaimana cara melunasi uang tersebut secara efektif? 

Mengatur keuangan pribadi dengan bijak adalah lesson learned yang wajib menjadi poin revisi diri bagia Anda yang sempat terlilit hutang. Biasanya dengan memiliki sistem pencatatan alokasi uang yang tepat, Anda bisa memahami lebih baik. Ada berbagai jenis cara yang perlu Anda ketahui untuk melunasi hutang. Mengikuti cara-cara ini akan lebih efisien mengeluarkan dari jerat hutang tanpa menambah hutang-hutang lainnya.

Apa sajakah cara untuk melunasi hutang dengan efisien dan cepat? Yuk simak artikel ini tentang cara melunasi hutang dengan cepat!

Apa Itu Hutang?

Hutang memiliki dua arti yang bisa dibilang serupa. Hutang adalah sejumlah uang yang dipinjam oleh orang lain, yang harus dibayarkan kembali. Hutang menjadi sebuah tanggung jawab harus segera dibayar pada jangka Utang (hutang) atau pinjaman adalah tanggungan wajib yang harus dibayar karena adanya transaksi pembelian suatu barang atau jasa secara kredit, dan harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. 

Hutang biasanya memiliki bentuk sebagai uang. Aktivitas pemberian utang biasanya sudah ada kesepakatan yang dibuat sebelum mengutang, dan sudah ada daftar-daftar ketentuan yang harus dipenuhi ketika meminjam uang.

Hutang biasanya ada karena pihak yang meminjam memerlukan aliran kas untuk menjalankan bisnis mereka. Hutang juga bisa saja ada karena pihak yang meminjam memerlukan kas untuk keperluan pribadi mereka. Hutang bisa dilakukan oleh seorang individu atau juga sebuah institusi demi memenuhi keperluan mereka.

Jenis & Cara Cari Hutang Yang Tepat

Jenis-jenis hutang dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan juga fungsinya. Tidak selamanya hutang bersifat buruk, biasanya hutang bersifat buruk jika penggunaannya ditujukan pada penggunaan yang konsumtif, bukan produktif. Berikut adalah jenis-jenis Hutang yang kita perlu pahami sebelum meminjam:

1. Hutang jangka pendek
Hutang jangka pendek merupakan hutang yang harus dibayarkan dalam jangka waktu 12 bulan. Berikut ini adalah contoh jenis hutang jangka pendek: Hutang dagang, Hutang pajak, Hutang biaya, Hutang wesel & Hutang jangka menengah. Hutang jangka menengah merupakan hutang yang memiliki jangka waktu dari 1 hingga 5 tahun. Namun masanya bisa juga hanya dalam waktu 1 tahun.

2. Hutang jangka panjang
Hutang jangka panjang merupakan hutang dalam jangka waktu lebih dari 5 tahun. Bisanya hutang jenis ini untuk pembayaran besar seperti cicilan kendaraan dan rumah.

3. Hutang produktif
Hutang produktif merupakan hutang yang digunakan untuk investasi karena kelak hasil keuntungannya akan lebih besar dibandingkan dengan hutang. Adapun hutang produktif yaitu sebagai berikut: Hutang modal usaha, Hutang modal kerja, Hutang investasi.

4. Hutang konsumtif
Hutang konsumtif merupakan hutang membeli sesuatu yang harganya akan turun di masa mendatang. Berikut ini adalah contoh dari hutang konsumtif: Hutang mobil, Hutang perabotan rumah

Mendapatkan sebuah pinjaman yang dapat memberikan sesuai dengan kebutuhan merupakan sebuah hal bagi para pihak yang ingin meminjam. Namun, dengan banyaknya pihak peminjam yang memiliki cara sendiri (terkadang illegal) untuk meminjamkan uang, berikut adalah beberapa cara mencari hutangan yang tepat bagi anda:

  1. Pastikan pihak peminjam yang anda tuju merupakan seseorang atau sebuah lembaga yang terpercaya (baik itu merupakan seseorang yang terdekat atau sebuah lembaga yang sudah tercatat di OJK).
  2. Jika peminjam anda merupakan sebuah lembaga fintech, pastikan fintech tersebut juga telah bergabung sebagai anggota AFPI.
  3. Pastikan jumlah pinjaman yang tetap agar peminjam dapat memiliki data yang tepat dan dapat diberikan peminjam yang tepat untuk anda.
  4. Jika meminjam dari seorang individu, pastikan orang tersebut merupakan seseorang yang dekat dan dapat dipercaya secara langsung. 
  5. Tentukan perjanjian dan kesepakatan meminjam, serta pastikan kedua belah pihak memahami kesepakatan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di kedepan hari.

8 Cara Melunasi Hutang?

Melunasi hutang tidak memiliki seperangkat cara yang harus diikuti, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melunasi hutang hingga semuanya bisa lunas. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Ketahui Kesepakatan Hutang
Ketahui kesepakatan yang telah dibuat terlebih dahulu secara mendalam. Kesepakatan ini juga termasuk bunga yang harus Anda bayarkan kepada pemberi pinjaman. Hal ini dapat menghindari adanya kesepakatan yang menyebabkan anda kesulitan untuk membayar hutang yang seharusnya dibayar. 

2. Catat Jumlah Pinjaman
Jika meminjam kepada banyak orang, pastikan mencatat seluruh jumlah pinjaman yang harus dibayarkan, dan urutkan dalam skala prioritas dari satu. Urutkan dalam jumlah uang dari yang paling penting hingga yang bisa ditunggu terlebih dahulu.

3. Membayar secara Berkala
Pastikan membayar sesuai dengan jumlah uang yang ada, serta bayar secara berkala sehingga seluruh hutang dapat dibayar. Meskipun perlahan dan tidak langsung dapat terisi semua, setidaknya hutang-hutang tersebut bisa terbayar kembali.

4. Ajukan Pinjaman Online, Bayar Lunas Hutang
Pastikan semua pembayaran, termasuk biaya-biaya lain yang harus dibayar sampai lunas, baik yang ada di skala prioritas pertama bahkan sampai yang terakhir. Nah, biasanya ada yang disebut dengan restrukturisasi hutang. Anda bisa mendapatkan pinjaman online yang terpercaya, dengan ini aset Anda bisa jadi lebih aman tanpa harus tersita. Anda bisa mencicil setiap bulan untuk melunasi hutang Anda.

5. Hindari Berhutang untuk Kebutuhan Konsumtif 
Usahakan jangan lagi meminjam uang sehingga harus membuat anda mengulang kembali dan harus memenuhi kesepakatan atau syarat yang berlaku ketika melaksanakan pinjaman.

6. Lunasi Hutang dengan Bunga Tertinggi
Maksud dari strategi ini yaitu melunasi hutang dengan bunga tertinggi. Strategi ini dianggap ideal karena dapat menghemat uang dalam jangka panjang. Semakin cepat hutang dengan bunga tinggi dilunaskan maka pengeluaran dimasa mendatang akan lebih sedikit.

7. Menyusun Anggaran
Untuk melunasi hutang maka Anda harus menyusun anggaran dimulai dari mencatat pemasukan, pengeluaran dan anggaran bulanan. Penyusunan anggaran akan membantu Anda menentukan skala prioritas untuk menggunakan uang sesuai anggaran.

8. Menghentikan Penggunaan Kartu Kredit
Jika Anda memiliki hutang yang menumpuk akibat kartu kredit maka sebaiknya penggunaan kartu kredit dihentikan. Hal ini akan mengontrol Anda untuk tidak menambah hutang lagi dengan memanfaatkan kartu kredit.

Cara Melunasi Hutang 200 Juta

Hutang sebesar 200 juta memang memang sangat tidak mudah untuk dilunasi jika perputaran penghasilan Anda tidak seberapa. Biasanya yang paling memberatkan adalah bunga dari hutang yang kian bertambah dan bergulung. Jadi, sejak awal seharusnya ketikan memberikan pinjaman jangan sampai menyepelekan persentase bunga yang diberikan, dibawah ini adalah cara melunasi hutang 200 juta yang dapat Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

1. Perbanyak Penghasilan
Perbanyak penghasilan merupakan salah satu cara untuk membayar hutang ratusan juta. Anda dapat memulai pekerjaan sampingan diluar pekerjaan utama. Ada banyak pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan bisa dengan memulai bisnis atau menawarkan jasa freelance

2. Buat Anggaran
Membuat anggaran merupakan salah satu cara melunasi hutang 200 juta. Disini Anda harus melihat berapa banyak sumber pemasukan Anda dan sumber pengeluaran. Sumber pengeluaran dapat dari biaya kehidupan sehari-hari, tagihan listrik dan lainnya. Anda harus melihat bagaimana arus masuk dan keluar Anda, jika ternyata pengeluaran lebih banyak maka pangkas lah pengeluaran Anda.

3. Agunkan Aset
Jika Anda memiliki barang yang tidak terpakai hal ini bisa menjadi tambahan uang jika Anda jual. Misalnya Anda memiliki TV yang berlebih dan tidak ditonton maka Anda dapat menjualnya. Bisa juga jika Anda memiliki kamar kosong yang dapat disewakan. Biasanya dengan mengagunkan aset yang lumayan tinggi nilainya seperti rumah, mobil dan

4. Mengubah Kebiasaan

Tentunya kebiasaan konsumtif akan membuat kita dalam jeratan hutang. Pasalnya, perilaku dan gaya hidup harus disesuaikan juga dengan kemampuan finansial. Mulailah cermati perilaku konsumtif yang Anda telah lakukan, kemudian rubah dan ganti gaya hidup yang memboroskan uang.

5. Konsultasi dengan Profesional

Jika Anda sudah mencari berbagai jenis cara namun gagal untuk melunasi hutang maka konsultasikan dengan konsultan keuangan. Mereka memiliki pengalaman cara melunasi hutang dengan cepat. Dengan demikian, Anda tidak bingung sendiri untuk melunasi hutang.

Hutang Produktif untuk Raih Keuntungan Besar di Masa Mendatang

Berhutang merupakan sesuatu yang perlu dihindari apabila tidak memiliki urgensi yang tinggi. Namun, berhutang tidak sepenuhnya buruk seperti hutang produktif untuk bangun bisnis. Hal ini karena, membangun bisnis tidak terlepas dari pinjaman. Dengan pinjaman, maka bisnis akan cepat tumbuh dan berkembang menjadi lebih kuat. Dapatkan pinjaman bisnis dengan pinjaman online terpercaya berkualitas dan disetujui oleh OJK.

Pinjaman bisnis yang baik adalah pinjaman yang memberikan Anda kemudahan, kenyamanan hingga keamanan terhadap aset yang Anda jaminkan. Danamas adalah platform online terpercaya untuk menjadi solusi berbagai pinjaman kebutuhan Anda. Mulai dari kebutuhan bisnis, produktif, konsumtif hingga kebutuhan jangka panjang. Dapatkan pinjaman dengan bunga rendah, tenor hingga 10 tahun, pinjaman hingga Rp 2 miliar. Hitung kebutuhan Anda dengan Kalkulator Simulasi Kredit pinjaman online.

Mulai hidup lebih produktif, lunasi hutang dan jadi lebih arif dalam mengelola keuangan Anda. Danamas pilihan terpercaya urusan pinjaman online!

Ajukan Pinjaman Lancar

Simulasi Pinjaman Lancar

Artikel Lainnya

kpr-rumah-second

KPR Rumah Second, Ini Syarat, Proses & Tips

KPR Rumah second seringkali menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki rumah dengan harga yang cukup bersaing dan dapat di nego. Biasanya seseorang

plafon-kpr-adalah

Plafon KPR, Berikut Pengertian, Panduan & Proses Pengajuan

Plafon KPR adalah jumlah pinjaman yang dikurangi dengan deposit awal kepada peminjam atau calon debitur yang hendak membeli rumah. Biasanya Bank memiliki total maksimal tenor

ciri-ciri-kpr-yang-disetujui

Ciri-Ciri KPR yang Disetujui: Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Persetujuan KPR dengan Cepat

Ciri-ciri KPR yang disetujui sangat penting untuk diketahui agar rumah impian Anda tercapai. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi finansial yang umumnya digunakan oleh b